Sabtu, 29 Juli 2017

Keajaiban Sentuhan Cinta Ibu Untuk Tumbuh Kembang Bayi Di Fase Neonatal

Mengandung dan melahirkan seorang bayi adalah sebuah anugerah sekaligus cerita indah yang tak terlupakan untuk saya. Pada hari itulah tugas sebagai seorang ibu dimulai.  Beryukur banget putri saya lahir secara normal meskipun melalui proses yang penuh perjuangan, karena Audrey lahir dengan berat hampir 4 Kg. Sudah pasti ada jahitan dan obrasan disana-sini yang terasa cenat-cenut saat terlalu banyak bergerak. Tapi rasa cenat-cenut itu hilang seketika saat mendengar tangisan si kecil ketika pertama kali mereka lahir ke dunia. Rasanya ingin memeluk dan menyentuhnya saat itu juga. Rasa bahagiapun bertambah besar saat mulai memandikan dan memijat Audrey setelah mandi. Walaupun masih bayi, Audrey merasa nyaman saat saya menyentuhnya. Dia merasa saya ada dan mendekapnya.

Semua ibu pasti setuju bahwa sentuhan ibu pada bayi sangat penting. Terutama saat usia 28 hari pertama yang merupakan masa paling penting dalam kehidupan seorang bayi karena masih mengalami perkembangan sistem dengan perubahan lingkungan yang sangat drastis sehingga tubuhnya masih rentan. Tapi sayangnya di Indonesia masih banyak bayi yang perkembangannya terhenti jauh sebelum memasuki 28 hari pertama.



Berdasarkan Data World Health Organization (WHO) pada Tahun 2015 di Indonesia terdapat 70.000 bayi kehilangan nyawanya sebelum menginjak umur 28 hari. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya perhatian terhadap perawatan kulit selama masa neonatal yang menyebabkan terjadinya sepsis pada kulit bayi.




Melihat kondisi tersebut, JOHNSON'S Baby mengadakan kampanye "JOHNSON'S BABY Sentuhan Penuh Harapan" untuk menyebarluaskan pentingnya sentuhan ibu terhadap bayi melalui pijatan  dan sentuhan saat mandi dan memijat, terutama selama masa neonatal. Dan terkait dengan kampanye tersebut, selama bulan Juni dan July 2017 JOHNSON'S Baby juga mengajak para ibu untuk berpartisipasi secara aktif untuk menyebarkan awarenes Sentuhan Penuh Harapan dengan menggandeng Alfamart dan Save The Children, JOHNSON'S Baby memberikan cara termudah bagi seluruh ibu di Indonesia untuk berpartisipasi yaitu dengan pembelian minimum Rp.25.000 produk Johnson's Baby jenis apapun diseluruh gerai Alfamart di Indonesia, Johnson's Baby akan mendonasikan Rp.500,- ke Save The Children.

Dengan membeli produk Johnson's Baby di Alfamart, para ibu di Indonesia telah berkontribusi dan bantu berikan harapan bagi bayi yang kurang beruntung di Indonesia untuk hidup, tumbuh dan melihat dunia.




Kematian bayi di masa neonatal dapat dicegah dengan memberikan perawatan kulit yang tepat dan efektif bagi bayi karena hal tersebut sangat penting bagi kelangsungan hidup seorang bayi selama masa neonatal

Menurut Dr.Bernie Endiarini Medise, Sp.A(K), MPH, Dokter Spesialis Anak
 "Selama masa neonatal, kulit bayi sangat sensitif, maka dari itu diperlukan perawatan kulit yang efektif dan tepat bagi bayi di masa neonatalnya. Kandungan emollient pada kulit bayi dapat mencegah terjadinya kulit kering. Selain itu , sentuhan ibu selama masa neonatal sangatlah penting karena selain dapat memperlancar perdaran darah bayi dan juga meningkatkan imunitasnya sehingga bagi akan lebih sehat dapat bertumbuh dan hidup lebih panjang"

Udah tau kan sekarang betapa pentingnya sentuhan ibu melalui pijatan dan sentuhan saat mandi. Kegiatan memandikan bayi dan dan rutinitas pemijatan yang tepat bersamaan dengan sentuhan ibu dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah yang sehat dan memperkuat kekebalan tubuh yang akhirnya dapat menyelamatkan nyawa yang berharga.




Sesuai anjuran dokter pemijatan pada bayi dapat dilakukan dua kali sehari di enam bulan pertama usia bayi. Teknik dan cara memijat bayi saya dapatkan dari sebuah Compact Disc (CD) dan booklet yang ada di dalam kemasan Johnson's Baby Gift Set. Terimakasih tak terhingga untuk seorang sahabat yang pertama kali memperkenalkan produk Johnson's Baby kepada saya. 

Beberapa hal yang harus ibu lakukan sebelum melakukan pemijatan adalah :
1. Sediakan alas yang lembut dan rata
2. Cuci tangan yang bersih
3. Pilih ruangan yang hangat dan tidak berangin
4. Lakukan pijat bayi dengan posisi yang nyaman dan kontak mata dengan bayi selama pemijitan
5. Mulai sentuhan ringan dan perlahan, tingkatkan saat bayi anda merasa nyaman
6. Nyanyikan lagu dan putarkan musik lembut
7. Perhatikan isyarat yang ditujukan oleh bayi (menangis, mengantuk, kehausan)
8. Agar tidak melukai kulit bayi selalu gunakan Johnson's Baby oil atau Johnson's Baby lotion
9. Seka dengan air hangat atau mandikan setelah pemijatan. Gunakan Johnson's Baby Top To Toe Wash, sabun mandi bayi yang memiliki keunggulan sebagai berikut :
- Memiliki pH seimbang
- Tanpa tambahan detergen
- Tidak menimbulkan iritasi
- Mampu menjaga kelembatan kulit si kecil
- Lembut dan tidak pedih dimata
- Efektif membersihkan 
- Fragrance telah diuji dan bisa menstimulasi perkembangan anak. 
- Telah digunakan di  > 500 Rumah Sakit Ibu dan Anak di Indonesia sebagai perawatan bayi baru lahir.

Penelitian ilmiah membuktikan rutinitas mandi memberikan manfaat berupa berkurangnya tangisan dan stress bayi, menambah berat badan bayi, memperbaiki kualitas dan kuantitas tidur serta membentuk kemampuan komunikasi bayi.



Sebelum memijat bayi para ibu juga harus perhatikan ini :
1. Jangan memijat bayi setelah minum atau makan
2. Jangan membangunkan  bayi hanya untuk dipijat
3. Jangan memijat saat sakit
4. Jangan memijat dengan kuku panjang
5. Jangan menggunakan perhiasan disekitar tangan dan jari.

JOHNSON'S Baby berkomitmen untuk mendukung perkembangan holistik si kecil dengan rangkaian produk yang sesuai dengan kebutuhan anak disetiap tumbuh kembangnya. Produk Johnson's mudah didapatkan dan harganya pun terjangkau. Selain Top to Toe Wash, varian produk Johnson's Baby dapat dilihat pada gambar dibawah ini. 




Untuk informasi lebih lanjut tentang Campaign ini, silahkan cek akun media sosial resmi Johnson's Baby
Instagram : @johnsonsbaby_id
Twitter : @JohnsonsBaby_ID
Facebook : http://www.facebook.com/JohnsonsBabyIndonesia

24 komentar:

  1. Memang harus diperhatikan banget ya perawatan kulit buat bayi ini. Salah-salah treatment bisa berefek ga baik, hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba efek buruknya bisa jangka panjang nanti

      Hapus
  2. Tips2nya sangat bermanfaat nih buat ibu2 yg baru punya bayi. Disimpan dulu buat dipraktekkan nanti kalo ada bayi lagi hehe

    BalasHapus
  3. 500 rupiah berharga bagi yg membutuhkan. Kalau bersatu para Bunda beban untuk membantu anak anak akan ringan. Belanja sambil beribadah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya meskipun cuma gopek bun tapi berarti untuk orang lain

      Hapus
  4. Sentuhan ibu adalah sentuhan pertama anak, senangnya biasa ikut membantu banyak anak hanya denfan membeli produk Johnson di alfamart.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo beli produk Johnsons di Alfamart

      Hapus
  5. Banyak banget ya ternyata manfaat menyentuh bayi ini. Bayi saya mau masuk usia 3 bulan, alhamdulillah sentuhan dan pijatan selalu diberikan walau awalnya kurang ngerti manfaatnya. Dan sekarang insya Allah bakal lebih intensif dan berkwalitas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bun langsung dipraktekin ke si dede ya

      Hapus
  6. Ternyata merawat kulit bayi di masa 28 hari setelah kelagirannya bukan perkara yang mudah dan jangan disepelekan ya Mba.

    Semoga melalui kegiatan ini, angka kematian bayi di masa 28 hari dapat berkurang. Aamin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin kita bisa bantu doa dan berpartisipasi dengan membeli produk Johnsons di Alfamart

      Hapus
  7. Banni baby dengan kulit sensitif, kalo sekalu saja salah memberikan produk pasti kulitnya memerah dan gatal.. Tapi alhamdulillah sudah usua 4tahun sensitifnya berkurang tapi tetap harus memakai produk yang cocok dgn kulitnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah coba Johnsons baby belum bun smoga cocok di kulit bani

      Hapus
  8. Dengan ikut berpartisipasi di program Sentuhan Penuh Harapan berarti kita turun serta membantu bayi yang kurang beruntung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba dapat pahala juga dari donasi

      Hapus
  9. Banyak tips dan ilmu bergizi nih, tinggal dipraktekin ntr pas punya baby. Ternyta skin to skin manfaatmnya bnyak yo ka :)

    Btw ku suka sama wanginya cologenya J7J hampir semua wanginya suka haha

    BalasHapus
  10. Temanku rajin massage bayinya. Itu ngefek lho ke kemampuan motorik si bayi

    BalasHapus
  11. Aku juga masih suka pijat pakai baby oil nya, wanginya suka banget.

    BalasHapus
  12. Penting banget ya sentuhan ibu buat si kecil

    BalasHapus
  13. Wowww anak-anak mba indri bahagia yah

    BalasHapus
  14. Wowww anak-anak mba indri bahagia yah

    BalasHapus
  15. Suka sama semua produknya johnson's baby

    BalasHapus
  16. Suka sama semua produknya johnson's baby

    BalasHapus

Beli Mobil Bekas Dan Produk Asuransi Semudah Belanja Online

Beberapa tahun yang lalu saat mendapat uang pesangon dari kantor, saya kepikiran untuk membeli sebuah mobil yang akan saya gunakan untuk me...