Minggu, 16 April 2017

Mandiri Edukasi Mengajak Masyarakat Cerdas Mengelola Keuangan

Setelah diselenggarakan di 2 (dua) kota besar di Indonesia (Aceh dan Jakarta), PT.Bank Mandiri (Persero) Tbk beserta anak perusahaan (grup mandiri) kembali menggelar program acara edukasi keuangan bertajuk Mandiri Edukasi pada Hari Sabtu Tanggal 15 April 2017 di kota ke-3 yaitu Bekasi. Tempat yang dipilih kali ini adalah Excelso Cafe yang berlokasi di Summarecon Mall, Bekasi. Sambil menunggu acara dimulai, saya dan teman-teman blogger serta para tamu undangan yang terdiri dari nasabah Bank Mandiri dan Komunitas Ibu-Ibu PKK wilayah Bekasi, Tambun dan sekitarnya bersama-sama menikmati menu pasta Aglio e olio khas Excelso.





Acara dibuka oleh Ibu Nita Octaviani Aji selaku Assistant Vice President Customer Care Group Bank Mandiri yang menyampaikan bahwa :

"Tujuan diadakannya Mandiri Edukasi ini adalah untuk mengedukasi dan meningkatkan pemahaman dan pengetahuan keuangan" 

Ibu Nita Octaviani Aji
(Doc.Pribadi)

Topik yang akan dibahas pada talkshow Mandiri Edukasi kali ini adalah seputar perencanaan keuangan rumah tangga. Ibu Nita berharap agar para wanita bisa mengelola keuangan dengan bijak dan memiliki keterampilan khusus agar menjadi wanita mandiri yang produktif dan berpenghasilan. Wanita juga harus cermat dalam memilih investasi untuk masa depan.


Cheff Lucky
(Doc.pribadi)

Sebelum edukasi tentang keuangan, kita diajak untuk belajar memasak bersama Cheff Lucky, juara kontes memasak yang terkenal ramah dan suka berbagi resep andalannya. Di Demo Masak kali ini ada 2 (dua) jenis menu masakan lezat yang akan kita cicipi bersama, yang pertama adalah Morrocan Beef Soup yaitu Sup Daging Sapi dengan rempah Maroko. Saat saya perhatikan dengan seksama warna masakan Maroko hampir sama dengan masakan Indonesia karena sama-sama menggunakan jinten. 


Morrocan Beef Soup
(Doc.pribadi)

Di Menu kedua, Cheff Lucky membuat dessert berbahan dasar pisang dengan nama Banana Colada. Bahan dasar kedua masakan ini mudah didapatkan dan untuk proses memasaknya juga tidak memakan waktu lama. 

Banana Colada
(Doc. Pribadi)

Selesai icip-icip masakan dari Cheff Lucky, acara dilanjutkan dengan sesi Talkshow, telah hadir Bapak Moldi, Corporate Secretary Mandiri Management Investasi yang akan memberikan edukasi tentang Perencanaan Keuangan. 

Bapak Moldi
(Doc. pribadi)

Menurut Pak Moldi Perencanaan Keuangan itu penting karena dengan perencanaan keuangan kita dapat menghadapi masa depan yang lebih baik bahkan saat terjadi Inflasi sekalipun.

Ada beberapa Tips Perencanaan Keuangan dari Pak Moldi yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu :
1. Buat Catatan Keuangan Keluarga
   Catatan keuangan yang baik harus terdiri dari 2 (dua) macam yaitu Arus Kas (Cash Flow) dan Neraca.

2. Proteksi
Proteksi dilakukan untuk menghindari risiko mengalami kerugian finansial ketika terjadi keadaan yang tidak diinginkan, jenis proteksi terdiri dari Proteksi Individu, Proteksi Aset berupa properti dan kendaraan dan Unit Link (Proteksi sekaligus Investasi)
Pengertian Aset itu sendiri adalah kekayaan yg kita punya.

3. Mulai Berinvestasi
Ada 5 Hal Penting yang harus diperhatikan sebelum memulai Investasi misalnya :
- Tujuan Investasi
- Jangka Waktu
- Profil Resiko
- Alokasi Investasi
- Tinjauan Periodik

4. Persiapan Dana Darurat ( Emergency Fund)
Dana darurat adalah Dana khusus yang dialokasikan untuk kebutuhan tak terduga, termasuk didalamnya adalah jika terjadi musibah, bencana alam, PHK atau Putus Hubungan Kerja, Biaya Kerusakan Rumah dan isinya hingga Biaya dokter, Obat dan biaya rumah sakit yang tidak bisa ditunda.

5. Bijak Dalam Berhutang
Sebelum berhutang sebaiknya kita bertanya dulu pada diri sendiri, apakah kita benar-benar perlu berhutang? lalu jika berhutang apakah kita sanggup membayarnya? Kemudian langkah selanjutnya adalah kenali dan pelajari jenis hutang.
Menurut Pak Moldi, ada 2 (dua) jenis hutang yang harus dipelajari yaitu :
- Hutang Produktif
Hutan jenis ini tergolong menguntungkan jika barang yang kita dapatkan dari berhutang dimanfaatkan untuk memperoleh penghasilan, misalnya berhutang untuk membeli sebuah ruko yang akan digunakan untuk berdagang atau berhutang untuk membeli sebuah mobil yang akan digunakan untuk antar jemput anak sekolah.
- Hutang Konsumtif
Hutang jenis ini tergolong merugikan karena dari barang yang kita dapatkan dari berhutang tidak menghasilkan apapun kecuali kesenangan semata. Catatan penting dari Pak Moldi adalah bahwa sumber hutang terbesar adalah kartu kredit.

Rasanya tepat sekali saya hadir di acara ini karena setiap bulannya saya selalu pusing mengatur keuangan saat suami memberikan "Uang Bulanan". Masalahnya belum sebulan kadang uang sudah habis entah kemana, lalu dimana letak kesalahannya? Nah di acara Mandiri Edukasi kita bisa konsultasi atau curhat ke Pak Moldi seputar keuangan dan dengan senang hati beliau dan tim nya akan memberikan solusi terbaiknya. Satu kalimat yang selalu saya ingat dari Pak Moldi adalah jika ingin hidup sejahtera lakukan perencanaan keuangan dengan baik.

Acara Mandiri Edukasi Bekasi ditutup dengan pembagian doorprize berupa sebuah e-money dari Bank Mandiri kepada tamu undangan  yang beruntung. Selamat ya! Dapat ilmunya, dapat hadiahnya juga. Rangkaian acara Mandiri Edukasi tidak berhenti sampai disini, kota yang akan dikunjungi selanjutnya adalah Yogyakarta, Garut, Surabaya, Bogor, Ternate, Manado, Nias dan Cirebon. Tunggu keseruan Mandiri Edukasi selanjutnya di kotamu.

Pemenang Doorprize
(Doc : Twitter Bank Mandiri)

9 komentar:

  1. Seru ya acaranya, banyak ilmu yg di dapat

    BalasHapus
  2. Iya mba Ria acara mandiri edukasi bertabur ilmu dan hadiah

    BalasHapus
  3. dari 5 tips ini keluarga kami masih belum menyiapkan dana darurat dan proteksi aset.. xixixixi proteksinya aja baru asuransi kesehatan doang..

    BalasHapus
  4. Itu banana coladanya menggoda banget ka hehe...Tips keuangannya bnyak yg blm diterapkan, smoga pelan2 bisa ideal lah yaak oerencanaan keuangannya hihi

    BalasHapus
  5. Sayangnya kmrn kita ngga cicip Moroccan beef soupnya ya

    BalasHapus
  6. wah asyik ya acaranay tambah ilmu lagi

    BalasHapus
  7. Gak sia-sia datang jauh-jauh ya Bu, ilmunya bermanfaat sekali :D

    BalasHapus
  8. Kita jadi emak-emak yang pintar buat cashflow keuangan keluarga ya kaka

    BalasHapus

Beli Mobil Bekas Dan Produk Asuransi Semudah Belanja Online

Beberapa tahun yang lalu saat mendapat uang pesangon dari kantor, saya kepikiran untuk membeli sebuah mobil yang akan saya gunakan untuk me...