Selasa, 22 Mei 2018

Nutrisi Yang Tepat Dukung Si Kecil Tanggap Yang Lengkap

Buah jatuh tak jauh dari pohonnya, peribahasa ini sering diartikan bahwa kemampuan anak tidak akan jauh berbeda dengan orang tuanya. Misalnya dalam kehidupan sehari-hari kita selalu berpikir bahwa anak seorang profesor pastinya cerdas dan pintar seperti ayah dan ibunya. Tetapi sebenarnya ada 3 (tiga) fungsi kecerdasan yang saling berkaitan yaitu selain faktor genetik (keturunan), asupan gizi dan nutrisi, faktor lingkungan juga sangat berpengaruh dalam memberikan stimulasi sejak dini. Ketiga faktor ini menjadi hal penting yang harus dipertimbangkan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak.

Bicara soal tumbuh kembang anak, dr.Nur Aisyah Wijaya Sp(A) di acara launching Bebelac beberapa waktu lalu menyampaikan bahwa menciptakan anak yang sehat sebenarnya dimulai sejak dalam kandungan, untuk itu asupan nutrisi dan gizi sangat penting dalam masa pertumbuhan dan perkembangan janin di 1000 Hari Pertama Kehidupannya (HPK). Bila periode emas ini tidak dilalui dengan baik maka akibatnya terhadap kecerdasan dan kesehatan bersifat permanen dan sulit untuk diperbaiki padahal anak-anak memiliki ciri khas tumbuh dan berkembang dengan pengertian sebagai berikut




Pertumbuhan adalah suatu proses pertambahan ukuran baik volume, bobot dan jumlah sel yang bersifat irreversible (tidak dapat kembali ke asal).

Untuk mengetahui bagaimana mengetahui optimalnya tumbuh kembang anak, ada 3 hal yang harus dilakukan yaitu : 
1. Timbang berat badan
2. Ukur tinggi badan
3. Ukur lingkar kepala secara berkala

Sedangkan arti perkembangan adalah perubahan atau diferensiasi sel menuju keadaan yang lebih dewasa juga bertambahnya kemampuan fungsi-fungsi semua sistim organ akibat bertambahnya kematangan fungsi sistim organ tersebut antara lain pendengaran, perkembangan motorik kasar dan halus, Bicara, Kemandirian, Perkembangan kognitif, Penglihatan, Komunikasi, cara mengontrol emosi, sosial, Intelegensi

dr.Nur Aisyah Wijaya Sp (A).K (baju putih)

Pemberian nutrisi yang lengkap dan seimbang sejak dalam kandungan hingga di usia  3 tahun pertamanya akan menambah banyak sel-sel otak yang berkembang. Nutrisi yang tepat untuk perkembangan otak si kecil mendukungnya tidak hanya memiliki kecerdasan  intelektual tapi juga kecerdasan emosional dan kecerdasan sosial. Oleh karena itu ibu perlu memperhatikan asupan nutrisi yang mendukung perkembangan otaknya.

Tahukah Ibu bahwa si kecil dapat tumbuh dengan tanggap yang lengkap itu dimulai dari otaknya loh, di 2 tahun pertama otak si kecil berkembang sebanyak 80% dan masa tumbuh kembang lebih pesat, melalui stimulasi si kecil akan memiliki kecerdasan sosial dan mampu bekerja sama

Presentasi dr. Nur Aisyah Wijaya tentang Mikrobiota Otak

Menurut dokter Nuril, Nutrisi yang kita makan sehari-hari didapat dari zat gizi makro dan mikro yang ada pada makanan

1. Makronutrient adalah makanan yang mengandung Karbohidrat, Protein, dan Lemak
2. Mikronutrient adalah makanan yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang sedikit misalnya vitamin A, masih banyak orang yang berpendapat bahwa vit A hanya didapat dari wortel padahal vit A juga bisa didapatkan dari hewani misalnya daging merah dan hati sapi yang mudah diserap

Presentasi dr.Nur Aisyah Wijaya

Karena tumbuh kembang otak sejak di dalam kandungan sangat penting maka bayi membutuhkan protein, karbohidrat, lemak, beberapa nutrisi penting untuk meningkatkan kecerdasan anak adalah AA (Arochidonic Acid) dan DHA (Docosahexanoid acid), asam lemak omega 3 , 6 dan 9 , vitamin B dan vitamin E

Bagaimana akibat jika nutrisi tidak tercukupi?
1. Stunting (perawakan pendek)
2. pertumbuhan sel otak tidak baik
3. berat bayi berkurang
4. gangguan fungsi kognisi


Bebelac Baru 

Sama seperti organ lain, otak membutuhkan berbagai jenis nutrisi untuk melakukan fungsinya. Terutama pada masa anak-anak di mana perkembangan otak masih berlangsung tentu dibutuhkan asupan nutrisi yang baik untuk otak anak. Untuk nutrisi yang optimal aku juga berikan si kecil Bebelac Baru yang disempurnakan, yang mengandung Minyak Ikan, dan Omega 6 yang ditingkatkan. FOS & GOS 1:9 , 13 Vitamin dan Mineral dukung si kecil tumbuh menjadi tanggap yang lengkap. Omega 3 dan 6 penting banget untuk nutrisi otak

23 komentar:

  1. Hanya bisa berdoa ssmkga anak-anak Indonesia bisa bebas dari kasus stunting

    BalasHapus
  2. Waaah...ini acaranya didukung dgn narasumber yang keren-keren ya. Pasti ilmu parenting jadi bertambah deh. Memang asupan gizi seimbang anak harus kita nomersatukan ya, sehingga anak tumbuh optimal.

    BalasHapus
  3. Sudah sepantasnya anak2 diberi nutrisi yg cukup, toh anak sendiri ya mbak. Dan harusnya event2 seperti ini bisa mengundang lebih banyak lagi ibu-ibu muda, sebab ibu muda biasanya belum begitu paham akan hal ini, nutrisi apa yg baik utk kembang otak anak ataupun nutrisi seperti apa yg harus terpenuhi lebih dulu. Moga makin banyak ibu2 hang sadar akan pembeeian nutrisi yg baik utk anak mereka

    BalasHapus
  4. Hiks, saya termasuk yang stunting. Baiklah tyt bukan semata-mata faktor genetik ya, perlu perhatikan asupan gizi supaya tumbuh kembang anam bisa optimal.

    BalasHapus
  5. Selama ini saya tahunya nutrisi itu yah gizi seimbang. Ternyata ada zat gizi makro dan mikro pada makanan. Tambah ilmu jadinya.

    BalasHapus
  6. Stimulisasi memang pentung yaa mba. Anakku belum setahun nih semoga msh ada ksmptn utk mengoptimalkan tumbang nya khususnya otaknya.

    BalasHapus
  7. bertubuh pendek belum tentu juga nutrisinya tidak baik
    mungkin faktor genetik juga
    biar seimbang memang harus diukur juga dari sisi kecerdasan otak dan emosional anak

    BalasHapus
  8. Iya bener Mba kita harus selalu memperhatikan tumbuh kembang anak kita. Salah satunya dengan cara memperhatikan asupan gizinya. Saya selalu berusaha memberikan gizi seimbang anak dari menu utamanya dan baru dikenalkan dengan susu setelah selesai disapih 2 tahun

    BalasHapus
  9. Saya selalu lupa kalo makanan juga berpengaruh ya bun ke kecerdasan anak. Pas banget saya lagi nyari susu bantu buat anak karena sudah masa menyapih nih bun

    BalasHapus
  10. Banyak yg posting ttg produk bebelac ini yah? Ada event nya cuma di Jakarta, lah para mommy yg di luar Jakarta cuma kebagian baca2 hasilnya doank 😄 gak bisa ikutan langsung nih...

    BalasHapus
  11. Bahaya juga ya kalau terjadi malnutrisi. Sampai bisa mengakibatjan stunting. Duuh, kita jd ortu kudu cermat nih mengolah makanan si kecil.

    BalasHapus
  12. Nutrisi memang penting banget yaa, jangan sampai kena masalah seperti stunting atau masalah hormonal lainnya. Makanya sekarang meskipun Rio udah makan masakan rumah yang sama kaya Bapak Ibunya, selalu inget konsep 4* MPASI hihi. Harus ada karbohidrat, protein nabati, protein hewani & serat.

    BalasHapus
  13. Betul banget mba kita harus mendukung nutrisi tepat untuk anak. Kan anak calon penerus keluarga, negara dan orang sukses.

    BalasHapus
  14. Begitu pentingnya asupan nutrisi untukl anak ya, makanya kadang suka heran dengan anggapan 'yang penting anak kenyang'...

    BalasHapus
  15. Selain pemberian nutrisi, ternyata stimulasi pun perlu diberikan dengan cara yang tepat ya, Mbak, agar anak tumbuh dan berkembang secara lengkap, baik cerdas secara intelektual, sosial, dan emosional. Zaman sekarang memang sih kayaknya anak dituntun untuk cerdas secara lengkap jika tak ingin tertinggal. Semangat, Mbak, untuk terus memperhatikan tumbuh kembang si kecil

    BalasHapus
  16. Dulu saya taunya cuma 4 sehat 5 sempurna. Ternyata sekarang susu sudah masuk nutrisi utama juga yaa. Berarti udah harus memilih susu yang cocok nih karena sebentar lagi si kecil akan disapih.

    BalasHapus
  17. Susunya anakku nih waktu umur mereka belum 5thn. Setelah 5thn aku ganti ke susu pertumbuhan tinggi badan supaya mereka enggak mungil kayak bundanya. Hehehe

    BalasHapus
  18. Emang bebelac ok ya...alhamdulillah anak ku dr kecil pake susu bebelac...udh sd aja jd ganti merk susu yang lain

    BalasHapus
  19. Kita sebagai orang tua harus cerdas dalam memilih susu juga ya mba.. Ternyata di Bebelac ini formulanya lengkap bangett.. Dari gizi makro dan mikronya juga sdh lengkap.. ga worry lg buat anak yg susah makan.

    BalasHapus
  20. Anakku sekarang 4 tahun, bisa dipertimbangkan nih soal susu bebelacnya hehehhe

    BalasHapus
  21. nutrisi berperan penting banget ya mom buat pertumbuhan si kecil agar pertumbuhannya bisa tanggap yang lengkap

    BalasHapus
  22. Setuju omega 3 dan 6 sangat dibutuhkan anak dimasa pertumbuhan.

    BalasHapus
  23. Kadang kita lupa ya, bahwa otak pun perlu makanan yang bergizi dan baik untuk perkembangannya. Kadang fokusnya cuma ke badan aja.

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^