Danone Specialized Nutrition Indonesia Meluncurkan Laporan Berkelanjutan 2017-2018

Peluncuran Laporan Berkelanjutan Danone SN Indonesia

Pagi itu cuaca terlihat begitu cerah saat kami tiba di desa Karang Asem Barat, Citeureup, Bogor - Jawa Barat. Perjalanan yang ditempuh kurang lebih 1 jam dari Jakarta pada hari Rabu 12 Februari 2020 kemarin memang dikhususkan untuk mengunjungi sebuah pabrik milik Danone Specialized Nutrition Indonesia yang berada di kawasan Sentul. Namun sebelum meluncur ke pabriknya, saya dan teman-teman blogger diajak singgah ke sekolah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Cerdas yang berlokasi tidak jauh dari pabrik Danone Sugizindo.

Program Edukasi Danone (SN) Di PAUD Cerdas

PAUD Cerdas adalah PAUD binaan Danone yang berdiri sejak tahun 2012, PAUD ini lahir karena kepedulian Danone terhadap tumbuh kembang anak-anak, hingga saat ini PAUD tersebut telah meluluskan 7 angkatan. Tak hanya memberikan fasilitas berupa lahan untuk pembangunan gedung sekolah, Danone juga berkontribusi dalam proses belajar mengajarnya yaitu dengan mengirimkan karyawannya secara berkala untuk memberikan edukasi seputar nutrisi dan kesehatan kepada murid-murid dan guru disana.

Saat menginjakkan kaki di halaman PAUD Cerdas, saya sempat terkagum-kagum melihat bangunan kokoh berlantai dua yang ada dihadapan saya, belum lagi ketika melihat langsung suasana kelas  yang digunakan untuk belajar mengajar disana, sungguh nyaman dan bersih. Di setiap dindingnya ada tulisan-tulisan tentang gizi seimbang dan ajakan untuk hidup sehat misalnya dengan rutin melakukan kebiasaan mencuci tangan sebelum makan. 




Siswa-siswi PAUD menyanyikan lagu "Isi Piringku"


Kami disambut dengan tarian daerah yang dibawakan oleh murid-murid PAUD Cerdas, mereka juga menyanyikan lagu berjudul "Isi Piringku" bersama dengan seluruh jajaran direksi Danone Indonesia yang hadir pada hari itu. Semua yang hadir spontan bertepuk tangan karena syair lagunya memang benar-benar mengartikan pentingnya isi Piringku dalam pedoman gizi seimbang untuk anak usia 4-6 tahun.

Penerapan pedoman Isi Piringku juga bisa kami saksikan langsung dalam sesi makan sehat bersama anak-anak PAUD Cerdas, disetiap meja sudah tersaji segelas susu, air mineral dan sepiring makanan lezat penuh gizi, lengkap dengan kandungan protein hewani, protein nabati, sayur dan buah. 

Ibu Connie Ang selaku Presiden Direktur Danone Specialized Nutririon Indonesia terlihat mendampingi anak-anak menikmati makanan sehat berikut segelas susu yang telah disiapkan. Melihat pemandangan luar biasa tersebut saya sempat berkata di dalam hati, semoga penerapan pedoman gizi seimbang ini juga dilakukan di sekolah PAUD lainnya agar anak Indonesia dapat tumbuh menjadi generasi maju


Ibu Connie Ang mendampingi anak-anak PAUD Cerdas menikmati Isi Piringku


Kunjungan Berkesan ke Pabrik Danone Sugizindo Sentul

Tepat pukul 11 siang kami bertolak meninggalkan PAUD Cerdas untuk melanjutkan perjalanan ke Pabrik Danone Sugizindo Sentul. Seperti peraturan pabrik pada umumnya, kami harus menukar identitas di pos satpam terlebih dahulu dan dipastikan tidak membawa makanan atau minuman berbahan dasar kacang dalam tas kami karena kacang adalah salah satu sumber alergen yang sangat sensitif bagi balita dan ibu hamil, sebagai konsumen utama produk nutrisi Danone. 

Setiap pengunjung pabrik harus berjalan di dalam garis kuning, tidak boleh berjalan sambil melihat ponsel, tidak boleh memotret dan sebagainya. Padahal saya pribadi begitu gemas saat melihat banyak spot instagramable di area pabrik yang bisa dijadikan tempat berfoto. Termasuk lobby utama dan area lantai 2 nya yang ambience nya lebih kepada hotel mewah ketimbang suasana pabrik. 



Saya di pabrik Danone Sugizindo Sentul

Anyway...kunjungan kami kali ini tak hanya ingin melihat langsung kegiatan produksi di Pabrik Danone Sugizindo, tetapi juga menyaksikan peluncuran Laporan Berkelanjutan Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia periode pelaporan 1 Januari 2017 hingga 31 Desember 2018 sebagai komitmen transparansi untuk mengomunikasikan keberlangsungan bisnis serta dampak sosial perusahaan.

Dalam sambutannya, Ibu Connie Ang, Presiden Direktur Danone Specialized Nutrition Indonesia menyampaikan bahwa "Kami berkomitmen untuk menjalankan aktivitas perusahaan dengan menerapkan berbagai aspek berkelanjutan serta menjalankan bisnis yang sejalan dengan perkembangan sosial, ekonomi dan lingkungan. Sebagai perusahaan yang berfokus untuk mengembangkan produk nutrisi berdasarkan riset dan ilmu pengetahuan dan berkontribusi pada kesehatan secara jangka panjang, kami percaya bahwa makanan yang sehat akan tumbuh dari bumi yang sehat pula. Hal ini merupakan refleksi dari misi Danone ‘One Planet One Health’.” 


Ibu Connie Ang meluncurkan Laporan Berkelanjutan Danone SN Indonesia

Buku Laporan Bekelanjutan 2017-2018 tersebut juga berisi 10 Komitmen Danone Specialized Nutrition Indonesia yang menyediakan kesehatan melalui sebuah prinsip bahwa makanan bukan hanya merupakan kebutuhan akan tetapi juga merupakan tanggung jawab kebutuhan kami, sesuai dengan visi misi Danone yaitu ONE PLANET ONE HEALTH  yang berarti kesehatan manusia dan bumi saling berhubungan. 

Laporan Berkelanjutan Danone (SN) Indonesia 

Setelah sesi peluncuran Laporan Berkelanjutan 2017-2018, Danone juga menggelar sebuah panel diskusi yang dihadiri oleh beberapa narasumber yaitu :
- Delta Deritawan, Operation Director SN Indonesia
- Karyanto Wibowo, Sustainability Director Danone Indonesia 
Maria Dian Nurani, Ahli Bidang Keberlanjutan dari AICON
Dr. Ir.  Dwi Hastuti, MSc, Kepala Divisi Perkembangan Anak, Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia (FEMA), Institut Pertanian Bogor (IPB)

Bapak Delta Deritawan, melalui paparannya menyampaikan bahwa Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia yang berfokus kepada kesehatan ibu dan anak di Indonesia serta berbagai aspek terkait, telah menjaga keberlanjutan dalam 6 pilar utama, yaitu:
1. Riset dan Inovasi,
2. Rantai Nilai Nutrisi
3.Lingkungan
4. Pemberdayaan Masyarakat
5. Kepatuhan Bisnis
6. Pengembangan Karyawan 

Dengan Laporan Keberlanjutan, perusahaan dapat menyuarakan kontribusi langsung maupun tidak langsung dari inovasi produk, proses bisnis, hingga program edukasi terhadap masyarakat di sekitar lokasi operasi perusahaan. Laporan ini menunjukkan komitmen Danone SN dalam memberikan kesehatan melalui produk nutrisi ke sebanyak orang dan berkontribusi positif pada terciptanya generasi Indonesia di masa depan yang lebih sehat.


Delta Deritawan, Operation Director SN Indonesia, Karyanto Wibowo, Sustainability Director Danone Indonesia ,Maria Dian Nurani, Ahli Bidang Keberlanjutan dari AICON,  Dr. Ir.  Dwi Hastuti, MSc, Kepala Divisi Perkembangan Anak, Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia (FEMA), Institut Pertanian Bogor


Narasumber berikutnya, Bapak Karyanto Wibowo, Sustainability Director Danone Indonesia mengatakan, “Laporan ini telah disusun mengikuti Pedoman Standar Pelaporan Keberlanjutan (GRI) dengan menampilkan struktur modular yang saling terkait dan mewakili praktik terbaik dalam pelaporan berbagai dampak ekonomi, lingkungan, dan sosial. Dengan begitu, laporan ini diharapkan dapat mencerminkan langkah-langkah positif yang telah Danone SN ambil dalam setiap pelaksanaan kegiatan operasionalnya yang mengutamakan ketiga aspek keberlanjutan yaitu aspek ekonomi, sosial dan lingkungan.” 

Hadir juga dalam sesi diskusi, ibu Maria Dian Nurani, Ahli Bidang Keberlanjutan dari AICON yang menyampaikan bahwa, “Sustainability Report atau Laporan Keberlanjutan merupakan bentuk laporan yang dilakukan oleh suatu perusahaan dalam rangka mengungkapkan (disclose) atau mengkomunikasikan kepada seluruh pemangku kepentingan mengenai kinerja Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola yang baik perusahaan secara akuntabel. Kita patut mengapresiasi langkah dunia usaha, termasuk Danone SN Indonesia, dalam mewujudkan nilai transparansi dan akuntabilitas perusahaan melalui laporan keberlanjutan ini.” 

Pada kesempatan yang sama, Dr. Ir.  Dwi Hastuti, MSc, Kepala Divisi Perkembangan Anak, Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia (FEMA), Institut Pertanian Bogor (IPB) sebagai salah satu mitra Danone Indonesia dalam pelaksanaan program berkelanjutan, mengatakan, “Kami dari FEMA IPB sangat senang dapat ikut berkolaborasi dalam program-program keberlanjutan, khususnya program edukasi nutrisi yang dilakukan oleh Danone SN dalam upaya untuk peningkatan gizi masyarakat Indonesia. 


Keripik Tempe Echo Sari

Danone Indonesia juga memiliki program-program keberlanjutan yang terus dijalani seperti Pencegahan Stunting, Isi Piringku, Rumah Tempe, Warung Anak Sehat dan masih banyak lagi program CSR Danone lainnya. Setelah berkeliling melihat proses produksi susu di pabrik tersebut, saya dan teman-teman juga bisa mencoba langsung produk olahan tempe Echo Sari yang dibuat di Desa Gendeng, Klaten - Jawa Tengah, rasanya enak bukan main. Duh jadi pengen melihat langsung proses pembuatannya disana.

Dimasa mendatang, Danone berkomitmen untuk membuat Laporan setiap 2 tahun sekali dengan 6 prinsip kualitas laporan yaitu akurasi, keseimbangan, kejelasan, keterbandingan, keandalan dan ketepatan waktu. Yuk kita tunggu besrsama-sama inisiatif apalagi yang akan dibuat Danone di masa mendatang. Untuk informasi lengkap tentang Laporan Berkelanjutan Danone bisa cek informasinya disini https://www.sarihusada.co.id/Tentang-Kami dan https://nutricia.co.id/tentang-kami/


Komentar

  1. Klo program ini berkembang ke paud-paud lain bagus sekali dan semoga sampai ke paud lingkungan aku tinggal😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Doakan ya mba, agar semua PAUD bisa menerapkan isi piringku karena tak boleh ada anak yang tertinggal

      Hapus
  2. Wah acaranya mengedukasi ya mba. Aku salut ama danone ini, mereka fokus mengeluarkan produk untuk membantu nutrisi anak bangsa juga. Semoga sukses ya untuk Danone ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mom selama 100 tahun lebih Danone selalu mengutamakan nutrisi untuk masyarakat banyak

      Hapus
  3. Baru tau Danone Indonesia punya PAUD binaan. Selain itu program-program memenuhi nutrisi lainnya juga keren sampai dibikinan laporannya, kelihatan hasilnya. Semoga tiap tahunnya bisa bertambah terus program keberlanjutannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak Nesa, Danone punya beberapa PAUD binaan yang mensupport dengan edukasi seputar kesehatan

      Hapus
  4. Acara yang menyenangkan dan bermanfaat ya ini mba Indri
    berkah banget bisa ikutan, mupeng wwkwkwk
    danone dari dlu asli keren ya mba ada program2 keren itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak cm programnya, pelaporannya jg terbuka terbukti pd peluncuran buku laporannya dan undangan ke publik seperti ini

      Hapus
  5. Top banget nih Danone.. programnya banyak ya buat warga sekitar.. gak hanya fokus ke produknya sendiri..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Danone peduli dengan masyarakat dan juga karyawannya mba, aku pun ngarep banget bisa kerja disana

      Hapus
  6. Prohramnya banyak banget yang bermanfaat bagi masyarakat itu sendiri ya. Bukan cuma bisnis yang diutamakan. Mantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak, CSR Danone pun banyak sangat. Salut buat perusahaan ini

      Hapus
  7. Danone emang keren yaah bun..perusahaan multinasional yang selalu memanusiakan manusia dan menganggap katyawab sebagai aset penting perusahaan...aku sukaaa sm perusahaan spt ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga sukaa banget apalagi ada pengembangan karyawannya juga ya bebz

      Hapus
  8. Untuk produk DANONE sendiri,udah nggak asing lagi dong tuk kita karena udah terkenal sejak dulu karena kualitasnya.

    Dan DANONE ada pengembangan karyawan,yang artinya dapat memberi kesempatan para Sarjana muda tuk dapat maju dan bergabung bersama DANONE

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mom Elva karyawan Danone memang rata-rata berjiwa muda seperti usianya makanya ide-idenya cemerlang

      Hapus
  9. Programnya Danone sangat memberi kontribusi positif bagi karyawan dan lingkungan ya mba...duh jadi kepengen kerja sma Danone

    BalasHapus
  10. Keren ya prigram csr-nya danone... Bukan cuma asal bikin kegiatan, tapi berkelanjutan, ada laporannya pula...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mom laporannya pun dibukukan dengan rapih agar kita tau seperti apa bentuknya

      Hapus
  11. Keren banget ya PAUD Cerdas nya, Danone mah keren banget dukungannya terhadap masyarakat.
    Peduli banget dengan tumbuh kembang anak yang kadang disepelekan oleh beberapa orang saking kurang edukasi dan ilmu pengetahuan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelumnya aku juga pernah berkunjung ke PAUD binaan Danone lainnya dan semuanya bagus

      Hapus
  12. Kalau mau mengajukan ke danone supaya mendirikan sekolah seperti PAUD di daerah saya itu bisa gak ya? Kemana harus menghubungi nya? Atau misalkan minta Danone ngadain acara sosialisasi atau penyuluhan terkait isi piringku di posyandu kampung kami, gimana caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di website Danone ada email yang bisa dihubungi teh, silahkan dicoba

      Hapus
  13. Programnya Danone ini bagus banget ya, apalagi dia juga menjadi pembina PAUD Cerdas. Kemarin lihat anak-anak di PAUD Cerdas ini senang sekali, karena mereka selalu menerapkan untuk menyantap makanan sesuai dengan isi piringku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanan yang disajikan juga enak ya,..aku sampai pengen ikutan coba

      Hapus
  14. Keren ya CSR Danone ini. Concern dengan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Manfaatnya pasti sangat dirasakan masyarakat sekitar. Semoga nanti program berkelanjutannya bisa dirasakan lebih banyak masyarakat lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, saya juga penasaaran menunggu program Danone selanjutnya

      Hapus
  15. Keren ya Danone..
    Ini adalah wujud kepedulian Danone pada lingkungan sekitar ya mbak..
    Wujud csr nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mom, programnya menarik dan bermanfaat untuk masyarakat

      Hapus
  16. Wah seru banget sekalian mengunjungi paud gtu ya mbak di sana?
    Jd ini laporan pertanggungjawabannya berbentuk buku yang dicetak dan dibagikan ke semua manajemen dan stakeholder ya mbak? Jd bisa buat kek bahan evaluasi dan perencanaan lagi mau bikin program apa ke depannya kali ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba, bukunya di cetak dan dibagikan kepada semua yang hadir, aku udah tamat baca bukunya dan salut dengan program-programnya

      Hapus
  17. Acaranya edukatif sekali ya mbak. Danone ternyata sangat banyak programnya. Khususnya yang berkaitan sama social responsibility. Semoga nantinya programnya bisa merambat ke daerah daerah lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin akupun berharap begitu, semua bisa mendapatkan edukasi serupa dari Danone

      Hapus
  18. Semua program yang dilakukan oleh Danone berikan banyak manfaat bagi masyarakat Indonesia ya, terutama masyarakat di sekitar pabrik mereka.
    Bahkan nutrisi dan gizi seimbang anak sangat mereka pedulikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mom, Danone tak hanya memperhatikan masyarakat tetapi juga karyawannya lho

      Hapus
  19. Bangga sama Danone. CSR yang keren sekali, terutama PAUD Cerdas. Anak anak jadi lebih terbiasa memahami mengenai nutrisi sedari dini. By the way, sebntuk meja biru di PAUD tadi lucu deh.

    Semoga dua tahun ke depan, saat akan memberikan laporan berkelanjutan lagi, akan banyak sekali inovasi yang Danone berikan untuk negeri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meja di PAUD ini memang bikin aku jadi pengen punya dirumah mom

      Hapus
  20. WAH Dan one i i keren sekali ya. Produk CSR nya juga banyak. Menginspirasi ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat menginspirasi mom, akupun salut banget

      Hapus
  21. Wah senangnya berkunjung ke PAUD yah mom. Btw keren2 program Danone. Aku tahunya cuma Isi Piringku. Ternyata banyak yang lain. Semoga terus sustain dan makin banyak yang terdampak positif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada juga Rumah Tempe, PAUD dan masih banyak lagi program lainnya

      Hapus
  22. Nah asyik banget dapat kesempatan datang ke acara ini ya. Banyak hal juga yang bisa dipelajari termasuk tahu program dari Danone ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kita bisa ikut berkunjung lagi ke pabrik Danone yang lainnya ya ceu

      Hapus
  23. lihat anak-anak PAUD itu badannya gemuk dan sehat semua ya kayaknya. keren nih program-programnya danone

    BalasHapus
  24. Aku baru tahu kalau Danone punya PAUD binaan. Programnya bagus² ya....

    Seneng deh kalau perusahaan besar memikirkan penduduk sekitar/consumernya. Gak hanya soal laku atau enggaknya produk

    BalasHapus
  25. Nama :: Fitri Reza
    Email :: Fitrireza72@gmail.com
    Whatsapp :: +6285775967323
    Negara :: Indonesia



    Nama saya Fitri Reza dari Indonesia, saya pernah mengalami kesulitan keuangan yang sangat sulit di masa lalu dan saya telah ditipu oleh pemberi pinjaman palsu yang mengambil dari saya dan tidak pernah benar-benar memberi saya pinjaman, sampai baru-baru ini ketika saya mendengar tentang perusahaan (FEMI OTEDOLA LOAN FIRM), yang memberikan pinjaman nyata dan sah, setelah berpikir serius saya sampai pada kesimpulan dan mengajukan pinjaman, setelah beberapa langkah, saya menyelesaikan proses dan saya menerima pesan dari perusahaan bahwa saya pinjaman telah ditransfer, pertama saya berpikir itu adalah lelucon dan saya lari ke ATM dan saya memeriksa dan mengetahui bahwa itu benar dan saya bersumpah untuk membagikan ini kepada semua orang bahwa FEMI OTEDOLA LOAN FIRM adalah nyata dan mereka memiliki bukti untuk saya bahwa memang ada perusahaan pinjaman yang sah dan jujur di luar Indonesia. jika Anda saat ini menghadapi masalah keuangan dan Anda ingin perusahaan pinjaman yang dapat dipercaya membantu Anda, hubungi FEMI OTEDOLA LOAN FIRM hari ini dan dapatkan pinjaman dengan cepat ..

    Kontak
    Perusahaan :: FEMI OTEDOLA LOAN FIRM
    Email :: Femiotedolaloanfirm@gmail.com
    Whatsapp :: +1 (469) 464-5833
    Whatsapp :: +1 (806) 395-2203

    BalasHapus
  26. Memang sudah seharusnya sekelas danone memiliki program2 seperti ini.

    BalasHapus
  27. Each of the reports on sustainable development makes it possible to generate the correct statistics. It is important to take into account any possible errors in future work

    BalasHapus
  28. e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    WhatsApp Number::::::::::[+60]1123759663

    email:::::::hafizulbin365@gmail.com
    Name::::Hafizul Bin Haziq
    Country:::Malaysia

    Kemarau kewangan saya berakhir pada bulan ini apabila saya fikir semuanya adalah urusan perniagaan dengan beberapa rakan saya di Kuala Lumpur beberapa bulan yang lalu perniagaan yang bernilai beberapa Rm785k yang keuntungannya sudah cukup untuk kita semua untuk berkongsi keuntungan tetapi akibat kegagalan perniagaan, kita semua mendapati bahawa kita mempunyai masalah kewangan yang sangat besar kerana saya tidak mempunyai wang untuk bergantung pada ketika perniagaan gagal kerana saya melabur semua saya dengan saya pada perniagaan jadi saya berada di sangat sangat maaf jadi saya terpaksa mencari bantuan kewangan saya sebenarnya telah ditolak oleh beberapa bank sebagai hasil dari kadar pinjaman mereka dan juga syarat mereka jadi saya terpaksa melalui beberapa blog sehingga saya datang menghadapi dengan Iklan Syarikat Ibu. saya menghubungi Ibu dengan segera selepas melalui beberapa proses yang sangat fleksibel permintaan pinjaman saya sebanyak Rm440k telah diluluskan oleh pihak pengurusan dan pada keesokannya Lembaga Pengurusan Peminjaman Pinjaman dikreditkan saya tanpa menangguhkan berkat ini dari ibu yang dapat menyelamatkan anda hari ini dari apa-apa embarrazement kewangan anda menjadi ibu hubungi Ibu sekarang untuk pinjaman anda yang berubah e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY "ISKANDAR LENDERS"

    Country::::::Malaysia
    Name::::::::Hafizul Bin Haziq
    email::hafizulbin365@gmail.com
    Telephone Number:[+60]1123759663
    WhatsApp Number::::::::[+60]1123759663
    e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    BalasHapus
  29. KESAKSIAN BAGAIMANA SAYA MENDAPATKAN PINJAMAN SAYA DARI PERUSAHAAN PINJAMAN DAN TERPERCAYA. Saya bernama Theresia Widiyasari dan saya tinggal di Australia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar berhati-hati karena ada penipu di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya mengalami kesulitan keuangan, dan karena keputusasaan saya, saya dibohongi oleh beberapa pemberi pinjaman online dengan nilai Rp75.890.000. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya yang merupakan seorang polisi merujuk saya ke sebuah perusahaan pinjaman yang sangat andal bernama DONNAHALL FUNDING LLC yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp950.000.000 dalam 24 Jam tanpa tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman apa pun, cukup hubungi mereka sekarang melalui email: (donnahallfundingllc@gmail.com). Saya menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman karena saya melewati di tangan para pemberi pinjaman palsu.
    Jika Anda memiliki pertanyaan, hubungi saya: {theresiawidiyasari@gmail.com}

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^

Postingan populer dari blog ini

Bloggerday 2019 Bandung : Ketika 100 Blogger Berkumpul Di Ulang Tahun Bloggercrony Community

Cari Kantong Stoma? Yuk Ke Yayasan Kanker Indonesia

MHDC Kalibata City Square Kini Hadirkan Ruang Periksa Gigi Yang Ramah Anak