Petualangan Seru Di Taman Buah Mekarsari


Rekreasi di tengah pandemi? emangnya aman? pertanyaan seperti itu sempat muncul di benak saya ketika anak-anak meminta pergi rekreasi setelah PTS selesai, sambil memikirkan ulang permintaan anak-anak, pak suami punya ide nih, "Gimana kalau kita staycation aja? cari hotel yang dekat dari sini, misalnya Sentul atau Puncak". Boleh juga sih, secara udah lama banget kami enggak bermalam di hotel. 

Saya langsung browsing beberapa hotel favorit melalui internet. Dari mulai sekitaran Jakarta hingga area Bogor, dari beberapa yang saya hubungi, rata-rata menyampaikan bahwa fasilitas kolam renang dan playground anak belum dibuka untuk tamu hotel demi kenyamanan bersama. Tentu saja berita ini terdengar kurang menyenangkan buat anak-anak, merekapun ngadat enggak mau nginep di hotel. Tambah bingung lagi dong saya...

Nah, ketika sedang buka-buka instagram di waktu senggang, muncullah iklan yang menarik bagi saya, yaitu Aktivitas Garden Drive Thru di Taman Buah Mekarsari dimana pengunjung bisa berwisata keliling kebun buah dengan kendaraan pribadi, langsung dong kebayang serunya keliling kebun buah tanpa harus berjalan kaki, tau sendiri betapa luasnya Taman Buah Mekarsari kalau kami harus mengeksplornya dengan berjalan kaki, bisa gempor lah kaki kita hehehe...


Garden Drive Thru Hingga Panen Melon Kuning 

Taman Buah Mekarsari menjadi salah satu tempat rekreasi keluarga yang bertemakan perkebunan. Memiliki berbagai koleksi tanaman baik tanaman buah, sayuran, bunga, tanaman hias, serta tanaman tropika lainnya tidak salah kiranya dikatakan merupakan yang terlengkap bahkan terbesar di dunia.

Berdiri di areal tidak kurang dari 264 Ha, mekarsari menjadi tempat budi daya dan pelestarian berbagai keanekaragaman hayati tropis dari seluruh Indonesia. Berlokasi di kabupaten Bogor tepatnya di Cileungsi Jonggol, Mekarsari tidak hanya menawarkan tanaman dan buah tetapi banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan. Baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Hari yang dinanti akhirnya tiba, Minggu 20 September 2020 lalu kami sudah tiba di parkiran Taman Buah Mekarsari tepat pukup 09.00 pagi, untuk menghindari keramaian pengunjung kami sengaja berangkat lebih pagi, dan sesuai dugaan pemirsah...kami menjadi pengunjung pertama yang datang kesana. Pagi itu suasana masih sangat sepi, hanya ada beberapa orang yang bersepeda berlalulu lalang di samping mobil saya. 

Saat itu pintu masuk wahana sudah terlihat jelas, dekorasi buah-buahan pun hampir memenuhi gapura gerbang utama, tanpa menunggu waktu lama saya langsung menuju loket pembelian tiket dan mencari informasi tentang Garden Drive Thru ini, untuk HTM nya sendiri adalah sebesar Rp.85.000/orang sudah include tiket masuk, panen buah dan memberi makan hewan di d"Farm.

Harga Tiket Taman Buah Mekarsari Bogor :
  1. Tiket Masuk Domestik Rp20.000
  2. Tiket Masuk Internasional Rp50.000
  3. Tiket Mekarsari Minggu Pagi (05.30 s.d 07.30) Rp10.000
  4. Tiket Masuk Mobil Rp20.000
  5. Tiket Masuk Motor Rp10.000
  6. Tiket Masuk Bus Rp40.000
  7. Tiket Garden Drive Thru (HTM, Program Tur Kebun Buah, Program Tur Pertanian Terpadu, Program menanam Tanaman Hias, Gift Buah Panen, Feeding) Rp85.000
  8. Tiket Tur Sehat Mekarsari (HTM, Program Tur Kebun Buah, Program Tur Pertanian Terpadu, Program menanam Tanaman Hias, Gift Buah Panen, Gift Telur Ayam Arab, Feeding) Rp75.000
  9. Tiket Hemat Mekarsari (HTM, Program Tur Kebun Buah, Kereta Wisata, Satu tiket wahana) Rp40.000

Untuk buah yang akan dipanen kali ini adalah Melon Kuning wow penasaran banget deh pengen lihat kaya apa sih pohon melon itu?

Begitu memasuki area perkebunan kami mulai membuka kaca jendela untuk menghirup udara segar dan angin sepoi-sepoi pagi hari, dikiri kanan jalan kami mulai melihat hamparan kebun berisi pohon buah-buahan seperti durian, jambu biji, sawo, semangka, kelapa, belimbing dan salak, lalu pak suami mengarahkan kami ke kebun melon karena anak-anak sudah tak sabar untuk segera memanennya.




Mobil kami berhenti tepat di depan tanda parkir yang ada di depan kebun melon, dengan penuh semangat anak-anak ikut memanen Melon Kuning Mekarsari yang konon katanya memiliki rada yang beda dengan melon yang ada diluaran. Kami disambut Pak penjaga kebun yang memberikan 3 buah gunting untuk memotong melon-melon tersebut dari pohonnya dan mengajarkan cara memotong batangnya agar melon awet disimpan setelah dipetik.

Ternyata enggak hanya anak-anak yang antusias ketika memetik buah, saya dan pak suamipun ikut terlena dalam aktifitas ini, untungnya lagi kami adalah pengunjung pertama yang datang jadi melon yang tersedia masih banyak dan besar-besar. Setelah memetik 9 (sembilan) buah melon kamipun bergegas menuju danau untuk berfoto lalu menuju D'Farm untuk aktifitas lainnya.



Di D'Farm aktifitas memberi makan hewan bisa dilakukan pengunjung dengan membayar Rp.15.000/orang yang akan ditukarkan dengan satu keranjang kecil wortel, buncis dan pakan burung. Anak-anak langsung berlarian menuju kandang kambing, kelinci, musang dan burung. Mereka terlihat begitu bahagia bisa bersentuhan langsung dengan alam hari itu. Bagi yang ingin duduk-duduk atau istirahat, di D'Farm juga ada gazebo loh, tempatnya adem banget dan berada di sisi kanan Wahana Berkuda.

Ngomongin wahana berkuda, Audrey juga sempat mencoba naik kuda poni dengan tarif Rp.20.000/sekali putaran. Menurut saya ini agak mahal ya karena biasanya untuk trek sekecil itu sih harusnya dua kali putaran hihih...

Ketika waktu menunjukkan sudah semakin siang kamipun bergegas pulang dan melewatkan satu tempat lagi yang katanya juga menarik untuk dikunjungi yaitu area tanaman langka. Yah semoga lain kali bisa berkunjung kesana. Yang penting hari itu anak-anak puas dan bahagia bisa liburan sehat di Taman Buah Mekarsari. Buat kalian yang mau liburan sehat di Mekarsari pantau terus promonya di akun sosial media @mekarsari_fruitgarden

Taman Buah Mekarsari
Jl.Raya Cileungsi Jonggol km 3
Cileungsi, Jawa Barat 16820




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bloggerday 2019 Bandung : Ketika 100 Blogger Berkumpul Di Ulang Tahun Bloggercrony Community

Cari Kantong Stoma? Yuk Ke Yayasan Kanker Indonesia

MHDC Kalibata City Square Kini Hadirkan Ruang Periksa Gigi Yang Ramah Anak