Selasa, 28 Juni 2016

Bincang Gizi Danone Indonesia "Optimalisasi Asupan Gizi dan Air Saat Bulan Puasa dan Hari Raya"

Hari Sabtu 25 Juni 2016 lalu mewakili Komunitas Wajah Bunda Indonesia saya hadir di acara Buka Puasa bersama Danone Indonesia di Locanda Jakarta. Acara bertajuk Bincang Gizi ini membahas tema "Optimalisasi Asupan Gizi dan Air saat Bulan Puasa dan Hari Raya" 


Sambil menunggu dimulainya acara Bincang Gizi ini disebelah meja registrasi disediakan tempat untuk mengasah kreatifitas membuat tasbih dan gelang yang hasilnya bisa dibawa pulang. Beberapa rekan blogger yang sudah hadir tertantang untuk berkreasi disini.


Ada juga photo competition berhadiah voucher belanja untuk rekan blogger yang berfoto seru di booth ini kemudian share di sosial media disertai caption menarik. Foto bisa langsung dicetak saat itu juga. 



Acara Bincang Gizi dibuka oleh Bapak Arif Mujahidin selaku Communication Director Danone Indonesia, beliau menyampaikan tujuan diselenggarakan acara blogger gathering ini adalah untuk menyampaikan informasi kesehatan keluarga yang valid kepada blogger agar disebarluaskan kepada masyarakat sehingga masyarakat mendapatkan informasi yang kredible dan mudah diserap. Oleh karena itu Danone mengundang pakar yang kompeten dibidangnya yaitu DR.dr.Inge Permadi MS, SpGK (K) yang akan menjelaskan pentingnya nutrisi dan gizi yang seimbang untuk keluarga.

Bapak Arif Mujahidin
Peran penting seorang ibu sangat terasa di bulan ramadhan ini dari mulai mempersiapkan menu sehat dan bernutrisi untuk sahur dan berbuka puasa agar asupan gizi dan air tetap terjaga sehingga anggota keluarga terhindar dari Malnutrisi  yaitu kondisi kekurangan atau bahkan kelebihan nutrisi. Menurut dokter Inge kondisi malmutrisi di Indonesia terjadi pada balita dan anak usia sekolah, beberapa dampak Malnutrisi adalah perkembangan otak dan fisik yang tidak optimal, stunting pendek, hipertensi, diabetes, obesitas juga stroke. Disinilah upaya orang tua diperlukan untuk melakukan perbaikan gizi dari rumah misalnya membiasakan makan bersama keluarga dirumah dan rutin membawa bekal makanan dari rumah dengan berpedoman pada 'Piring Makanku' untuk menyediakan hidangan dari berbagai kelompok makanan yang berbeda, sehingga keluarga memperoleh asupan karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, serat dan air yang cukup saat sahur dan berbuka. Setengah piring makanan pokok, setengah bagian yang lain dilengkapi dengan sayur dan buah. Batasi gula, garam dan minyak. Selain itu minum segelas susu saat sahur dan berbuka juga dianjurkan agar sumber protein dan kalsium dalam tubuh tetap terjaga, susu adalah minuman yang mudah dicerna, praktis dan ekonomis melengkapi kebutuhan gizi pada  semua usia. 

Dr.dr. Inge Permadi

Asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh juga harus seimbang dengan aktifitas yang dilakukan sesuai dengan Tumpeng Gizi Seimbang yang dikeluarkan pemerintah tahun 2014. Selain pemenuhan 1/4 karbohidrat di dalam tumpeng gizi seimbang juga dianjurkan untuk mengkonsumsi air minimal 8 gelas sehari untuk menghindari dehidrasi saat berpuasa. 

Tumpeng Gizi Seimbang

Agar lebih mudah memastikan bahwa tubuh kita terhidrasi pada saat puasa kita dapat menggunakan pola 2-4-2 yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam hari dan 2 gelas saat sahur.



Sedangkan Air minum yang baik untuk dikonsumsi harus memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1. Tidak berwarna
2. Tidak berbau
3. Tidak berasa
4. Aman tidak mengandung zat berbahaya
5. Sehat ; mengandung mineral alami
Air yang mengandung mineral alami juga dapat berfungsi untuk mencegah karies, mendukung kesehatan jantung dan pembuluh darah serta proses transmisi saraf dan kontraksi otot.
Selain dari air putih, kebutuhan cairan dalam tubuh juga bisa didapatkan dari kuah sayur, jus, es krim dan buah yang mengandung banyak air. Untuk mengetahui apakah tubuh kita terkena dehidrasi kita bisa cek melalui urin, semakin pekat warna urin menandakan tubuh kita mengalami dehidrasi. Kekurangan cairan dapat menyebabkan sembelit, gagal ginjal dan kurang konsentrasi. 

Dokter Inge juga mengingatkan para orang tua untuk memperhatikan pola makan anggota keluarga saat hari raya, dengan menu makanan yang lezat dan berlimpah diharapkan anggota keluarga tidak makan berlebihan. Makanlah dengan komposisi gizi seimbang, dengan jadwal teratur seperti hari-hari biasanya. Sertakan sayur, buah dan air. Lakukan aktifitas fisik agar tubuh tetap bugar. 

Tentang Danone Indonesia

Danone adalah salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia yang memiliki misi "Bring Healthy Food as many people as possible" memberikan kesehatan kepada sebanyak mungkin orang. Danone beroperasi di 160 negara dengan jumlah karyawan lebih dari 100.000 orang di seluruh dunia.
Di Indonesia, bisnis Danone terdiri atas tiga kategori utama :
1. Air Minum dalam kemasan dan minuman non karbonasi ( AQUA, MIZONE, VIT, VIT LEVITE )
2 Nutrisi Untuk Awal kehidupan ( Early Life Nutrition ) yaitu SGM eksplor, SGM Bunda, SGM Nutriday, Lactamil, Bebelac dan Nutrilon.
3. Nutrisi Medis
Danone Indonesia memiliki 22 pabrik dengan jumlah karyawan lebih dari 15.000 orang

Bapak Arif menjelaskan, Danone memiliki komitmen untuk mendukung kesehatan melalui makanan, karena makanan dan minuman yang sehat adalah penunjang hidup utama, selain menyediakan produk berkualitas tinggi Danone juga memberikan edukasi mengenai gizi seimbang dan hidrasi kepada masyarakat. Buka puasa bersama Danone Indonesia yang menghadirkan ahli gizi dan hidrasi ini merupakan salah satu wujud dari komitmen tersebut.

Acara Bincang Gizi bersama Danone ditutup dengan pengumuman pemenang Live Tweet, Photo Competition, Doorprize dan foto bersama rekan blogger beseta narasumber sebelum menikmati hidangan buka puasa yang telah disajikan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bicara Soal Gizi Dan Menu Lezat Bernutrisi Bersama Masako

Hallo Ibu-Ibu, apa kabar? kali ini saya ingin berbagi cerita seru saat mengunjungi Dapur Umami bersama para ibu-ibu blogger tanggal 8 Novem...