Selasa, 05 Juni 2018

Stimulasi, Kunci Kecerdasan Si Kecil Tumbuh Menjadi Tanggap Yang Lengkap

Waktu begitu cepat berlalu, tanpa terasa si kecil Audrey telah bertumbuh besar. Melihat perkembanganya yang begitu pesat seperti sekarang saya merasa faktor lingkungan sangat membantu saya dalam memberi stimulasi kepada Audrey. Misalnya bagaimana kami memberikan kasih sayang untuk Audrey, sehingga membuat Audrey merasa nyaman berada di tengah-tengah orang yang ia sayangi, rasa nyaman dan aman ini ternyata mampu membuat Audrey tumbuh menjadi pribadi yang mandiri, percaya diri dan berperilaku baik. Saya rasa hampir semua orang tua menginginkan hal yang sama bukan?

Disadari atau tidak peran orang tua sangat penting untuk membentuk pribadi anak, apapun yang dilakukan orang tua terutama ibu sebagai role model pasti dijadikan contoh pertama yang dilihat oleh anak. Setiap hari saya mewajibkan kedua putri saya, Aira dan Audrey menyantap sarapan paginya sebelum berangkat ke sekolah dan meletakkan sepatu mereka di rak sepatu ketika kembali dari sekolah, hal ini saya lakukan untuk melatih kedisiplinan mereka. Awalnya memang tidak terlalu efektif karena saya sendiri terkadang lupa meletakkan sepatu di rak tersebut, akibatnya? saat diingatkan mereka pun berkata kalau saya juga tidak meletakkan sepatu di tempat yang seharusnya. Kesimpulannya adalah jika kita menginginkan anak kita disiplin maka kita juga harus disiplin.




Begitu juga dengan proses belajarnya, saya selalu menanyakan kepada Audrey saat pulang sekolah, apa saja yang dia dapatkan hari ini lalu kami mengulangnya dirumah misalnya belajar membaca, menggambar, mewarnai dan menghafal lagu serta Do'a dan surat pendek. Dari beberapa seminar parenting anak yang saya ikuti, salah satu cara menstimulasi anak adalah dengan bercerita atau mendongeng. Hal ini juga saya lakukan dirumah saat malam hari menjelang tidurnya. Biasanya saya mengajak Audrey berperan aktif saat saya membacakan sebuah cerita dengan menirukan suara juga tingkah lalu tokoh yang ada dalam dongeng, aktifitas bercerita yang saya lakukan setiap hari dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak. Sesekali saya juga mengajak anak-anak bermain sambil belajar di taman dekat rumah.

Selain tumbuh menjadi anak yang pintar dan cerdas, Audrey juga cepat tanggap karena dapat merespon dengan baik semua bentuk stimulasi yang saya berikan. Anak yang tumbuh dengan tanggap yang lengkap, adalah anak hebat yang cepat tanggap, Cerdas Emosional dan Cerdas Sosial, Audrey sangat peka dan punya rasa peduli kepada orang disekitarnya, dia suka sekali berbagi mainan dengan temannya. Kecerdasan sosial juga dibuktikan dengan kemampuannya bekerjasama dengan teman-temannya saat berlomba untuk memperebutkan juara antar sekolah.




Pada dasarnya setiap anak dilahirkan jenius tinggal bagaimana peran orang tua untuk mencari tahu stimulasi yang tepat untuk jadikan si kecil tanggap yang lengkap dengan memberikan dukungan serta nutrisi terbaik yang dapat membantu kemampuan belajar si kecil. Selain kecukupan nutrisi dari tumpeng gizi seimbang, saya juga memberikan Susu Bebelac Baru dengan formula yang disempurnakan dilengkapi  dengan DHA (Docosehaxaenoic Acid), minyak ikan dan Omega 6 lebih tinggi dukung si kecil tumbuh jadi anak hebat dengan tanggap yang lengkap. 

Seperti kita ketahui bersama DHA adalah asam lemak esensial yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh sehingga harus didapatkan dari asupan makanan. DHA berguna dalam proses pembentukan otak, jaringan saraf dan jaringan pengihatan. Dengan asupan gizi yang baik, Audrey akan dengan mudah menerima pelajaran sekolah dan bergaul di lingkungan sosialnya. 




Saya berharap Audrey bisa memupuk EQ (Emotial Quotient) nya selain meraih IQ (Intellegent Quotient) yang tinggi, untuk itu saya pastikan agar Audrey mendapatkan stimulasi yang cukup sesuai dengan usianya, berhubung profesi seorang ibu tidak ada sekolah khususnya, biasanya saya mencari informasi lengkap tentang pentingnya Omega 3 dan 6 sebagai nutrisi otak. Selain itu saya sering pula membuka website Bebelac untuk mencari tahu mengenai Tanggap yang lengkap atau artikel lain seputar tumbuh kembang anak serta konsultasi langsung dengan para expert. Ada dokter dan psikilog yang selalu siap membantu para ibu mewujudkan anak hebat dengan tanggap yang lengkap. 

28 komentar:

  1. Senang banget ya mbak indri punya putri2 yang sehat juga pintar, salah satu bentuk kebahagiaan yang tak bisa diukur dengan apapun. Sehat2 selalu untuk keluarga yaa mbak... Aamiin YRA

    BalasHapus
  2. Senang banget ya mbak indri punya putri2 yang sehat juga pintar, salah satu bentuk kebahagiaan yang tak bisa diukur dengan apapun. Sehat2 selalu untuk keluarga yaa mbak... Aamiin YRA

    BalasHapus
  3. Iya sebagai orang tua kita yang pertama melihat tumbuh kembang anak dan kita yang membangunnya, semoga anak anak kita sehat selalu yaa

    BalasHapus
  4. Pinter Kakak Audrey udah cantik jadi pribadi mandiri, terus percaya diri, dan berakhlak baik. Istiqomah terus yah sampai dewasa nanti.

    BalasHapus
  5. Orang tua memang sekolah pertama untuk anak-anak, salam untuk anak-anaknya Mbak. Pinter sekali

    BalasHapus
  6. Nah ini dia nih mba indri, aku selalu menstimulus anak-anakku mulai dari indera penglihatannya, pendengarannya dll. Bener2 terlihat ketika mereka tumbuh besar, anakku yg pertama hobi nyanyi karena aku suka stimulus pake musik. Hihi thanks for sharing ya mbak indri.

    BalasHapus
  7. Benar, orangtua pendukung kecerdasan anak. Stimulasi dan asupan gizi itu penting

    BalasHapus
  8. Kk audrey pintar ya, semoga selalu sehat ya Audrey biar bisa terus mengukir prestasi

    BalasHapus
  9. Ini bener banget kak poin poinnya. Garus esktra sabar untuk ngajarin anak supaya lebih cepat tanggap. Tapi minuman juga berpengaruh ya kak buat kecerdasan anak.

    BalasHapus
  10. Hallo Mbak Indri yang super hits. Aku kagum loh dengan kegesitan dan keberuntungan mu. Hati hati dengan lingkungan anak anak. Bersosialisasi memang penting. Kita lah sebagai orsng tua yang memilih dsn menentukan lingkungan seperti apa yang membentuk karakter anak anak kita. Selain Ibu tentu nya mereka membutuhkan teman. By the way. Salam sayang untuk anak anak semoga sehat selalu. Salam.

    BalasHapus
  11. mbak audrey cantikk.. tante gemes deh,.. jadi pengen punya anak cewek lagi kan jadinya hehehhe

    BalasHapus
  12. didoakan semoga mbak audrey tumbuhnjd anak yg ber IQ dan EQ baik ya. Bener bgt ya mbak gak ada sekolah kusus jadi seorang ibu. harus banyak.belajar

    BalasHapus
  13. Suka deh dengan kalimat "setiao anak dilahirkan jenius" it's true. Nggak ada anak yang bodoh, karena tiap anak beda2 kecerdasannya.

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah, senang dan bahagia sekali ya Mbak, punya anak yang tumbuh kembangnya sesuai dengan usianya. Tidak ada kebahagiaan yang melebihi hal itu, semoga Mbak Audrey tambah sholiha, pintar dan selalu jadi kebanggan orangbtuanya. Aamiin..

    BalasHapus
  15. Wkwkw.. anak belajar dari ibunya ya. Kalau ibunya lupa naruh sepatu, anaknya jg lupa deh naruh sepatu.

    BalasHapus
  16. Anak2 perlu banget mbak distimulasi agar baik tumbuh kembangnya dan makin pintar di sekolahnya

    BalasHapus
  17. bener banget ya kecerdasan emosional anak dan inteleggent harus seimbang
    karena jika cuma salah satu aja yang tinggi ga bagus
    semoga audrey jadi anak yg cerdas dan berakhlak baik ya
    sehat sehat ya nak

    BalasHapus
  18. Iya juga sih. Perkembangan macam apa yang kita harapkan dari anak-anak kalau kita sebagai orangtuanya gak pernah memberikan stimulasi.
    Dan gak lupa, jaman sekarang benar2 harua diperhatikan yang namanya penanaman attitude yang baik buat anak2.

    BalasHapus
  19. Susu Bebelac yang baru ini mengandung Omega 3 dan 6 ya mbak. Emang bagus sih buat kecerdasan otak anak. Kalau anak nutrisinya baik tinggal distimulasi aja. Lebih mudah :D

    BalasHapus
  20. contoh perbuatan memang yang paling mudah ditiru oleh anak, jika hanya memberikan teory saja, maka kita harus mengulang-ulang agar anak ingat...

    BalasHapus
  21. Perpaduan nutrisi dan peran orang tua membuat anak anak tumbuh menjadi yang kita harapkan ya moms. Perlu di contoh nih sama aku kalo nanti punya anak cewek. Hihihi

    BalasHapus
  22. semoga Audrey bisa memupuk EQ nya dan meraih IQ yang tinggi.. Aamiin.. jadi susu bebelac yang baru ini mengandung Omega 3 dan 6 ya? penting banget kan itu buat kecerdasan otak

    BalasHapus
  23. betul bgt, orangtua jadi role model buat anak . semoga kita jd orangtua yg bisa memberi contoh baik buat anak y

    BalasHapus
  24. Stimulasi yang rutin, tepat usia dan pemberian nutrisi juga gizi sempurna pasti membuat anak tumbuh hebat dan juga memiliki tanggap yang lengkap, seperti anak-anak mba Indry

    BalasHapus
  25. Tumbuh kembang anak banyak dipengaruhi berbagai faktor, yang penting harus seimbang antarai IQ, EQ, dan SQ.

    BalasHapus
  26. iya mbak, sepakat banget, stiap anak dilahirkan jenius tinggal ortu membentuknya ya mbak ..

    BalasHapus
  27. Suka dengan quote, setiap anak pada dasarnya dilahirkan jenius, tinggal peran orangtua saja bagaimana mendukung tumbuh kembang anaknya, terutama dengan memperhatikan asupan nutrisi dan memberikan stimulasi yang tepat

    BalasHapus
  28. wahaha sama mbak. Kalau aku ga masukkan sepatu ke rak, SID bakal teriak "Ibu... sepatunya simpan di sini."

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^