Tips & Trik Wujudkan Rumah Mungil Menjadi Rumah Idaman Keluarga


Memasuki bulan ke tujuh tinggal di rumah baru yang minimalis menyisakan PR yang begitu banyak untuk saya, mulai dari bagaimana menata ruangan agar tetap nyaman dan tidak terlihat sempit hingga warna cat yang harus saya pilih untuk mendapatkan kesan luas di setiap sudutnya. Berbekal referensi dari sebuah acara televisi tentang mendekor rumah hingga langganan tabloid yang mengulas serba serbi interior akhirnya sedikit demi sedikit saya mulai bisa menata furniture dari ruang tamu hingga ruang kamar tidur, meskipun belum serapih expertnya yah...

Begitu urusan menata furniture selesai, PR berikutnya adalah memilih gorden, mengatur lighting dan membuat ruang kerja ditengah ukuran rumah yang kecil ini, nah kalau urusan gorden biasanya Mama saya bagiannya, dengan tangan ajaibnya yang bermain diatas mesin jahit kesayangannya, sebuah gorden cantik kini terpajang di ruang tamu saya. Berarti PR saya berikutnya adalah mengatur lighting dan mencari spot yang paling cocok untuk dijadikan ruang kerja yaitu sebuah ruangan yang nantinya akan kami pakai bersama untuk menyelesaikan tugas kantor suami dan tugas saya sebagai seorang blogger. 

Ibarat gayung bersambut, ketika saya sedang haus-hausnya akan ilmu menata rumah mungil dan ingin membuat ruang kerja dirumah, sebuah undangan untuk menghadiri acara talkshow dan blogger gathering mendarat cantik di e-mail saya, tema yang diangkat pun pas sekali dengan yang saya cari yaitu "Serba-Serbi Menata Rumah" .

Talkshow yang di gelar pada hari Rabu tanggal 31 Juli 2019 lalu di Jakarta Convention Center ini adalah bagian dari IPEX (Indonesia Properti Expo) yaitu sebuah pameran properti terlengkap dan terbesar di Indonesia yang berlangsung mulai tanggal 27 Juli - 4 Agustus 2019. Menghadirkan Kak Adelya Vivin dan Kak Zata Ligouw, dua orang ibu rumah tangga yang juga memiliki banyak profesi dan kesibukan ini akan berbagi Tips dan Trik bagaimana menata rumah mungil dan ruang kerja.  

(Ki-Ka) Ani Berta, Zata Ligouw, Adelya Vivin


Teh Ani Berta, blogger senior sekaligus founder Komunitas ISB didaulat menjadi moderator dalam acara talkshow dan blogger gathering yang berlangsung pada siang hari itu, dihadiri oleh lebih dari 70 orang blogger yang ingin menggali ilmu lebih banyak tentang serba-serbi menata rumah dan sebagian lagi tentunya ingin berburu properti karena tergiur berbagai penawaran menarik yang dihadirkan oleh IPEX 2019.


Tips & Trik Menata Rumah Mungil ala Adelya Vivin

Dalam penataan Rumah Mungil atau yang dikenal dengan sebutan Small Space Living ini diperlukan tahap-tahap perencanaan untuk memulainya, ada 4 hal yang masuk dalam kategori tahap perencanaan yaitu :
1. Tentukan apa saja kebutuhan keluarga
2. Mengenal karakter diri sendiri dan keluarga
3. Perbanyak referensi hal-hal yang disukai
4. Menghitung budget yang tersedia

Jika keempatnya sudah terpenuhi langkah selanjutnya adalah memilih model furniture yang sesuai dengan ukuran ruangan, agar terlihat lebih serasi gunakan tone warna yang senada. Perhatikan juga lighting yang ingin digunakan, untuk rumah mungil pilih lighting natural seperti skylight atau big windows, cahayanya alami dan hemat lampu. Sedangkan untuk lighting buatan ada beberapa pilihan lampu yaitu Perfect lamp, Pendant lamp dan Standing lamp. 


Tips dari Adelya Vivin

Gunakan storage untuk menyimpan atau menampung barang yang tidak terpakai, storage bisa dibuat di bawah tangga atau tergantung selera pemilik rumah, sebagian orang lebih menyukai open storage untuk menyimpan koleksi buku-bukunya. 

Tips berikutnya adalah pilih warna cat yang tepat, untuk rumah mungil, Kak Adelya menyarankan memilih warna putih agar ruangan terlihat lebih luas. Manfaatkan jendela dan lubang angin sebagai tempat sirkulasi udara disetiap ruangan terutama di bagian dapur, jangan lupa untuk menyiapkan tanaman di sekitar rumah agar tetap hijau dan asri.


Hasil praktek dirumah, not bad lah

Bagi teman-teman yang masih bingung dengan beberapa tipe rumah modern saat ini, Kak Adelya juga kasih bocoran nih, ada 5 tipe rumah yang disesuaikan dengan karakter pemiliknya yaitu Tipe Japanese (Moderen), Tipe Scandinavian, Tipe Bohemian, Tipe French Country dan Tipe Rustic. Lalu bagaimana dengan penataan ruang kerja dirumah? Berikut sharing session dari Kak Zata Ligouw

Tips & Trik Menata Ruang Kerja Dirumah ala Zata Ligouw

Bagi ibu rumah tangga seperti saya, awalnya ruang kerja itu enggak penting-penting banget tetapi melihat suami sering pinjam meja belajar anak saya untuk mengaudit pekerjaan kantornya, akhirnya kami berdua berpikir keras gimana caranya agar tetap ada ruangan kerja meskipun minimalis. 

Dari paparan Kak Zata Ligouw kemarin, item utama yang harus disiapkan dalam membuat ruang kerja adalah menyiapkan meja yang akan digunakan. Untuk rumah dengan ukuran minimalis beberapa spot pilihan untuk dijadikan ruang kerja adalah Pojok ruang tamu, ruang keluarga atau ruang makan. Tetapi jika masih ada ruang yang kosong dirumah, lebih semangat lagi deh menatanya. 


Tips menata ruang kerja dari Zata Ligouw

Pilih meja yang pas yang ergonomis, tidak perlu meja baru, gunakan meja yang sudah ada dirumah, Kak Zata pun akhirnya menggunakan bekas meja riasnya sebagai meja kerja pertamanya. Agar ruangan lebih semarak pillih aksesoris yang dapat mempecantik ruangan, menaikkan mood dan menunjang pekerjaan, memajang foto keluarga juga ide bagus lho guys....



Hasil praktek dirumah, memanfaatkan meja yang sudah ada
Buat Moodboard atau Kalender hasil DIY (Do It YouSelf), agar kreatifitas kita semakin terasah. Untuk DIY Moodboard, biasanya kak Zata mengisinya dengan gambar yang ia sukai, misalnya tempat wisata yang ingin kita kunjungi, foto keluarga saat sedang berlibur bersama, foto tokoh idola atau tempelan yang diambil dari kertas atau majalah. Tuliskan juga quotes favorite dengan spidol warna-warni atau hiasan bunga. Siapkan juga tempat alat tulis agar tidak berserakan.

Yang terakhir nih dari kak Zata adalah pentingnya menaruh tanaman diruang kerja karena efeknya besar sekali untuk mood kita. Tanaman juga dipercaya membuat hati kita bahagia, rileks dan nyaman, stress hilang produktivitas pun datang. Dari kedua tips dan trik diatas saya langsung mempraktekannya dirumah nih, hasilnya not bad lah tinggal mengasah sedikit demi sedikit jiwa seni tata ruangnya. Kalian gimana guys? udah ada yang coba menerapkan tips-tipsnya? 

Indonesia Properti Expo 2019 (IPEX)

Ketika sesi talkshow berakhir, saya dan teman-teman langsung berkeliling area pameran IPEX 2019 ini, perlu diketahui nih guys...Indonesia Properti Expo 2019 adalah event pameran yang ke-18 kalinya dimana Bank BTN telah menjadi sponsor tunggal guna penyediaan fasilitas kredit/pembiayaan KPR atau KPA.  IPEX menghadirkan 650 proyek properti pilihan dengan total pengembang 165 dari pengembang subsidi dan KPR Non subsidi dengan penawaran terbaik. 


Booth Bank BTN di IPEX 2019
Promo yang dihadirkan pun tak tanggung-tanggung dari mulai suku bunga KPR Murah, bebas biaya administrasi dan provisi, uang muka ringan dan diskon asuransi jiwa sebesar 20%. Bagi teman-teman yang belum menjadi nasabah Bank BTN, di Indonesia Properti Expo tersedia booth untuk nasabah baru dengan promo hadiah langsung yang menggiurkan. Enggak percaya? informasi lengkapnya bisa kalian lihat disini guys https://inapex.co.id atau akun instagram @indonesiapropertiexpo


Booth Green Garden di IPEX

Booth BUMN juga dapat kita temui di IPEX 2019 ini , bagi pengunjung yang ingin mendaftar Link Aja atau aktivasi Sms Banking dari bank BTN langsung dilayani dengan cepat. Mau tanya-tanya KPR, booth layanan kredit tersedia di setiap sudut hall. Saya dan teman-teman sempat mengunjungi satu booth perumahan yang lokasinya di daerah Sawangan Depok, selain udaranya yang sejuk, harga rumahnya pun masih murah dengan tipe yang lumayan luas. Selama pameran berlangsung, mereka juga menawarkan diskon hingga 7 juta rupiah, wah jadi kepengen punya rumah lagi. 


Indonesia Property Expo 2019

Komentar

  1. Pas banget nih infonya rumah aku kan kecil butuh tips and trick agar kliatan luas..secara perabot aku jga bnyak hhehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^

Postingan populer dari blog ini

Ciptakan Momen Liburan Seru Dan Menyenangkan Dirumah

Kemenkes RI Sosialisasikan Pentingnya Budaya Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3)

Cari Kantong Stoma? Yuk Ke Yayasan Kanker Indonesia