Senin, 18 Februari 2019

Cari Kantong Stoma? Yuk Ke Yayasan Kanker Indonesia

Kantong Stoma

Assalamualaikum teman-teman, masih ingat kan dengan tulisan saya di bulan lalu tentang penyakit Tumor Buli-Buli (Carsinoma Buli) yang diderita bapak saya selama setahun belakangan ini? Kalo lupa ini lho linknya 
Ketika Bapak Divonis Tumor Buli

Tindakan operasi pengangkatan kantong kemih akhirnya menjadi pilihan terakhir agar sel kanker tidak menyebar hingga ke organ tubuh yang lain. Bukan hanya itu, saluran pembuangan urine bapak juga dialihkan melalui usus halus dan dikeluarkan lewat sebuah lubang kecil di dinding perut sebelah kanan, dalam bidang urologi tindakan medis ini dikenal dengan nama Urostomy. 

Untuk menampung urine yang keluar melalui lubang kecil tersebut, bapak harus menempelkan sebuah kantong khusus yang disebut dengan Urostomy bag/stoma bag. Kantong inilah yang sempat membuat kami harus keliling Jakarta untuk mendapatkannya. Saya sempat bertanya pada pegawai Apotek tentang langkanya barang ini, katanya sih orang-orang yang menggunakan stoma bag mungkin masih minim dan harganya juga lumayan mahal. Makanya tidak semua Apotek dan toko obat menyediakannya.

Dari sekian banyak Apotek dan toko obat yang kami datangi di wilayah Cibubur, Ciracas hingga Pondok Gede hanya ada 1 (satu) tempat yang menyediakan kantong stoma yaitu Apotek di dekat Pasar Cibubur. Di Apotek tersebut hanya menyediakan 1 (satu) jenis model dengan merk Holiscare, harganya 45 ribuan/kantong tanpa penjepit dan untuk penjepit kantong stoma bisa dapatkan dengan harga 12 ribu/pcs


Source by Google

Di minggu pertama pemakaian (pasca operasi), saya sempat memanggil tenaga medis kerumah untuk memasang kantong stoma bapak 
karena khawatir terjadi kesalahan atau posisinya kurang tepat. Saya juga pernah melarikan bapak ke IGD karena terjadi kebocoran berkali-kali, selain takut menjadi infeksi, kebayang kan jika dalam sehari terjadi  3x kebocoran kantong stoma tersebut, berarti budget yang harus keluar adalah 3 x Rp.45.000 = Rp.135.000.

Untuk meminimalisir pengeluaran, akhirnya saya dan suami bergerilya ke daerah Jakarta Pusat hingga Jakarta Selatan untuk mencari kantong stoma yang harganya jauh lebih murah. Setiap Apotek yang kami lewati tak punya stok kantong stoma dengan kualitas baik, yang ada mirip dengan kantong gula alias plastik bening. 

Pemberhentian kami terakhir adalah Pasar Burung Pramuka, Jakarta Pusat dan Alhamdulillah hampir semua toko alat kesehatan disini menjual stoma bag, dari yang harganya 30 ribu, 35 ribu hingga 45 ribu, tetapi pembeliannya minimal 10 kantong dengan bonus 1 buah penjepitnya. Akhirnya saya membeli stoma bag yang harganya 30ribu/pcs sebanyak 10 pcs totalnya jadi 300 ribu plus bonus 1 buah penjepit. 

Saya juga pernah membeli Stoma bag lewat e-commerce tetapi tidak sesuai dengan kebutuhan dan harganya sekitar 80 ribuan. Mahal ya bo...Setiap hari saya dan keluarga terus belajar dan belajar memasang kantong stoma dengan baik di perut bapak agar tidak cepat bocor. Merawat usus dan selang yang ada di lubang agar tetap bersih dan terhindar dari infeksi. Bapak bisa beraktivitas seperti biasa ketika tidak terjadi kebocoran. 

Lubang Ostoma
Source by Google
Saya juga belajar banyak dari perawat dan dokter saat berkonsultasi ke Rumah Sakit tentang beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum memasang kantong stoma 
1. Pastikan kulit yang akan ditempelkan stoma bag dalam keadaan kering (tidak basah)
2. Pilih ukuran lubang stoma dan gunting sesuai ukuran misalnya untuk bapak saya 30mm
3. Ketika perekat dibuka, usahakan langsung di tempel.
4. Jangan lupa masukkan dua buah selang kecilnya agar tidak terjadi kebocoran
5. Pastikan posisi kantong stoma tepat dan ganti kantong secara rutin supaya tidak menimbukan infeksi

Jika kelima hal tersebut saya lakukan dengan benar, InshaAllah kantong stoma yang bapak pakai bisa awet hingga 3-5 hari asalkan setiap 1-2 jam sekali, urine yang memenuhi kantong tersebut segera dibuang. Oiya kantong stoma ini juga bisa didapatkan di Rumah Sakit tempat bapak kontrol dengan meminta resep dari dokter, sayangnya Rumah Sakit hanya memberikan 2 kantong saja dan itupun kualitasnya tidak sebagus yang saya beli di Pasar Pramuka.



Sebenarnya saya penasaran dengan kantong stoma yang pertama kali dipakai oleh bapak, bentuknya simpel dan mudah dalam penggunaan, kantong itu digunakan bapak saat keluar dari ruang operasi hingga 7 (tujuh) hari setelahnya tanpa kendala atau kebocoran. Saking penasarannya saya sampai menghubungi dokter yang mengoperasi bapak di Rumah Sakit Persahabatan untuk menanyakan dimana saya bisa mendapatkan kantong tersebut?

Jawaban dokter spesialis Urologi itu akhirnya mengantarkan saya ke Yayasan Kanker Indonesia, sebuah tempat yang seringkali saya lewati di daerah Menteng namun belum pernah saya mampiri. Apa yang dikatakan pak dokter ternyata benar, pasien penderita kanker dan tumor pengguna stoma bag bisa mendapatkan kantong stoma di YKI secara free asal mendaftar dulu sebagai anggota dan melengkapi persyaratannya. 


Persayaratan Pengambilan Bantuan Kantong Stoma di Yayasan Kanker Indonesia


  1. Melakukan pendaftaran dan membayar biaya administrasi sekali saja (Rp.15.000)
  2. Membawa fotocoy KTP, Kartu Keluarga dan BPJS
  3. Membawa surat pengantar dari dokter yang menyatakan bahwa pasien membutuhkan kantong stoma sekaligus mencantumkan ukurannya
  4. Membawa surat pengantar dari Kelurahan yang menyatakan bahwa yang bersangkutan membutuhkan kantong stoma dan harus diperbaharui setiap tahunnya
  5. Membuat foto diri di YKI Pusat
  6. Wajib hadir di YKI 3 bulan sekali
  7. Memberikan sumbangan minimal Rp.50.000
  8. Pengambilan kantong bantuan hanya 1 bulan sekali ( 8pcs )


Bagaimana dengan mereka yang berada di luar kota? semua persyaratan dari nomor 1-5 tetap sama yang membedakan hanya kewajiban hadir di YKI hanya 1 (satu) tahun sekali dan pembayaran iuran sumbangan dilakukan melalui transfer ke Rekening  Yayasan Kanker Indonesia sebelum kantong stoma tersebut dikirimkan.

Pengambilan bantuan kantong stoma hanya bisa dilakukan pada hari Selasa dan Kamis mulai pukul 10.00-14.00 di lantai 2 Gedung Yayasan Kanker Indonesia, selain bantuan kantong stoma YKI juga memberikan edukasi dan konsultasi perawatan kantong stoma di hari Kamis, untuk kelas edukatif ini pasien atau anggota keluarga hanya perlu membayar biaya administrasi sebesar 65 ribu saja.


Gedung YKI Menteng
Tanggal 17 Februari 2019 kemarin genap dua bulan bapak menggunakan kantong stoma (stoma bag) di perutnya dan Alhamdulillah dia sudah mahir membuka dan memasang sendiri kantong stoma tersebut saat bocor atau sudah waktunya diganti. Bapak juga masih bisa beraktifitas normal seperti sebelumnya misalnya mengendarai mobil dan motor, pergi ke masjid untuk beribadah dan berkunjung ke rumah teman atau saudaranya.

Bulan ini juga kali kedua saya mewakili bapak mengambil kantong stoma di Yayasan Kanker Indonesia.  Setiap kali menunggu antrian saya selalu sempatkan ngobrol dengan para survivor kanker yang sedang menjalani kemoterapi dan juga pengobatan lainnya di tempat ini. 

Saya sangat terkejut ketika mengetahui bahwa penderita kanker seperti mereka justru lebih memiliki semangat hidup yang tinggi bahkan seorang wanita di hadapan saya sudah 15 tahun menggunakan kantong stoma/kolostomi di perut bagian kiri akibat kanker usus besar yang dideritanya, dia juga harus membuang fesesnya dan membersihkannya setiap 2-3 jam sekali dari kantong tersebut. 

Melihat kondisi sang ibu dan survivor kanker lainnya di YKI, saya jadi makin bersyukur karena diberi kesehatan oleh Allah untuk menjaga dan merawat bapak agar tetap sehat meskipun hidup dengan kantong stoma di tubuhnya. Buat kalian yang butuh bantuan kantong stoma, ini loh alamatnya 


Yayasan Kanker Indonesia ( YKI PUSAT)

Jl. Sam Ratulagi no.35 Menteng, Jakarta
Apotek : (021) 3920568
Klinik : (021) 31927464
Sekretariat : 3152603

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^