Pentingnya Pencahayaan Dalam Video Blogging

Dede Ariyanto, Lea Kartika Indra

Meraup pundi-pundi rupiah melalui sosial media atau internet bukan sekedar impian karena  saat ini sudah banyak orang mendapatkan penghasilan dengan memanfaatkan sosial media seperti Facebook, Twitter, Blog dan Youtube. Mulai dari mempromosikan sebuah produk hingga membuat tayangan video yang bersifat tutorial, testimoni atau sebuah konten kreatif dan menarik yang dapat menjadi inspirasi bagi orang lain. 


Salah satu trend di dunia digital yang sedang digandrungi saat ini adalah Video blogging atau yang lebih dikenal dengan Vlogging. Tidak hanya bagi para blogger berpengalaman tapi juga bagi orang awam. Sebagai blogger, membuat vlog pastinya pernah saya lakukan tetapi masih banyak teknik yang belum saya ketahui, termasuk dari sisi pencahayaan yang ternyata sangat penting. Ilmu bermanfaat tentang teknik membuat video blogging akhirnya saya dapatkan dari sebuah acara Blogger Talkshow yang digelar oleh Signify pada Hari Jumat 7 Desember 2018 lalu. 




Bertempat di Main Atrium Senayan City dimana pameran City Of Light sedang berlangsung, Mas Dede Ariyanto, seorang blogger dan vlogger terpilih sebagai narasumber yang akan berbagi ilmu, trik dan tips "How To Make You Vlog Bright". Selain sebagai vlogger mas Dede Ariyanto adalah seorang jurnalis lepas bagi beberapa media harian. Melalui Akun Youtube: @Dede Ariyanto beliau berhasil meraih penghasilan dan ribuan penonton. 

Dalam paparannya, Mas Dede menyampaikan bahwa setiap video yang dibuatnya wajib melalui proses editing agar hasilnya lebih baik dan memuaskan. Proses editing bisa dilakukan melalui laptop dan menggunakan beberapa software yang bisa kita pilih misalnya untuk pengguna windows, beberapa software editing yang bisa kita gunakan adalah iMovie, Wondershare Filmora, Final Cut Pro dan Adobe Premiere Pro.

Sedangkan untuk pengguna Apple bisa memilih salah satu dari software berikut ini :
1. Movie Maker
2. Sony Vegas
3. Pinnacle Studio
4. Adobe Premiere Pro


Hasil Jepretan Dede Ariyanto

Proses editing juga dapat kita lakukan melalui aplikasi yang ada di smartphone, mulai dari KineMasterPro, FilmoraGo, Quick dan Viva Video. Aplikasi yang saya sebutkan terakhir tadi sering saya andalkan saat membuat sebuah video karena mudah menggunakanya dan memiliki fitur yang lengkap. Bisa menambahkan lagu dan efek suara lainnya. Lalu bagaimana dengan pencahayaan?

Salah satu elemen penting untuk bisa menghasilkan video blogging berkualitas adalah dari sisi pencahayaan. Sumbernya bisa dari cahaya lampu dan cahaya matahari. Istilah Golden Hour menjadi patokan para vlogger dalam membuat sebuah video. Yaitu pagi hari mulai jam 6-9 dan sore mulai jam 4-6 sore, cahaya matahari di waktu-waktu tersebut sangat membantu membuat tampilan video lebih bagus. Ada 3 point penting dalam pencahayaan yaitu Back Ligh, Key Light dan Fill Light


Peserta Blogger Talkshow Signify
Pic by Fachriatul Janah

Untuk pembuatan video di dalam ruangan, biasanya mas Dede mengandalkan cahaya lampu seperti lampu dengan merk Philips menurut mas Dede bisa menghasilkan cahaya yang baik pada saat sesi foto atau video blogging. Ibu 
Lea Kartika Indra, Head of Integrated Communications Signify di Indonesia juga hadir di acara talkshow menyampaikan bahwa teknologi Signify (d.h Philips Lighting), sebagai pemimpin dunia di bidang pencahayaan, terus melakukan terobosan dalam menghadirkan pencahayaan berkualitas. Lampu LED dari Philips selain hemat energi, juga menghasilkan cahaya yang nyaman dimata. Begitu juga dengan kualitas dan garansi yang diberikan hingga 3 tahun lamanya. 

Pencahayaan menjadi penting tidak hanya sekedar penerangan, namun juga membantu meningkatkan konsentrasi, produktivitas, kenyamanan, juga menampilkan warna yang sesungguhnya dari suatu obyek. Setelah sesi talkshow berakhir, teman-teman blogger berkesempatan untuk melihat langsung pameran City Of Light yang sedang digelar di Senayan City, di setiap boothnya para pengunjung bisa melihat langsung inovasi teknologi terkini dari Signify hingga 13 Januari mendatang. 

Sebelum menutup presentasinya, mas Dede juga memperlihatkan hasil jepretannya dan video yang dibuat hanya dengan smartphone, pesan penting dari Mas dede adalah dalam membuat vlog gunakan peralatan yang ada, tak perlu kamera jutaan rupiah, smartphone pun bisa kita andalkan. Siapkan peralatan pendukung seperti tripod, tongsis atau gabus dan headset untuk mengurangi noise (suara berisik). Gimana nih guys, udah cukup lengkap kan informasinya? Semoga bermanfaat ya...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciptakan Momen Liburan Seru Dan Menyenangkan Dirumah

Kemenkes RI Sosialisasikan Pentingnya Budaya Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3)

Bloggerday 2019 Bandung : Ketika 100 Blogger Berkumpul Di Ulang Tahun Bloggercrony Community