Sambut Hari Kesehatan Nasional Ke-55, Kemenkes RI Gelar Acara Healthies Run 5K

Runner Squad BloggerCrony

Assalamualaikum teman-teman...

Siapa nih yang masih suka Mager (Males Gerak) saat akhir pekan tiba? apalagi setelah beraktivitas penuh sejak hari Senin hingga Sabtu, rasanya mager di hari Minggu menjadi sebuah hal biasa, waktu bangun tidur menjadi agak siang lalu bisa menikmati siaran TV Kabel seharian sambil makan cemilan yang mengandung micin tanpa mandi pagi...Kelakuan saya banget nih dulu, tapi sekarang...menjalankan pola hidup sehat mulai saya lakukan bersama keluarga ketika berbagai Penyakit Tidak Menular (PTM) bermunculan dan menjadi pembunuh nomor 1 tanpa memandang usia.

Karena itulah guys..., meskipun sedang menikmati akhir pekan, saya berusaha untuk tetap produktif artinya harus tetap melakukan aktivitas fisik selama 30 menit, mandi 2x sehari dan melaksanakan kegiatan lainnya dirumah dan dilingkungan sekitar termasuk kegiatan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi sesuai pedoman Isi Piringku, yaitu terdiri dari makanan pokok, lauk-pauk, sayuran dan buah-buahan.

Baca juga : Temukan Pangan Aman Sehat Disekitarmu Dengan Aplikasi GERMAS PAS

Ketika anak-anak mulai pandai bersepeda dan berenang, Minggu pagi kami pun terasa lebih produktif karena dihabiskan untuk berolahraga bersama walaupun hanya naik sepeda berkeliling komplek dan berenang di Sport Club terdekat. Yang penting jangan mager dirumah. Lalu bagaimana dengan olahraga lari? belum pernah coba lagi sih setelah lulus kuliah, tapi boleh juga dicoba kalau ada event lari ramean bareng teman-teman, pasti seru banget.


Bergerak Aktif Di Event Healthies Run 5K 


Seperti Minggu pagi kemarin nih, terasa makin produktif karena saya bisa ngumpul bareng teman-teman dari Komunitas BloggerCrony sepagi itu demi untuk bergerak aktif dan meramaikan event Healthies Run 5K yang digagas oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada 6 Oktober 2019. Kesempatan ini tentunya tidak akan kami lewatkan apalagi pendaftarannya tidak dipungut biaya alias GRATIS dan siapapun bisa ikut berpartisipasi.

Tepat pukul 05.00 pagi para peserta event 
Healthies Run 5K sudah tiba di Gedung Kementerian Kesehatan yang berlokasi di kawasan Kuningan Jakarta Selatan, bagi yang ingin memeriksakan kesehatannya, ada Booth Health Check untuk memeriksa tekanan darah. Ketika melihat antrian yang tidak begitu panjang, saya langsung melipir untuk memeriksakan diri, hasilnya  tekanan darah saya normal dan saya boleh ikut berlari. 

Di area tengah venue terdapat peta rute yang akan kita lewati nantinya, kebanyang dong seperti apa keseruannya karena kita bakalan lari bareng lebih dari 500 an peserta dari segala jenis usia. Outfit yang digunakan oleh para runner adalah T-shirt berwarna hijau dan nomor dada, namun jika ingin ikut serta dalam kompetisi kostum terunik, boleh di mix n match agar sesuai.



Rute yang akan ditempuh para pelari
Doc : Sosmed Kemenkes RI

Sebelum lomba lari dimulai, para peserta diajak untuk melakukan pemanasan dan peregangan dengan gerakan-gerakan ringan oleh instruktur yang berada di depan garis START. Setelah itu, kami mendengarkan sambutan dari Ibu Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek, yang menyampaikan bahwa event 5K Healthies Run ini digelar dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang jatuh pada 12 November mendatang, sekaligus untuk mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Teman-teman udah tau kan apa itu GERMAS? GERMAS adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk mengajak masyarakat agar memiliki budaya hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan atau perilaku yang kurang sehat. Kegiatan GERMAS meliputi banyak hal terkait kesehatan fisik, pangan sehat dan perbaikan gizi, peningkatan kualitas lingkungan serta edukasi, juga peningkatan pecegahan dan deteksi dini penyakit, terutama penyakit tidak menular.


Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek

Bergerak aktif adalah salah satu pola hidup sehat dalam program pemerintah GERMAS dan dengan berpartisipasi dalam event ini kita juga ikut membantu mensosialisasikannya. Selain sehat yang didapat, berbagai hadiah menarik siap diperebutkan oleh peserta lomba lari Healthies Run 5K yang dibagi menjadi 4 kategori Pemenang yaitu :
1. Pelari tercepat
2. Pelari tertua
3. Pelari termuda 
4. Pelari dengan kostum terunik

Ketika Garis START dibuka, para peserta mulai berlari, saya dan teman-teman juga berlarian saling susul menyusul, tapi sepanjang hidup saya, baru kali ini benar-benar merasakan olahraga lari tanpa merasa lelah justru makin bersemangat ketika melihat bapak dan ibu peserta yang usianya diatas kami berlari mendahului demi gelar juara.


Para peserta Healthies Run 5K di Water Station

Awalnya saya ragu bisa mencapai garis FINISH apalagi larinya diselingi dengan lari pelan - jalan santai - jalan cepat dan lari cepat tapi begitu melihat tanda di Water Station saya sudah berada di setengah perjalanan, makin semangat dong jadinya. Ditambah lagi seteguk air yang ada di water station membuat rasa haus hilang seketika.

Setelah menempuh jarak 5K dan mencapai garis FINISH, semua pelari langsung mendapatkan Medali, refreshment dan minum jamu gratis. Alhamdulillah saya dan teman-teman blogger bisa mencapai garis FINISH dengan selamat meskipun bukan menjadi yang tercepat. Medali Healthies Run 5K pun akhirnya di kalungkan di leher kami. 


Medali Pertama yang saya dapatkan dari sebuah event lari

Acara dilanjutkan dengan sesi Zumba bersama Ibu Menteri yang ikut bergerak diiringi alunan lagu Senam Maumere dan Seremoni untuk memberdayakan GERMAS. Secara simbolik, beliau melepas balon sebagai tanda sekaligus harapan bahwa GERMAS harus dilakukan mulai dari sekarang sebagai awal untuk memulai pola hidup sehat dan bersih.

Yang paling menghibur di event ini adalah sebuah pertunjukan Lenong Betawi di Panggung Utama, Ibu Nila juga menyempatkan diri untuk menonton pertunjukkan Lenong Betawi dan berinteraksi dengan para pemain Lenong juga para peserta. Dalam sebuah games interaktif, Ibu Nila melemparkan pertanyaan seputar GERMAS dan memberikan hadiah langsung kepada peserta yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar.


(Atas : minum jamu gratis), (Bawah : Pemenang Lomba Lari)

Event Healthies Run 5K ditutup dengan pembagian hadiah dan doorprize berupa Voucher Cek Kesehatan, Voucher Belanja MAP hingga sebuah sepeda gunung sebagai Grand Prizenya, seru banget kan guys...makanya follow @KemenkesRI di Twitter dan Instagram  @kemenkes_ri untuk informasi lebih lengkap seputar info kesehatan dan event menarik yang akan datang. Tetap jaga kesehatan dan Salam GERMAS!

Komentar

  1. selamat mba Indri, berhasil finish pertama kali di 5 K

    BalasHapus
  2. Wah banyak ya pesertanya. Kapan hari saya lihat teman yang kerja di Depkes, Jakarta posting foto di event ini. Seru ya, sekaligus menantang diri.

    BalasHapus
  3. Wah keren mbak bisa finish, menang juga dari mager. Pemenang yang tertua, umur berapa mbak?

    BalasHapus
  4. Wahhh seru banget ya Mba Indri
    Memang sih, ga boleh MAGER, karena banyak penyakit bersumber dari mager ini
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  5. Senang dan sehat ya abis olahraga lari. Harus dij terus nih buat lari disekitar Deket rumah minim.

    BalasHapus
  6. Seru banget deh acaranya! Ada lari 5k nya yah, menyehatkan banget sih.. Lain kali pengen ikutan deh..

    BalasHapus
  7. Jujur udah nggak kuat kalau lari cepat hahahaha tapi olah raga lari tetap yang aku suka lho. Seru ya Kemenkes adain ini mba

    BalasHapus
  8. Duh jadi kepengen ikut lagi event lari gini. Belom pernah pula aku dapet medali. Kalau hari libur sukanya mager sih hehehe

    BalasHapus
  9. Aku ga kebayang kalo disuruh lari hahaha, udah ngos2 an karena keberatan pantat dan badan wkwkwk

    BalasHapus
  10. Wahh seru nih lari rame2 bareng blogger...semoga kebiasaan larinya berlanjut ya..biar tambah sehat semua...heheh

    BalasHapus
  11. seru ya kak ada event lari yg diadakan bareng Kemenkes.. menyehatkan dan pastinya fun banget bisa lari2 sama temen2 blogger..

    BalasHapus
  12. wahh bunda indri hebat nih dapat medali lari.
    Memang penting banget menjaga kesehatan nih, aku dah jarang lari. Liat ini jadi semangat mau lari lagi

    BalasHapus
  13. Enak bnget nih ngerasain lari 5m aku jd kangen mau olah raga kyk gini lagi dah lama jugs gk ikutan

    BalasHapus
  14. Aku tadinya prngen ikutan event lari ini, tapi inget aku masih batuk² ...huhu padahal seru yaaa

    BalasHapus
  15. Seru yaaa! Pengin bisa ikutan run run begini walau 5K, apalagi bareng temen2 bakalan sehat rame-rame ya mba.

    BalasHapus
  16. Aku ya ngak kuat lari 5 kg nih, kebanyakan bemotor saja. Padahal harusnya udah dimulai ya Mb kita banyak jalan dan lari. Kapan ya mau jogging nih. Ma kasih Mb remindernya ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^

Postingan populer dari blog ini

Ciptakan Momen Liburan Seru Dan Menyenangkan Dirumah

Kemenkes RI Sosialisasikan Pentingnya Budaya Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3)

Cari Kantong Stoma? Yuk Ke Yayasan Kanker Indonesia