Jumat, 17 Maret 2017

SGM Eskplor Buah & Sayur Luncurkan Program PAUD Healthy Eating Habit 2017

Setelah sukses dengan Program Healthy Eating Habit yang diselenggarakan pada tahun 2016 di 6 (enam) PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), di tahun 2017 ini SGM Eksplor Buah & Sayur kembali mengadakan Program PAUD Healthy Eating Habit yang akan menjangkau lebih banyak PAUD dengan program-program yang baru dan lebih menarik serta menjawab kebutuhan para bunda. Selain peluncuran Program PAUD Healthy Eating Habit 2017, hari kamis 9 Maret 2017 lalu juga ditampilkan untuk pertama kalinya gerak dan lagu jingle baru SGM Eksplor Buah Dan Sayur. Press conference ini diselenggarakan di Restoran Bebek Bengil Menteng Jakarta.



Beberapa narasumber yang hadir adalah sebagai berikut :
1. Arif Mujahidin (Communication Director Danone Indonesia)
2. Kurniati Restuningsih, M.Pd (Kepala Sub Direktorat Kurikulum, Direktorat Pembinaan PAUD, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
3. Prof.Dr.Ir.Hj.Netty Herawati, M.Si (Ketua Umum Himpunan Pendidik & Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI)
4. Diana Beauty, Brand Manager SGM Eksplor Buah dan sayur
5. dr. Frieda Handayani Kawanto Sp.A(K), Konsultan Gastrohepatologi Anak
6. Psikolog Anna Surti Ariani S.Psi, M.Si

Apa itu Program Healthy Eating Habit?

Healthy Eating Habit adalah program yang diinisiasi oleh SGM Eksplor Buah & Sayur bekerja sama dengan PAUD Institute, psikolog dan dokter anak.
Programnya terdiri dari :
1. Parenting Seminar mengenai nutrisi dan feeding tips untuk bunda
2. Aktifitas anak seperti berkebun, kelas memasak, makan buah sayur bersama dan mendongeng.
Program ini akan berlangsung selama 6 (enam) minggu dan menyasar ke anak-anak di usia 3-6 tahun.

Diana Beauty

Diana Beauty, Brand Manager SGM Eksplor Buah & Sayur yang hadir dalam acara presscon Healthy Eating Habit ini menjelaskan bahwa SGM Eksplor Buah & Sayur berupaya memperkenalkan dan meningkatkan kesukaan anak terhadap buah dan sayur dengan cara yang menyenangkan melalui rangkaian Program PAUD Healthy Eating Habit ini. Berdasarkan masukan dari para bunda, SGM Eksplor Buah & Sayur merancang program ini lebih baik lagi di tahun 2017 dengan melibatkan orang tua dan guru, beberapa programnya yaitu:
1. Memberikan Tips cara mengolah buah dan sayur dirumah.
2. Mendatangkan Celebrity Cheff untuk kelas memasak bersama bunda
3. Kelas hidroponik, kelas ini diadakan agar bunda dapat menanam sayur dan buah sendiri dirumah.
4. Permainan dan aktifitas interaktif anak seperti kerajinan tangan, berkebun serta gerak dan lagu melalui jingle SGM Buah & Sayur.
5. Monitoring perubahan pola makan anak sebelum dan sesudah program

Program PAUD Healthy Eating Habit dimulai pada bulan Maret hingga September 2017. Seluruh rangkaian Program akan berlangsung selama 6 (enam) minggu di 10 (sepuluh) PAUD daerah Jakarta dan Tangerang, dilanjutkan dengan 10 (sepuluh) PAUD di Jawa Barat. Melalui PAUD Healthy Eating Habit ini SGM Eksplor Buah & Sayur berharap agar para bunda di Indonesia menyadari pemenuhan gizi seimbang bagi anak-anak termasuk di dalamnya konsumsi buah dan sayur.




Buah dan sayur adalah komponen penting dalam menu makanan sehat dan bergizi yang bermanfaat dalam mendukung pertumbuhan optimal anak. Namun sebanyak 97,7% dari anak dibawah usia 5 (lima) tahun di Indonesia tidak mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari. Menurut dr.Frieda Handayani Sp.A(K) konsumsi buah dan sayur sangatlah penting agar kesehatan saluran cerna optimal, dalam buah dan sayur terdapat serat yang merupakan nutrisi penting dan dapat mencegah anak mengalami sembelit (konstipasi). Serat juga mengandung vitamin dan mineral yang dapat mengurangi penyakit jantung, beberapa jenis kanker dan obesitas. Pastikan anak mengkonsumsi sedikitnya 5 porsi buah dan sayur setiap hari bersama dengan jenis makanan lain.

Tips dari dr.Frieda Handayani


Pemerintah pun tidak tinggal diam, Ibu Kurniati Restuningsih, M.Pd dan Ibu Prof.Dr.Ir.Hj.Netty Herawati, M.Si menjelaskan bahwa melalui Kementrian Kesehatan bersama 20 Kementrian dan lembaga terkait telah mencanangkan program nasional Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ( GERMAS ) pada September 2016. Program ini berfokus pada tiga aktifitas utama, salah satunya mengkonsumsi buah dan sayur. Dan Program PAUD Healthy Eating Habit ini adalah bentuk kontribusi nyata SGM Eksplor Buah & Sayur dalam mendukung program nasional GERMAS.

Sebenarnya apa sih yang membuat si kecil kurang mengkonsumsi buah dan sayur? Kalau menurut Psikolog Anna Surti Ariani (Nina) semua berawal dari feeding style atau cara pemberian makan yang tepat ternyata dapat memberikan begitu banyak manfaat buat anak.

Beberapa manfaat Feeding Style diantaranya : 
1. Mengurangi resiko obesitas
2. Menstimulasi kemampuan berkonsentrasi
3. Meningkatkan ketekunan
4. Merupakan sarana belajar berbagai keterampilan sosial.

Psikolog Anna Surti Ariani

Mba Nina juga berpesan agar para orangtua memiliki bekal pengetahuan dan keterampilan cara pemberian makan yang tepat bagi anak. Hindari perbuatan ini! Mencekoki anak, terus menyuapi ataupun memberikan anak makan sambil menonton atau bermain. 


Narasumber Launching PAUD Healthy Eating Habit

Kesimpulannya adalah Susu pertumbuhan SGM Eksplor Buah dan Sayur tidak hanya terfokus pada produk tetapi juga pada nutrisi dan pendidikan anak. Usia 0-5 tahun adalah masa emas seorang anak untuk itu para bunda harus memberikan stimulasi yang tepat dan nutrisi yang baik. Tanamkan kebiasaan baik mengkonsumsi buah dan sayur sejak si kecil berusia balita serta berikan 2 (dua) gelas susu setiap hari.

1 komentar:

Bicara Soal Gizi Dan Menu Lezat Bernutrisi Bersama Masako

Hallo Ibu-Ibu, apa kabar? kali ini saya ingin berbagi cerita seru saat mengunjungi Dapur Umami bersama para ibu-ibu blogger tanggal 8 Novem...