Jumat, 09 Juni 2017

Mudik Asyik, Aman dan Nyaman Bersama SGM Bunda Dan SGM Eksplor

Memasuki minggu kedua Ramadhan pastinya Bunda dan keluarga sudah memikirkan beberapa hal penting dong untuk persiapan lebaran, misalnya kue dan baju lebaran atau rencana mudik ke kampung halaman bersama keluarga tercinta. Tahun ini saya dan keluarga rencananya akan mudik ke Purwokerto, tempat lahir Eyang Kung dan Eyang Utinya Aira dan Audrey. Udah kebayang kan mudik dengan membawa anak-anak repotnya seperti apa. Untungnya beberapa waktu lalu tepatnya Hari Senin Tanggal 5 Juni 2017, saya hadir di acara Media dan Blogger Gathering bersama SGM Eksplor dan SGM Bunda yang membahas mengenai Mudik Nyaman Bunda Bersama Si Kecil.


Salah satu Narasumber yang hadir di acara yang diselenggarakan di Suasana Restoran Aston Kuningan Suites ini adalah Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr.Dian Permatasari M.Gizi, SpGK. Kali ini dr.Dian akan membahas tentang  Nutrisi Saat Puasa Ramadhan pada ibu hamil dan menyusui. Pada dasarnya Ibu hamil boleh berpuasa tapi jangan lupa unuk berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan begitu juga untuk ibu menyusui. Berdasarkan penelitian, puasa pada ibu menyusui tidak mengurangi kualitas dan kuantitas ASI.

Bagaimana dengan puasa pada anak-anak? Menurut dokter Dian, sebelum usia anak akil baligh tidak diwajibkan berpuasa tetapi lebih kepada belajar mengenal puasa. Manfaat puasa bagi kesehatan anak adalah sistem imun dan metabolisme juga proses belajar untuk beribadah, mengendalikan diri dan disiplin. Bagaimana agar si kecil tetap sehat saat berpuasa, lakukan olahraga rutin dengan intensitas ringan, tetap beraktifitas seperti biasa, penuhi kebutuhan kalori dan istirahat yang cukup. Perhatikan juga Pola gizi seimbang saat mengatur menu sahur dan berbuka.

Contoh menu saat berpuasa

Saat mudik, pemilihan jenis makanan juga sangat penting, agar si kecil tetap sehat dan ceria. "Sebelum melakukan perjalanan jauh, Bunda harus memastikan kondisi kesehatan bunda sendiri dan si kecil. Hal ini penting karena bunda harus menyediakan waktu dan tenaga untuk mendampingi si kecil selama perjalanan. Terutama untuk ibu hamil dan menyusui. Diperlukan persiapan khusus agar dapat melakukan perjalanan mudik dengan nyaman yaitu terpenuhinya nutrisi selama perjalanan dan cukup minum agar terhindar dari dehidrasi". Ungkap dokter Dian.

Nutrisi saat mudik

Point penting yang harus disiapkan saat perjalanan mudik bersama si kecil yaitu :
- Kondisi fisik sehat
- Kebutuhan kalori  terpenuhi
- Hidrasi terpenuhi
- Suplementasi
- Istirahat cukup
- Obat-obatan/Kotak P3K

Selain persiapan nutrisi, ada juga lho yang harus dipersiapkan oleh ibu dan anak saat mudik yaitu persiapan secara emosional dan psikologis. Dijelaskan oleh Psikolog Anna Surti Ariani, S.Psi, M.Si., Psi  bahwa "Perjalanan mudik yang cukup jauh bisa dimanfaatkan orangtua sebagai moment yang tepat untuk saling berinteraksi dengan si kecil serta mengenalkannya pada lingkungan yang jarang ia temui sehari-hari. Melalui moment mudik lebaran, orangtua juga dapat membangun keterampilan sosial si kecil sejak dini karena mereka dapat berinteraksi dengan banyak orang".

Agar si kecil mampu bersosialisasi, ada 3 (tiga) hal yang harus dimiliki yaitu :
1. Tubuh Sehat (Nutrisi Tercukupi)
2. Cerdas (Mampu Berimajinasi)
3. Emosi Baik (Mandiri)

Secara psikologis dan emosional persiapan mudik yang pertama kita perhatikan adalah buatlah diri senyaman mungkin, misalnya pilih pakaian yang enak dipakai saat perjalanan mudik, pilih posisi duduk yang nyaman. Jangan lupa membawa bantal, makanan dan buku bacaan. Cari tahun dimana saja lokasi yang cukup nyaman untuk beristirahat dalam jalur mudik yang dilalui. Saat si kecil mulai rewel dan merasa tidak nyaman dalam kendaraan, segeralah beristirahat dan ajak si kecil bermain sejenak ditempat dengan fasilitas yang ramah untuk Bunda dan si kecil.

Manfaat mudik bagi keterampilan sosial anak

Ditengah padatnya arus lalu lintas saat mudik tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi bunda dan si kecil untuk bisa menjalani tradisi mudik dengan nyaman dan menyenangkan. Untuk itu, SGM Bunda dan SGM Eksplor akan menggelar Program mudik TEMAN (Tempat Mudik Nyaman) SGM Bunda dan SGM Eksplor pada periode 19 Juni hingga 2 Juli 2017 di 6 titik Rest Area di Jalur Pantura. TEMAN SGM Bunda dan SGM Eksplor akan menghadirkan sejumlah fasilitas yang ramah Ibu dan Anak serta edukatif untuk mendukung bunda dan si kecil menjalani perjalanan dengan nyaman dan menyenangkan.

Lokasi TEMAN SGM

Program mudik TEMAN SGM Bunda dan SGM Ekplor akan berlangsung di 6 titik rest area di Jalur Pantura pada periode arus mudik dan arus balik, yaitu :

Arus mudik (19 Juni - 25 Juni 2017) terletak di :
1. Rest Area Tol Cipali KM 102 A
2. Rest Area Tol Cipali KM 166 A
3. Rest Area RM Jatilawang
4. Rest Area Sumber Alam

Arus Balik (28 Juni - 2 Juli 2017) terletak di :
1. Rest Area Tol Cipali KM 101 B
2. Rest Area Tol Cipali KM 164 B

Ibu Christina Natalia selaku Marketing Manager SGM Bunda mengungkapkan "Kami memahami bahwa nutrisi merupakan faktor penting dalam masa kehamilan bunda. Untuk itu  kami menyediakan fasilitas ramah ibu seperti nursing room dan poster tips nutrisi untuk ibu hamil dan menyusui. Di fasilitas TEMAN SGM Bunda dan SGM Eksplor ini juga dapat menjadi tempat beristirahat sejenak yang nyaman dan aman bagi Bunda hamil". 


Tempat Mudik Nyaman SGM

SGM Bunda dan SGM Eksplor memahami perjuangan orangtua pada masa pertumbuhan si kecil dan juga mengerti bahwa setiap orangtua mengharapkan anaknya memilki masa depan yang lebih baik. SGM Bunda dan SGM Eksplor terus mendampingi orangtua khususnya bunda bersama-sama mendukung anak-anaknya tumbuh menjadi generasi maju yang supel, kreatif dan mandiri.

Narasumber Acara Media dan Blogger Gathering
TEMAN SGM Bunda dan SGM Eksplor

Marketing Manager SGM Eksplor, Astrid Prasetyo juga menambahkan "Di TEMAN SGM Bunda dan SGM Eksplor juga tersedia fasilitas ramah anak, dimana si kecil bisa beristirahat sambil melakukan permainan yang edukatif dan interaktif misalnya mewarnai dan bermain puzzle yang dapat mengasah keterampilan sosialnya"

Ibu Astrid juga berharap agar para bunda dapat menjalani dan menikmati mudik lebaran dengan nyaman sambil tetap memastikan pemenuhan nutrisi yang tepat bagi bunda dan si kecil. Sehingga seluruh keluarga dapat merayakan moment istimewa di Hari Raya Idul Fitri.

Informasi seputar nutrisi Ibu hamil dan menyusui bisa kita dapatkan dari Facebook Fanpage SGM Bunda, dan Facebook Aku Anak SGM untuk mendapatkan informasi seputar tumbuh kembang si kecil.
Selamat Mempersiapkan Mudik...jangan lupa nikmati fasilitas TEMAN (Teman Mudik Nyaman) dari SGM Bunda dan SGM Eksplor. 

13 komentar:

  1. Wah asiknya bisa istirahat dulu ya di booth SGM. Mudah2an mudik tahun ini lancar dan minim macet.

    BalasHapus
  2. Asik mampir ke rest area. Tak hanya anak, momy juga

    BalasHapus
  3. SGM perhatian sekali ya ,sampai menyediakan fasilitas ramah anak saat mudik.

    BalasHapus
  4. Bener banged Mba dengan Mudik kita bisa menciptakan bonding dengan si kecil yahh. Meskipun perjalanan lumayan jauh kalau suasana senang jadi banyak manfaat yg bisa kita dapatkan bersama si kecil.

    Apalagi ada fasilitas TEMAN dari SGM Bunda dan SGM Eksplor ini, Mudik bersama si Kecil jadi Aman dan Menyenangkan.

    BalasHapus
  5. Wahh SGM pelopor yang mendirikan posko mudik lain daripada yang lainnya ya Mbak. Kadang kan kita suka kesulitan air panas direst area

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah ya pas mudik bisa mampir ke TEMAN

    BalasHapus
  7. Waaaah hasyeeek banged bun indri..jadi bisa take a rest dengan nyaman di zona nya SGM yaaah,bravo deh buat SGM

    BalasHapus
  8. Waaaah hasyeeek banged bun indri..jadi bisa take a rest dengan nyaman di zona nya SGM yaaah,bravo deh buat SGM

    BalasHapus
  9. Wiihh makasihhh sharingnya mbaa, manfaat banget untuk yang mau mudik, apalagi ada info rest area yg disediakan SGM

    BalasHapus
  10. Wiihh makasihhh sharingnya mbaa, manfaat banget untuk yang mau mudik, apalagi ada info rest area yg disediakan SGM

    BalasHapus
  11. Enak banget sekarang ada TEMAN (tempat mudik nyaman) ini tempatnya khusus untuk anak2 aja dan khusus busui dan bumil ya mba indri, kalo tidak salah dr info yang dapat.

    BalasHapus
  12. iya nih kalau perjalanan jauh gitu makannya cenderung ngawur, kurang sehat. Buat mudik nanti aku banyakin bawa buah deh supaya cukup nutrisi

    BalasHapus
  13. Sayang saya ga mudik, ga bisa ikut merasakan pelayanan ini dari SGM.
    Semoga tahun depan ada lagi ya bun.

    BalasHapus

Beli Mobil Bekas Dan Produk Asuransi Semudah Belanja Online

Beberapa tahun yang lalu saat mendapat uang pesangon dari kantor, saya kepikiran untuk membeli sebuah mobil yang akan saya gunakan untuk me...