Rabu, 15 November 2017

Bicara Soal Gizi Dan Menu Lezat Bernutrisi Bersama Masako

Hallo Ibu-Ibu, apa kabar? kali ini saya ingin berbagi cerita seru saat mengunjungi Dapur Umami bersama para ibu-ibu blogger tanggal 8 November 2017 lalu. Bagi yang sudah menjadi penggemar Facebook ASLI Masako pasti familiar dengan Dapur Umami yaitu Dapur Inspirasi persembahan PT. Ajinomoto Indonesia yang ditujukan bagi para ibu dan semua orang yang suka memasak. Nah agenda kunjungan kali ini kita para ibu diajak untuk mengenal lebih jauh sejarah perusahaan Ajinomoto dan juga informasi terkini seputar MSG dan Umami. Selain itu akan ada demo masak dan sesi talkshow bertajuk Bicara Gizi Bersama Masako yang mengangkat tema "Lezat Bernutrisi Bersama Masako Untuk Anak Obesitas".




Talkshow Bicara Gizi Bersama Masako ini
menghadirkan seorang ahli gizi dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia sebagai narasumber, beliau adalah Dr (Candidate) Rita Ramayulis, DCN, M.Kes yang akan membahas tentang Strategi Penurunan Berat Badan Anak Gemuk (Obesitas). Dokter Rita terlihat tetap cantik dan langsing meskipun sudah memiliki empat orang anak, rahasianya mudah kok (kata beliau) laksanakan pola hidup sehat dan hindari gorengan apalagi yang bukan buatan sendiri. Perlu diketahui bahwa minyak yang digunakan untuk menggoreng bisa membuat timbunan lemak di tubuh, pada saat kita mengkonsumsi gorengan, kandungan minyak di dalamnya yang berperan membuat tubuh kita menggemuk.

Dr (Candidate) Rita Ramayulis, DCN, M.Kes
(Doc : Dewi Sulistyawati)

Pengertian Obesitas adalah keadaan kelebihan lemak non esensial pada tubuh yang mengakibatkan penurunan kecerdasan, gangguan seksualitas serta terganggunya kesuburan. Obesitas (kegemukan) dapat dipicu akibat energi yang masuk lebih besar dari energi yang keluar, kurang makan sayur, kurang bergerak dan jajan makanan yang tidak sehat. Menurut Dr. (c) Rita Ramayulis, DCN, M.Kes sekitar 93,5% masyarakat Indonesia tidak mengkonsumsi sayur sesuai gizi seimbang termasuk anak padahal sayur mengandung vitamin, mineral dan serat yang berperan dalam metabolisme lemak. Selain  itu dampak yang timbul dari perkembangan teknologi, anak zaman now lebih suka bermain gadget daripada bermain aktif diluar rumah.


Doc : slide presentasi dokter Rita

Dokter Rita mengajak para ibu untuk mendukung dan berpartisipasi aktif dalam GENTAS (Gerakan Tangkal Obesitas) juga memberi solusi melalui strategi penurunan berat badan pada anak gemuk dengan melalukan diet REST (Rendah Energi Seimbang Teratur) dan melakukan 3M yaitu :
1. Move, artinya bergerak : gerak sehari-hari untuk meningkatkan pengeluaran energi. Minimal 60 menit dengan intensitas sedang. Tulang dan otot pada anak dan remaja akan tumbuh dengan baik jika sering bergerak.
2. Model, orangtua adalah panutan bagi anak dan contoh yang akan selalu ditiru, ajarkan "nutrition parenting" sejak dini agar si kecil terbiasa mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang setiap hari.
3. Meet, mengajak anak untuk melakukan aksi dalam mengatasi berat badannya. Misalnya menawarkan si kecil jenis sayur dan buah apa yang ingin dimakan, ajarkan anak mengenal rasa lapar dan kenyang dan berikan pujian saat si kecil mengkonsumsi sayur dan buah

Diet REST untuk anak dan remaja
(Doc : slide presentasi Dr.Rita)

Memiliki anak yang tidak suka makan sayur menjadi tantangan tersendiri bagi seorang ibu, biasanya saya menyiasatinya dengan menambahkan makaroni saat membuat Sup atau bakso saat membuat sayur bayam bening, maklum saya belum jago memasak jadi untuk variasi masakan masih kurang banyak, untungnya di Dapur Umami kemarin Cheff Yunita Princess mendemokan dua resep berbahan dasar sayur yang pastinya menambah referensi saya dalam mengolah masakan, dua resep tersebut adalah Brokoli Saus Telur Asin dan Siomay Jamur Masako.


MC Ridho dan Cheff Yunita Princess

Brokoli Saus Telur Asin 

Bahan-Bahan :
- 150 gr Brokoli rebus
- 100 gr Kentang Kecil Rebus
- 2 butir kuning telur asin
- 2 siung bawang putih
- 1 bh Cabai keriting
- 1/4 Masako Rasa Ayam
- 1 sdt minyak goreng

Cara memasak :

1. Cincang bawang putih dan cabai keriting lalu sisihkan 
2. Panaskan minyak goreng, tumis kuning telur asin hingga berbuih, tambahkan cabai dan bawang putih cincang, aduk rata
3. Masukkan brokoli, kentang dan Masako Rasa Ayam, aduk rata, angkat. Sajikan


Brokoli Saus Telur Asin dan Siomay Jamur Masako


Siomay Jamur Masako

Bahan-Bahan :
- 50 gr Daging Ayam Cincang
-70 gr Jamur Kancing
- 20 gr Kol
- 1 batang seledri
- 1 butir telur
- 8 bh kulit pangsit
- 1/2 bungkus Masako Rasa Ayam 11 gram

Bahan Pelengkap : Parutan Wortel

Cara memasak :
1. Potong kecil kol dan jamur, cincang daun seledri, sisihkan
2. Masukkan Daging Ayam cincang, jamur, kol, seledri dan 1/2 bungkus Masako Rasa Ayam, aduk rata
3. Ambil 1 kulit pangsit, letakkan di telapak tangan, isi dengan adonan siomay, bentuk kulit berisi adonan dan rapikan
4. Panaskan kukusan, masukkan adonan siomay, kukus hingga matang
5. Angkat, hias dan sajikan

Begitu kedua resep disajikan, kamipun langsung mencicipinya, Siomaynya sangat enak dan lezat, rasa asin dan gurihnya pas berkat bumbu kaldu penyedap serbaguna Masako. Brokolinya pun masih tetap crunchy saat dimakan, kok bisa? padahal kalau kita memasak brokoli dirumah sudah langsung layu dan tidak crunchy lagi. Ternyata selama ini kita seringkali salah dalam mengolah sayuran, sebaiknya sayuran dimasukkan terakhir setelah bumbu sudah mulai harum, tidak usah terlalu lama apalagi sampai layu dan menyebabkan vitaminnya hilang.

Mengapa Ibu Harus Pakai Masako?

Ibu Eurli Asria, Section Brand Manager Masako menyampaikan bahwa Masako adalah bumbu ektrak daging ayam/sapi yang dibuat dengan perpaduan tepat antara daging segar berkualitas, bumbu dan rempah pilihan. Diproduksi langsung di pabrik Masako menggunakan teknologi yang canggih, aman, higienis, dan halal untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi. Masako bentuknya bubuk sehingga memungkinkan produk lebih awet dan tahan lama, Masako memiliki 2 varian rasa yaitu ayam dan sapi.

Setiap 1 butir Masako mengandung semua bahan baku sehingga praktis menyempurnakan kelezatan masakan sehari-hari dengan rasa dan aroma dari daging asli sama seperti kaldu buatan di rumah. Ingin melihat proses pembuatan Masako? Yuk klik Disini


Ibu Eurli Asria, Section Brand Manager Masako

Ibu Eurli juga menyebutkan beberapa Keunggulan Masako yaitu :

1. Terbuat dari bahan alami dan lengkap
Ekstrak daging lebih banyak, bisa sebagai pengganti garam, terbuat dari daging ayam & sapi segar dipadukan dengan bumbu rempah pilihan sehingga menghasilkan masakan dengan rasa dan aroma yang enak
2. Praktis, karena memiliki rasa, aroma dan warna seperti kaldu buatan dirumah
3. Ekonomis, harga terjangkau Rp.1000/2 bks isi lebih banyak
4. Bisa digunakan untuk berbagai menu masakan, baik menu berkuah, tumisan dan gorengan
5. Masako adalah Bumbu Kaldu no.1 di Indonesia karena banyak orang Indonesia yang menggunakan Masako.

Kemasan dan kandungan Masako
(Doc : Slide Presentasi)

Setiap daging ayam dan sapi segar yang digunakan untuk membuat Masako telah mendapatkan sertifikat HALAL dari Majelis Ulama Indonesia. Daging sapi dipilih yang terbaik dengan kadar lemak rendah, bebas penyakit dan telah lolos uji kualitas mikrobiologi dan kimia. Untuk mendukung gizi anak-anak Indonesia Masako memiliki Campaign yang diberi nama Lezat bernutrisi. Campaign ini mendorong ibu-ibu Indonesia untuk memasak makanan bergizi dan sehat khususnya sayur dengan cita rasa enak dan terasa lezat karena Masako.

Selain Masako PT.Ajinomoto Indonesia memproduksi juga bumbu penyedap lainnnya yaitu :

- AJI-NO-MO-TO (penyedap rasa)
- Sajiku (bumbu praktis siap saji)
- SAORI (bumbu masakan Asia)
- Mayumi (Mayonaise Yummy)
- Delito (Saos Pasta)

Produk Ajinomoto
(Doc : Slide Presentasi)


Sesuai dengan slogan Ajinomoto "Eat Well Live Well", melalui Dapur Umami PT. Ajinomoto Indonesia ingin menginspirasi para ibu untuk memasak masakan yang lezat dan bergizi untuk keluarga menuju kehidupan yang lebih baik.


Produk Ajinomoto

Perlu kita ketahui bersama MSG masuk kategori Bahan Tambahan Pangan (BTP) yang berfungsi sebagai penguat rasa, tidak menimbulkan bahaya terhadap kesehatan dan aman untuk dikomsumsi dengan syarat digunakan secukupnya, sesuai takaran yang ada pada kemasan dan tidak berlebihan. Keamanan MSG dapat dilihat dari beberapa pernyataan tertulis, salah satunya BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) Republik Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Bapak Haris selaku PR Manager Ajinomoto saat memberi penjelasan dan membuka mata para ibu-ibu yang masih berpikir bahwa micin ini isunya bisa bikin anak jadi bodoh dan menyebabkan sakit kepala setelah mengkonsumsinya. Padahal faktanya bukan seperti itu. MSG justru memiliki banyak manfaat diantaranya :
1. Meningkatkan cita rasa makanan
2. Membantu pencernaan di mulut, lambung, dan usus halus
3. Mengurangi konsumsi garam
4. Membantu menjaga kesehatan mulut

Bapak Haris, PR Manager Ajinomoto Indonesia

Umami adalah rasa dasar ke-5 selain rasa manis, asin, asam, dan pahit. Di Indonesia orang mengenal rasa umami sebagai rasa gurih. Komponen utama yang menciptakan rasa umami dalam makanan adalah asam amino glutamat, dan salah satu sumber rasa umami adalah MSG atau monosodium glutamat. Ajinomoto (MSG) sebagai sumber rasa umami karena mengandung 78% glutamat, 12% sodium, dan 10% air. MSG dapat digunakan saat persiapan memasak, saat proses memasak atau ketika masakan  akan dihidangkan.


Doc : Slide Presentasi Bpk. Haris

Doc : Slide Presentasi Bpk. Haris

Setelah mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari para narasumber, tiba waktunya di sesi Cooking Challenge dimana para ibu-ibu blogger ditantang untuk memasak menu Bayam Mentega dengan menggunakan Masako Rasa Ayam, setiap kelompok terdiri dari 5 orang. Saya bersama Mba De, Mba Desi Yusnita, Mba Lidya Fitrian, Mba Isti menerima tantangan ini dengan penuh semangat, saking semangatnya hasil masakan kami jadi terasa luar biasa, yaitu keasinan. Tapi tetap laku keras dong karena masakan sendiri harus diberi penghargaan setinggi-tingginya kan? Oiya untuk resepnya ada dibawah ini, jangan lupa pakai Masako ya ibu-ibu....

Resep Bayam Mentega

Bahan-bahan :
- 2 ikat daun bayam
- 100 gr udang segar, kupas
- 2 sdm mentega
- 3 siung bawang putih cincang
- 1/4 sdt merica hitam bubuk
- 1 sdt air jeruk lemon
- 2 sdm air matang
- 1/2 bks Masako Rasa Ayam 11 gr

Cara memasak :
1. Panaskan mentega, tumis bawang putih hingga harum
2. Masukkan udang, masak hingga berubah warna
3. Tambahkan air, air jeruk lemon dan merica, didihkan
4. Masukkan bayam dan Masako Rasa ayam, masak hingga layu, angkat dan sajikan



Grup Wortel

Bayam Mentega a la Ibu Wortel

Kunjungi Facebook ASLI Masako untuk mendapatkan banyak informasi seputar Product Knowledge, Informasi nutrisi makanan, Informasi resep serta Quiz dan hadiah menarik. Untuk resep sehat, lezat dan bernutrisi kunjungi www.dapurumami.com 
Selamat memasak Bu...

38 komentar:

  1. Senang sekali berkunjung ke Dapur Umami, banyak ilmu yang didapat, dapat resep baru dan bumbu masak yang lengkap pastinya.

    BalasHapus
  2. Aku suka banget Brokoli Saus Telur Asinnya. Enak.. apalagi cuma ditambah Masako sedikit dan gak usah pake garam

    BalasHapus
  3. Eh kemaren di rumah aku nyobain yang siomaynya, anak-anak suka banget.
    Keren ulasannya, lengkap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah asyik dong mba..siomay juga digemari bgt sama anak2

      Hapus
  4. Dpt tips masak sayur dr chef Yunita, keren bs langsung dipraktekkin 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya cheff nya juga humble dan ksh tips bnyk bgt

      Hapus
  5. Aku jadi rajin mampir kw fanspage masako nih buat baca tips masak

    BalasHapus
  6. Jadi tambah wawasan ya mba, msg aman di konsumsi, tenang deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jd lebih enak gitu pas menaburkan MSG ke masakannya. Ga pake was was

      Hapus
  7. Wahh...menunya sederhana tapi terlihat enak ya, apalagi ada tambahan masakonya ya pasti jadi lebih enak. Makasih infonya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menunya disesuaikan dengan anak obesitas mba

      Hapus
  8. Asikkk, pengen banget ya melihat secara langsung pengolahan Masakonya kakak.
    Yang pasti aman digunakan pada makanan ya.

    BalasHapus
  9. Jadi dapat ilmu ya bagaimana msg itu plus dpat menu tambahan juga untuk keluarga

    BalasHapus
  10. Dari dulu ajinomoto terkenal kualitasnya ya. Boleh pake MSG tapi jangan kebanyakan juga kan. Jadi ga ada istilah generasi micin lagi untuk mengecap anak-anak yang kurang pintar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal sih micin ngga bikin anak jadi bodoh ya

      Hapus
  11. Boleh ya menu dari dapur Umami nya saya pengen coba dirumah, simpel dan enakk dan apalagi pake
    Masako membuat makanan jadi lebih istimewa

    BalasHapus
  12. Ternyata ada banyak keunggulan masako yang belum aku ketahui ya... Duuhh jadi makin yakin dan mantap nih pke masako...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lupa pakai produk Ajinomoto lainnya

      Hapus
  13. Kalau masak ya Masako hehe suka inget tagline nya.Btw kayaknya seru banget ya bisa kesana.

    BalasHapus
  14. Lezatttt yahh..jadi pengen dimasakin

    BalasHapus
  15. Menarik banget resep resepnya, dan sebenernya memakai msg itu salah satu solusi mengurangi sodium. Tapi ya itu kadang rakyat indonesia ini suka berlebihan kalau make micin, padahal anjurannya kan cm 1/2-1 sdt.

    Pingin coba itu resep brokoli saus telur asin.. Aku suka banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo bikin bun Fika...dikau kan jago masak

      Hapus
  16. Demi apa ini pagi pagi begini dah lihat resep masakan yg sepertinya menggoda iman begitu hahahaha. Jujur aja sih untuk makanan dirumah, nyaris gak pernah pakai msg atau bumbu masak seperti Masako atau yg sejenis. Karena klo beli makanan pasti sdh banyak tuh kadar penyedap rasanya jadi sebisa mungkin untuk makanan di rumah, diminimalisir pemakaian penyedap rasanya. Baru tahu juga klo Masako ini cukup aman dikonsumsi jd bolehlah nanti sekali sekali pakai Masako sbg penyedap masakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh mba nanti dicoba masaknya pakai Masako

      Hapus
  17. Makanan sehat emang identik sama makanan gak enak, tapi pake masako masakan jadi lebih gurih dan enak

    BalasHapus
  18. Seru sekali ya ka bisa visit pabriknya,tambah wawasan mengenai MSG juga ada demo masaknya...aah itu menggoda sekali resep bayam menteganya, biasanya bayam cuma dibikin sayur beneing aja hehe. Bisa dicoba nih resepnya :)

    BalasHapus
  19. Pokoknya kudu dicatetlaaahh.. MSG aman untuk anak-anak asalkan dosisnya nggak berlebihan

    BalasHapus
  20. Bayem mentega grup Wortel cakeeep

    BalasHapus

Grand Launching & Open House Kids Republic School Bekasi Centre

Memasuki tahun ajaran baru 2018 - 2019 ini kesibukan saya bertambah sebagai seorang ibu yaitu hunting preschool untuk Audrey. Setelah kelu...