Senin, 26 November 2018

Signify Sinari Desa Tertinggal Lewat Kampung Terang Hemat Energi (KTHE)

Senyum penduduk dusun Namo Mira yang desanya kini sudah terang

Saya begitu prihatin bahkan tak bisa berkata-kata ketika melihat tayangan video tentang sebuah desa di pelosok Sumatera Utara yang belum tersentuh listrik selama 72 tahun. Dusun Namo Mira adalah salah satu desa dari sekian banyak desa terpencil di Indonesia yang masih menggunakan lampu minyak untuk penerangan. Mereka hanya bisa beraktifitas penuh saat siang hari, sedangkan aktifitas di malam hari tak bisa berjalan dengan baik termasuk proses belajar yang dilakukan oleh anak-anak. Cahaya dari lampu minyak tersebut tak mampu memberi penerangan selayaknya cahaya lampu. 


Kondisi yang memprihatinkan ini akhirnya melatar belakangi Philips Lighting yang sekarang lebih dikenal dengan Signify meluncurkan Program Kampung Terang Hemat Energi (KTHE). Program KTHE ini sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2015. Sejak itu, Signify telah menciptakan lebih dari 3.000 titik penerangan baru bagi masyarakat yang sebelumnya tinggal dalam “kegelapan” di lebih dari 30 desa di Sumatra Utara, Sulawesi Selatan, Bali Timur, Kalimantan Tengah dan Maluku.

Vivit Kavi, MC Acara

Ta
hun 2017-2018 Signify kembali melanjutkan tanggung jawab sosialnya untuk membantu sesama  dan m
embawa akses pencahayaan untuk mengubah kehidupan lebih dari 30.000 orang dalam program Kampung Terang (KTHE) 2017-2018. Kehidupan masyarakat kurang beruntung yang tinggal di daerah dengan akses listrik terbatas di empat provinsi yang tersebar di Indonesia kini jauh lebih baik dari segi ekonomi, sosial maupun kesehatan. Jika sebelumnya aktifitas masyarakat hanya dilakukan ketika matahari bersinar, kini di malam haripun mereka dapat melakukan banyak hal seperti melakukan ibadah sholat bersama di surau, bersosialiasi dalam sebuah komunitas dan lebih nyaman ketika belajar bagi anak-anak sekolah. 

Hari Senin 26 November 2018 lalu, Signify menggelar acara Aktualisasi Implementasi Program KTHE 2017-2018 di XXI Lounge Plaza Senayan Jakarta, Signify yang diwakilkan oleh Bapak Rami Hajjar selaku Country Leader untuk operasi/bisnis Signify di Indonesia menyampaikan "Kami mendorong upaya-upaya untuk menyediakan akses pencahayaan bagi kelompok masyarakat ini dengan menggunakan sistem Philips LED bertenaga surya. Kami senang melihat bagaimana mereka sekarang dapat hidup, bekerja dan bepergian dengan lebih aman, mencapai hasil pendidikan yang lebih baik, dan meningkatkan kesehatan serta aktivitas ekonomi mereka."

Rami Hajjar juga menambahkan bahwa kontribusi Signify di Program Kampung Terang Hemat Energi 2017-2018 adalah berupa paket pencahayaan Philips LED tenaga surya yang inovatif kepada setiap desa terpilih, yang mencakup :
- 1.200 Philips Solar Indoor Lighting System, untuk mendukung kegiatan di dalam rumah dan pekerjaan rumah tangga
- Philips Lifelight yang 10 kali lebih terang dari lampu minyak tanah, untuk penggunaan di luar rumah/area publik
- Solar LED Road Light System untuk menerangi jalan, jembatan atau dermaga desa. 


Dengan memanfaatkan sumber cahaya yang berlimpah dari matahari, kita dapat menjembatani kesenjangan dalam kemiskinan pencahayaan dengan solusi terbaik untuk meningkatkan kehidupan masyarakat, tidak hanya bagi penduduk kota, tetapi juga untuk masyarakat yang tinggal di luar jaringan listrik. Pencahayaan Philips LED tenaga surya memiliki konsumsi daya yang sangat rendah dan benar-benar fleksibel untuk dipasang di daerah terpencil tanpa akses listrik.


Galery Foto Kampung Terang Hemat Energi

Jika ditotal, lebih dari 2.850 titik penerangan baru menggunakan Philips Solar Home Lighting System dan Road Lighting System untuk menerangi rumah-rumah dan berbagai fasilitas umum di sana. Begitu banyak dampak positif yang timbul dari program KTHE ini karena l
ebih dari 90% merasakan manfaat cahaya lampu. Dari sisi kesehatan, gangguan pernafasan dan iritasi mata yang mengancam jutaan jiwa karena asap dari lampu minyak mulai berkurang, musibah kebakaran akibat lampu minyak pun bisa diantisipasi karena pengguna lampu minyak dan obor mulai berkurang. 

Bagaimana dengan faktor ekonomi masyarakat? Tiga bulan setelah Signify mendistribusikan lebih dari 500 Philips Solar Lighting Systems ke lima desa dan tiga dusun di Kalimantan Tengah, setiap keluarga mampu menghemat lebih dari 200ribu per bulan yang sebelumnya digunakan untuk membeli bahan bakar atau minyak tanah. 


Sasaran Program KTHE

Selain Bapak Rami Hajjar, Ibu Nonie Kaban dari Kopernik yang juga hadir di acara Aktualisasi  Implementasi KTHE Hari Senin lalu menyampaikan bahwa di
 Maluku, Signify dan Kopernik bekerjasama dengan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) membantu Signify untuk mengidentifikasi dan memprioritaskan 10% rumah tangga paling miskin di wilayah desa tertinggal untuk memastikan program yang tepat sasaran dan berkesinambungan.

Tak hanya sampai disitu, Signify juga menunjukkan kepedulian terhadap korban bencana alam yang terjadi di Lombok dan Sulawesi Tengah. Sebanyak 800 lentera tenaga surya Philips untuk korban gempa bumi Lombok yang masih tinggal di tempat-tempat pengungsian atau hunian sementara. Bantuan darurat pencahayaan Signify akan mendukung proses rehabilitasi dan rekonstruksi di Sulawesi Tengah (Palu, Sigi dan Donggala) melalui donasi produk pencahayaan senilai Rp 5 Miliar termasuk bohlam, lampu jalan dan luminer serta penerangan tenaga surya.


Ibu Lea Indra, Bapak Rami Hajjar, Nonie Kaban, Rudi Gobel

Bantuan senilai 5 Miliar tersebut diserahkan secara simbolik oleh Bapak 
Rami Hajjar, Country Leader dari operasi/bisnis Signify di Indonesia dan Ibu Lea Indra, Head of Integrated Communications dari operasi/bisnis Signify di Indonesia kepada Ibu Nonie Kaban, Program Director Yayasan Kopernik dan Bapak Rudi Gobel selaku Kepala Unit Komunikasi dan Pengelolaan Pengetahuan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) di acara Aktualisasi Implementasi Program KTHE 2017-2018.

Kami semua yang hadir dan menyaksikan langsung moment berharga ini sangat mengapresiasi program CSR Signify sebagai sebuah perusahaan yang berkomitmen untuk menciptakan "Kehidupan Yang Lebih Cerah, dan Dunia Yang Lebih Baik". Pantau terus akun sosial media Signify Indonesia di Twitter @Signify_ID untuk informasi menarik seputar produk Philips Lighting. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^