Kelas Bunda SGM Eksplor Jakarta : "Photography and Story Telling in Social Media" Bersama Mira Agile

(Ki-Ka) Mira Agile, Defani (Moderator)

"Hallo bunda-bunda hebat, apa kabar?" begitu lah gaya bunda-bunda admin Team Community SGM Eksplor ketika menyapa para bunda dalam sebuah grup chat maupun grup Facebook Mombasador SGM Eksplor setiap harinya. Namun ketika itu para bunda admin menyapa para bunda untuk menyampaikan sebuah kabar yang sangat ditunggu-tunggu yaitu kembali hadirnya Kelas Bunda di Jakarta. Acara edukatif ini bakal di gelar pada Hari Sabtu 20 Juli 2019 di Gedung Cyber 2 Kuningan Jakarta. 

Kelas Bunda menjadi sebuah kesempatan untuk para bunda menambah ilmu dan kreatifitas sekaligus ajang silaturahmi (meet up), termasuk narsis bareng memakai batik kebanggaan Mombassador, makanya begitu di share line up peserta langsung deh pada semangat menaruh nama mereka disana seolah-olah tak mau ketinggalan acara tersebut.

Seperti Kelas Bunda sebelumnya yang digelar pada bulan Oktober 2018 lalu di Kota Bogor, peserta Kelas Bunda kali ini juga diperbolehkan membawa buah hati mereka jika memang tidak bisa ditinggal atau tidak ada yang menjaga dirumah asalkan membawa pendamping untuk menemani si kecil saat bundanya mengikuti kelas.

Hari yang ditunggu pun tiba, registrasi Kelas Bunda sudah mulai dibuka sejak pukul 08.00 pagi dan ketika saya tiba di lantai 9 Gedung Cyber 2, setiap sudut ruangan sudah penuh dengan para bunda yang selfie, wefie dan cipika cipiki sambil menikmati snack box yang telah disediakan oleh panitia.

Numpang narsis bareng bunda Mira Agile

Sambil menyapa beberapa bunda yang sudah lama sekali tidak berjumpa, saya langsung mencari spot yang enak untuk duduk dan menyerap ilmu yang akan dibagikan oleh Mira Agile, Bunda Generasi Maju sekaligus Momfluencer yang dipilih menjadi narasumber Kelas Bunda kali ini. 

Acara dibuka oleh Bella sebagai MC, dan Mba Defani sebagai moderator. Untuk tema yang akan dibahas kali ini adalah "Photography and Story Telling in Social Media". Jadi intinya bunda Mira akan berbagi tips cara membuat konten instagram serta caption yang dapat menarik minat orang lain (follower kita) untuk mampir ke postingan yang kita buat. Duh jadi enggak sabar ingin mencuri ilmunya.

Doc : FB Diah Arini

Mana Lebih Penting Engagement atau Like?

Sebagai content creator di Instagram milik sendiri, satu hal yang paling membahagiakan hati saya adalah jumlah Like pada setiap postingan saya, meskipun tidak sampai ratusan tetapi setidaknya ada hal menarik yang membuat mereka mampir dan memberikan like disana. Tapi ternyata itu salah bun, karena menurut bunda Mira, engagament lah yang justru lebih penting daripada like, apalagi bagi mereka yang sudah bekerja sama dengan brand besar. 

Tips Kelola Instragram ala Bunda Mira Agile 

1. Tentukan tema instagram yang ingin kita buat, mulai dari memilih warna, template atau tone filter yang senada
2. Pilih foto terbaik yang akan di upload, gambar harus terang dan tidak blur (buram)
3. Buat caption senatural mungkin, gunakan bahasa sehari-hari yang mudah dimengerti
4. Gunakan emoji saat membuat caption, ajak follower berkomunikasi di akhir caption
5. Baca ulang caption sebelum posting, karena caption yang diedit akan berpengaruh pada Engagement kita 
6. Cari background yang bagus, menarik dan pencahayaan cukup saat mengambil gambar 
7. Jangan terlalu banyak memajang foto selfie ya bun, kalau bisa di selingi dengan foto lainnya agar tidak monoton 
8. Gunakan aplikasi photo editor agar hasil jepretan kita lebih enak dilihat,  bunda Mira biasanya menggunakan Snapseed untuk mengedit foto-fotonya. 

Suasana Kelas Bunda

Di akhir sesi pertama Kelas Bunda, kami semua di tantang untuk megambil gambar sebuah kotak susu SGM Eksplor semenarik mungkin dengan aplikasi Snapseed, 10 orang dengan foto terbaik akan menjadi pemenangnya. Spontan tantangan ini bikin para bunda semangat bukan main kan. Apalagi hasil fotonya langsung di nilai dan di komentari oleh narasumber Kelas Bunda hari itu. Alhamdulillah saya jadi salah satu pemenang dengan foto terbaik dan siap terima endorse dari SGM Eksplor.

Hasil edit foto dengan Snapseed

Bicara tentang endorsement, di sesi kedua Kelas Bunda, bunda Mira juga punya pesan khusus buat para bunda agar melalukan hal ini ketika menerima endorse dari sebuah brand, apa sajakah itu?
1. Experience dulu sebelum terima endorse, hal ini bertujuan agar kita terlihat menjiwai dan paham betul saat mengupload produk tersebut di sosial media
2. Buat review dengan jujur sesuai apa yang dialami, berikan testimoni semenarik mungkin setelah menggunakan produk endorsement tersebut.

Wah komplit banget ya tips dan ilmu dari acara Kelas Bunda Jakarta kemarin, semoga bisa diaplikasikan ke sosial media agar dapat meningkatkan personal branding kita. Bagi bunda yang tidak sempat hadir di Kelas Bunda Bogor bisa intip keseruannya disini http://www.indrifairy.com/2018/10/kelas-bunda-sgm-eksplor-bogor-ajang.html

 Sampai bertemu lagi di Kelas Bunda berikutnya ya...

Team Community Mombassador SGM Eksplor
Doc : FB Diah Arini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciptakan Momen Liburan Seru Dan Menyenangkan Dirumah

Kemenkes RI Sosialisasikan Pentingnya Budaya Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3)

Bloggerday 2019 Bandung : Ketika 100 Blogger Berkumpul Di Ulang Tahun Bloggercrony Community