Sabtu, 02 Juni 2018

Sempurnakan Tampilan Website Kamu Dengan Canva

Dama Vara, narsum workshop

Setelah beberapa workshop blogger terlewati karena terlambat mendaftar dan jadwal yang kurang pas (bentrok) dengan kesibukan ibu rumah tangga, akhirnya saya berkesempatan untuk mendaftar workshop yang digelar oleh Komunitas Indonesia Social Blogpreneur (ISB) pada Hari Minggu 27 Mei 2018 lalu di Pizza Hut, Gatot Subroto Jakarta. Acara workshop sekaligus blogger gathering ini mengambil tema "Easy Steps To The Perfect Website Layout" jadi di sore hari menjelang buka puasa, kita akan belajar bagaimana membuat tampilan website kita kece dan enak dilihat oleh pembaca. 

"Banyak orang berilmu tetapi sedikit orang yang mau berbagi ilmu" kalimat Teh Ani Berta (Founder ISB) spontan membuat saya setuju karena sebagai blogger newbie saya memang masih harus banyak belajar sehingga sering bertanya kepada para senior, alhamdulillah banyak yang selalu siap membantu meskipun masih sedikit yang "pelit ilmu".
Saya sangat kagum dengan narasumber workshop ISB kali ini karena selain masih muda, Dama Vara juga pernah diundang ke Texas, USA untuk mengikuti workshop tentang IT dan desain bersama Mozilla.


Berdasarkan pengalaman itulah Dama Vara ingin berbagi ilmunya tentang bagaimana membuat tampilan blog menjadi "lebih hidup" dengan langkah mudah. Sebelum memasuki materi, Dama Vara menyampaikan bahwa dalam sebuah desain diperlukan Persona. Yang dimaksud Persona disini adalah tipe customer yang ingin dipenuhi kebutuhannya dari desain yang kita buat.


Teh Ani Berta (Founder ISB)

Persona dibagi menjadi 2 yaitu primer dan sekunder, contohnya pada sebuah desain Curb Cut pada trotoar, persona primer di studi kasus ini adalah jalur khusus untuk kursi roda sedangkan persona sekundernya adalah trotoar/sarana penyeberangan jalan.

Korelasi persona dan blog dilihat dari kategori pembaca dimana tipe pembaca juga terbagi dua yaitu primer dan sekunder. Contohnya pada postingan blog tentang travelling,  kategori pembaca primer adalah anak muda kekinian yang sedang punya hobi travelling tetapi harus menabung dulu agar tercapai dan pembaca sekunder adalah orang-orang yang ingin travelling tetapi masih ragu-ragu karena harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit.
Agar pembaca mendapat referensi lebih banyak, tambahkan link "baca juga" atau "You might also like" pada tulisan kita.


Easy Steps To The Perfect Website Layout

Di workshop kali ini Dama Vara mengajak kita untuk membuat tampilan website lebih sempurna dengan aplikasi Canva, selain penggunaannya lebih mudah dari photoshop, Canva juga bisa digunakan melalui smartphone. Desain yang baik berfungsi untuk, mempermudah pembaca memahami isi tulisan serta memperpendek durasi proses pemahaman informasi pada blog

Dama Vara merekomendasikan Etsy.com untuk memilih tema, Etsy adalah aplikasi berbayar melalui paypall denga harga terjangkau. Bagaimana dengan pilihan gambar yang bagus tetapi free download? Kita bisa menggunakan Pexels.com. 

Aplikasi Canva

Tips selanjutnya adalah penggunaan font dekoratif pada judul tulisan juga perlu diperhatikan. Judul akan lebih jelas terbaca jika menggunakan non dekoratif font, font dekoratif  sebaiknya digunakan untuk satu kata saja diletakkan pada poster atau Quote. Biar enggak penasaran saya dan para teman-teman blogger diajak mempraktekan langsung pembuatan layout dengan menggunakan Canva.

Contoh Font Dekoratif dan Non Dekoratif

Workshop dan blogger gathering ini terselenggara berkat kerjasama Komunitas ISB  dan CNI. Gusti Alendra dari CNI menjelaskan bagaimana mempersiapkan diri kita untuk dapat income lebih dengan memanfaatkan dunia digital. Karena pesatnya pertumbuhan di era digital sejak tahun 2012 CNI mulai memasarkan produknya melalui Gerai CNI.com
Seiring berjalannya waktu bisnis MLM (Multi Level Marketing) ini terus mengembangkan produk-produk berkualitas hingga mampu bersaing dengan kompetitornya. CNI juga membuka kesempatan untuk para blogger yang  ingin serius berbisnis di CNI. Bagi yang belum sempat ikutan workshop kali ini, pantengin terus sosial media Indonesia Social Blogpreneur (ISB).


Gusti Alendra (CNI) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^