Rabu, 05 April 2017

Senam Anemiaction : Solusi Total Untuk Indonesia Bebas Anemia

Sehat adalah salah satu nikmat Tuhan yang sering kita lupakan, untuk menjaga tubuh agar tetap sehat sebenarnya tidak terlalu sulit misalnya bisa dimulai dengan rutin berolahraga dan menjaga asupan gizi seimbang. Tetapi karena kesibukan terkadang kita tidak memiliki waktu untuk berolahraga (baca : malas) dan kurang memperhatikan asupan gizi dari makanan yang kita konsumsi, ada saja asupan yang masih kurang misalnya kandungan zat besi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan proses pertumbuhan. Padahal akibat kekurangan zat besi dapat meningkatkan resiko Anemia atau rendahnya kadar hemoglobin dalam darah.

Tentang Anemia

"Anemia adalah suatu kondisi tubuh yang terjadi ketika sel-sel darah merah (eritrosit) dan atau Hemoglobin (Hb) yang sehat dalam darah berada dibawah nilai normal (kurang darah)."

Gejala anemia biasanya dikenal dengan 5L yaitu Lemah, Letih, Lesu, Lelah dan Lunglai dan ke-5 hal ini biasanya membuat produktivitas kita menurun, kalau sudah ada gejala seperti yang saya sebutkan tadi sebaiknya segera periksa ke dokter atau minum multivitamin yang mengandung zat besi penambah darah seperti Sangobion, produk multivitamin keluaran PT.Merck yang mengandung zat besi dan beberapa komponen vitamin dan mineral lain yang ditujukan untuk mencegah dan mengatasi anemia karena kekurangan zat besi.




Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya kesehatan agar terbebas dari anemia, Merck bekerja sama dengan Persatuan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI) mengusung kampanye edukasi publik bertajuk "Indonesia Bebas Anemia". Puncak kegiatan Indonesia Bebas Anemia ini dilaksanakan pada Hari Minggu Tanggal 02 April 2017 di area parkir Theater IMAX Keong Emas Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, acara ini diikuti oleh ratusan peserta dari mulai karyawan PT.Merck, media, blogger dan umum. Saya dan para emak blogger sudah registrasi sejak pukul 06.00 pagi, saat registrasi seluruh peserta langsung mendapatkan kaos dan topi berwarna merah bertuliskan Indonesia Bebas Anemia.



Acara dibuka secara simbolis oleh Holger Guenzel (Director of Consumer Health Division PT.Merck Tbk) beliau menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh "Pahlawan Anemia" yang telah meluangkan waktu untuk hadir di acara ini.

Ibu DR. Dr. Yustina Anie Indriastuti, MSc SpGK (Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI)) juga memberikan sambutannya, beliau menyampaikan bahwa "Anemia dapat memberikan dampak terhadap penurunan produktivitas kerja wanita Indonesia sebanyak 20% atau sekitar 6,5 jam perminggu. Penurunan produktifitas yang disebabkan oleh Anemia dapat dicegah dengan menjalankan pola hidup sehat bergizi seimbang, termasuk makanan yang mengandung zat besi, protein, dan vitamin"

Hadir juga narasumber lain yang ikut meresmikan acara ini yaitu :
1. dr.Michael Triangto, SpKO (Spesialis Kedokteran Olahraga)
2. Mona Ratuliu (Duta Kampanye Indonesia Bebas Anemia)
3. Anie Rachmayani (Associate Director Marketing PT.Merck)

Ibu Anie Rachmayani menuturkan "Kami bangga Merck dapat melanjutkan komitmen Indonesia Bebas Anemia bersama dengan PDGMI. Kami memberikan total solusi untuk Indonesia yang lebih produktif dan bebas anemia melalui program edukasi bagi masyarakat"




Rangkaian acara yang berlangsung di pagi hari nan cerah itu adalah sebagai berikut :
1. Senam Anemiaction yaitu senam pencegahan gejala anemia sebagai bagian dari total solusi Indonesia bebas anemia. Menurut dr.Michael Triangto, SpKO Senam Anemiaction merupakan salah satu bentuk olahraga yang terdiri dari beberapa gerakan sederhana yang berfokus kepada beberapa bagian tubuh, yaitu aktifitas peregangan bawah, tengah dan atas. Gabungan gerakan pada senam anemiaction berfokus untuk meningkatkan mitokondria yang merupakan generator dari sel pada tubuh manusia, sehingga siapapun yang melakukan senam tersebut mengurangi gejala-gejala anemia dan dapat menjadi lebih segar serta produktif saat beraktifitas
Di acara ini untuk pertama kalinya diperkenalkan kepada publik gerakan-gerakan Senam Anemiaction, saya pun ikut melakukan gerakan Senam Anemiaction bersama seluruh peserta kampanye Indonesia Bebas Anemia.



2. Pengecekan Anemia terbanyak (Rekor MURI).
Kita bisa mengecek resiko Anemia di Booth Tanya Anemia Centre, dari semua pertanyaan yang ada pada kuisioner akan dihitung jumlah skor keseluruhan untuk menentukan apakah ada kemunginan beresiko anemia atau tidak.  Selain itu kita juga dapat berkonsultasi seputar kesehatan di booth ini.




3. Donor Darah
Di booth donor darah petugas dari Palang Merah Indonesia (PMI) siap melaksanakan tugasnya.




4. Demo masak bersama Cheff Rudi Choirudin
Di demo masak kali ini Cheff Rudi tidak sendirian tetapi ditemani oleh tiga orang pemenang kontes memasak Resep Sehat Bebas Anemia di sosial media instagram @Sangobion4life.




5. Penampilan Band NIDJI
Acara ditutup dengan penampilan Giring dan kawan-kawan yang membawakan 10 (sepuluh) lagu andalannya. Semua peserta pun ikut bernyanyi bersama Nidji.


Melalui acara ini Merck mengajak rakyat Indonesia untuk waspada akan gejala anemia yang bisa mengganggu aktifitas. Ayo dukung gerakan Indonesia Bebas Anemia dengan Lawan Anemia, Tingkatkan Semangat Berkarya

Untuk informasi lebih lengkap seputar anemia dan Sangobion bisa kunjungi akun sosial media
Facebook Fanpage : Sangobion
Twitter : @Sangobion4life
Instagram : Sangobion4Life
Website : www.sangobion.co.id/bebasanemia


9 komentar:

  1. Yang bener kayak gini ya. Hidup sehat. Bukan makan hati & sate kambing spt kata orang2 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba...senamnya gak sampe 10 menit tp udah bikin kita bebas anemia

      Hapus
    2. Iya mba...senamnya gak sampe 10 menit tp udah bikin kita bebas anemia

      Hapus
  2. Wah keren bgt nih acaranya. Perlu dicoba senam anti anemianya, soalnya saya salah satu yg anemia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gerakan nya mudah bgt seperti membuat kalimat A.N.E.M.I.A

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. Seru dan meriah bnget yo ka, Senam anemiactionnya juga mudah geraknnya :)

    Ayo wujudkan Indonesia bebas Anemia!

    BalasHapus
  4. Asek seru dan rame acaranya, sayang nya panas ya

    BalasHapus

Bicara Soal Gizi Dan Menu Lezat Bernutrisi Bersama Masako

Hallo Ibu-Ibu, apa kabar? kali ini saya ingin berbagi cerita seru saat mengunjungi Dapur Umami bersama para ibu-ibu blogger tanggal 8 Novem...