INTERLAC Probiotics Cara Tepat Atasi Sembelit Pada Bayi Dan Anak


(Ki-Ka) Mohamad Nurhadi (Brand Manager INTERLAC), dr.Intan Diana Sari, MC
Doc : MombloggerCommunity

Hallo Mom, ada yang sempat berkunjung ke pameran IMBEX di awal bulan Desember kemarin? meskipun sudah berakhir, kemeriahan IMBEX masih "terpampang nyata" karena selain bertabur diskon yang menggiurkan dari brand-brand perlengkapan bayi ternama, perhelatan IMBEX juga menghadirkan berbagai talkshow menarik seputar parenting dan kesehatan anak selama 3 hari berturut-turut terhitung sejak 30 Nov - 2 Desember 2018 lalu. 


Di hari pertama pameran ini dibuka, saya dan teman-teman dari komunitas Mom Blogger Community berkesempatan hadir di acara Talkshow edukatif yang digelar oleh Interlac Probiotics di Panggung Hall B Jakarta Convention Centre (JCC). Tema yang dibahas di talkshow kali ini adalah "Mengenal Fakta dan Cara Penanganan Sembelit Pada Bayi dan Anak". Menghadirkan 2 (dua) orang narasumber yaitu dr. Intan Diana Sari dan Bapak Mohamad Nurhadi (Brand Manager Interlac) yang akan mengupas tuntas apa penyebab sembelit dan bagaimana cara mengatasinya?


Seperti kita ketahui bersama, 80% dari sistem imun terletak di saluran cerna untuk itu menjaga kesehatan saluran cerna sangat penting terutama pada bayi. Saluran cerna yang sehat akan mendukung optimalisasi tumbuh kembang anak di masa awal kehidupan. Tetapi saluran cerna juga sangat rentan dan sensitif terhadap gangguan salah satunya adalah konstipasi atau yang biasa dikenal dengan nama sembelit. 

Menurut dokter Intan  pengertian Sembelit adalah suatu kondisi tertahannya feses (tinja) dalam usus besar dengan frekuensi dan konsitensi tertentu karena adanya kesulitan dalam pengeluaran. Hal ini sering terjadi pada bayi baru lahir dan anak-anak yang ditandai dengan perubahan tekstur feses, rasa tidak nyaman pada perut si kecil karena merasa penuh dan kurangnya frekuensi Buang Air Besar (BAB), biasanya anak menjadi rewel dan si bayi akan menolak minum susu dan makanan pendamping ASI. 

Sembelit dapat terjadi karena beberapa faktor misalnya perubahan pola makan, perubahan susu formula, dehidrasi atau kekurangan bakteri baik (probiotik). Lalu bagaimana cara mengatasi sembelit? berikut tips dari dokter Intan yang bisa mom lakukan :
1. Berikan obat pencahar atau obat suppositoria (obat yang dimasukkan lewat anus)
2. Perbanyak asupan air
3. Pijat perut bayi dengan pijatan tertentu
4. Berikan makanan berserat dari sayur dan buah
5. Ajak si kecil buang air ke toilet (toilet training), buat kamar mandi senyaman mungkin untuk si kecil
6. Konsumsi probiotik


Tentang Probiotik 

Mikroorganisme yang menguntungkan tubuh atau dikenal dengan sebutan bakteri probiotik tidak hanya berguna untuk memelihara kesehatan pencernaan. Probiotik juga dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi sembelit dan diare. Dokter Intan menambahkan bahwa menurut WHO Lactobacillus Reuteri Proctetis dan Bifidobacterium adalah  probiotik yang paling banyak diteliti di dunia mengenai manfaat dan keamanannya.

Badan POM juga mengkategorikan probiotik sebagai suplemen makanan bukan obat. Sedangkan WHO mendefinisikan probiotik sebagai bakteri baik yang dapat hidup di saluran cerna dan bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, dapat memberikan manfaat kesehatan signifikan bagi penggunanya.

Syarat-syarat Probiotik yang baik menurut WHO adalah sebagai berikut :
1. Berasal dari manusia
2. Dapat bertahan hidup di saluran cerna
3. Tahan terhadap asam lambung dan saluran empedu
4. Menghasilkan zat anti mikroba
5. Mampu melawan bakteri jahat
6. Terdokumentasi penelitian klinis yang baik



INTERLAC Probiotics

Diantara probiotik-probiotik dengan jenis Lactobacillus, yang paling menonjol kelebihannya adalah strain Lactobacillus reuteri Protectis yang dipatenkan oleh BioGaia, perusahaan bioteknologi Swedia yang dikenal sebagai World Leader in Probiotics. Salah satu produknya yang mengandung probiotik dan sudah mulai dikenal di Indonesia adalah INTERLAC. 

Bapak Mohamad Nurhadi, Brand Manager INTERLAC menjelaskan bahwa "INTERLAC adalah suplemen kesehatan anak yang mengandung probiotik pilihan dokter di  lebih dari 90 negara yang memenuhi semua syarat probiotik baik dari WHO. INTERLAC dipasarkan di Indonesia sebagai satu-satunya produk sumplemen probiotik yang mengandung Lactobacillus Reuteri Protectis, solusi aman dan efektif untuk berbagai macam gangguan saluran cerna seperti diare, sembelit maupun kolik". 

Booth INTERLAC di IMBEX

Beberapa Manfaat INTERLAC yang bermanfaat bagi tubuh secara umum adalah :
1. Menjaga kesehatan saluran cerna
2. Terapi dan pencegahan diare, konstipasi, regurgitasi (gumoh) dan distensi abdomen (kembung)
3. Terapi dan pencegahan infeksi candida (jamur)
4. Terapi dan pencegahan kolik infantil (tangisan berlebih pada bayi berusia dibawah 4 bulan yang disebabkan oleh gangguan pencernaan)
5. Terapi dan pencegahan NEC (Nectrotizing Enterocolitis) penyebab kematian nomor satu pada bayi lahir prematur
6. Meningkatkan sistem imun, mencegah alergi dan meningkatkan daya tahan tubuh
7. Mendukung perkembangan neurologi (syaraf) yang optimal pada bayi
8. Terapi functional abdominal pain (sakit perut) pada anak
9. Mengurangi efek samping penggunaan antibiotik
10. Terapi pendamping antibiotik untuk infeksi Helicobacter Pylori

Varian INTERLAC tersedia dalam 3 pilihan yaitu :

1. INTERLAC Oral Drops, merupakan satu-satunya probiotik tetes di Indonesia yang menjamin kemudahan pemakaian untuk bayi baru lahir maupun prematur, Oral Drops cocok untuk bayi baru lahir sampai berusia 3 tahun.

Aturan pakai : 5 tetes, 1x sehari atau sesuai anjuran dokter


INTERLAC Oral Drop

2. INTERLAC Tablet Kunyah Strawberry, dengan varian rasa stroberi dan lemon ini cocok digunakan untuk anak usia 2 tahun hingga 12 tahun

Aturan Pakai : 1 tablet kunyah, 1 x sehari atau sesuai anjuran dokter

INTERLAC Tablet Kunyah


3. INTERLAC Sachet, cocok untuk bayi dan anak usia 1-5 tahun


Aturan Pakai : 1 sachet, 1 x sehari atau sesuai anjuran dokter. Larutkan dalam sedikit air.

INTERLAC Sachet

4. INTERLAC Tablet Kunyah Lemon cocok untuk usia 12 tahun keatas hingga dewasa.

Aturan Pakai : 1 tablet kunyah, 1 x sehari atau sesuai anjuran dokter
INTERLAC Tablet Kunyah

Keamanan INTERLAC sudah teruji klinis untuk segala usia dari mulai bayi prematur, newborns, anak-anak, dewasa sampai lansia dan terbukti aman tanpa efek samping. Berbeda dengan probiotik lain di Indonesia, penggunaan INTERLAC praktis dan ekonomis karena cukup 1x sehari, apapun variannya. Mom bisa membeli Produk Interlac secara offline di Guardian, Viva Health, Baby shops, dan secara online di Mothercare.co.id, JD.ID dan orami. Untuk informasi lengkap seputar produk INTERLAC mom bisa berkunjung kesini ya :

Website : www.interlac-probiotics.com
Instagram : @interlacprobiotics
Facebook : interlacprobiotics


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciptakan Momen Liburan Seru Dan Menyenangkan Dirumah

Kemenkes RI Sosialisasikan Pentingnya Budaya Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3)

Bloggerday 2019 Bandung : Ketika 100 Blogger Berkumpul Di Ulang Tahun Bloggercrony Community