Pepsodent Active Defense Mouthwash Dengan CPC, Terbukti In Vitro Cegah Penularan Virus SARS-CoV-2


"Pah jangan lupa maskernya dipakai, aku bawakan 4 ya di mobil, buat cadangan"

"Nak, cuci tangannya pakai sabun ya biar kuman dan virusnya mati"

"Eyang nanti wajib jaga jarak lho pas kontrol ke Rumah Sakit,"

"Bi, stok hand sanitizer jangan sampai habis lho dirumah!

Entah sudah keberapa kalinya, pesan seperti ini mereka dengar dari mulut saya, terutama selama pandemi Covid-19 berlangsung dan kurva pasien Covid belum juga melandai. Belum lagi di televisi, radio, sosial media bahkan iklan dan spanduk dipinggir jalan masih terus mengajak kita untuk selalu menerapkan 3M yaitu Menjaga Jarak, Mencuci Tangan Dengan Sabun dan Memakai Masker saat bepergian untuk mencegah penularan virus ini.

Sesekali si bungsu pernah meledek saya, "Mama enggak takut tuuh rekamannya kusut karena diputar ulang terus, kita selalu ingat Pesan Ibu kok" kami berdua langsung tertawa bersama. Teringat sebuah lagu yang dibawakan oleh satu band terkenal tentang Pesan seorang Ibu untuk menerapkan 3M.

Mungkin saya cerewet, tapi semua itu saya lakukan untuk menjaga keluarga saya dari ganasnya Covid-19, apalagi suami saya masih ngantor setiap hari, Bapak saya masih bolak-balik kontrol pasca operasi besar dan si sulung masih mengikuti pelajaran secara tatap muka meskipun hanya sebulan sekali.




Karena virus ini memang bukan sembarang virus, sudah ratusan penduduk di dunia harus kehilangan keluarganya karena virus ini. Apalagi proses penularannya cukup mudah. Virus penyebab COVID-19 menyebar terutama melalui tetesan air liur atau keluarnya cairan dari hidung yang telah terdeteksi sebelum, selama, dan setelah fase akut penyakit, begitu juga dalam kasus tanpa gejala

Dari fakta tersebut diatas, secara tidak langsung virus ini mengajarkan kita untuk tidak hanya menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh tetapi juga menjaga kesehatan rongga mulut dengan rajin menyikat gigi 2x sehari, plus berkumur dengan mouthwash dengan teknologi CPC yang baru saja diluncurkan oleh Unilever.


Unilever Berbagi Peran Dalam Pencegahan Virus SARS-CoV-2

Melalui brand Pepsodent yang telah dikenal selama bertahun-tahun, Unilever ikut berbagi peran dalam pencegahan virus Covid-19 dengan melakukan beberapa kegiatan yang dimulai dari bulan November, bertepatan dengan Peringatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN), beberapa kegiatannya adalah sebagai berikut :

1. Konsultasi Gigi Gratis secara Online melalui WhatsApp

2. Edukasi tentang kesehatan rongga mulut melalui 200 Webinar

3. Meluncurkan produk obat kumur dengan teknologi CPC yaitu Pepsodent Active Defense Mouthwash

4. Bekerja sama dengan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI), Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) dan Gerakan Pakai Masker (GPM) untuk mendonasikan sebanyak 50.000 produk mouthwash dengan CPC ke sejumlah Rumah Sakit rujukan dan Wisma Atlet Kemayoran sebelum dipasarkan secara luas.




Kabar menggembirakan tersebut disampaikan langsung oleh Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent, MDSC. selaku Head of Sustainable Living Beauty & Personal Care and Home Care Unilever Indonesia Foundation dalam acara peluncuran produk Pepsodent Active Defense Mouthwash dengan teknologi Cetylpyridinium Chloride (CPC) yang berlangsung secara virtual pada Hari Selasa 8 Desember 2020 lalu.

Drg. Ratu Amirah juga menyampaikan paparannya tentang kesehatan rongga mulut dan fakta-fakta tentang air liur. Menurut beliau, pada kelenjar air liur terdapat jutaan kuman yang jumlahnya lebih banyak daripada yang ada ditenggorokan. Namun perlu kita ketahui bersama bahwa bagian belakang tenggorokan juga bisa menjadi tempat bersarangnya virus

Setiap 1x batuk yang terjadi akan ada 200 juta partikel virus yang keluar dari mulut kita, begitupun juga dalam 1x kita membuang nafas, droplet air liur yang keluar akan menyebar lebih dari 1 M jaraknya. 

Untuk itulah melalui produk mouthwash terbarunya, Pepsodent ingin menambahkan perlindungan ekstra yang potensial untuk membantu mengurangi transmisi Covid-19 dengan menggunakan mouthwash yang mengandung teknologi CPC.

Dari hasil uji awal menunjukkan bahwa penggunaan mouthwash dengan teknologi CPC berpotensi memiliki peran penting untuk melengkapi anjuran 3M sebagai langkah pencegahan untuk membantu mengurangi transmisi COVID-19, saat digunakan sesuai dengan aturan pada kemasan.


Tentang Teknologi CPC Untuk Meminimalisir Penularan Covid

Tentu saja kabar baik ini langsung diapresiasi oleh Dr. drg. Armelia Sari Widyarman, M.Kes. selaku Dokter Gigi dan Peneliti. Dalam komentarnya, beliau menyampaikan "Kami mengapresiasi studi yang dilakukan oleh Pepsodent sebagai bentuk kepedulian untuk membantu melindungi masyarakat di tengah pandemi ini. Hasil studi ini didukung oleh sebuah uji klinis dari sekelompok peneliti independen di Singapura yang melibatkan sejumlah penderita COVID-19".

Dr.Sari juga menambahkan, Uji klinis tersebut memperlihatkan bahwa berkumur dengan mouthwash yang mengandung CPC dapat mengurangi jumlah virus SARS-CoV-2 secara signifkan setelah berkumur selama 30 detik, dan efeknya bertahan selama 6 jam.

Pada kesempatan yang sama, drg. Tritarayati, SH, MHKes. selaku Ketua Komite Kesehatan Gigi dan Mulut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia hadir dan menyampaikan "Seperti kita ketahui bersama bahwa virus Covid-19 ini belum terkendali, untuk itu masyarakat harus tetap menjalankan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan virus ini".




Beliau juga menambahkan paparannya, selain di saluran pernafasan, banyak riset menunjukkan bahwa virus SARS-CoV-2 juga terdapat di rongga mulut orang yang terinfeksi, terutama di air liur. Hal ini harus kita waspadai karena di dalam 1 ml air liur terdapat lebih dari 1 juta partikel virus sementara.

Narasumber lainnya yang hadir dalam acara peluncuran virtual tersebut adalah Ketua Umum Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia (PERSI) yang menjadi salah satu mitra Pepsodent dalam menyalurkan donasi ini. Menurut dr. Kuntjoro Adi Purjanto, M.Kes, "Industri Rumah Sakit tengah menghadapi perjuangan panjang melawan COVID-19. Untuk itu, upaya pengendalian dan pencegahan di dalam lingkungan rumah sakit sangat diperlukan. Di tengah tingginya risiko penularan COVID-19, kami harap donasi ini dapat membantu pihak Rumah Sakit dalam melindungi tenaga medis dan pasien dari penyebaran virus."


Pepsodent Active Defense Mouthwash Dengan CPC Resmi Diluncurkan

Hari Selasa 8 Desember 2020 lalu, saya dan teman-teman dari Kumpulan Emak Blogger (KEB) menjadi saksi peluncuran sebuah inovasi terbaru yang telah melalui hasil studi secara in vitro (studi dalam lingkungan terkendali di luar organisme hidup), dimana membuktikan bahwa Pepsodent Active Defense Mouthwash dengan teknologi cetylpyridinium chloride (CPC) efektif mengurangi jumlah virus SARS-CoV-2 hingga 99.9% dengan waktu kontak 30 detik.

Kehadiran Pepsodent Active Defense Mouthwash berpotensi semakin melindungi kesehatan keluarga Indonesia di tengah pandemi sebagai pelengkap anjuran 3M yang digaungkan oleh pemerintah. Lho kok bisa?



Ya iyalah...karena Pepsodent Active Defense Mouthwash memiliki kandungan 0,07% CPC dan fluoride. Teknologi CPC yang digunakan pun telah dikenal oleh industri perawatan gigi dan mulut karena kemampuannya dalam mengurangi bakteri, mencegah plak gigi dan peradangan gusi-tanpa mengganggu keseimbangan bakteri baik di dalam rongga mulut.

Produk yang tidak mengandung alkohol ini juga memiliki berbagai manfaat seperti: mengurangi jumlah virus SARS-CoV-2 di dalam rongga mulut, lalu apabila digunakan secara teratur maka secara signifikan dapat mengurangi jumlah total bakteri anaerobik dalam plak setelah penggunaan selama 6 bulan. Selain itu, jika digunakan bersama dengan pasta gigi yang mengandung fluoride, mampu mengurangi plak 5x lipat setelah 30 hari.

Setelah Mencoba Pepsodent Active Defense Mouthwash

Kembali ke paparan drg.Tritarayati dari Kemenkes, bahwa penularan Covid-19 terjadi melalui droplet (percikan air ludah yang keluar) saat kita berbicara, bersin, batuk dan menyanyi. Untuk itu mengurangi jumlah virus di mulut dipercaya dapat membantu mengurangi penularan. 

Berbagai temuan menunjukkan bahwa mouthwash berpotensi menjadi tambahan penting untuk tindakan perlindungan sehari-hari lainnya, seperti mencuci tangan, menjaga jarak secara fisik dan mengenakan masker


Begitu produknya datang, saya langsung mencoba berkumur dengan Pepsodent Active Defense Mouthwash ini, ternyata tak hanya bikin mulut segar karena kandungan mentholnya, namun pada kemasannya juga tertulis bahwa mouthwash ini membantu kuatkan daya tahan gigi dan mulut serta mengandung 99% antibacterial, sehingga berfungsi melindungi gigi dan gusi juga mencegah bau mulut.

Dengan adanya Pepsodent Active Defense Mouthwash ini saya dan keluarga bakalan makin rajin berkumur sebagai langkah sederhana, efektif dan aman untuk melengkapi 3M agar menjadi 3M ekstra. Yuk lengkapi perlindungan mulutmu karena setiap senyuman begitu berarti.

Komentar

  1. wah, sudah ada produk baru nih, memang dengan berkumur bisa cegah virus nempel di saluran tenggorokan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak apalagi kalau berkumur dengan mouthwash yang mengandung CPC

      Hapus
  2. Baru tahu banget Pepsodent keluarin produk baru Pepsodent Active Defense Mouthwash yang manfaatnya sebagai perlindungan untuk mencegah virus masuk juga apalagi pada masa pandemiseperti skrang harus selalu pakai nih setiap mau pergi

    BalasHapus
  3. Penasaran mau cobain deh, kayanya rasanya segar dan ga keras ya di rongga mulut. Jd anak anak bisa pake juga ga ya ndri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mba tapi tetap dengan pengawasan orangtua ya

      Hapus
  4. Bagus juga nih produknya, menjaga kesehatan mulut juga jadi awal untuk mengurangi virus berbahaya yang dapat menularkan orang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul menjaga rongga mulut juga penting agar tetap sehat

      Hapus
  5. Aku wajib nih kalau sehabis gosok gigi, kumur-kumur pakai Pepsodent Mouth wash. Seger banget di mulut. Pandemi ini kudu maksimal jaga tubuh pokoknya dari badan hingga mulut hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus klo gitu mom jadikan ini kebiasaan baik ya

      Hapus
  6. Wajib banget pake mouthwash. Selain bikin seger, juga bikin mulut sehat. Belum pernah coba mouthwash produk Pepsodent ini. Boleh nih dicoba. Pas banget mouthwash di rumah hampir habis

    BalasHapus
  7. hhhahahha, ternyata kknya selalu mengingatkan 3M yah kepada yg dicinta, terwajib sih itu apalagi di tengah pandemi seperti ini. Sama pentingnya dengam obat kumur, biar kita kuat cium bau mulut kita sendiri selama pakai masker..hehhe

    BalasHapus
  8. Wah! Lagi mencoba untuk beralih nih dari mouthwash yang sekarang, pas banget ini. ^^

    BalasHapus
  9. Anak mu kenal kaset, mama seperti kaset kusut. Ya begitulah emak-emak saking proteksi nya sampai terlihat parno.

    Pepsodent mouthwash bisa jadi perlindungan Keluarga

    BalasHapus
  10. aku sering pakai mouthwash dan untuk yang ini sepertinya patut untuk dicoba. makasih informasinya

    BalasHapus
  11. bunda indry...sy kepingin bincang ttg tumor buli...ayah sy menderita tumor buli...baru operasi pengerukan tumornya...boleh mnta wa nya?

    BalasHapus
  12. Senyum nya pepsodent banget mba in hehe , ini bagus banget ya mba sekarng mah selalu mengeluarkan inovasi2 terbarunya ya ,keren

    BalasHapus
  13. Senyum nya pepsodent banget mba in hehe , ini bagus banget ya mba sekarng mah selalu mengeluarkan inovasi2 terbarunya ya ,keren

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^

Postingan populer dari blog ini

Bloggerday 2019 Bandung : Ketika 100 Blogger Berkumpul Di Ulang Tahun Bloggercrony Community

Cari Kantong Stoma? Yuk Ke Yayasan Kanker Indonesia

Danone Specialized Nutrition Indonesia Meluncurkan Laporan Berkelanjutan 2017-2018