Senin, 31 Juli 2017

Financial Check Up, Kunci Sukses Ibu Bijak Kelola Keuangan

Peran penting seorang ibu adalah sebagai pengelola keuangan keluarga jadi musti wajib dan kudu punya sifat bijak. Nah agar menjadi ibu bijak Hari Selasa 25 July 2017 lalu saya hadir di acara "Financial Chekup" with Prita Gozie, Certified Financial Planner di Attarine Jakarta, hadir juga ibu-ibu dari komunitas The Urban Mama dan Kumpulan Emak Blogger yang ingin mengetahui bagaimana cara mengelola keuangan sekaligus memastikan sudah sehatkah keuangan kita?

Workshop  Financial Check Up bersama Ibu Berbagi Bijak ini didukung oleh Visa dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam rangka mendidik perempuan di Indonesia agar lebih cermat mengelola perencanaan keuangan rumah tangga. Karena berdasarkan penelitian ternyata terdapat 18% wanita punya hobi berhutang lho...hutang yang dimaksud disini adalah hutang konsumtif misalnya hutang kartu kredit, hutang juga ada yang produktif artinya memiliki nilai manfaat dan menghasilkan. 



Menurut Mba Prita Gozie ada 4 (empat) peringkat sehat keuangan yaitu :
1. Tidak Sehat 
- Pengeluaran > Penghasilan
- Berutang Kartu Kredit 
- Tidak Punya Aset

2. Sehat
- Pengeluaran = Penghasilan
- Terlambat membayar lunas tagihan kartu kredit
- Investasi Minimal

3. Mandiri
- Penghasilan > Pengeluaran
- Tidak punya utang kartu kredit
- Investasi Maksimal


4. Sejahtera 
- Penghasilan > Pengeluaran
- Penghasilan pasif dari aset
- Tidak Punya Utang
- Berderma



Untuk itulah beliau mengajak kita untuk mulai mengecek kesehatan keuangan kita, mulai dari membentuk dana darurat, mengatur keuangan dengan baik, membuat anggaran belanja dan merencakanan keuangan. Dan yang terpenting mulai bisa menentukan yang mana aset dan yang mana kewajiban. 


Perhatikan juga Arus kas masuk yang rutin yaitu gaji dan yang tidak rutin misalnya bonus, tunjangan hari raya , komisi dan hadiah.
Sedangkan Arus kas keluar yang sifatnya rutin yaitu biaya rumah tangga dan cicilan pinjaman dan yang tidak rutin misalnya biaya liburan, kurban, pajak bumi bangunan (PBB).




Kenapa harus membentuk dana darurat? Berikut manfaatnya : 
1. Saat menderita sakit atau harus dirawat, dana darurat bermanfaat untuk membayar biaya dokter, biaya obat dan biaya perawatan Rumah Sakit yang tidak bisa ditunda
2. Saat terjadi musibah, bencana alam, kematian atau kemalingan kita akan merasa tertolong jika memiliki dana darurat
3. Terjadinya PHK secara mendadak
4. Kerusakan peralatan rumah tangga yang signifikan seperti AC rusak, Kulkas atau genteng roboh, Dana darurat lah solusinya

Dana Darurat idealnya jumlahnya minimal 3x pengeluaran rutin bulanan, dibuat terpisah dan merupakan dana tambahan untuk kondisi spesial




Jadi kesimpulannya alokasi keuangan yang ideal adalah sebagai berikut :
1. Zakat dan Sedekah sebesar 5%
2. Menabung Dana Darurat 10%
3. Biaya Hidup 30%
4. Cicilan Pinjaman 30%
5. Investasi 15%
6. Gaya hidup 10%

Nah mulai sekarang kita belajar yuk untuk merencanakan keuangan agar lebih sehat dan sejahtera. Ibu juga bisa berbagi tips dan cerita pengelolaan keuangan di akun Instagram @Ibuberbagibijak

24 komentar:

  1. Masalah keuangan ini nich yg bikin muka cantik imut mempesona seketika jd kek monster wkwkwk. Sebisa mungkin semua diomongin ma pasangan hidup biar kagak jd perang dunia ke2. Apalagi sampai terjadi ketidakjujuran penghasilan bertahun2, bakal jd bumerang tuch. Beruntung ya bisa ikut acara ini jd bisa lebih bijak ngatur keuangan.

    BalasHapus
    Balasan


    1. I Lost my Money to scammers but not anymore

      Well, who would have believed this. When I saw a comment

      by one Allison babara, I thought it was one of the Scammers

      ways to convince someone. Looking at his comment, I saw

      an element of doubt since he was telling stories. Well I did it

      50/50 which means I can’t lose my money to any scammer

      again. I contacted the email on the testimony of Allison?

      Babara (securehackers01@gmail.com) and I was

      replied immediately. I was shocked but I didn’t lose my stand.

      I asked them to give me proof to be sure they are not

      scammers like others that I have met before and they sent me

      a proof. Then I requested to get my card which they sent to

      me in Germany in just 3 days. Am happy now because I have?

      recovered my cash I lost to scammers. My first withdrawal?

      was $10,000 and I couldn’t believe my eyes until I confirmed?

      their word which says that I can withdraw up $63,000 in a

      month. secureblankatmSolution? are real because I got my?

      card in just 3 days when I requested for one. Contact their

      mail (securehackers01@gmail.com ) for yours. They

      didn’t scam me.

      Morris mabel is my name and if you are scared, please reach

      me through my mail dasinator02@gmail.com

      Hapus
  2. acara kayak gini emang penting bangetttt nih, terutama buat emak2, biar makin bijak sbg manajer keuangan di rumah :)

    BalasHapus
  3. Noted mba. Aku sejauh ini pengaturqn keuangannya acak-acakan banget. Hikss
    Sepertinya udah harus mulai diatur benar-bener nih, apalagi udah punya buntut gini.

    BalasHapus
  4. Emg masalah banget ya ngatur keuangan.Apalagi model freelance kayak aku gini.Wuiihh..extra kerja keras hehehe

    BalasHapus
  5. Makasih tipsnya Mak. Aku gak pernah kelola keuangan karena duite ngepas buat belanja hehe

    BalasHapus
  6. Duh aq termasuk yg hrs byk bljr ngatur Finansial nh boros bgt..skrg mulai sdkt2 bljr hemat dr suami 😁

    BalasHapus
  7. Infonya singkat padat dan jelas.... Terimakasij bun indri, ada sedikit pencerhan nih untuk ngatur keuanganku.

    BalasHapus
  8. hampir mirip dgn materi keuangan dr sesembake perencana keuangan satu lagi.. cm dia kategorinya sehat, kuat ixixiix intinya sij sama penghasilan itu yang bagus itu kalau di atur, kalau ga diatur sebesar apapun bisa ga cukup.. gitu katanya

    BalasHapus
  9. Noted banget ni bagi saya yg masih acak kadul kelola keuangan. emang ya jadi ibu tuh kudu multitasking selain ngurusin anak dan konco2nya, penting jg manage keuangan agar masa depan keluarga semakin sehat secara finasial

    BalasHapus
  10. Hai mba Indrifairy,
    Posringanmu ini bermanfaat banget mba, fiks harus buat dana darurat yaa, makasih mba

    BalasHapus
  11. Wah kalau sering kita membuat pembukuan rumah tangga yang rapih dan jelas pasti kita bisa save money yang lebih ya bunda.

    BalasHapus
  12. Salam, michael brin Loan menawarkan pinjaman kepada individu perorangan dan perusahaan swasta yang membutuhkan pinjaman untuk memulai bisnis baru melunasi hutang pribadi atau membiayai bisnis yang ada. Hubungi kami hari ini jika berminat untuk informasi lebih lanjut via e-mail: michaelbrinloanfirm001@gmail.com

    Kami siap melayani anda dengan lebih baik
    nama:....
    Jumlah Pinjaman yang dibutuhkan: .......
    negara:....
    negara:...
    nomor telepon:.....

    Tuan michael brin
    Semua saya harus dikirim ke email ini: michaelbrinloanfirm001@gmail.com
    Whatsapp: +12092481749

    BalasHapus
  13. HARAP BACA !!!! HARAP BACA !!!! HARAP BACA !!!! HARAP BACA !!!!

    Hei Guys! Senang banget aku mendapat milikku dari Mike Fisher. Kartu ATM kosong saya bisa menarik $ 2.000 setiap hari. Saya mendapatkannya dari Her minggu lalu dan sekarang saya memiliki $ 14.000 secara gratis. ATM kosong menarik uang dari mesin ATM dan tidak ada nama di atasnya, tidak dapat dilacak dan sekarang saya punya uang untuk bisnis dan cukup uang untuk saya dan keluarga saya untuk tinggal. Saya sangat senang bertemu dengan Mike Fisher karena saya bertemu dua orang sebelum dia dan mereka mengambil uang saya tidak mengetahui bahwa mereka adalah penipuan. Tapi saya senang sekarang. Mike Fisher mengirim kartu melalui DHL dan saya mendapatkannya dalam dua hari. Dapatkan kartu Anda sendiri darinya sekarang dia tidak seperti scammer lain yang berpura-pura memiliki kartu ATM, Dia memberikannya secara gratis untuk membantu orang meskipun hal itu ilegal tapi sangat membantu dan tidak ada yang tertangkap. Saya bersyukur kepada Mike Fisher karena dia mengubah ceritaku tiba-tiba. Kartu itu bekerja di semua negara kecuali Mali dan Nigeria. Alamat email Mike Fisher adalah atmhacker243@yahoo.com
    WhatsApp +1 (915) 320- 3164

    BalasHapus
  14. Cara Mendapatkan Kartu Atm Blank yang Urgent .... selama bertahun-tahun saya sangat miskin, frustrasi dan patah hati.
    saya kehilangan pekerjaan saya dan tidak ada yang bahkan siap untuk membantu saya, tapi sangat beruntung bagi saya, saya mendapatkan kartu ATM kosong dari seorang hacker profesional, saya pikir kartu ini tidak akan berfungsi seperti yang lain, tapi saya hanya mencobanya dan bekerja dengan baik. keren seperti sihir, dan saya bisa menarik cukup uang dengan kartu ATM kosong ini tanpa penyumbatan apapun.
    Saya sangat diberkati untuk memiliki kartu ini dengan saya, saya sering melakukan penarikan dan saya sangat kaya sekarang.
    jika Anda memerlukan kartu ATM nyata kosong untuk membantu Anda mengatasi masalah pendapatan Anda, hubungi peretas yang baik ini di emailnya rickatmcardoffer@gmail.com atau whataspp_number +2348108409977.
    maka Anda akan menikmati apa yang saya nikmati sekarang.
    ThanK Tuhan untuk hidup.

    BalasHapus
  15. SELAMAT SIANG,

    Penawaran pinjaman yang dapat dipercaya berlaku sekarang dan dapatkan pinjaman !!! Ini adalah kesempatan
    bagi mereka yang dalam masalah keuangan dan mereka yang menginginkan gejolak keuangan di
    Hidup mereka, kami memberi kredit dengan suku bunga 2% sangat wajar, kami berikan
    semua jenis pinjaman untuk membantu bangsa mengalami tekanan keuangan. Banyak yang
    menderita dan membutuhkan bantuan untuk memperbaiki taraf hidup mereka, banyak yang keluar
    kerja dan butuh bantuan keuangan untuk memulai bisnis, banyak dari segi finansial
    bantuan perlu membersihkan rekening dan hutang mereka. Ini adalah keputusan yang bijak
    untukmu sekarang Penawaran pinjaman kami dijamin berarti tidak ada jaminan di
    pertanyaan. Sebagai pemohon pinjaman Anda meminta pinjaman dengan rinciannya
    kontak saya di bawah Nama: John E-mail (mrjohnrobertloanfirm@gmail.com) whatsapp +2349051288172

    BalasHapus
  16. Kami mengkhususkan diri dalam layanan keuangan, menawarkan pinjaman lokal / internasional, menyediakan opsi pinjaman aman dan tidak aman kepada individu dan badan yang bekerja sama dengan suku bunga pinjaman yang sangat kompetitif dan persyaratan yang fleksibel untuk memenuhi keadaan keuangan apa pun. Tidak masalah jika Anda memiliki skor kredit yang buruk, kami masih dapat menyediakan uang tunai cepat untuk Anda yang tidak terduga Hubungi kami sekarang untuk Pinjaman cepat dan terjangkau yang sesuai dengan semua anggaran dan persyaratan: socialfinancelimited8@gmail.com

    BalasHapus
  17. Kami mengkhususkan diri dalam layanan keuangan, menawarkan pinjaman lokal / internasional, menyediakan opsi pinjaman aman dan tidak aman kepada individu dan badan yang bekerja sama dengan suku bunga pinjaman yang sangat kompetitif dan persyaratan yang fleksibel untuk memenuhi keadaan keuangan apa pun. Tidak masalah jika Anda memiliki skor kredit yang buruk, kami masih dapat menyediakan uang tunai cepat untuk Anda yang tidak terduga Hubungi kami sekarang untuk Pinjaman cepat dan terjangkau yang sesuai dengan semua anggaran dan persyaratan: socialfinancelimited8@gmail.com

    BalasHapus
  18. We are project funder as well as financial lender,We have BG/SBLC, specifically for BUY/LEASE at a leasing price value Issuance by HSBC London and other 25 top AA rated Bank in Europe, Middle East or USA. We also secure funding.

    Our BG/SBLC Financing can help you get your project funded, loan financing, please let me know if you are interested in any of our services, by providing you with yearly renewable leased bank instruments. We work directly with issuing bank lease providers, this Instrument can be monetized on your behalf for 100% funding.

    FOR LEASING OF BG/SBLC
    MINIMUM FACE VALUE OF BG/SBLC = EUR/USD 1M
    LEASING FEE = 4%+1%

    FOR PURCHASE OF FRESH CUT BG/SBLC
    PRICE = 32%+1%
    MINIMUM FACE VALUE OF BG/SBLC = EUR/USD 1M

    Intermediaries/Consultants/Brokers are welcome to bring their clients and are 100% protected. In complete confidence, we will work together for the benefits of all parties involved.

    Contact : Mr. Raymond Doison
    Contact Email: crusaderbroker.bgassurance@gmail.com
    skype:crusaderbroker.bgassurance@gmail.com

    BalasHapus
  19. Kami boleh membantu anda dengan pinjaman tulen untuk memenuhi keperluan anda.
    Adakah anda memerlukan pinjaman peribadi atau perniagaan tanpa tekanan dan kelulusan cepat?
    Adakah anda memerlukan pinjaman segera hari ini? Tiada Pemeriksaan Kredit

    * KELULUSAN PINJAMAN PADA 60MINS !!
    * PEMULANGAN HARI SEMUA JAMINAN !!
    * 100% KADAR KELULUSAN !!
    * KADAR FAEDAH RENDAH PADA 2% !!


    Hubungi kami untuk maklumat lanjut tentang tawaran pinjaman dan kami akan menyelesaikannya
    masalah kewangan. hubungi kami melalui e-mel:

    charitykings2@gmail.com

    BalasHapus
  20. Keajaiban tidak akan pernah berakhir, saya berdoa untuk allah untuk memberkati Nyonya Esther Patrick, saya kehilangan Ewita warga negara Indonesia, saya tinggal di JL.kutisari selatan geng ekonomi No. 13-G, Indonesia. Ibu saya mengatakan kepada saya bahwa dia akan melalui internet dan datang ke publikasi Nyonya Esther Patrick, mengatakan bahwa fasilitas kredit telah memberinya pinjaman kepada masyarakat umum dengan suku bunga sangat rendah 2% persen, Anda dapat menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com].

    Jadi, saya memberi tahu teman saya tentang pandangan meminjam dari Nyonya Esther Patrick, dan dia mengatakan dia tidak akan memberi tahu saya bahwa saya tidak meminjam dari Nyonya Esther Patrick, tetapi saya perlu meminjamkan sejumlah kecil untuk memeriksa apakah perusahaannya adalah perusahaan.

    Jadi, saya bertindak atas sarannya dan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com] yang diposkan oleh ibu saya, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp200.000.000. Nyonya Esther Patrick menanggapi saya dan mengirimi saya semua syarat dan ketentuan perusahaannya yang saya baca dan saya menyetujui persyaratannya.
    Setelah persetujuan permohonan pinjaman, saya menerima pemberitahuan dari bank saya bahwa jumlah Rp200.000.000 dikreditkan ke rekening bank saya dari perusahaan Nyonya Esther Patrick.

    Saya sangat senang dan berbagi kabar baik dengan ibu saya dan teman saya yang menyarankan saya untuk terus maju.
    Ia menyelesaikan pembayaran kembali pinjaman tersebut pada 07 Juli 2018, dan saya meminta sejumlah Rp550.000.000 yang juga saya terima di rekening bank saya setelah prosedur itu dilakukan.

    Jadi, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk memberi tahu siapa saja yang mencari pemberi pinjaman pribadi di Internet yang pasti akan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui e-mail {ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM}
    Anda dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan bantuan atau Anda ingin bertanya tentang bagaimana saya mendapat pinjaman.
    Ini email saya: [ewitayuda1@gmail.com]
    Terima kasih, pengikut saya

    BalasHapus
  21. Saya Devina dari indonesia di Surabaya, saya mengabdikan waktu saya di sini karena janji yang saya buat untuk Nyonya Elizabeth yang kebetulan merupakan pemberi pinjaman online dari perusahaan pinjaman Elizabeth dan saya berdoa kepada ALLAH agar dia dapat melihat posting saya pada hari ini.

     Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar diposting oleh seorang wanita bernama Arnah dan bagaimana dia telah ditipu meminta pinjaman online dari Dr James Mowat, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Nyonya Elizabeth dan Nyonya Elizabeth meminjamkan Rp250.000.000 tanpa stres dan penundaan, tolong jangan hubungi Dr. James Mowat melalui email: jamesmowatloanfirm@gmail.com untuk menghindari menjadi korban penipuan.

    Saya memutuskan untuk menghubungi Arnah untuk mengkonfirmasi apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari Nyonya Elizabeth, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Nyonya Elizabeth saya bersikeras bahwa dia harus tolong beri tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan itu sangat mudah tentang bagaimana mengajukan permohonan pinjaman dari Nyonya Elizabeth yang perlu saya lakukan adalah menghubungi dia, mengisi formulir aplikasi mengirimnya kembali, mengirim salinan pindaian kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya . lalu saya bertanya padanya bagaimana Anda mendapat pinjaman? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, itu sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Nyonya Elizabeth dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untungnya bagi saya saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya berhasil disetujui tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta untuk membuat janji untuk membagikan kabar baik Nyonya Elizabeth dan itu adalah mengapa Anda melihat posting ini hari ini. untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan dari 150,000,000 Rupiah. Jadi saya menyarankan setiap orang yang mencari sumber yang dapat dipercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Nyonya Elizabeth melalui Email: elizabethchristopherloan@gmail.com untuk pinjaman aman Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya : devinairf128@gmail.com atau Anda juga dapat menghubungi Arnah di arnahnana01@gmail.com. Saya percaya satu giliran yang baik layak mendapat yang lain.

    BalasHapus
  22. Message From "D Rupiah Lord"

    Official {CREDIT UNION DAYA LESTARI} an affiliate of
    { ISKANDAR LESTARI KREDIT PERSATUAN}

    Jika Anda berpikir Anda sudah memiliki cukup dari perusahaan pinjaman online karena Anda telah ditipu sebelum Anda berbohong karena akhir dari kesulitan keuangan Anda memang berakhir sebagai pemberi pinjaman yang akan mengakhiri kekeringan finansial Anda dan kelaparan di sini karena mereka menawarkan pinjaman yang dirancang untuk membawa terobosan keuangan kepada Anda teman-teman keluarga Anda dan tentu saja organisasi Anda karena jumlah terendah yang dipinjamkan adalah Rp30.000.000,00 jika Anda berasal dari Indonesia dan juga Anda dapat mengajukan pinjaman sebesar Miliaran dan juga dengan bunga rendah semua menawarkan untuk mengekang ekses kemiskinan dan kesulitan keuangan karena kami memiliki banyak dan banyak klien dan pelanggan di INDONESIA, MALAYSIA, BANGLADESH, UK, USA dan negara-negara ASIA, EROPA lainnya harap tidak ditinggalkan dalam kereta yang sedang bergerak
       Sebagai Tuhan Rupiah saya dapat membuktikan fakta bahwa saya benar-benar mendapat pinjaman dari Ibu dan saya dapat memberitahu Anda bahwa prosesnya sangat fleksibel, transaksi stabil karena saya bermaksud untuk menghadirkan
    Data pribadi
    KTP
    Nomor rekening bank
    Pernyataan Akun saya untuk mendeteksi jumlah yang dapat diakomodasi akun saya
      Dan juga saya dibuktikan oleh Manajemen serta Direksi, seorang pemohon yang tidak pailit sebelum pinjaman saya disetujui
       Harap jangan meragukan saya karena saya memiliki bukti transfer yang dibuat dan saya akan mengungkapkannya hanya kepada pelamar yang serius
     ini adalah mata uang yang mereka perdagangkan {€, IDR, ₲, RM, $, Kč, £, R $, ₩, ¥, zł, R $} semua ini dan banyak lainnya
       Yang harus Anda lakukan hanyalah untuk menghubungi Ibu melalui alamat kontak di bawah ini
    BBM INVITE: {D8980E0B}
    WhatsApp Only :::: {+ 33753893351}
    Gmail: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
    https://www.facebook.com/iskandar.lesteri.7
    Situs web {iskandarlestari.wordpress.com}

    BalasHapus
  23. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^