Rabu, 20 Februari 2019

Fintektok.id Ajak Masyarakat Kenali Ciri Fintech Resmi


Kebutuhan manusia seakan tak pernah ada habisnya bahkan terus bertambah dan tak berujung. Lingkungan sosial, tayangan iklan hingga kemajuan teknologi adalah beberapa faktor yang menyebabkan kebutuhan manusia menjadi tidak terbatas. Apalagi bagi mereka yang sudah berkeluarga, permasalahan ekonomi terkadang timbul karena tidak dapat memenuhi semua kebutuhan keluarga, terutama biaya pendidikan anak yang semakin hari kian melambung tinggi. 

Solusi paling tepat disaat kebutuhan mendesak dan butuh dana dengan cepat adalah Pinjaman Online. Peminjaman uang secara online ini dilakukan oleh lembaga keuangan online yang dikenal dengan Fintech. Di Indonesia sebenarnya ada ratusan Fintech Lending namun hanya 99 yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Tidak seperti pinjaman pada Bank, pinjaman online lebih mudah prosesnya dan tak perlu menunggu lama, kita juga tidak harus keluar rumah atau pergi ke Bank untuk mendapatkan dana tersebut, cukup mendaftarkan diri melalui website dan dana yang kita butuhkan langsung ditransfer ke rekening. Begitu mudah bukan? Eits tapi dibalik kemudahan yang diberikan, kita juga harus cermat dalam memilih pinjaman online. 

Maraknya kasus penipuan yang mengatasnamakan lembaga peminjaman uang akhir-akhir ini, melatarbelakangi Fintektok sebagai media edukasi tentang dunia Fintech Indonesia menggelar acara FINTEKTOK LIVE #5 pada Hari Selasa 19 Februari 2019 lalu di Warung Upnormal Tebet. Acara rutin yang digelar untuk membahas topik seputar Fintech, kali ini mengangkat tema "Mengenal Fintech dan Manfaatnya". 

Dana Karseno - CEO Modal Antara

Modal Antara
, salah satu perusahaan pinjaman online yang diawasi dan terdaftar di OJK mulai tanggal 1 Februari 2019 lalu, ikut berpartisipasi memberikan edukasi kepada 55 tamu undangan dari kalangan masyarakat umum dan juga komunitas supaya lebih cermat  dalam memilih layanan pinjaman online agar tidak terjadi masalah di kemudian hari. 

Bapak Dana Karseno - CEO Modal Antara yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan bahwa Fintech Lending yang resmi dan abal-abal memiliki beberapa perbedaan yang sangat mencolok, ciri-cirinya adalah sebagai berikut :
  1. Tidak terdaftar OJK (tidak ada logo OJK)
  2. Bunga sangat tinggi - bunga berbunga
  3. Denda tinggi - total denda bisa melebihi nilai pokok pinjaman
  4. Penagihan tidak manuasiawi - meneror keluarga dan teman
  5. Aplikasi mengambil data kontak & media - biasanya berbentuk aplikasi yang  harus di unduh bukan website
  6. Cenderung terlalu mudah diajukan
Bagaimana dengan Fintech Lending yang resmi? Mereka harus melaui proses yang panjang, mulai dari melakukan pendaftaran di OJK, membuat perijinan setelah terdaftar dan beroperasi, hingga mengikuti POJK 77 Tahun 2016. Dan yang tak kalah penting adalah Lending Fintech tersebut harus berbadan hukum dan memiliki logo OJK. Untuk mengetahui sebuah Fintech resmi atau tidak kita bisa melihatnya melalui fintektok.id atau www.ojk.go.id

Bapak Dana juga menambahkan bahwa Modal Antara adalah perusahaan financial technologi peer to peer lending yang hadir untuk menjembatani kebutuhan masyarakat. Modal Antara adalah solusi cerdas dan praktis untuk mengajukan serta memberikan pinjaman dengan persyaratan mudah, prosesnya sederhana dan semua tahap konfirmasi dilakukan secara online. 

Krisna Sudiro, Direktur Modal Antara

Berinvestasi Di Peer To Peer Lending dipastikan aman karena diawasi oleh OJK, prosesnya mudah dan cepat, 
jenis produk serta jumlah pinjaman pun bervariasi. Direktur Modal Antara, Bapak Krisna Sudiro yang juga hadir dalam acara FINTEKTOK LIVE #5 memperkenalkan dua jenis Pinjaman Online yang ada di Modal Antara, yaitu : 

1. Pinjaman Personal, terbagi menjadi :
- Antara Gajian : sistem pengembalian penuh, 30 & 60 hari, bunga mulai dari 5% hingga 2,6%
- Antara Talangan : sistem angsuran, 6&12 bulan, 3,5,10 juta, bunga mulai 25% pertahun

2. Pinjaman Usaha, terbagi menjadi :
- Antara Panen : Panen Atsiri, Panen Vaname, Panen Jagung
- Antara Dagang : Dropship, Tagihan

Sesuai dengan Visi dan Misinya, Modal Antara juga memiliki jangka waktu peminjaman yang fleksibel dengan bunga yang terjangkau bagi para peminjam, sedangkan bagi para pemodal dipastikan mendapat kekuatan hukum dan kerahasiaan transaksi. Jadi tunggu apalagi, kunjungi website Modal Antara di www.modalantara.id untuk informasi lebih lanjut tentang Pinjaman Online yang sudah pasti terdaftar dan diawasi OJK.  

3 komentar:

  1. Wah ternyata fintek ada yang di lindungi ojk memang harus lebih bijak ya kalo cari pinjaman online yang terdaftar di OJK

    BalasHapus
  2. Wah ternyata fintek ada yang di lindungi ojk memang harus lebih bijak ya kalo cari pinjaman online yang terdaftar di OJK

    BalasHapus
  3. baru tau ada platfom or website yang mengulas tentang fitech yang baik dan tidak rekomen. manteb manteb :D

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^