Konsumen Cerdas Pastikan CEK KLIK Sebelum Belanja


Berbelanja adalah sebuah aktifitas yang bukan hanya menjadi kebutuhan tetapi juga merupakan gaya hidup masyarakat modern, karena kegiatan belanja kini tak hanya dilakukan di pasar tradisional dan pasar modern, tetapi bisa dilakukan juga secara online melalui layanan e-commerce.

Bagi mereka yang sibuk, berbelanja online melalui e-commerce adalah salah satu solusi agar kebutuhan akan makanan, fashion dan produk kecantikan tetap terpenuhi, tak hanya itu beberapa e-commerce bahkan menyediakan produk groceries dengan fasilitas gratis ongkos kirim. 

Namun sebagai ibu rumah tangga yang punya banyak waktu dirumah, saya lebih sering berbelanja  produk groceries di minimarket atau supermarket, selain lengkap barangnya, saya juga bisa mengecek langsung produk yang akan saya beli, mulai dari tampilan kemasan hingga tanggal kedaluwarsanya.

Jadi bukannya gengsi nih belanja di warung kelontong, tetapi saya pernah punya pengalaman buruk ketika membeli mie instan dalam cup di sebuah warung kelontong yang ada di rest area, waktu itu saya sedang dalam perjalanan mudik ke kampung halaman. Mie instan cup yang saya beli disana ternyata sudah kedaluwarsa.

Saya pribadi sebenarnya tidak sepenuhnya menyalahkan sang penjual karena saya tidak langsung mengecek tanggal kedaluwarsa saat membelinya apalgi kondisi kemasannya masih bagus dan tidak menimbulkan aroma yang mencurigakan saat diseduh, baru terasa berbeda ketika mulai mencoba rasanya yang betul-betul tidak enak.

Ketika di cek tanggal kedaluwarsanya ternyata sudah lewat 2 bulan. Harusnya sih komplen ya ke penjualnya tetapi sayangnya kami sudah melanjutkan perjalananan lagi dan meninggalkan rest area tersebut.

Pengalaman bertemu dengan produk expired terjadi lagi ketika saya mengikuti sebuah event dan mendapatkan goodie bag berupa produk kosmetik, dari 3 produk yang berada di dalamnya, ternyata ada 1 item yang sudah expired, untungnya saya cek dulu sebab kalau tidak, mungkin bisa muncul gatal-gatal pada kulit wajah atau menimbulkan dampak lain yang lebih berbahaya.

Itulah mengapa konsumen diharapkan cerdas dan berdaya dalam memilih suatu produk terutama sebelum membelinya, tak hanya makanan dan kosmetik tetapi juga obat-obatan. Karena disadari atau tidak ketiganya adalah kebutuhan yang tidak bisa terpisahkan dari kehidupan kita.

Meskipun ketiga jenis produk yang masuk dalam kategori beresiko tersebut diawasi langsung oleh Badan POM (Pengawas Obat & Makanan) kita juga tetap harus waspada dan  ikut mengawasi dengan melakukan 4 langkah mudah yaitu CEK KLIK sebelum belanja

1. Cek Kemasan





2. Cek Label




3. Cek Ijin Edar





4. Cek Kedaluwarsa



Dengan melakukan CEK KLIK, masyarakat tak hanya dapat menikmati manfaat dari produk tersebut tetapi juga dari sisi kualitas dan keamanan terutama produk makanan dan obat-obatan yang langsung dikonsumsi oleh tubuh.

Untuk mengedukasi masyarakat dan memperkenalkan Program Nasional "Ayo CEK KLIK Sebelum Belanja" Badan POM menggelar Talkshow Edukatif sekaligus meluncurkan  aplikasi terbarunya pada Hari Sabtu 7 September 2019 di Lippo Mall Kemang Jakarta, dihadiri oleh beberapa narasumber yang berasal dari stakeholder yang berbeda namun sangat berpengaruh dalam proses pengadaan barang hingga perlindungan konsumen, mereka adalah :

1. Ibu DR. IR. Penny K. Lukito, MCP (Kepala Badan POM RI)

2. Bapak Tulus Abadi, Ketua YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia)

3. Bapak Ojak S. Manurung, SE, M ( Kementerian Perdagangan)

4. Bapak Fathurrahman, ST, Aprindo (Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia)

5. Mom Ussy Sulistawaty, Womenpreneur dan Selebriti sebagai konsumen


Narasumber Talkshow "Ayo CEK KLIK Sebelum Belanja"

Sesi Talkhow dibuka oleh Ibu Penny selaku Kepala Badan POM RI yang menyampaikan bahwa masyarakat harus cerdas sebelum membeli suatu produk termasuk saat belanja online di e-commerce, jangan tergoda harga murah tetapi kenali lebih jauh produk yang kita beli dengan CEK KLIK. 

Selain CEK KLIK sebelum belanja, mengecek suatu produk juga bisa dilakukan dengan menggunakan sebuah aplikasi yang baru saja diluncurkan oleh Badan POM namanya BPOM Mobile, ibu Penny Lukito menambahkan bahwa BPOM Mobile adalah aplikasi QR Code dengan 2 dimensi barcode, regulasi baru dari BPOM ini memudahkan para konsumen untuk mengecek langsung produk beresiko seperti obat dan makanan hanya dengan scan barcode. 

Regulasi ini nantinya secara bertahap akan menjadi kewajiban bagi para pelaku usaha agar dapat meningkatkan daya saing dan aspek proteksi terhadap segala jenis pemalsuan. Pelaku usaha dan konsumen dapat mengunduh Aplikasi BPOM Mobile melalui Google Play Store di smartphone pribadi agar dapat langsung mencoba fitur-fiturnya.

Dari sisi konsumen, Mom Ussy Sulistyawati yang sering berbelanja produk kecantikan secara online merasa beruntung bisa mendapatkan pencerahan dari acara yang dibuat oleh Badan POM ini, karena pentingnya melakukan CEK KLIK sebelum belanja membuatnya jadi lebih rutin mengecek tanggal kedaluwarsa pada makanan dan minuman yang ada dirumahnya.

Aplikasi BPOM Mobile

Ketua YLKI Bapak Tulus Abadi, menyampaikan bahwa Undang-Undang tentang perlindungan konsumen tersirat dalam UU no 8 tahun 1999  yang mengatur hak konsumen, keamanan , kenyaman dan keselataman saat bertransaksi tetapi sebagai konsumen kita tidak boleh menuntut hak saja tetap ada kewajiban yang harus dilaksanakan sebagai konsumen yaitu membaca label atau petunjuk pemakaian sebagai konsumen cerdas dan berdaya.

Beliau juga menambahkan, mengukur keberdayaan komsumen ada 3 tahapannya yaitu :
  • Pra transaksi, sebelum membeli cek produk melalui internet
  • Selama transaksi, melakukan CEK KLIK
  • Pasca transaksi, jika mengalami keracunan segera lakukan claim atau pengaduan ke BPOM, YLKI, Produsen, Pelaku usaha 
Sering berjalannya waktu, konsumen yang berbelanja pun kini semakin cerdas dan bergairah, untuk itu APRINDO sebagai lembaga yang menaungi usaha ritel sangat mengapresiasi program CEK KLIK. Bapak Fathurrahman, ST perwakilan dari APRINDO menyampaikan bahwa Prgram cerdas ini akan berjalan jika ada tiga KIE yaitu Komunikasi, Informasi dan Edukasi.

APRINDO punya satu standar bagi pengecer saat proses penerimaan barang dari suplier sesuai aturan yang berlaku yaitu :
1. Cek Wrapping (Pembungkus) apakah layak dijual
2. Cek Label, apakah ada kata diproduksi oleh, ijin yang harus dipenuhi dari BPOM sampai  label HALAL dari MUI

APRINDO juga menunjukkan keseriusan dengan menandatangani Memorandum Of Understand (MOU) bersama Badan POM serta pemasangan secara simbolik hanging banner seputar informasi CEK KLIK di 40.000 ritel seluruh Indonesia.

Bapak Ojak S. Manurung, dari Kementerian Perdagangan berharap dengan adanya Ayo CEK KLIK akan lebih mengedukasi masyarakat serta melakukan pengawasan. Secara tidak langsung, program ini akan mendorong dan memfasilitasi perkembangan industri obat dan makanan. Masyarakat juga diajak ikut menegakkan hukum dan segera melaporkan jika menemukan produk ilegal, jadilah konsumen cerdas dan jangan beri ruang untuk kejahatan

Kunjungan ke Hypermart sebagai unit usaha retail di Lippo Mall Kemang
Edukasi ini akan dilakukan dari hulu ke hilir agar masyarakat lebih cerdas dan berdaya, pilih makanan dan obat yang memenuhi persyaratan secara legal dan punya ijin edar. Diakhir acara, semua narasumber berkunjung ke Hypermart, salah satu unit usaha retail yang ada di Lippo Mall Kemang. 

Ibu Penny dan Mom Ussy mengecek langsung produk makanan, kosmetik dan obat-obatan yang dijual di Hypermart dengan melakukan CEK KLIK, beberapa leaflet edukasi tentang CEK KLIK pun sudah terpajang di lorong-lorong yang ada di Hypermart. Tentunya untuk mengingatkan kepada para konsumen untuk melakukannya sebelum berbelanja.

Layanan pengaduan dan informasi Obat dan makanan  dapat diakses melalui :
Call Centre Hallo BPOM : 1500533 
Email : halobpom@pom.go.id
Twitter : @BPOM_RI
Facebook : BPOM RI
Instagram : @bpom_ri

26 komentar

  1. mudah diingat ya mba KLIK cek kemasan, cek label, cek ijin edar, cek kadaluarsa. engga cuma makanan ya mba tetapi kosmetik juga. tambah mudah ada aplikasi BPOM mobile juga, tinggal scan barcode aja. thank you infonya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mom jika menemukan produk ilegal bisa langsung hubungi badan POM ya

      Hapus
  2. Klik bisa jadi keamanan buat konsumen ya. Kemasan, label, izin edar dan kadaluarsa. Hem... terimakasih infonya
    Kita harus jadi konsumen cerdas ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konsumen cerdas akan menciptakan masyarakat yang sehat juga teh

      Hapus
  3. Betul mb, kadang karena kita tidak cermat barang yang kita beli ternyata sudah tidak layak lagi. Harus dibiasakan Cek KLIK ini..tfs mb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku dulu seperti itu mom yang dilihat duluan harga promonya sekarang udah jadi konsumen cerdas dong

      Hapus
  4. Masya allah.. jadi banyak tau ya kak te tang kemasan apalagi yang kita konsumsi langsung. Bahaya kalo kita gak aware. Gak ribet ya dan informwtive pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Edukasi Cek KLIK memang sedang di laksanakan agar masyarakat lebih paham dan terus mempraktekan

      Hapus
  5. teliti sebelum membeli, Edukasi BPOM ini, agar masyarakat lebih cerdas dan berdaya, pilih makanan dan obat yang memenuhi persyaratan secara legal dan punya ijin edar.

    BalasHapus
  6. BPOM sudah ada aplikasinya, mau coba install juga nanti. Saya pun kalau belanja selalu cek apa yang saya beli sudah ada nomer BPOM atau belum

    BalasHapus
  7. Jadi ini tuh tinggal download si BPOM apps ya mbak Indri? Wah enak nih sekarang kalau belanja gak perlu khawatir lagi ya tinggal cek klik aja di BPOM appsnya ya.

    BalasHapus
  8. Wah, bagus nih ada aplikasi KLIK. Memudahkan banget buat ngecek kelayakan produk yang kita pake ya. Selama ini aku biasanya cek ke website BP POM. Kalo ada ini jadi lebih praktis. Kudu install nih.

    BalasHapus
  9. Enak ya ada aplikasi ini, emak-emak jadi bisa lebih tenang juga kalau belanja. Keren deh aplikasinya.

    BalasHapus
  10. Paling jarang cek ijin edar niih...
    Jadi sekarang ada aplikasi canggih yang bisa detect itu semua?
    Kerreen...

    BalasHapus
  11. Aku juga jarang ini cek klik, kadang beli mah beli aja, suka lupa. Nanti suami yang suka ngingetin terutama expired datenya. Jadi sekarang udah bisa cek klik dengan BPOM Mobile, alhamdulillah jadi gampang.

    BalasHapus
  12. Siaappp Mbaa, klo mau belanja2, aq pastikan cek KLIK dulu untuk memastikan produk bener2 aman untuk digunakan. Cuss donlot lah ini Mba

    BalasHapus
  13. Aku masih suka lupa euy ngecek tanggal kadaluarsa barang yang mau dibeli di supermarket. Kayaknya bagus juga nih selain pakai aplikasi ada juga mesin khusus cek kadaluarsa di setiap supermarket

    BalasHapus
  14. Cek kemasan plastik yang bagian bawah tumbler kerap daku lakukan mbak, soalnya biar tenang kan misalnya diisi dengan air panas atau dingin

    BalasHapus
  15. Nah ini yang aku suka. Jadi sekarang ada aplikasinya yaaa. makin memudahkan kita sebagai konsumen dong ya pastinya. Alhamdulillah, kita bisa lebih aware akan hal ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aplikasi BPOM Mobile memang sangat memudahkan bagi masyarakat untuk mengecek keamanan suatu produk

      Hapus
  16. siaap banget dong, mbak, aku selalu menerapkan ini kalau belanja makanan obat-obatan dan skinker. yang susah tuh kalo beli skinker korea haha kadang ada yang belom bpom.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul say, skin care luar masih ada yang belum ada kode dari BPOM harus jeli kita jadinya ya

      Hapus
  17. wah bener nih, butuh aplikasi buat cek kelayakan konsumsi suatu produk ya...biar aman dan nyaman konsumsinya gitu

    BalasHapus
  18. Konsumen memang harus cerdas dan teliti yah jangan sampai konsumsi produk tapi ga tau kejelasan produknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget, konsumen cerdas membuat tingkat kesehatan meningkat

      Hapus

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^