Kamis, 02 Agustus 2018

Aplikasi Halodoc Membantu Saya Menjaga Kesehatan Fisik Dan Psikis Anak


Siang itu saya seperti disentil saat mendengar paparan seorang dokter di sebuah acara talkshow yang membahas tentang perilaku psikis anak. Belum lagi saat menonton video yang diputar oleh sang dokter. Saya lebih banyak diam dan mencerna semua yang disampaikan oleh sang dokter, perasaan pun berkecamuk antara rasa bersalah dan rasa tak percaya karena dokter seperti bisa membaca pikiran dan kelakuan saya dirumah.

Sebagai Mom saya sering marah saat anak saya lupa meletakkan sepatu pada tempatnya, padahal itu masalah sepele yang bisa kita sampaikan baik-baik bahkan saya sering memaksa anak saya mengikuti kemauan saya. Misalnya saat kakak Aira ingin ikut ekstrakurikuler Seni Tari, saya malah menyuruh Aira untuk bergabung dengan grup vokal paduan suara padahal passion dia bukan disitu karena setiap jadwal latihan langkah kakinya terlihat sangat berat, tak ada semangat saat bersama teman-temannya. Berbeda dengan saat Aira mulai ikut Seni Tari, dia lebih semangat bahkan sudah dua kali pentas selama 1 (satu) bulan bergabung.




Hal-hal tersebut diatas dan masih banyak alasan lain kenapa saya hadir di acara Blogger Gathering bersama Halodoc dan Komunitas MomBlogger Community (MBC) salah satu komunitas blogger yang juga peduli terhadap problematika para Mom tentang tumbuh kembang anak.

Dr.Tjhin Wiguna Sp.KJ seorang psikiater spesialis anak dan remaja di RSCM, hadir sebagai narasumber Talkshow yang digelar oleh Halodoc dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional di Paradigma Cafe Hari Selasa 31 July 2018 lalu. Melalui acara Blogger Gathering dengan tema "Tips Menjaga Psikis Anak Sejak Dini" ini Halodoc mengajak para orangtua untuk lebih memperhatikan kesehatan anak misalnya pertumbuhan fisik bisa didorong dengan makanan sehat dan bergizi. Penting untuk anak untuk tumbuh dengan baik agar bisa menjadi penerus bangsa yang sehat secara fisik dan mental di kemudian hari.


(KI-KA) Dr.Tjhin Wiguna Sp.KJ, Ferdinand (MC)

Semua orangtua tentu menginginkan anaknya tumbuh dengan baik secara fisik maupun psikis atau mental, namun masih banyak orangtua yang fokus terhadap pertumbuhan anak secara fisik saja dan tidak memperhatikan perilaku psikis anak. Padahal pembentukan perilaku psikis anak adalah pondasi bagi tumbuh kembang si anak dilingkungan sosialnya. 

Penting bagi kita sebagai orangtua untuk mencerminkan perilaku yang positif karena kita role model bagi anak, apapun yang dilakukan oleh kita akan ditiru oleh anak, karena mereka peniru ulung. Contoh kecil yang terjadi sehari-hari dirumah adalah ketika waktunya makan malam bersama di meja makan, semua masih sibuk pegang gadgetnya. Padahal moment makan malam bersama keluarga adalah waktu yang tepat untuk berbagi cerita ataupun bertukar pikiran.

Berdasarkan survey dari 1176 orang menemukan bahwa dua pertiga dari orang dewasa percaya bahwa nilai moral dari anak telah menurun cukup banyak sejak saat mereka masih muda.

Hal ini tentunya sangat memprihatinkan, untuk itu Dr.Tjhin Wiguna Sp.KJ menyampaikan bahwa "Peran orantua sangatlah penting dalam perkembangan karakter dan moral anak. Seorang anak biasanya mencari panutan dalam membentuk bahasa, perilaku, dan sikap mereka. Sebagai orangtua penting untuk memastikan bahwa bahasa, sikap, perilaku mereka dapat menjadi panutan yang positif bagi anak"



Beberapa tips yang harus dilakukan oleh para orangtua menurut Dr.Tjhin Wiguna Sp.KJ adalah :

1. Bantu anak menemukan panutan dalam bidang yang disukai. Misalnya saat anak menyukai dunia seni, dukung dia dengan menemaninya saat beraktfitas atau kenalkan dia lebih banyak pada dunia seni. 

2. Bicara dengan anak tentang orang-orang yang telah bekerja untuk membuat perubahan positif dalam kehidupan atau disekitar mereka. Hal ini bisa dilakukan dengan menerangkan sosok yang ada disekeliling mereka misalnya Ibu atau bapak guru

3. Orangtua berusaha melingkupi rumah tangga dengan suasana keagamaan, kenalkan si kecil pada Tuhannya sejak dini, ajak mereka beribadah bersama

4. Beri pujian, ketika kita melihat sikap, perilaku dan bahasa yang positif

4. Semangati anak anda untuk selalu bersikap dan berprilaku positif

5. Mengembangkan empati pada anak, misalnya mengajak mereka menjenguk orang sakit

6. Mengingatkan serta memberi contoh bagimana menjalankan tata krama dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya ; memberi salam, menolong orang lain, bertanggung jawab dan bersyukur.  Termasuk mengajarkan kata Terimakasih, Maaf dan Tolong

So mulai sekarang kurang-kurangin deh memberi pengaruh emosional yang buruk pada anak karena kita tentunya menginginkan anak kita tumbuh menjadi anak GENIUS (Gesit, Empati, BeraNI, Unggul, Sehat) selain faktor nutrisi dan stimulasi kita juga harus bisa menjaga menjaga fisik dan psikis anak agar tumbuh menjadi pribadi yang baik juga sehat. 

Oiya kita juga bisa berkonsultasi lebih banyak tentang tumbuh kembang anak ke Psikiater melalui fitur Hubungi Dokter di aplikasi Halodoc, enggak perlu keluar rumah, cukup buka smartphone anda, unduh aplikasinya di Google Playstore dan nikmati berbagai layanannya sambil santai dirumah.

Dimanapun Jadi Lebih Mudah Dengan Halodoc


Untuk mengenal lebih jauh tentang aplikasi kesehatan nomor 1 di Indonesia ini Mba Nana dari Halodoc menyampaikan bahwa "Halodoc merupakan aplikasi kesehatan terpadu berbasis online yang memberikan solusi kesehatan lengkap terpercaya dalam memenuhi kebutuhan kesehatan bagi pengguna". 


Mba Nana dari Halodoc

3 Fitur Utama Halodoc :

1. Hubungi dokter, layanan yang memfasilitasi para pengguna untuk berinteraksi secara langsung dengan ribuan dokter melalui voice call, video call atau chat. Pengguna Halodoc dapat berkonsultasi langsung dengan dokter melalui chat, voice call dan video call. Aplikasi Halodoc memiliki tim medis mulai dari dokter umum, spesialis anak, internis, hingga spesialis mata yang online 24 jam



2. Pharmacy Delivery, fitur layanan apotek antar 24 jam yang bebas biaya pengantaran. Para ibu dapat memesan obat ( suplemen, vitamin dan obat dengan resep dokter ) langsung melalui fitur ini. Halodoc bekerjasama dengan ojek online untuk proses pengantaran



3. Lab Service, layanan pengecekan kesehatan yang bekerjasama dengan Prodia, fitur ini memungkinkan petugas lab untuk datang kerumah atau ke kantor dan melakukan pengecekan kesehatan seperti cek darah, ataupun urine. Ada beberapa piihan paket yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan dan bagi calon pengantin yang akan melakukan tes sebelum prosesi pernikahan, Halodoc menyediakan Premarital Tes untuk calon pengantin pria dan juga wanita. Hasilnya pengecekan bisa dilihat melalui aplikasi Halodoc. Saat ini fitur Lab Services dapat dimanfaatkan oleh pengguna sekitar Jakarta Pusat dan Selatan



Pas banget kan aplikasi ini untuk para Mom yang sibuk atau tidak sempat berbelanja keperluan si kecil seperti diapers, minyak kayu putih, susu formula sampai perintilan si kecil lainnya. Sambil bermain bermain dengan si kecil dirumah, barang yang kita inginkan langsung diantar kerumah dalam waktu kurang lebih 1 jam dan tanpa ongkos kirim.

Beberapa kerabat saya yang berada di kota Surabaya juga sering mengandalkan layanan antar ini karena tidak sempat keluar kantor. Sama seperti saya, mereka juga merasa bersyukur dengan berbagai kemudahan yang diberikan oleh Halodoc


MomBlogger Community di Acara Blogger Gathering Halodoc

Jangan lupa Mom kunjungi juga Website  www.halodoc.com dan Instagram @halodoc karena banyak informasi menarik dan juga hadiah seru yang sering dibagikan disana. Terimakasih yang sebesar-besarnya untuk MomBlogger Community buat acara seru dan bertabur ilmu bermanfaat bagi para Mom.

#HalodocHariAnak #PakeHaloDoc #HaloDocxMBC

4 komentar:

  1. Aplikasi Halodoc memang praktis ya Mbak...Apalagi hari gini keman-mana macet belum lagi musti antre dokter, apotik atau labnya...Wah, benar-benar membantu halodoc ini :)

    BalasHapus
  2. HaloDoc memang sangat membantu ibu ya mba..tanoa perlu keluar rumah kita bisa konsultasi sama dokter gak perlu antri ke rumah sakit y mbaa ..makasih tulisannya mba

    BalasHapus
  3. Ga mau ribet dan ngantri ke dokter, halodoc solusinya, lenfkap tibggal klik, enak ya mbak. Hehe

    BalasHapus
  4. Itu keinginan emaknya kayaknya nih ikut paduan suara :D
    materinya penting banget ya karena kesehatan psikis sama pentingnya dengan kesehatan fisik.

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^