Imunisasi Lengkap dan Nutrisi Tepat Untuk Generasi Yang Sehat


Bulan April selalu identik dengan bulan Imunisasi karena di bulan inilah Pekan Imunisasi Dunia (PID) akan dilaksanakan terhitung mulai tanggal 23-30 April 2019. Untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya imunisasi, Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia  (IDAI) dan PT.Nestle Indonesia yang mendukung komitmen bersama untuk Indonesia sehat menggelar sebuah konferensi pers dengan tema "Imunisasi Lengkap dan Nutrisi Tepat Untuk Mendukung Indonesia Sehat"

Acara yang berlangsung pada hari Senin 22 April 2019 di Suasana Restoran, Kuningan Jakarta ini menghadirkan 3 orang narasumber yaitu :
1. Prof. Dr. dr. Soedjatmiko, SpA(K), MSi, Sekretaris Satgas Imunisasi Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia
2. dr. Yoga Devaera, SpA(K), UKK Nutrisi dan Penyakit- Metabolik – Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia
3. Dr. dr. Ray Basrowi, MKK, Head of Medical & Nutrition Service Department NestlĂ© Indonesia 

Imunisasi dan nutrisi memiliki peran penting untuk melindungi anak Indonesia dari berbagai ancaman penyakit. Namun nyatanya, belum semua anak Indonesia mendapatkan imunisasi dasar yang lengkap. Tidak hanya imunisasi, namun nutrisi tepat juga penting membantu tumbuh kembang anak secara optimum dan membantu anak meningkatkan daya tahan tubuhnya.



Peran Imunisasi

Imunisasi mencegah penyakit, kecacatan dan kematian dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi termasuk tuberkulosis. hepatitis B, difteri, pertusis, tetanus, polio, campak, pnemonia, gondongan, rubella, diare akibat rotavirus. Beberapa jenis Imunisasi yang disediakan dan didanai pemerintah Indonesia untuk bayi dibawah usia 1 tahun adalah :
1. Hepatitis B
2. Imunisasi Polio
3. Imunisasi BCG
4. Imunisasi MR
5. Haemophilus Influenzae tipe B (Hib)
6. Imunisasi DPT

Prof. Dr. dr. Soedjatmiko, SpA(K), MSi, Sekretaris Satgas Imunisasi Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia mengatakan "imunisasi berperan penting untuk melindungi bayi dan anak dari berbagai penyakit karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh bayi dan anak agar mampu melawan penyakit-penyakit menular yang berbahaya. anak yang tidak mendapatkan imunisasi lengkap berpotensi tidak memiliki kekebalan yang spesifik terhadap suatu penyakit sehingga dapat menyebabkan sakit berat, cacat dan meninggal"

Pesan Kunci Imunisasi yang bisa kita simpulkan dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) adalah :

1. Semua negara di dunia melakukan Imunisasi secara rutin karena terbukti penting, aman dan bermanfaat
2. Pencegahan penyakit dengan ASI, nutrisi dan kebersihan : mendukung imunisasi
3. Pencegahan dengan Imunisasi lebih efektif karena merangsang kekebalan spesifik
4. Imunisasi tidak lengkap, mudah tertular, sakit berat, cacat atau meninggal
5. Jika imunisasi terlewat dari jadwal segera lengkapi
6. Jika imunisasi bayi dan balita sudah lengkap, lanjutkan imunisasi usia sekolah dan remaja
7. Demam, bengkak dan nyeri setelah imunisasi adalah reaksi normal dan tidak berbahaya 
8. Banyak info yang salah tentang imunisasi karena tidak tahu bahaya penyakit dan manfaat penting Imunisasi, mereka juga tidak mengetahui bahwa Imunisasi dipantau ahli dari semua negara



Peran Nutrisi

Selain Imunisasi, peran nutrisi juga sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang optimal serta menjaga kekebalan tubuh bayi. Setelah 6 bulan kebutuhan nutrisi bayi tidak cukup terpenuhi hanya oleh ASI, tetapi juga asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang seperti : 

- Makronutrien [zat gizi makro] adalah zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah banyak dan penghasil energi.
- Mikronutrien [zat gizi mikro] adalah zatgizi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah sedikit, namun mempunyai peran yang sangat penting misalnya dalam pembentukan hormon, membantu aktivitas enzim, dan mengatur sistem imun tubuh.
- MP-ASI fortifikasi memiliki komposisi yang diatur CODEX, termasuk kandungan nutrisi dan zat tambahan lain. 
- Probiotik adalah bakteri baik yang jika dikonsumsi dalam jumlah cukup akan mmberi manfaat bagi manusia.
- Proses carbohydrate hydrolysed enzimatically [CHE]

UKK Nutrisi dan Penyakit Metabolik Ikatan Dokter Anak Indonesia, Dr.Yoga Devaera, Sp.A[K] mengatakan "Pemberian imunisasi yang lengkap harus dibarengi dengan asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang. Anak yang kekurangan nutrisi berpotensi mengalami penurunan kemampuan kognitif dan rentan terinfeksi penyakit menular. "

Rekomendasi dari WHO adalah memberikan MPASI yang adekuat atau memenuhi kebutuhan energi, protein dan mikronutrien yang tidak tercukupi oleh ASI. Selain disukai si kecil, menu MPASI juga harus mengandung nutrisi seimbang salah satunya asupan zat besi. Setiap harinya tubuh si kecil membutuhkan zat besi sebesar 11 mg, bisa didapatkan dari 30 buah pisang atau 5 ikat bayam dan 385gr daging. Zat besi juga mempunyai peranan penting dalam perkembangan dan sistem imunitas.



Sebuah fakta yang disampaikan oleh DR.Dr.Ray Basrowi, MKK, Head of Medical and Nutrition Service Departemen Nestle Indonesia bahwa masih banyak anak Indonesia dengan asupan nutrisi dibawah angka kecukupan gizi. Untuk itu sebagai orangtua kita harus melakukan strategi pemenuhan zat gizi si kecil dengan cara
1. Menggunakan bahan makanan yang tinggi zat besi
2. Makanan yang difortifikasi yang membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dikombinasi dengan ASI dan MPASI rumahan
3. Suplemen

Nestle Cerelac adalah salah satu MPASI yang terfortifikasi dengan 3 keunggulan :
1. Bahan baku terbaik, ditanam dan dipilih secara seksama sesuai kebutuhan si kecil
2. Nutrisinya disesuaikan dan dijaga untuk dukung pemenuhan kebutuhan gizi harian si kecil
3. Kulitas bahan baku dan proses pembuatan dijaga ketat

Kandungan lainnya yang ada pada Cerelac adalah Probiotik Bifidobacterium Lactis yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan infeksi saluran cerna dan meningkatkan daya tahan tubuh paska vaksinasi

Di akhir paparannya dokter Ray Basrowi menyampaikan "Anak yang mendapatkan nutrisi lengkap dan tepat pada usianya dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Kami menyarankan orang tua untuk selalu memberikan makanan sesuai usia dan kebutuhan anak, dan dapat memberikan MP - ASI fortifikasi untuk membantu memenuhi kebutuhan tersebut"

Yuk bunda, berikan imunisasi lengkap dan nutrisi yang tepat untuk anak Indonesia yang sehat. Karena masa depan mereka ada ditangan kita. Kunjungi sosial media Sahabat Nestle di Facebook dan Instagram untuk informasi lengkap seputar gizi untuk si kecil.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciptakan Momen Liburan Seru Dan Menyenangkan Dirumah

Kemenkes RI Sosialisasikan Pentingnya Budaya Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3)

Edukasi Bersih & Sehat Saat Menstruasi Dalam Rangka Hari Kebersihan Menstruasi