Kamis, 21 Juli 2016

Belajar Food Photography Bersama Sunco

Semenjak punya smartphone berkamera, obyek apapun yang terlihat menarik pasti langsung saya abadikan, termasuk makanan yang akan saya nikmati. Sebelum makanan tersebut disantap saya selalu memotretnya lalu share di media sosial meskipun hasil jepretannya masih amatiran. Nah kebetulan banget nih Minyak Goreng Sunco bikin acara #SuncoSharing Hari Sabtu 16 July 2016 lalu di Liberica Cafe, Cilandak Town Square dengan tema Food Photography, Sunco mengajak kita untuk belajar memotret makanan agar terlihat bagus dan menggugah selera siapapun yang melihatnya.



Suatu kebanggaan tersendiri buat saya bisa belajar Food Photography bersama Photographer profesional Marrysa Tunjung Sari atau biasa dipanggil Mba Sasha beliau juga seorang Editor In Chief LINKERS Citilink Inflight Magazine. Mba Sasha sosok yang humble dan senang berbagi ilmunya pada kami yang benar-benar ingin belajar.
Menurut Mba Sasha Food Photograpy adalah foto yang diambil secara spontan, tidak memerlukan lighting dan alat fotografi lengkap, minimal smartphone atau untuk hasil yang lebih bagus bisa menggunakan kamera DSLR, yang terpenting adalah Food Stylish bagaimana kita mengatur komposisi saat akan memotret agar hasilnya memuaskan karena apa yang dilihat mata berbeda dengan yang dilihat kamera, Food Photography ini bukan sekedar hobi lho...Untuk seseorang yang sedang merintis bisnis kulinernya, Food Photography adalah salah satu faktor penting agar produknya laris dipasaran. 

Marrysa Tunjung Sari
Dalam memotret makanan, Mba Sasha seringkali menambahkan properti pada objek yang akan dipotret agar terlihat lebih menarik, hasil jepretan beliau bisa dilihat di akun instagramnya @poeticpicture
Mba Sasha juga mengajak peserta Sunco Sharing untuk praktek langsung memotret makanan yang telah disiapkan di meja oleh team Sunco. Ada beberapa makanan lezat dan minuman yang siap di eksekusi untuk difoto lho maksudnya...bukan di santap.


Salah satu contohnya saat memotret waffle ice cream ini akan lebih cantik jika ditambahkan sendok sebagai properti, terlihat menggugah selera dan tak sabar untuk menyantapnya bukan? Dan inilah hasil jepretan pertama saya di Sunco Sharing kali ini. 



Beberapa trik sekaligus tips Food Photography yang saya dapat dari Mba Sasha di acara Sunco Sharing kali ini adalah :
1. Mengatur komposisi makanan saat ingin memotret sebaiknya saat tripod terpasang
2. Tata letak makanan sebaiknya natural tidak perlu terlalu teratur
3. Tambahkan elemen benda berwarna hijau misalnya tanaman agar terkesan segar dan menimbulkan efek lapar
4. Cari angle dan komposisi cahaya yang tepat saat ingin mengambil gambar
5. Mencontek dengan mengintip di Pinterest 
6. Memotret setelah hujan akan menimbulkan efek kontras yang lebih bagus

Foto : Facebook Sunco Indonesia

Acara Sunco Sharing kali ini ditutup dengan makan siang dan foto bersama peserta Sunco Sharing juga Mba Sasha. Oiya bulan Maret lalu Sunco juga mengadakan acara Sunco Sharing tetapi dengan tema yang berbeda yaitu Belajar Membuat Blog bersama Blogger senior Mba Indah Julianti Sibarani, alhasil pulang dari acara tersebut saya mendapat ilmu baru dan lahirlah blog ini, asyiknya lagi acara Sunco sharing ini tidak dipungut biaya alias free khusus untuk follower sosial media Sunco.
Selain Sunco Sharing, acara menarik lain yang pernah diadakan oleh Sunco adalah Arisan Sunco, Cooking Class, Bukber Sunco ( bulan ramadhan) dan untuk follower aktif yang terpilih setiap bulannya akan mendapat hadiah menarik. Belum lagi Kuis berhadiah voucher belanja, Tips menarik juga Resep Masakan yang bisa kita dapatkan di Facebook Sunco Indonesia, Twitter @SunCo_ID dan Instagram @sunco_id

3 komentar:

  1. Seru ya acaranya, pengen ikutan kemarin tuh tapi posisi masih di Medan.

    BalasHapus
  2. Seru ya acaranya, pengen ikutan kemarin tuh tapi posisi masih di Medan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba tuty msh mudik yah...yg ikut gak banyak jd bisa fokus belajarnya

      Hapus

Bicara Soal Gizi Dan Menu Lezat Bernutrisi Bersama Masako

Hallo Ibu-Ibu, apa kabar? kali ini saya ingin berbagi cerita seru saat mengunjungi Dapur Umami bersama para ibu-ibu blogger tanggal 8 Novem...