Sabtu, 27 Mei 2017

Morinaga Platinum Kids Olympics 2017 Dukung Anak Alergi Tetap Berprestasi

Sebagai seorang ibu yang memiliki dua anak dengan riwayat alergi terkadang membuat saya panik, saat memberikan makanan atau minuman yang ternyata menyebabkan timbulnya alergi, hal itu akan menjadi PR (Pekerjaan Rumah) yang panjang untuk saya. Si sulung Aira (7 tahun) didiagnosa oleh dokter memiliki riwayat Rinitis Alergi, sedangkan si bungsu Audrey (4 tahun) sempat mengalami alergi protein susu sapi, telur dan dermatitis atopik. Padahal saya dan suami sama sekali tidak memiliki riwayat alergi. Selain rajin berkonsultasi dengan dokter anak, saya juga mencari berbagai informasi seputar alergi melalui internet, mengikuti seminar dengan tema alergi dan membaca buku yang membahas tentang alergi anak.



Bersyukur sejak tahun 2015 Morinaga sebagai salah satu brand unggulan PT.Kalbe Nutritionals, mendukung program tahunan World Alergy Week dengan konsisten melalui berbagai program edukasi, dibawah kampanye Semua Dari Ingin Tau meluncurkan modul digital www.cekalergi.com hal ini tentunya memudahkan saya dan para bunda lainnya untuk mencari tau lebih banyak informasi mengenai alergi anak seperti gejala, penyebab dan cara mengatasinya. Tidak sampai disitu, Tahun 2016 lalu saya juga hadir di acara Coaching Clinic yang diadakan oleh Morinaga dalam rangka World Alergy Week di KalCare Lotte Avenue, disana saya bisa berkonsultasi langsung dengan pakar nutrisi dan dokter spesialis anak seputar tumbuh kembang anak alergi. Salah satu pertanyaan yang ingin sekali saya tanyakan adalah "apakah anak-anak alergi bisa berprestasi seperti anak lainnya yang tidak memiliki riwayat alergi?" Jawabannnya BISA, tentunya dengan stimulasi dan nutrisi yang tepat serta dukungan orang tua agar si kecil menjadi Generasi Platinum.

Pentingnya isu mengenai alergi yang tidak diatasi dengan baik karena kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai alergi pada si kecil merupakan salah satu motivasi Morinaga dalam menjalankan kampanye tahunan Semua Dari Ingin Tau, Tahun 2017 ini kampanye Semua Dari Ingin Tau mempersembahkan program Platinum Kids Olympics 2017 yang terdiri dari 3 langkah yaitu TAU - CEGAH & ATASI - SEBAR.

Platinum Kids Olympics 2017 diselenggarakan pada Hari Minggu 14 Mei 2017 di Lapangan Aldiron Pancoran Jakarta Selatan, tidak hanya anak-anak yang ikut bergabung dalam lomba ini tetapi juga para orang tua yang ikut terlibat langsung dan mendampingi anak mereka saat mengikuti lomba. Seminggu sebelumnya saat membuka akun Instagram morinaga platinum saya langsung tertarik untuk ikut bergabung dalam acara ini, dengan membayar biaya registrasi sebesar Rp.150.000 saya dan Aira langsung mendapatkan Tas Racepack yang berisi Kaos Ibu dan Kaos Anak, Topi anak, Nomor Dada, Snack dan Medali. Pengambilan Racepack juga bisa dilakukan di lokasi jika tidak sempat datang ke KalCare. Kapan lagi bisa olahraga bareng si kecil pakai kaos kembaran seperti di Platinum Kids Olympics ini?

Saya dan Aira yang kompak dengan baju kembaran

Saya dan Aira memiliki semangat yang sama dengan peserta Platinum Kids Olympics lainnya. Merasa sangat antusias saat berdiri didepan garis Start untuk menyusuri lintasan lari sejauh 1,2 km. Ada 3 (tiga) aktifitas seru yang ada di arena Platinum Kids Olympics ini yaitu :
1. BRAIN CARE : Jaring laba-laba
2. BODY DEFENSE : Rintangan Ban
3. BODY GROWTH : Balok keseimbangan, Merangkak, Memanjat dengan tali.

Tiga Aktifitas Seru di Platinum Kids Olympics

Saya yakin meskipun Aira memiliki riwayat Alergi, dia bisa tetap berprestasi. Buktinya dia berhasil menyelesaikan semua arena lomba yang ada di Platinum Kids Olympics. Setiap anak diberikan Medali saat tiba di garis finish. Ini medali pertama yang Aira dapatkan dari Prestasi Olahraganya. Dan saya sangat bangga.

Medali Pertama Aira
Saat mendampingi Aira berlomba, saya sempat mengabadikan berbagai moment serunya. Walaupun tertinggal jauh dibelakang Aira, suara saya mungkin tetap membuatnya semakin bersemangat.  "Ayo kak, semangat lombanya!".

Keseruan Aira mengikuti Lomba di Platinum Kids Olympics

Di acara Platinum Kids Olympics ini diisi oleh banyak acara seru yang bisa dinikmati para peserta lomba. Di panggung utama ada Hesty Purwadinata yang memandu acara games dengan hadiah-hadiah menarik persembahan Morinaga.
Selain itu terdapat juga Arena bermain untuk anak, booth Face Painting, booth Penjualan produk Morinaga dan coba produk Morinaga, saya juga sempat mampir di booth Konsultasi Alergi untuk menanyakan banyak hal seputar alergi pada kedua putri saya. Setiap foto yang diunggah dengan hastag #MorinagaAllergyWeek dan #AlergiTetapBerprestasi selama acara bisa langsung dicetak dan hasilnya bisa dibawa pulang. Oiya...anak-anak juga bisa bertemu langsung dengan Karakter Chila dan Chilo disini.

Keseruan di Platinum Kids Olympics

Photobooth
Platinum Kids Olympics merupakan program unggulan Morinaga untuk Alergy Week dalam rangka membangkitkan sportifitas si kecil untuk anak usia 5-10 Tahun. Melalui program ini kita jadi TAU bagaimana cara mendukung kebutuhan nutrisi si kecil dan seperti apa bentuk stimulasinya. Morinaga mempersembahkan 6 (enam) langkah aktivasi multitalenta untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak Indonesia menjadi generasi platinum yang multitalenta yaitu :
- Kecerdasan Multitalenta (Brain Care)
- Memberikan Pertahanan Tubuh Ganda (Body Defense)
- Mendukung Tumbuh Kembang Optimal (Body Growth)
- Gaya Belajar
- Pola Asuh
- Kecerdasan Emosi


CEGAH & ATASI

Pada dasarnya, alergi dapat diatasi oleh karenanya edukasi dan pemahaman mengenai pencegahan alergi dan solusinya berperan penting. Untuk itu Morinaga memiliki program tetap yaitu Morinaga Allergy Total Solution yang merupakan solusi total alergi untuk si kecil melalui sinergi nutrisi yang tepat hasil pengembangan PT.Kalbe Nutritionals bersama Morinaga Research Centre Jepang. Inovasi kandungan Moricare+Prodiges pada produk Morinaga Allergy Total Solution yang satu-satunya mengandung probiotik yang baik dengan manfaat membantu menurunkan timbulnya gejala alergi dan membantu penyerapan di saluran cerna yang sehat. Karena saluran pencernaan yang sehat, bisa membantu si kecil menyerap kandungan-kandungan nutrisi, untuk mendukung daya tahan tubuhnya sehingga tumbuh kembangnya optimal.

Moricare+Prodiges
(DOC : Website Morinaga)


SEBAR 

Langkah terakhir adalah menyebarluaskan informasi yang tepat khususnya mengenai alergi pada si kecil, agar sedini mungkin dapat dilakukan pencegahan dan penanganan yang tepat. Untuk itu Morinaga mengadakan Seminar Edukasi skala nasional untuk awam dan medis sepanjang tahun 2017 di beberapa Rumah Sakit di seluruh Indonesia. Sayapun berkesempatan untuk menimba ilmu lebih banyak lagi tentang alergi pada anak dengan mengikuti Seminar "Dukung Si Kecil Yang Alergi Tetap Berprestasi" di salah satu Rumah Sakit yang dekat dengan lokasi rumah. Tenyata selain seminar, di acara ini juga diadakan Lomba Triathlon Games untuk anak-anak. Audrey ikut serta mencoba semua permainan yang ada dengan sangat gembira.

Seminar Morinaga
(DOC : Pribadi)

Selain melalui modul digital www.cekalergi.com dan seminar edukasi, tahun ini Morinaga juga memperkenalkan Brand Ambassador untuk Morinaga Specialties yaitu Astrid Tiar dan anaknya Anabel yang termasuk anak alergi. Astrid berbagi tipsnya sebagai Ibu dengan anak alergi yang pertama dilakukan adalah tetap memantau tumbuh kembang anak dan jangan panik jika si kecil terkena alergi. Update informasi lebih banyak melalui media internet atau bergabung dengan komunitas. Melalui Morinaga pertama kali Astrid mendapat banyak wawasan menangani alergi pada anak. Astrid juga berharap melalui acara ini kita para bunda dapat menangani alergi dengan tepat karena semua anak adalah pemenang. Astrid dan Anabel juga ikut berlomba bersama kami. Sebagai anak yang memiliki riwayat alergi, Anabel mampu melewati lintasan lomba hingga dua kali. 

Brand Ambassador Morinaga Specialties
Astrid Tiar dan Anabele
(DOC : Pribadi) 

Pada hari yang sama Morinaga menggelar acara Edukasi dengan menghadirkan dua orang narasumber yaitu seorang Konsultan Alergi Imunologi Anak, Bapak DR.Dr.Zakiudin Munasir, Sp.A(K)  dan seorang Psikolog sekaligus Konsultan Multiple Intelligence, Dr.Rose Mini A Prianto M.Psi.

Senang sekali bisa bertemu dengan DR.Dr.Zakiudin di acara Platinum Kids Olympics ini karena selama ini saya mendapat banyak informasi tentang anak alergi dari Buku yang beliau tulis, judulnya "Mengenal Alergi Pada Anak". Kata pak dokter nih "Kasus alergi yang paling banyak diderita adalah asma, rinitis alergi, alergi makanan, dermatitis atopik dan alergi protein susu sapi. Faktor resiko berkembangnya alergi dapat berasal dari faktor genetik yakni keluarga dengan riwayat positif alergi. Berbeda dengan kasus alergi protein susu sapi yang sering terjadi pada anak yang tidak mendapatkan Air Susu Ibu (ASI). Oleh karena itu  alergi protein susu sapi dapat diatasi dengan cara memberikan ASI eksklusif pada anak. Jika seorang ibu tidak bisa memberikan ASI, si kecil dapat diberikan susu yang telah diformulasikan secara khusus seperti susu dengan protein yang telah dihidrolisasi atau susu soya atau susu asam amin" 

Selain nutrisi yang tepat, anak alergi juga harus mendapatkan stimulasi contohnya dengan mengikuti acara Platinum Kids Kids Olympics ini. Menurut Psikolog Dr.Rose Mini A Prianto M.Psi atau yang sering kita panggil Bunda Romi "Program Platinum Kids Olympics ini mendukung si kecil yang alergi untuk tetap bisa berprestasi, karena melalui aktivitas stimulasi dapat mengasah kecerdasan majemuk seperti kecerdasan kinestetik, visual spasial, logika matematika, interpersonal, intrapersonal, musik, linguistik, naturalis serta kecerdasan moral". 


Selain kedua orang narasumber diatas, hadir juga Ibu Dewi Anggraini, Senior Brand Manager Kalbe Nutritionals yang menyampaikan bahwa Morinaga memilih Astrid Tiar sebagai Brand Ambassador Morinaga Specialties adalah karena Astrid seorang publik figure yang telah dikenal masyarakat luas, berharap kesadaran mengenai pentingnya pemahaman akan alergi si kecil, bisa lebih terdengar dan  dipahami serta bermanfaat bagi lebih banyak lagi bunda di Indonesia.

Ki-Ka : Dewi Anggraini, DR.Dr.Zakiudin, Dr.Rose Mini
(DOC : Pribadi)

Kesimpulannya dengan menyebarkan kampanye Semua Dari Ingin Tau melalui Program Platinum Kids Olympics kita juga membantu mewujudkan Indonesia Sehat dan menciptakan Generasi Platinum yang Mul
Untuk mengetahui berbagai informasi seputar tumbuh kembang si kecil, silahkan di follow sosial media Morinaga disini :
Instagram  : morinaga platinum
Twitter : @MorinagaID
Facebook Fanpage : Morinaga Platinum
Website : www.morinaga.co.id

14 komentar:

  1. seru ya bun acaranya apalagi bs bareng si kecil :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba ini pengalanan luar biasa bersama si kecil

      Hapus
  2. Momy deg degan saat anak ikutan menghadapi tantangan Dan pemandu sorak yg paling semangat untuk sang anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bun anakku itu kan ada riwayat rinitis jadi takutnnya nggak sampai garis finish. Tapi Alhamdulillah akhirnya bisa

      Hapus
  3. Wuiih kereen Aira ikut berpartisipasi di acara Platinum Kids Olympics

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba ria...sayangnya Audrey ga bisa ikutan karena belum 5 tahun. Klo bisa ikut dua2nya pasti seru

      Hapus
  4. Aira kamu ga hanya cantik tp berprestasi, jd tambah love2 deh bundo sama airaπŸ˜™πŸ˜™πŸ˜™

    BalasHapus
  5. Terimakasih Bundo. Aira juga lope-lope sama bundo

    BalasHapus
  6. Thanks Mom Indry atas info alerginya, saya akan langsung cek www.cekalergi.com nya

    Bo.ghaisan

    BalasHapus
  7. Anakku yg kecil kebetulan tingkat alerginya lumayan tinggi, sdh di cek secara medis juga. Tidak bisa mengkonsumsi beberapa jenis mknan dan minuman termasuk beberapa merk susu. Agak ribet juga yak memiliki anak alergi tp alergi bukan sebagai penghalang sich. Keren yak terobosan morinaga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata dokter zaki alergi itu penyakit orang kaya mb jd pengobatannya mahal. Saran pak dokter dicegah lebih baik

      Hapus
  8. Makasih sharingnya mom indry, bermanfaat banget untuk ibu muda kaya aku 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bunda...semoga informasinya bermanfaat ya

      Hapus

Bicara Soal Gizi Dan Menu Lezat Bernutrisi Bersama Masako

Hallo Ibu-Ibu, apa kabar? kali ini saya ingin berbagi cerita seru saat mengunjungi Dapur Umami bersama para ibu-ibu blogger tanggal 8 Novem...