Fearlessmom Telon Lang Batch 2 ; Kumpul Seru 20 Ibu Hamil Yang Super Aktif



Menjadi ibu hamil ditengah pandemi Virus Corona (Covid-19) ini memberikan tantangan yang luar biasa untuk saya atau mungkin BuMil lainnya di dunia, tak bisa  bebas bepergian, tak bisa bertemu teman-teman, tak bisa shopping dan tak bisa berkunjung ke saudara.  Padahal bumil rentan stress kan?Sedihnya lagi...beberapa rencana indah saya kandas di tengah jalan, mulai dari syukuran 4 bulanan, baby moon, baby shower hingga momen berbelanja baju-baju hamil dan perlengkapan melahirkan harus saya tunda hingga kondisi aman. 

Tak hanya itu yang membuat saya sedih, impian saya untuk hadir di beberapa event ibu hamil pun akhirnya tak pernah kesampean karena anjuran pemerintah untuk social distancing. Hilanglah sudah harapan untuk bisa meet up dengan sesama ibu hamil untuk sekedar sharing ataupun melakukan senam hamil dan prenatal yoga bersama.

Sebulan lebih dirumah bukanlah hal yang mudah bagi saya karena sebelumya saya memang rutin menghadiri event-event kesehatan dan parenting yang ada di Jabodetabek, selain untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya dari para narasumber, menghadiri sebuah event ternyata sukses menjadi sebuah moment refreshing untuk saya. Stress dan penat seketika hilang ketika bertemu dengan teman-teman disana. Ah saya benar-benar merindukannya.

Mau tak mau saya mulai bisa menerima keadaan ini, namun ditengah kepenatan seorang bumil, sebuah pesan dari Telon Lang masuk ke akun instagram saya dan menyampaikan bahwa saya terpilih menjadi salah satu anggota Fearlessmom yang berkesempatan untuk menimba ilmu bersama 20 orang ibu hamil lainnya tentang kehamilan dan persalinan yang akan berlangsung selama sebulan penuh. Wah kebayang dong betapa bahagianya saya saat itu, akhirnya bisa tetap produktif meskipun dirumah saja.

Hari pertama WAG Fearlessmom dimulai pada 8 April 2020, Mom Rima Burhama memperkenalkan diri sebagai admin perwakilan dari Telon Lang yang akan memandu kami selama sesi sharing berlangsung, tak lupa kami semua yang ada di grup chat tersebut memperkenalkan diri satu persatu, ada yang sedang menikmati kehamilan pertama, kedua, ketiga seperti saya hingga keempat.

Untuk tema yang dibahas pun beraneka ragam setiap harinya dan semua bumil yang hadir begitu antusias untuk berbagi cerita pengalaman mereka saat mengandung, saya sendiri meskipun sudah melewati dua kali kehamilan masih merasa cetek ilmunya, untuk itu beruntungnya saya bisa berada disini. Mendapat ilmu tambahan yang sebelumnya tidak pernah saya dapatkan dari seminar ataupun talkshow. Oiya tema apa saja yang dibahas setiap harinya? Berikut rangkuman yang bisa saya ceritakan di 20 hari via WA grup yang berlangsung secara rutin setiap Senin - Jumat jam 13.00-15.00


Materi FearlessMom Telon Lang Batch 2 
                                                                                                                          
Ketika sedang mengandung, penting bagi para calon ibu untuk memperhatikan apa yang dimakan. Sudah cukupkah nutrisi yang terkandung dalam makanan tersebut?  Sebab tidak hanya untuk si ibu tetapi juga ini penting untuk janin yang dikandungnya supaya lahir dalam kondisi sehat dan sempurna. Tahukah Moms, bahwa apa yang diterima oleh janin di dalam kandungan berpengaruh kelak untuk kesehatannya ketika dewasa kelak?

Usia kehamilan umumnya dibagi menjadi 3. Dikenal dengan istilah trimester. Berikut adalah nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil selama masa kehamilan :
– Trimester Pertama ( minggu ke-1 sampai dengan minggu ke-12 )
Jumlah kalori yang harus dikonsumsi minimal 2000 kkal per harinya.
Pada masa ini dibutuhkan kalsium untuk pembentukan rangka dan tubuh janin.
 Vitamin C dan Asam folat yang banyak.

Protein yang mengandung asam amino yang tinggi untuk membentuk otak pada janin, bisa dikombinasikan dengan DHA dan juga kolin agar janin dapat memproduksi sel otak lebih sempurna. Vitamin yang dibutuhkan adalah vitamin A, vitamin B1, B3, B2 dan juga B6 untuk menghindari cacat pada bayi.

– Trimester Kedua ( minggu ke-13 sampai dengan minggu ke-28 )
Kalori yang dibutuhkan adalah 3000 kalori setiap harinya.
Ibu hamil harus mengkonsumsi banyak serat dan minum air putih minimal 8 gelas per hari, maksimal 10 gelas per hari agar tidak kekurangan cairan dan mencegah sembelit.
Zat besi dan vitamin C untuk pembentukan sel darah merah yang bermanfaat untuk pembentukan jantung dan juga perkembangan sistem dari peredaran darah janin.
Pada minggu ke-24 sampai ke-28 ibu hamil dilarang untuk mengkonsumsi garam yang berlebih untuk menghindari kaki bengkak saat hamil.
Konsumsi nutrisi yang mengandung omega-3 dan juga vitamin E untuk membantu kecerdasan otak janin dan juga sebagai zat antioksidan bagi tubuh ibu hamil.

– Trimester ketiga
Jumlah kalori yang dibutuhkan adalah sebanyak 70 ribu sampai dengan 80 ribu kalori per hari.. Pada tahap ini kalori dibutuhkan untuk pertumbuhan jaringan dan plasenta pada janin. Juga untuk menambah volume darah dan juga cairan ketuban bagi ibu hamil. Vitamin B6 yang bermanfaat membantu metabolisme ibu hamil untuk memproduksi asam amino, lemak, sel darah merah serta pembentukan karbohidrat.
Yodium dalam jumlah yang sesuai, berfungsi untuk membentuk senyawa tiroksin untuk mengontrol metabolisme pembentukan sel baru.

Vitamin B1, B2 dan B3 yang berfungsi untuk membantu enzim dalam mengatur metabolisme dari sistem pernafasan janin dan juga pembentukan energi bagi janin.
Ibu hamil harus lebih banyak mengkonsumsi air putih minimal 12 gelas per hari atau setara dengan 1,5 liter air untuk membentuk sel baru bagi janin, mengatur suhu tubuh janin di dalam kandungan dan juga melarutkan zat metabolisme yang tinggi.


Di sesi sharing session hal-hal yang kami bahas adalah seputar : 
1. Nutrisi diawal kehamilan
2. Stress saat kehamilan
3. Waspada DBD
4. Pengalaman pertama saat tau hamil
5. Belanja persiapan kehamilan

Lalu apa saja yang harus Moms siapkan untuk menyambut kehadiran si kecil? Banyak hal yang harus disiapkan, berikut adalah beberapa benda penting yang wajib ada dalam daftar :

  • Kain bedong untuk memberikan rasa hangat pada bayi
  • Perlak sebagai alas di tempat tidur jika bayi ngompol
  • Baju, sarung tangan dan kaos kaki. Pilihlah yang berbahan lembut sehingga kulit bayi tidak teriritasi.
  • Popok, sediakan popok kain juga popok sekali pakai.
  • Tempat tidur dan kelambu. Siapkan tempat tidur yang bersih dan nyaman, juga kelambu untuk menghindarkan bayi dari gigitan nyamuk.
  • Botol susu dan pembersih botol.
  • Gendongan bayi untuk menenangkan bayi jika ia sedang rewel.
  • Bak mandi, sabun, shampoo, handuk yang lembut
  • Gunting kuku supaya bayi tidak melukai tubuhnya sendiri dan kuku terbebas dari kuman
  • Perlengkapan untuk anti kuman. Seperti cairan antiseptik, tissue basah, kapas, alkohol
  • Minyak telon. Gunakan minyak telon yang berbahan dasar natural dan aman di kulit lembutnya si kecil. Seperti Telon Lang Plus yang memberikan kenyamanan, kehangatan dan perlindungan alami dari gigitan nyamuk selama 10 jam. Sehingga si kecil tidur tenang di malam hari. Moms, sudah siapkah untuk menjalani masa kehamilan dan menyambut kehadiran si kecil? Semoga tips diatas dapat menambah informasi dan membantu beragam persiapan yang sedang Moms lakukan.
6. Olahraga ibu hamil

Salah satu olahraga yang relatif aman dilakukan dan dapat dilakukan oleh sebagian besar ibu hamil adalah senam hamil. Secara psikologis, senam hamil membuat calon ibu berpikir lebih positif karena merasa lebih siap menghadapi persalinan. Selain itu, setelah bayi lahir, senam hamil juga membantu ibu segera dapat kembali ke bentuk badan dan stamina semula.

Begitu banyak manfaat melakukan senam hamil yang dilakukan secara teratur, antara lain:
Meredakan nyeri, sakit, dan ketidaknyamanan yang dirasakan di masa kehamilan.
Mengencangkan otot.
Memperkuat jantung dan paru.
Membuat tidur lebih nyenyak.
Membantu menghindari pertambahan berat badan secara berlebihan.
Meringankan nyeri akibat pertambahan beban pada tulang belakang.
Memperkuat sendi. Mempersiapkan diri untuk persalinan.

7.  Doa dan harapan ibu hamil 
8.  Figur suami saat istrinya hamil
9.  Minum jamu saat hamil
10. Mitos dan Fakta Seputar kehamilan
11. Baby Blues
12. Me Time 

Setiap minggunya Mom Rima memberikan challenge untuk dilakukan oleh para mama dengan rewards saldo GoPay untuk 5 orang pemenang, Alhamdulillah selama 20 hari berjalan saya bisa menang 2 minggu berturut-turut, meskipun bukan menjadi juara utama, saldo gopay plus hampers cantik dari Telon Lang cukup membuat saya bersyukur, apalagi bisa menambah teman dan pengalaman baru. Saat ini Fearlessmom Batch 3 telah berlangsung, selamat berjuang mommies! 

Komentar

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^

Postingan populer dari blog ini

Bloggerday 2019 Bandung : Ketika 100 Blogger Berkumpul Di Ulang Tahun Bloggercrony Community

Cari Kantong Stoma? Yuk Ke Yayasan Kanker Indonesia

MHDC Kalibata City Square Kini Hadirkan Ruang Periksa Gigi Yang Ramah Anak