Temukan Pangan Aman Sehat Disekitarmu Lewat Aplikasi GERMAS PAS

Aplikasi GERMAS PAS

"Ada tempat kuliner enggak sih di sekitar sini? laper nih" tanya Tenri ketika baru saja menginjakkan kakinya di Halim Perdana Kusuma sore itu. Teman saya yang satu ini memang hobi banget jajan, saya langsung teringat cerita setahun kemarin saat mengunjungi Tenri di Makasar, begitu pesawat saya landing, kami langsung berkeliling kota Makasar untuk berburu kuliner khas daerah tempat Tenri dilahirkan bahkan selama 4 hari disana, kerjaan saya cuma makan, rekreasi lalu makan lagi dan tidur itupun baru bisa memejamkan mata diatas jam 12 malam.

Tahun ini gantian Tenri yang datang ke Jakarta, selain untuk mengunjungi saya, Tenri juga punya misi ingin bergerilya (baca : ngeborong) di pusat belanja Pasar Tanah Abang dan Mangga Dua serta berwisata kuliner di beberapa tempat yang hits di Jakarta seperti Pecenongan, Pasar Baru, Jalan Sabang dan Sekitaran Kemang. 


Sambil menunggu Tenri selesai dengan urusannya di toilet, saya membuka ponsel saya dan teringat akan sebuah aplikasi yang baru beberapa hari lalu saya unduh melalui Google Play Store, nama Aplikasinya GERMAS PAS. Lewat aplikasi berbasis android ini, lokasi tempat makan yang kita cari (bersih dan sehat juga enak) dapat dengan mudah ditemui, Tenri pun langsung ikut mengunduhnya begitu saya memberi tahu kegunaannya. Agar rencana kami untuk berwisata kuliner di Jakarta berjalan dengan baik, aman dan nyaman.


Kehadiran sebuah aplikasi tentunya memudahkan kita untuk memenuhi kebutuhan hidup, tak hanya kebutuhan makanan, seperangkat aplikasi yang ada di ponsel kita juga sangat membantu dalam urusan Transportasi Online, kegiatan Perbankan dan Transaksi jual beli. 



Sosialisasi Aplikasi Germas PAS


Begitu pentingnya menjaga keamanan pangan dan bermanfaatnya sebuah aplikasi bagi masyarakat modern melatar belakangi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk meluncurkan Aplikasi GERMAS PAS (Gerakan Masyarakat Sehat Pangan Aman Sehat) pada bulan Februari 2019 lalu namun baru disosialisasikan pada Hari Selasa 17 September 2019 di Hotel Holiday Inn Gajah Mada Jakarta Barat. 

Dr. Kirana Pritasari MQIH, selaku Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, menyampaikan bahwa "Aplikasi ini sudah pernah beroperasi saat Asian Games 2018, dan itu berhasil, tapi pangan yang sehat juga kan bukan hanya untuk atlet, tapi juga penting untuk diketahui oleh masyarakat umum," kata dr. Kirana Pritasari, MQIH saat akan memberi sambutan workshop sosialisasi aplikasi GERMAS PAS 

Saya dan teman-teman dari BloggerCrony Community berkesempatan hadir di acara Sosialisasi Aplikasi GERMAS PAS dan bisa bertemu langsung dengan undangan lainnya yang terdiri dari Pelaku Usaha Jasa Boga, Pemerhati Kuliner, Vlogger dan juga Youtuber.

Kami semua yang hadir sama-sama ingin meningkatkan kesadaran diri sendiri dan masyarakat dalam memilih tempat pengolahan makanan yang aman dan sehat yang dibuktikan dengan Sertifikat Laik Higiene Sanitasi Pangan melalui aplikasi GERMAS PAS ini.


Sertifikat Laik Higiene Sanitasi TPP adalah sebuah bukti tertulis yang dikeluarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota/PTSP untuk Jasaboga, Restoran/Rumah Makan dan Depot Air Minum yang masa berlakunya hanya 3 tahun.

Higiene sanitasi adalah upaya untuk mengendalikan faktor resiko terjadinya kontaminasi terhadap makanan baik yang berasal dari bahan makanan, orang, tempat dan peralatan agar aman dikonsumsi





Salah satu narasumber yang hadir dalam acara sosialisasi Aplikasi GERMAS PAS siang itu adalah Bapak Aji, selaku Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta yang menyampaikan bahwa maksud dari kata Pangan adalah makanan dan minuman. Sedangkan untuk jenis Pangan sendiri terbagi menjadi 3 (tiga) yaitu :
1. Pangan Segar, pembinaan dan pengawasan dilakukan oleh Kementerian Pertanian dan Perdagangan
2. Pangan Olahan/Kemasan, pembinaan dan pengawasan dilakukan oleh Badan POM dan Kementerian Perindustrian
3. Pangan Olahan Siap Saji, pembinaan dan pengawasan dilakukan oleh Kementerian Kesehatan

Keamanan pangan olahan siap saji menjadi perhatian khusus oleh Kementerian Kesehatan karena meningkatnya kejadian luar biasa akibat keracunan pangan pada tahun 2014 lalu, kemudian ditahun 2018 tercatat sebanyak 35% masakan rumah tangga dan 14% Jasa Boga menjadi penyebab tertinggi terjadinya keracunan pangan.


Kejadian Luar Biasa (KLB) keracunan makanan sering ditemukan pada pengolahan pangan rumah tangga, pangan Jajanan anak sekolah dan Event Masyarakat. Salah satu contohnya adalah pada pertengahan bulan Agustus lalu, separuh karyawan di tempat kerja suami mendadak terkena diare dan muntah akibat salah satu menu masakan katering. Mereka harus dilarikan ke Rumah Sakit karena keracunan pangan. 


Hal ini tentunya menyebabkan perusahaan Jasa Boga mendapatkan sanksi sosial dan  kerugian yang tidak sedikit. Akibat kelalaian ini, mereka (pelaku Jasa Boga) bisa diganjar hukuman 5 tahun penjara dan membayar denda paling sedikit 600 jutaan.


Narasumber (Ki-Ka) dr. Imran Agus Nurali Sp.KO, Bapak Aji, Ibu Tutut Indra Wahyuni, SKM, M.KES

Melalui acara sosialisasi ini, Bapak Aji kembali mengingatkan pada 5 Kunci Keamanan Pangan yaitu :
1. Jagalah kebersihan
2. Pisahkan Pangan Mentah dari pangan matang
3. Masaklah dengan benar
4. Jagalah pangan pada suhu aman
5. Gunakan air yang aman

Pada kesempatan yang sama, 
Kebijakan Keamanan Pangan Kementerian Kesehatan juga dipaparkan oleh dr. Imran Agus Nurali Sp.KO, Direktur Kesehatan Lingkungan, Ditjen Kesehatan Masyarakat, beliau menyampaikan bahwa berdasarkan data WHO lebih dari 200 penyakit ditularkan melalui makanan atau penyakit bawaan pangan artinya penyakit yang menular atau keracunan yang disebabkan oleh mikroba atau agen yang masuk kedalam badan melalui makanan yang dikonsumsi.

Untuk menciptakan Keamanan Pangan diperlukan kerjasama dari semua pihak yaitu Pemerintah, Pengusaha dan Masyarakat karena Undang-Undang tentang Kesehatan Makanan sudah diatur dalam UU No.36 Tahun 2009 Pasal 111 ayat 1 dan Pasal 163 ayat 3.



Sertifikasi Keamanan Pangan (Food Safety) Hukumnya wajib bagi para pemilik Usaha Jasa Boga, Restoran/ Rumah makan untuk mengurangi keracunan makanan. Proses sertifikasi harus melalui inspeksi termasuk pemeriksaan kualitas dan uji analisa yang akan berlangsung kurang lebih selama 30 hari. 


Aplikasi Mobile GERMAS PAS

Di sesi pengenalan Aplikasi GERMAS PAS, Ibu Tutut Indra Wahyuni, SKM, M.KES selaku Kasubdit Penyehatan Pangan, Direktorat Kesling Kementerian Kesehatan RI menjelaskan fitur lengkap yang bisa kita nikmati di aplikasi ini.

Sebagai pencinta kuliner, saya sangat mengapresiasi kehadiran Aplikasi GERMAS PAS ini karena menyediakan informasi Tempat Pengolahan Pangan (TPM) mencakup Rumah Makan, Restoran, Katering/Jasa Boga dan Depot Air Minum yang telah mendapatkan Sertifikat Laik Higiene Sanitasi dari Pemerintah daerah. 


Berwisata kuliner sehat pun akan terwujud karena ada 3 kriteria Tempat Pengolahan Pangan (TPP) yang masuk dalam GERMAS PAS yaitu :
1.Sudah memenuhi syarat Inpeksi Kesehatan Lingkungan
- Orang
- Tempat (sanitasi, kebersihannya)
- Peralatan
2. Foodhandler nya sudah dilatih dan dibuktikan dengan sertifikat
3. Pemeriksaan laboratorium (biologi atau kimia)


Display Fitur Aplikasi Germas PAS

Begitu aplikasi GERMAS PAS dibuka, lokasi serta nama restoran terdekat langsung muncul di beranda, nah kita tinggal scroll kebawah untuk memilih tempat makan yang kita cari dengan radius 5 km, datanya lengkap dan akurat karena aplikasi GERMAS PAS ini dibuat oleh Kementerian Kesehatan. 


Untuk tampilan fitur dalam aplikasi GERMAS PAS terdiri dari :
  • Informasi TPM, menampilkan informasi lengkap terkait tempat makan, informasi yang tertera sudah di sertifikasi oleh Pemerintah Daerah
  • Peta lokasi, apabila pengguna ada dilokasi tertentu, dapat mengecek tempat makan mana yang sudah tersertifikasi Laik Higiene Sanitasi Pangan
  • Papan Informasi, berisi informasi dan berita terbaru yang terkait GERMAS PAS yang selalu diperbaharui dan di publish secara berkala
  • Pencarian TPM, pengguna dapat mencari informasi terkait tempat pengolahan makanan disekitaran meraka
  • Rating & Review, pengguna dapat memberikan rating dan review terkait TPM yang tersedia di dalam aplikasi GERMAS PAS
  • Sharing sosmed, informasi yang tersaji dalam aplikasi dapat dengan mudah dibagikan ke berbagai platform sosial media
Lengkap banget kan fiturnya? nah tunggu apalagi guys tinggalkan cara ribet dan beralih ke layanan aplikasi untuk menikmati hidup sehat dengan pangan aman sehat bersama GERMAS PAS.

Artikel Terkait :
Konsumen Cerdas Pastikan CEK KLIK Sebelum Belanja

BloggerCrony Community 

Komentar

  1. Salut dengan inovasi yang selalu membantu masyarakat makin cerdas memilih makanan dari CEK KLIK hingga GERMaS PAS��

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba, wisata kuliner jadi aman terkendali ya

      Hapus
  2. Kulineran jadi nggak ngasal ya kalau cek dulu pakai GERMAS PAS. Makannya jadi tenang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kak mimin, ayuk mau ngajak kulineran kemana

      Hapus
  3. Menjaga pangan pada suhu aman sayaboeelu keterangan lebih detail nih. Secara di rumah sudah banget menentukannya. Padahal di rumah makanan juga harus sehat kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saat ini aplikasi Germas Pas hanya untuk mencari pangan aman sehat untuk jasa boga, restoran dan depot air minum teh

      Hapus
  4. Oh jadi kalau pakai aplikasi GERMAS PAS kita bisa dapat rekomendasi tempat makan yang sudah dapat sertifikat ya. Enak ya jadi aman banget buat yang suka kulineran. Biar kesehatan tetap terjaga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mom karena kejadian luar biasa dari keracunan makanan sering terjadi

      Hapus
  5. Aplikasi Germas tuh bkin keluarga bisa memilih mana makanan yang sehat atu tidaknya y mba pas buat saya yg jarang masak hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo kurangin jajan sembarangan dan unduh aplikasinya sekarang juga

      Hapus
  6. Seneng deh, sekarang banyak aplikasi buat ngecek produk2 yang layak konsumsi buat kita. Kita yang biasanya khawatir dan ribet buat ngecek cari tahu sendiri, jadi terbantu. Kudu pada install ini mah ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kehadiran aplikasi memang membantu banget pokoknya teh

      Hapus
  7. Nama apps nya GERMAS PAS yaa...?
    Apa kalau ingin terdeteksi harus mendaftarkan dulu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mom harus mendaftarkan diri ke Kemenkes nanti ada proses uji laik higiene nya

      Hapus
  8. Senang banget ada aplikasi GERMAS gini jadi tahu tempat makan mana yang pas dan higienis ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku apalagi seneng banget karena aplikasi ini bikin kulineran jadi nyaman

      Hapus
  9. Wah, penting ini aplikasinya. Jadi nenghindarkan kita jajan sembarangan. Tapi ini pemilik tempat makan mengajukan atau bagaimana agar tempat usahanya tercantum di germas pas? Terus kemenkes menyasar penjual kaki lima gitu juga tidak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saat ini semua yang ingin masuk aplikasi GERMAS PAS harus mengikuti uji laik higiene mba prosesnya 30 hari kerja

      Hapus
  10. Sosialasi seperti ini bagus sekali agar bisa tersampaikan maksimal. Kayaknya aku harus download aplikasi ini deh mba. Membantu banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba al, melalui aplikasi ini kita jadi merasa aman saat kulineran

      Hapus
  11. Lengkap banget yah informasinya. Kalau zomato juga mirip kayak germas, cuma gak ada info tempat kuliner yg higienes atau tidak kayaknya. Bagus juga mau deh, download aplikasi Germas

    BalasHapus
    Balasan
    1. aplikasi GERMAS PAS memang lengkap banget kak

      Hapus
  12. Jadi ini toh yang kemarin sempat dengar dengar aplikasi pangan. Bakal helpful banger sih ini terutama buat mencari restoran halal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul namanya GERMAS PAS, Langsung unduh yuk di Playstore

      Hapus
  13. Aplikasinya sangat membantu ya mba, aku wajib download aplikasinya nih biar gak sembarangan kalau pilih tempat makan

    BalasHapus
  14. Wahh seru jadi bisa tau mau beli kebutuhan pangan dimana aja yang sehat dan terjamin. Mba ini untuk wilayah apa aja ya bisa ngeceknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua wilayah bisa mba, dengan jarak 5 km dari tempat kita berada

      Hapus
  15. Acara sosialisasi seperti ini memang yang sangat ditunggu-tunggu karena kita akan mendapatkan banyak informasi langsung dari para narasumbernya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mom apalagi aplikasi GERMAS PAS bisa diunduh secara gratis di Play store ya

      Hapus
  16. Teknologi semakin memudahkan kita y
    Ada aplikasi ini, kita jadi tahu panduan jajan di luar
    Biar g salah pilih tempat jajan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insha Allah terbebas dari makanan yang kurang higiene dan beracun

      Hapus
  17. Berguna banget aplikasi ini pas lagi traveling, semoga semakin luas yang mendaftarkan jasa boga atau warung makannya untuk daftar sertifikat higiene

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebagai konsumen kita juga merasa aman saat ingin berwisata kuliner

      Hapus
  18. Aplikasi yang sangat berguna banget buat aku yang doyan makan. Cocok ketika dipake saat traveling

    BalasHapus
    Balasan
    1. Travelling jadi aman dan nyaman karena aplikasi GERMAS PAS

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^

Postingan populer dari blog ini

Ciptakan Momen Liburan Seru Dan Menyenangkan Dirumah

Kemenkes RI Sosialisasikan Pentingnya Budaya Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3)

Bloggerday 2019 Bandung : Ketika 100 Blogger Berkumpul Di Ulang Tahun Bloggercrony Community