Selasa, 21 Juni 2016

Menjadi Wanita Ceria bersama Sahabat Ibu, Cantik bersama The Body Shop dan Sehat bersama Badan POM

Selalu Ceria, Cantik dan Sehat adalah keinginan setiap wanita, apalagi saat menjalani bulan ramadhan, terkadang berpuasa menjadi alasan mengapa tubuh kita terasa lemas dan kurang bersemangat, belum lagi jadwal tidur yang lebih sedikit dari biasanya membuat wajah kita terlihat kurang cantik. Untuk menghindari hal-hal tersebut biasanya kita menggunakan kosmetik untuk membuat penampilan kita tetap cantik. Memilih kosmetik pun tidak boleh asal-asalan, harus yang aman, bermutu dan tersertifikasi Badan POM. Agar lebih tahu apakah kosmetik yang kita gunakan aman dan sesuai kriteria Badan POM Hari Kamis 16 Juni 2016 lalu di South Quarter Dome saya hadir di acara Talkshow "Ceria, Cantik dan Sehat Di Bulan Ramadhan" acara ini di selenggarakan oleh Badan Pengawas Obat & Makanan atau disingkat menjadi BPOM, Komunitas Sahabat Ibu Indonesia dan The Body Shop Indonesia.



Talkshow Sesi pertama dibuka oleh perwakilan dari Badan POM, ada Ibu Ria yang menjelaskan tentang  Badan POM yaitu sebuah Lembaga di Indonesia yang bertugas mengawasi peredaran obat-obatan dan makanan di Indonesia juga mengedukasi tentang produk yang aman termasuk juga pengawasannya. Salah satu visi dan misi Badan POM adalah memproteksi masyarakat dari obat dan makanan yang berbahaya juga mengatur produk-produk yang beredar. Salah satunya kosmetik. Ibu Maya yang juga dari Badan POM akan berbicara tentang "Amankan Kosmestik Yang Kita Pakai?"

Pengertian Kosmetik
Kosmetik adalah segala sesuatu yang digunakan di bagian luar tubuh dengan tujuan untuk merawat kulit. Kosmetik tidak hanya digunakan oleh wanita tetapi bayi dan juga pria misalnya deodorant dan sabun. Kosmetik  perawatan kulit, perawatan rambut, perawatan wajah dan perawatan tubuh, termasuk deodorant. Tujuan pemakaian Kosmetik adalah membersihkan, mewangikan, mengubah penampilan dan menghilangkan  bau badan.
Menurut Ibu Maya, kriteria Kosmetik yang baik adalah aman digunakan, tersertifikasi Badan POM. Saat membeli kosmetik perhatikan nama produk yang ada dikemasan, netto, nama produsen dan kandungan apa saja yang ada di kosmetik tersebut. Periksa kondisinya apakah masih dalam keadaan baik, jangan gunakan yang sudah berubah warna dan bentuk. Ibu Maya juga menyarankan agar menyimpan kosmetik dengan baik, jika timbul efek samping saat pemakaian sebaiknya dihentikan. Yang paling penting jangan saling meminjam saat menggunakan kosmetik. Dengan adanya acara ini Badan POM berharap setelah mengikuti talkshow ini masyarakat dapat menjadi konsumen yang cerdas dalam memilih produk obat-obatan, makanan dan kosmetik.

Kiri-Kanan : Ibu Maya, Eksanti dan Ibu Ira
Setelah Ibu Maya, bintang tamu yang hadir untuk berbagi cerita tentang kosmetik adalah Mba Eksanti, artis cantik ini pernah menjadi Brand Ambassador sebuah brand Kosmetik, untuk memastikan apakah produk tersebut aman, beliau mencobanya dulu selama seminggu. Eksanti juga memberikan tips aman saat memilih kosmetik, yang utama adalah Halal dan tersertifikasi Badan POM. Gunakan kosmetik seperlunya dan tidak berlebihan.

Di acara ini Staff Humas Badan POM juga memperkenalkan website Badan POM yaitu www.pom.go.id dan nomor telepon contact centre Halo BPOM 1500533
Di website Badan POM terdapat database produk, daftar produk yang sudah tersertifikasi Badan POM. Produk yang bisa di cek di website termasuk kosmetik, pangan dan obat tradisional.
Untuk lebih lengkapnya, Badan POM juga mengadakan demo diatas panggung tentang jenis bahan pewarna makanan yang berbahaya. Misalnya Jenis Boraks yang sering digunakan pada tahu, otak-otak dan kerupuk. Dan Formalin untuk mengawetkan makanan agar tahan lebih lama. Disini kita bisa melihat langsung produk yang sudah terkontaminasi zat berbahaya.

Demo Humas Badan POM

Badan POM hadir sebagai sahabat para Ibu untuk melakukan SATU TINDAKAN UNTUK MASA DEPAN. Ibu yang cerdas harus pintar memilih produk yang terbaik dan aman.

Jenis bahan pewarna yang ada dalam makanan

Talkshow sesi kedua diisi oleh Komunitas Sahabat Ibu Indonesia, ada Ibu Ayu Diah Pasha selaku penggerak dan pemimpin Redaksi Sahabat Ibu Indonesia.com dan Ibu Evelyn sebagai Pendiri Sahabat Ibu Indonesia.
Komunitas Sahabat Ibu hadir untuk dapat saling berbagi dengan para sahabat Ibu se Indonesia. Dengan slogan SEHAT, CERDAS dan CANTIK , Ibu Ayu Diah dan Ibu Evelyn berharap para ibu di Indonesia bisa berbagi ilmu dan informasi menarik di website Sahabat Ibu dengan mengirimkan artikel ke redaksi.sahabatibu@gmail.com
Sahabat Ibu Indonesia juga bisa diakses melalui website www.sahabatibu-indonesia.com dan akun sosial medianya di Fanpage : Sahabat Ibu Indonesia
Twitter  dan Instagram : @SahabatIbu_ID

Komunitas Sahabat Ibu Indonesia


Salah satu pendukung acara ini adalah The Body Shop Indonesia, sebuah bisnis kecantikan global yang beretika dengan 5 nilai utama :
1. Support Community Fair Trade
2. Activate Self Esteem
3. Defend Human Rights
4. Againts Animal Testing
5. Protect The Planet

Dimulai tahun 2016 ini The Body Shop Indonesia mengubah pendekatan nilai-nilai menjadi komitmen global yang baru yaitu ENRICH OUR PEOPLE, ENRICH OUR PRODUCTS, ENRICH OUR PLANET.
The Body Shop selalu melihat bisnis sebagai kekuatan untuk berbuat kebaikan. Melalui produk dan aksi nyata, bisnis yang didirikan oleh Anita Roddick 40 tahun yang lalu ini juga memperoleh pengakuan dari Pemerintah melalui Kementrian Lingkungan Hidup & Kehutanan atas upaya dalam pengelolaan sampah yang bertangung jawab melalui pengumpulan botol bekas yang ada. The Body Shop juga aktif mendorong program pendidikan Hak Asasi Manusia, konservasi lingkungan, pendidikan anak dan bencana alam melalui donasi. The Body Shop juga ikut mendukung gerakan diet kantong plastik agar lingkungan tetap lestari untuk masa depan yang lebih baik.
Ibu Evelyn menjelaskan bahwa produk The Body Shop Indonesia telah tersertifikasi Badan POM sehingga aman digunakan. The Body Shop Indonesia juga mengadakan Demo Make Up dan memberikan tips agar tetap cantik saat bulan Ramadhan.

Demo Make Up The Body Shop 
Acara Talkshow ini ditutup dengan berfoto bersama Narasumber beserta para tamu undangan dari 13 komunitas yang hadir. Setelah mengisi Kuisioner semua peserta bisa menukarkannya dengan snack dan menu lezat untuk berbuka puasa nanti. Ayo lakukan Satu Tindakan Untuk Masa Depan yang lebih baik bersama Badan POM, Sahabat Ibu Indonesia dan The Body Shop Indonesia.

Dokumen Sahabat Ibu Indonesia

7 komentar:

  1. Salam kenal mbak 😊
    Wah seru acaranya ya, dulu alesan saya jadi apoteker pengen jadi pns di bpom, tapi tidak kesampaian kerja di bpomnya, tetep jadi apoteker sekaligus blogger ☺

    BalasHapus
  2. Salam kenal juga...iya talkshow nya sarat akan informasi bermanfaat. Saya juga baru tau kalo pegawai Badan POM hampir semuanya perempuan. Tetap semangat dong...apoteker dan blogger juga pekerjaan luar biasa kan?

    BalasHapus
  3. Ada tips mudahnya ga mengetahui makanan yg mengandung formalin atau boraks?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemarin di demo kan seperti ini, Tahu atau mie yang berwarna kuning di rendam dalam air, jika kuningnya mengambang di atas air itu berarti mengandung boraks

      Hapus
  4. Suka sama Taglinenya TBS yg baru ENRICH OUR PEOPLE, ENRICH OUR PRODUCTS, ENRICH OUR PLANET :) Terimakasih sharing nya kaka, semangat jadi perempuan yg SEHAT, CERDAS dan CANTIK!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, TBS ini berusaha merangkul para konsumennya untuk berpartisipasi dalam pelestarian lingkunga

      Hapus
  5. Keren acaranya.. waktu itu juga mau ikut, tapi takut lemes..*alesan*
    Eh ternyata seru yah...

    BalasHapus

Beli Mobil Bekas Dan Produk Asuransi Semudah Belanja Online

Beberapa tahun yang lalu saat mendapat uang pesangon dari kantor, saya kepikiran untuk membeli sebuah mobil yang akan saya gunakan untuk me...