Jumat, 09 Maret 2018

Bangun Indonesia Dengan Kebiasaan Sarapan Sehat Setiap Hari

Setiap pagi, seorang ibu rela bangun lebih awal untuk menyiapkan menu sarapan yang akan disantap bersama keluarga tercinta, walaupun hanya sepiring nasi goreng atau sepotong roti dengan telur dadar, kandungan gizi yang terdapat dalam menu sarapan sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Dulu saya sering melewatkan sarapan pagi karena takut terlambat ke kantor, akibatnya kepala terasa pusing dan sulit berkonsentrasi, karena rasa lapar yang luar biasa akhirnya saya "balas dendam" saat jam makan siang dengan menyantap makanan lebih banyak dari biasanya padahal kebiasaan tersebut kurang baik dan dapat meningkatkan resiko naiknya berat badan. Kenapa sih kita harus sarapan? jawabannya ada disini, simak ya
1. Sarapan dapat meningkatkan kemampuan otak
2. Menjaga berat badan tubuh yang sehat
3. Membuat tubuh lebih fit
4. Mengurangi resiko stress
5. Mencegah Diabetes

Dan masih banyak lagi manfaat penting dari sarapan. Sebenarnya sarapan menjadi hal yang wajib dilakukan setiap pagi sebelum memulai hari karena kita butuh energi untuk melakukan aktifitas seharian penuh, tetapi masih banyak orang yang melewatkan aktifitas sarapan pagi karena beberapa alasan, misalnya tidak cukupnya waktu untuk melakukan sarapan. 



Data PERGIZI Pangan Indonesia menunjukkan sekitar 30% masyarakat Indonesia masih melewatkan sarapan atau tidak terbiasa sarapan. Selain itu, kualitas sarapan yang dikonsumsi juga masih rendah dan belum memenuhi kebutuhan gizi sarapan yang dianjurkan. Akhirnya pada tahun 2013 tercetuslah gerakan Pekan Sarapan Nasional (PESAN) yang diperingati setiap tanggal 14-20 Februari. PESAN merupakan inisiatif dari PERGIZI Pangan Indonesia, PERSAGI, PDGMI dan PDGKI untuk mendorong masyarakat menerapkan perilaku kebiasaan sarapan sehat dan gizi seimbang.




PT.Nestle Indonesia yang senantiasa meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan berkontribusi untuk masa depan yang lebih sehat mendukung gerakan PESAN dengan meluncurkan kampanye Ayo Bangun Indonesia pada tahun 2017 lalu. Ayo Bangun Indonesia merupakan bentuk komitmen Nestle untuk terus mendukung masyarakat Indonesia menerapkan perilaku sarapan sehat dan gizi seimbang serta gaya hidup aktif dalam rangka turut mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas dan produktif.


Peluncuran Buku "Mitos & Fakta Sarapan"

Bersamaan dengan perayaan Pekan Sarapan Nasional (PESAN) 2018, Nestle kembali menggelar kampanye Ayo Bangun Indonesia. Peluncuran Kampanye Bangun Indonesia tahun ini dilangsungkan pada kegiatan Car Free Day di Gedung Sarinah Thamrin pada Hari Minggu 4 Maret 2018. Hadir perwakilan dari Kementrian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dan Kementrian Kesehatan yang memberikan kata sambutannya di Bincang-bincang Ayo Bangun Indonesia pagi itu. Selain ada ada talkshow menarik yang bersama tiga orang narasumber yaitu :
1.Prof.Dr.Ir.Hardinsyah (Ahli nutrisi dan ketua PERGIZI PANGAN Indonesia)
2. Eka Herdiana (Market Nutritionist Nestle Indonesia
3. Meisya Siregar (Selebriti, Ibu 3 orang anak)

Ahli nutrisi dan ketua PERGIZI PANGAN Indonesia Prof.Dr.Ir.Hardinsyah memaparkan masih banyaknya penduduk Indonesia yang tidak terbiasa sarapan. selain itu kualitas sarapan yang dikonsumsi seperti kandungan energi, protein, vitamin dan mineralnya juga masih belum memenuhi kebutuhan gizi seimbang. Sarapan memberikan zat gizi, akibat tidak sarapan adalah lemah, lesu, pusing, konsentrasi berkurang, menurunkan kecerdasan dan menurunkan penghasilan sebanyak 20%. Sarapan juga melatih disiplin dalam rumah tangga

Prof. Hardin juga menyebutkan "Data pada 2012 menunjukkan bahwa 17-59% siswa sekolah dan remaja serta 30,2% wanita dewasa tidak terbiasa dengan sarapan. untuk kualitas sarapan  45% anak sekolah belum memenuhi kebutuhan gizi sarapan, 70% belum memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral sarapan, serta 90% belum memenuhi kebutuhan sarapan"


Booth Penjualan Breakfast Box

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari sarapan, PERGIZI PANGAN Indonesia menyarankan masyarakat untuk mengacu pada Pedoman 6J ketika mempersiapkan sarapan sehat dengan gizi seimbang, yaitu :

1. Jenis makanan dan minuman pada sarapan : karbohidrat, protein (lauk pauk), sayur, buah dengan minuman berupa antara lain air putih, susu, kopi, teh atau jus.
2. Jumlah pangan sesuai anjuran memenuhi sekitar 1/4 kebutuhan gizi harian
3. Jadwal sarapan dalam kurun waktu 2 jam setelah bangun tidur, dianjurkan sebelum jam 9 pagi.
4. Jurus mengolah : dianjurkan pengolahan pangan tidak rumit dan menghemat waktu agar kandungan zat gizi pada makanan tidak banyak hilang
5. Jurus menyiapkan : penyajian yang menarik agar mengunggah selera dan variasi makanan agar tidak bosan
6. Jurus mengonsumsi : tidak makan tergesa-gesa, sambil berjalan atau berlari


Nestle Breakfast Box

Berbagai aktifitas seru di area Car Free Day Sarinah Thamrin ini dapat diikuti dengan melakukan pembelian Breakfast Box senilai Rp.20.000, ada 3 (tiga) varian sarapan sehat yang bisa kita pillih sesuai selera, yaitu Nasi Goreng, telur dadar dan sayur juga buah, sereal gandum utuh atau roti isi telur dan sayuran, disetiap kotaknya ada buah dan sayuran. Selain menu sarapan dalam kotak makan yang cantik, kita juga mendapatkan 1 buah activity card yang bisa digunakan untuk mencoba berbagai pemainan yang ada di semua booth untuk mendapatkan bermacam-macam hadiah menarik. Nestle juga menyediakan photobooth dan booth konsultasi kesehatan anak disini. Untuk yang ingin membeli produk-produk Nestle, ada promo dan hadiah langsung di booth penjualan. 


Breakfast Box

Ibu Eka Hardiana, Market Nutritionist Nestle menyampaikan "Tahun lalu kami meluncurkan Healthy Portion Plate untuk membantu para ibu dirumah dalam menyiapkan sarapan sehat. Tahun ini kami menyediakan Nestle Breakfast Box sebagai solusi praktis bagi keluarga untuk menerapkan sarapan sehat dengan gizi seimbang. Keseluruhan rangkaian kegiatan ayo bangun Indonesia ini merupakan wujud komitmen Nestle untuk senantiasa meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan berkontribusi untuk masa depan yang lebih sehat".

Meisya Siregar, seorang selebriti mom dengan tiga orang anak berbagi cerita seputar aktfitasnya menyiapkan sarapan pagi untuk keluarga dengan selera yang berbeda, misalnya anak pertama dan kedua menyukai menu sereal untuk sarapan, anak yang ketiga lebih memilih Sandwich. "Aku lebih suka membuat menu sarapan yang praktis, simpel tetapi gizi seimbang tetap terpenuhi karena sarapan adalah energi utama dalam beraktifitas". Ujar Meisya. Untuk mendapatkan program edukasi sarapan, artikel, tips, resep sarapan sehat dan live chat bersama para ahli biasanya Meisya mengunjungi situs Sahabat Nestle atau akun sosial media Sahabat Nestle yang ada di Facebook Fanpage, Twitter dan Instagram


Aktifitas di berbagai booth
Penyelenggaraan Ayo Bangun Indonesia 2018 juga diramaikan dengan peluncuran buku "Mitos & Fakta Sarapan" yang disusun oleh PERGIZI PANGAN Indonesia bekerja sama dengan Nestle Indonesia. Buku yang dapat diunduh di www.sahabatnestle.co.id mulai tanggal 7 Maret 2018 ini mengulas sarapan dari berbagai sisi,mulai dari waktu yang tepat untuk sarapan, menu yang direkomendasikan untuk sarapan hingga hubungan sarapan dengan berat badan. Acara ditutup dengan penampilan Naura, salah satu artis cilik berbakat yang pandai bernyanyi sambil menari. 

Penampilan Artis Cilik Naura

Dengan gerakan PESAN semakin banyak keluarga Indonesia yang mendapatkan manfaat sarapan , mulai dari meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan , menanamkan kebiasaan disiplin , mempertahankan status gizi normal, hingga menurunkan beberapa risiko kejadian beberapa penyakit tidak menular seperti diabetes, penyakit jantung koroner dan stroke. Nah kalau sudah tau sarapan itu penting, yuk jangan lewatkan Sarapan Pagimu! 

1 komentar:

  1. Ternyata sarapan itu ada jurus nya ya, praktekin ah...

    BalasHapus

Grand Launching & Open House Kids Republic School Bekasi Centre

Memasuki tahun ajaran baru 2018 - 2019 ini kesibukan saya bertambah sebagai seorang ibu yaitu hunting preschool untuk Audrey. Setelah kelu...