Kamis, 21 September 2017

Cerdas Mengelola Keuangan Bersama Sinarmas MSIG Life

Banyaknya kasus bullying yang terjadi di sekolah membuat saya dan para orangtua lainnya merasa khawatir,  meskipun anak saya perempuan tidak menutup kemungkinan kalau dia mungkin saja terlibat dalam peristiwa bullying disekolahnya. Bullying itu berbeda dengan berkelahi atau bertengkar, anak yang dibully biasanya memiliki kelebihan atau kekurangan misalnya paling pintar atau paling bodoh (terlihat sangat berbeda), paling kecil/muda, pemalu atau berada di tempat dan waktu yang salah.




Lalu bagaimana cara menyikapi bullying dan solusi terbaik jika buah hati kita menjadi saksi, korban atau pelaku bullying? Kumpulan Emak Blogger (KEB) bersama Sinarmas MSIG Life menjembatani kami para emak yang ingin tahu lebih banyak tentang bullying dengan membuat acara Blogger Gathering bertajuk "Smart Mom Protect Your Family's SMiLe" pada Hari Sabtu 9 September 2017 lalu.

Pertama kali acara ini di share di threadnya KEB, saya langsung tertarik karena beberapa hal yaitu materi tentang bullying yang saat ini sedang marak terjadi di sekitar kita, selain itu ada juga edukasi keuangan bersama Financial Planner dan yang terakhir adalah lokasi acaranya, gedung lama yang disulap menjadi baru dengan nama Jakarta Smart City Hive Coworking Space ini sukses bikin saya penasaran ingin melihat tampilan barunya.

Bapak Suwandi Sitorus, perwakilan dari Sinarmas MSIG Life

Saat tiba di lokasi acara (JSC Hive Coworking Space) yang menurut saya cukup nyaman ini, kami disambut oleh team dari Sinarmas MSIG Life yang cukup ramah. Bapak Suwandi Sitorus selaku perwakilan dari Sinarmas MSIG Life menyampaikan bahwa tujuan diadakannya acara blogger gathering ini adalah dalam rangka membantu OJK (Otoritas Jasa Keuangan) untuk memberikan edukasi keuangan dan mengajak masyarakat terutama para emak agar melek keuangan. Sinarmas MSIG Life juga menghadirkan Mba Vera Itabiliana S.Psi. Pakar Psikologi Anak dan Remaja yang akan membahas tuntas masalah bullying pada anak.

Tentang Bullying

Menurut Mba Vera,

"Bullying adalah perilaku agresif yang dilakukan secara sengaja melibatkan kekuatan yang tidak seimbang, berulang kali atau berpotensi untuk berulang. Menggunakan pengaruh/kekuatan superior untuk mengintimidasi orang lain agar melakukan atau memberikan apa yang dia inginkan"

Pihak yang terlibat dalam peristiwa bullying ada 3 yaitu :
1. Korban, anak yang menjadi korban biasanya enggan ke sekolah, sehingga nilai menurun dan hilang minat belajarnya. Sifatnya murung dan tertekan. Secara fisik ditandai dengan luka pada bagian tubuh atau barang yang hilang
2. Pelaku, pelaku bullying biasanya sulit mengontrol amarah, cepat menyalahkan orang lain dan merasa harus menang atau menjadi yang terbaik dalam segala hal
3. Saksi

Psikolog Vera Itabiliana S.Psi

Seperti apa bentuk bullying?
●Secara Fisik, memukul, memalak atau meminta paksa barang yang bukan miliknya
●Secara Verbal, memaki, mengejek, menggosip dan memanggil temannya dengan nama tertentu
● Relasional
●Cyber-bullying, bullying tipe ini lebih canggih karena dilakukan menggunakan media sosial dan internet

Keempat bentuk bullying ini menyebabkan akibat yang sangat buruk pada anak, dari mulai berhenti sekolah hingga terjadinya bunuh diri. Untuk itu Mba Vera memberikan kiat-kiatnya bagaimana memproteksi anak dari peristiwa Bullying, yang penting untuk dilakukan kita sebagai orangtua adalah meluangkan waktu bersama anak lebih banyak, kurangi acara atau bermain video games yang mengandung kekerasan, jangan lupa untuk menerapkan disiplin positif serta memberi contoh bagaimana mengendalikan emosi dan yang terakhir awasi juga pergaulan anak.

Sesi berikutnya juga tidak kalah seru nih karena ada Mas Aakar Abyasa Fidzuno, CEO/Founder of Jouska Financial yang akan mengajarkan kita bagaimana mengatur keuangan dengan baik agar semakin di sayang suami juga terselamatkan dari bencana keuangan di masa depan. Jadi selain memproteksi buah hati dari bullying, seorang smart mom juga wajib memproteksi keuangan keluarga.


Aakar Abyasa Fidzuno, Financial Planner

Menurut Mas Aakar dalam mengatur keuangan sebaiknya gunakan prinsip Basic Triangle  yaitu perhatikan kondisi serta kemampuan keuangan kita, resiko keuangan yang akan terjadi baru raih tujuan yang kita inginkan. Jangan sampai kita terjebak istilah "Middle Income Trap" yaitu situasi dimana kita berada di posisi ekonomi sedang-sedang saja namun memiliki gaya hidup yang mewah. Jika terjadi bencana keuangan maka orang-orang yang masuk dalam kategori tersebutlah yang akan hancur lebih dulu. Tips penting dari Mas Aakar agar terhindar dari jebakan tersebut adalah dengan cara mengatur keuangan dengan bijak. Jangan lupa siapkan dana pendidikan, dana darurat, investasi dan asuransi.

Anggaran Smart Mom

Dari penjelasan Mas Aakar Abyasa itu saya langsung mengkoreksi diri terutama masalah keuangan saya, mulai dari seringnya kekurangan uang belanja karena pengeluaran berlebih akibat lapar mata, ngga boleh lihat promo atau diskon di online shop langsung belanja, atau lihat teman punya tas model terbaru langsung ikutan beli biar ngga ketinggalan mode. Tanpa disadari kita sudah berada di Middle Income Trap tersebut. Gimana caranya agar lolos dari jebakan itu? Yuk, Atur Uangmu dengan cara berikut :

1. Bedakan antara keinginan dengan kebutuhan, pilih mana yang penting dan sangat dibutuhkan. Dengan berpegang teguh pada keperluan bukan keinginan kita akan bisa lebih berhemat.

2. Siapkan dana darurat, yaitu uang yang kita simpan untuk membantu menutup biaya  tak terduga  dalam kehidupan sehari-hari misalnya darurat medis atau biaya perbaikan  rumah.

3. Menabung dengan cara yang tepat, pilih tabungan sesuai tujuan misalnya tabungan biasa, deposito atau tabungan pensiun.

4. Hindari pemakaian kartu kredit untuk mengurangi jumlah hutang.

5. Memulai investasi, kita bisa memilih jenis investasi yang sesuai dengan keinginan dan jangan lupa untuk memilih perusahaan investasi yang terpercaya.

6. Lindungi diri kita dan keluarga dengan asuransi. Hidup di jaman serba modern ini, kita dituntut untuk dapat mengikuti  gaya hidup yang modern seperti aktifitas nongkrong bareng teman sambil minum kopi atau menikmati junk food hampir setiap hari dan aneka makanan lain yang mungkin tidak sehat. Agar tidak ingin sakit kita harus mengimbanginya dengan berolahraga dan istirahat yang cukup. Selain itu perlu asuransi untuk meproteksi diri dari kemungkinan sakit yang bisa datang tiba-tiba.

Kenapa sih kita harus memiliki asuransi sejak muda? Karena setiap jiwa yang lahir sudah harus diproteksi, kita tidak pernah tau kan kondisi kesehatan dan keuangan kita esok hari? Nah mulai sekarang pikirkan untuk membeli produk asuransi yang ideal dan terpercaya, sudah terdaftar dan diawasi OJK dan berpengalaman seperti Sinarmas MSIG Life.


Doc : Facebook MSIG Sinarmas Life


Tentang Sinarmas MSIG Life

PT.Asuransi Jiwa Sinarmas  berdiri pada tahun 1985, kemudian melakukan Joint venture dengan Mitsui Sumitomo Insurance.Co,.,Ltd pada tahun 2011 sejak saat itu Asuransi Jiwa Sinarmas lebih dikenal dengan Sinarmas MSIG Life, selama 32 tahun Sinarmas MSIG Life menyediakan layanan terbaik untuk kebutuhan finansial masyarakat Indonesia. Brand SMiLe (Sinarmas MSIG Life) diperkenalkan kepada masyarakat luas pada tahun 2013 melalui media platform khususnya media sosial.

Perkembangan Sinarmas MSIG Life didukung oleh kondisi keuangan yang sangat baik, inovasi produk dan layanan nasabah. Produk asuransi individu yang dimiliki oleh Sinarmas MSIG Life adalah :

1. Power Save
2. SMiLe Personal Accident
3. SMiLe Multi Invest
4. SMiLe Medical
5. SMiLe Hospital Protection Plus

Untuk lebih lengkapnya kunjungi website Sinarmas MSIG Life di www.sinarmasmsiglife.co.id atau kunjungi media sosialnya berikut ini :

Facebook : Sinarmas MSIG Life
Twitter : @sinarmasMSIG
Instagram : sinarmasmsiglife




15 komentar:

  1. Suka bingung antara kebutuhan dengan kemauan , harus kontrol mulai sekarang ya

    BalasHapus
  2. bully dengar kata bully jadi ingat masa kecil hihihi sudahlah lupakan saja masa lalu,
    keuangan aku nih yang paling suka jajan padahal ga butuh banget yg di beli.

    BalasHapus
  3. Anak adalah harapan bangsa Dan Harapan penerus Kita. JanGan sampai terjadi pada anak kita

    BalasHapus
  4. Cyber bullying ini marak dan mudah melakukannya. Jadi ingat Remaja yang copas tulisan orang lalu dibuat status seakan-akan pikirannya sendiri. Waktu ketahuan, ia langsung dibully massal di berbagai medsos. Oya dia salah tapi kasihan juga. Hal ini bakal terbawa hingga dewasa. Harus lebih bijak bermedia sosial.

    BalasHapus
  5. Mengatur keuangan menjadi tugas utama perempuan sebagai seorang ibu ya mba. Semoga kita tidak terjebak dengan pola hidup yang boros, sehingga bisa menabung dan mbuat masa depan lebih baik.

    BalasHapus
  6. Wah jadi makin cerdas mengatur keuangan nih, makin di sayang suami pastinya ��. Kasus bullying pada anak-anak memang harus diwaspadai.

    BalasHapus
  7. Seram ya bullying, kasihan anak-anak yang jadi korban. Saya dulu juga SMP dibilang aneh sama teman.
    Nah kalau masih sekolah mungkin agak susah dibudayakan menabung ya, apalagi kalau teman-temannya suka pamer barang, yang ada uang tabungan habis beli barang mewah. Ibunya harus mengatur banget agar bisa menabung dan investasi, jangan habis buat belanja aja

    BalasHapus
  8. Bullying bikin gemas yak. Aku pernah datangin sekolah anakku yg kecil krn dia sering bgt dikata-katai oleh tmnnya. Anakku yg kecil memang memiliki kaki yg sedikit berbeda dg tmn2nya dan inilah yg dipakai meledek. Krn tdk ditanggapi dgn baik akhirnya aku dtg ke sekolah langsung. Bullying memang hrs ditangani dg cepat dan tepat.

    BalasHapus
  9. Mengatur keuangan dan mengatur pola tingkah laku anak adalah PR banget buat saya sampai saat ini. Keduanya sangat butuh kesabaran untuk menghadapinya, betul ga sih.

    BalasHapus
  10. Harus melakukan pendekatan lebih erat dengan anak supaya mereka tidak mendapat bullying dari luar ya Mba.

    BalasHapus
  11. Saya termasuk paling takut kalau anak2 di-bully di sekolahnya. Kita harus tanggap ya dgn banyak komunikasi.

    BalasHapus
  12. Bullying sedang marak ya seperti yg diberitakan dan korbannya sampai menelan jiwa. Semoga anak2 kita masih dilindungi Allah ya hingga tdk menjadi korban atau mungkin pelaku bullying. Terima kasih sharingnya ya.

    BalasHapus
  13. wah penting bgt utk jadi smart mom di era sekarang ini ya mba, makasihh artikelnyaa...

    BalasHapus
  14. Wah mba artikelnya manfaat banget nih.. buat persiapan anakku bentar lagi. Biar bisa jadi smart mom buat anak

    BalasHapus
  15. terimakasih atas informasinya, dan jangan lupa kunjungi kami di http://aromaessen.com

    BalasHapus

K-Link Berikan Solusi Hidup Sukses Lewat Bisnis Syariah

Beberapa minggu lalu saat mengantar ibu kontrol ke Rumah Sakit dengan transportasi online, saya bertemu dengan supir yang sangat ramah. Men...