Selasa, 23 Oktober 2018

BAMBO Nature Diapers, Sahabat Kulit Sehat Si Kecil Yang Ramah Lingkungan


Memiliki buah hati dengan kulit sensitif merupakan tantangan tersendiri buat saya, termasuk dalam memilih popok sekali pakai, selain harus yang berbahan lembut dan nyaman digunakan, daya tampungnya juga sangat saya perhatikan, karena berpengaruh pada kualitas tidur si kecil di malam hari. Kebayang kan kalau setiap malam kita harus begadang hanya karena sibuk mengganti popok si kecil yang cepet banget penuh.

Alhamdulillah aktifitas begadang sudah terlewati sejak Audrey mulai sekolah di Taman Kanak-Kanak, dia sudah bisa pipis sendiri ke kamar mandi sebelum tidur dan hanya memakai diapers ketika bepergian termasuk saat pergi ke sekolah. Hati saya pun gembira karena budget pembelian popok mulai berkurang. 

Selama 3 bulan bersekolah, sudah dua kali saya mengantarkan baju ganti untuk Audrey karena diapersnya bocor. Terkadang kalau enggak ketahuan miss-nya (ibu guru), diapers yang sudah menggembung masih digunakan hingga kembali kerumah, akibatnya? muncul kemerahan pada lipatan paha, bokong dan menyebabkan si kecil menggaruk tanpa henti. Gejala ini yang sering kita sebut ruam popok, biasanya sering terjadi pada bayi dan timbulnya iritasi kulit pada anak usia balita. Dua masalah yang menjadi problematika seluruh bunda di dunia. Adakah solusinya? Tentu saja, simak tips mengganti popok berikut ini :

1. Buat jadwal mengganti diapers sekitar 3-5 jam sekali atau diganti sesegera mungkin setelah adanya feses
2. Tidak menggunakan bahan alergen dan iritan saat mengganti popok
3. Bagi yang masih memiliki bayi, gunakan kapas dan air suam-suam kuku saat membersihkan bagian yang kotor
4. Hindari gesekan pada kulit saat membersihkan
5. Arah pembersihan dari depan ke belakang dan untuk anak laki-laki gunakan 2 kapas yang berbeda untuk membersihkan bagian depan dan belakang.

Agar tidak salah pilih dalam membeli popok sekali pakai (PosPak), ada beberapa hal yang harus kita cermati, yang pertama pilih popok yang berbahan lembut, mudah menyerap keringat, memiliki daya serap yang tinggi, serta tidak mengandung bahan kimia yang atau zat pemutih. Yang kedua pilih ukuran popok dengan mengukur tinggi badan, lingkar pinggul dan lingkar paha agar lebih akurat, sebaiknya pilih ukuran yang bodyfit tidak terlalu ketat maupun terlalu longgar. 


(Ki-Ka) Mba Chichi, MC, Dokter Yasinta, Bapak Amir Siaw

Beberapa tips tersebut saya dapatkan dari dr.Yasmina D Kumala, SpKK, seorang dokter spesialis kulit dan kelamin dari RSIA Bunda Margonda Depok. Beliau hadir sebagai narasumber di acara Meet and Greet yang digelar oleh BAMBO Nature pada hari Senin 22 Oktober 2018 lalu di Ninety Nine Resto Grand Indonesia Jakarta. Sesuai dengan tema yang dibahas pada talkshow edukatif tersebut yaitu "Cermat Memilih Popok Bagi Kesehatan Kulit Si Kecil", acara Meet and greet ini juga bertujuan untuk memperkenalkan Produk Popok BAMBO Nature, pioneer popok organik dan Eco-Friendly

Tentang BAMBO Nature

Istilah Eco-Friendly saat ini menjadi tren diberbagai kemasan produk untuk menunjukkan bahwa produk tersebut ramah lingkungan dan aman digunakan meskipun melewati proses produksi dengan teknologi tinggi. Sebagai seorang ibu yang ingin ambil bagian dalam melestarikan lingkungan, saya sangat mengapresiasi hadirnya produk popok asal negara Denmark tersebut. 

BAMBO Nature hadir memberikan inovasi terbarunya berupa popok ramah lingkungan yang bisa didaur ulang, 75% komposisinya mengandung zat yang mudah terurai dengan sendirinya (biogradable) dan 99% mengandung Compostable yang artinya bisa diolah menjadi pupuk kompos. 

Seberapa pentingnya sih produk popok ramah lingkungan untuk kita? penting banget dong karena kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari lingkungannya, tanpa kita sadari sampah bekas popok sekali pakai ini menjadi isu penting karena sulit di daur ulang, hal ini yang menyebabkan pencemaran lingkungan secara langsung dan tidak langsung akibat ulah manusia.


Display Popok BAMBO Nature

Bapak Amir Siaw Latif, Direktur PT. Citra Selalu Sukses dan BAMBO Nature Indonesia menyampaikan bahwa diluncurkannya popok ramah lingkungan ini adalah bentuk gerakan kepedulian tumbuh kembang anak dari PT.Citra Selalu Sukses jadi sebelum membeli popok utamakan melihat ingredients pada produk, agar tidak membahayakan lingkungan dan kulit si kecil. 

Bicara tentang daya serap, Bapak Amir melakukan uji coba dengan menuangkan sebotol air ke popok BAMBO Nature berukuran Newborn, simulasi yang baru saja dilakukan membuat kami ingin menyentuh bagian dalam popok yang diberi air, Mba Feronica perwakilan dari BAMBO Nature mempersilahkan kami untuk merabanya dan hasilnya?popok tetap kering, istimewanya adalah untuk ukuran newborn nya, Bambo Natur dapat menyerap hingga 400 cc. 


Jika dilihat lebih seksama bahan yang digunakan oleh BAMBO Nature mirip seperti kertas,  berbahan lembut, tipis dan bodyfit, mudah di sobek dan jika terkena air hujan akan hancur dengan sendirinya. Tak hanya memberikan kenyamanan saat memakainya, popok BAMBO Nature juga memiliki keunggulan sebagai berikut :

1. Eco-Friendly Diapers, membantu memelihara lingkungan, 
2. Bebas Bahan Kimia yang berbahaya
3. Sedikit kandungan parfum sehingga meminimalkan resiko alergi dan ruam popok
4. Dermatologically tested
5. Lem yang digunakan pada perekat mengandung food grade


Simulasi Daya Serap BAMBO Nature


Popok BAMBO Nature tetap kering meskipun sudah diberi air

Sesuai dengan warna dresscode kami pada acara Meet and Greet hari Senin lalu, Kemasan BAMBO Nature didominasi warna ungu dan putih, dibagian depan kemasan tertulis beberapa penghargaan yang telah diraih oleh popok ramah lingkungan ini, salah satunya adalah Nordic Eco Label. Tersedia dalam bentuk tape (perekat) dan training pants (popok celana). Untuk jenis ukuran, Bambo Nature menggunakan angka yang ditulis pada kemasan mulai dari angka 1 untuk size terkecil (newborn) hingga angka 6 untuk size terbesar atau disesuaikan dengan berat badan si kecil

Buat para bunda yang berada di kota Jakarta, Bandung dan Surabaya, popok BAMBO Nature dapat ditemukan di Ranch Market, Farmer Market dan beberapa supermarket lainnya. Untuk harganya sudah pasti worth it dengan manfaatnya yaitu sekitar Rp.170 ribu - Rp.200 ribu rupiah. Dengan memakai produk Bambo Nature untuk si kecil, pastinya kita juga ikut menjaga kelestarian lingkungan dari limbah popok yang menyebabkan pencemaran karena kalau bukan kita siapa lagi? Temukan informasi menarik tentang BAMBO Nature di akun sosial media Instagram @bambonatureindonesia

2 komentar:

  1. Sempat lihat Bambo Nature di Ranch Market Grand Indonesia. Variannya lengkap dan banyak. Ternyata nggak begitu sulit mendapatkannya.

    BalasHapus
  2. Popoknya ramah lingkungan banget nih Bamboo Nature emang cocok buat dipakai buah hatikuu

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^