Kamis, 29 September 2016

SGM EKSPLOR "Lengkapi Nutrisinya, Jadikan Dunia Sahabatnya"

Memiliki anak yang supel dan mudah bergaul adalah harapan setiap orang tua, tetapi bukan hanya sekedar berharap. Orangtua juga harus memperhatikan asupan nutrisi dan juga memberikan kebebasan kepada si anak untuk bersosialisasi di lingkungannya. Sebagai produk susu pertumbuhan yang mendukung pemenuhan nutrisi anak Indonesia SGM Eksplor meluncurkan kampanye terbaru "Lengkapi Nutrisinya, Jadikan Dunia Sahabatnya" acara Launching Kampanye ini diselenggarakan Hari Selasa 27 September 2016 di Crowne Plaza Hotel Jakarta dihadiri oleh rekan media, blogger dan tamu undangan.



Acara dibuka dengan sambutan dari Bapak Joris Bernard selaku Brand Bussines Unit Director dari Sari Husada, beliau menyampaikan bahwa SariHusada yang sudah berpengalaman lebih dari 60 tahun selalu berkomitmen untuk memberikan produk-produk inovatif dan menyediakan produk nutrisi guna mendukung pertumbuhan anak-anak Indonesia.



Lalu bagaimana cara memenuhi asupan nutrisi pada anak? Nah di acara ini juga hadir beberapa pembicara yang akan berbagi ilmunya kepada kita. Paparan pertama dimulai oleh dr.Dian Permatasari M.Gizi, SpGK, beliau adalah seorang ahli nutrisi yang menyampaikan bahwa "Nutrisi merupakan salah satu faktor terpenting yang mempengaruhi tumbuh kembang anak. Dengan terpenuhinya nutrisi yang tepat dan lengkap, anak akan menjadi sehat. Salah satu ciri anak yang sehat adalah mudah beradaptasi dengan lingkungannya, yang merupakan wujud dari keterampilan sosial yang dimiliki anak tersebut".



Dokter Dian juga menjelaskan dampak gangguan gizi pada anak jika kekurangan nutrisi yaitu :
- Perkembangan Otak Tidak Optimal, akibat jangka panjang menurunnya kemampuan kognitif dan pendidikan
- Pertumbuhan fisik tidak optimal, postur tubuh stunting/pendek
- Perkembangan organ metabolik tidak optimal, akibatnya Hipertensi, Diabetes, Obesitas, Penyakit Jantung dan Stroke.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang :
1. Faktor Internal terdiri dari Genetik dan Hormon
2. Faktor Eksternal, asupan nutrisi sejak masa kehamilan hingga setelah si anak lahir adalah faktor terpenting yang harus diperhatikan

Status nutrisi juga berhubungan langsung dengan perkembangan fisik, kesehatan dan aktifitas fisik si anak sehingga mempengaruhi interaksi dengan orangtua dan lingkungan. Untuk memenuhi kecukupan gizi, kita harus berpedoman pada Tumpeng Gizi Seimbang dimana asupan Makronutrien dan Mikronutrien harus seimbang dan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Jangan lupa berikan Susu pertumbuhan untuk melengkapi asupan kalsium. Perhatikan juga kebutuhan zat besi pada anak, karena akibat kekurangan zat besi anak beresiko memiliki IQ yang rendah, imbasnya si anak menjadi mudah emosi dan sulit bergaul.


Kemampuan bersosialisasi pada si kecil tidak datang secara natural apalagi pada balita. Peran orangtua sangat penting untuk membantunya bersosialiasi agar kelak ia mudah bergaul saat besar nanti. Untuk mengetahui lebih banyak tentang sosialiasi pada anak, kita belajar nih dari pakarnya langsung, yaitu psikolog Ana Surti Ariani, S.Psi, M.Psi. (Nina). Menurut Mba Nina "Menjadi anak yang sehat merupakan landasan utama seorang anak bisa memiliki keterampilan sosial yang baik. Dengan tubuh yang sehat akibat kecukupan nutrisi yang baik, ia lebih tahan menghadapi stress, lebih mampu meregulasi emosinya, lebih leluasa mengeksplorasi lingkungan disekitarnya dan menjadi anak yang supel dikemudian hari".


Gambar dibawah ini adalah jenis keterampilan sosial yang perlu dikuasai anak



Penting bagi anak memiliki keterampilan sosial karena anak akan lebih mudah diterima oleh siapapun di lingkungannya, anak akan lebih mampu menyelesaikan masalah dengan orang lain, anak dapat mengasah berbagai keterampilan hidup yang lain, membantu mengurangi kesulitan di sekolah dan tentunya membuat anak lebih bersemangat ke sekolah sehingga prestasinya lebih optimal dan secara keseluruhan anak mampu menikmati hidupnya dan merasa lebih bahagia. Dan orangtua adalah contoh pertama bergaul sehat, jadi berikan contoh yang baik kepada anak.


Untuk menstimulasi keterampilan sosial pada anak, perlu disesuaikan dengan usia, misalnya stimulasi untuk anak usia 1-3 tahun kita harus lebih sering mengajarinya bicara dan perbanyak bertemu dengan anak seusianya. Dan Stimulasi untuk anak usia 4-6 tahun salah  satunya beri petunjuk cara selesaikan pertengkaran dan orangtua tidak perlu terlibat langsung. Ajari anak bergiliran, mengantri, bertukar dan berbagi. Keterampilan sosial yang baik akan membuat anak menjadi pribadi yang supel dan percaya diri di lingkungannya #JadikanDuniaSahabatnya. 

Dalam kesempatan yang sama Mba Astrid Prasetyo, Senior Brand Manager SGM Eksplor mengatakan "Keterampilan sosial pada anak sangatlah penting dan kami meluncurkan kampanye ini sebagai salah satu bentuk dukungan kami kepada para bunda di seluruh Indonesia untuk bisa memberikan produk susu pertumbuhan yang bernutrisi baik sehingga membantu mendukung anak untuk tumbuh optimal dan mampu memiliki keterampilan sosial yang baik pula" 




Susu SGM Eksplor dengan Presinutri+ mengandung nutrisi untuk empat manfaat fungsional yang dibutuhkan untuk si kecil. SGM eksplor dikembangkan melalui kolaborasi antara para ahli di penelitian Sarihusada dan pusat penelitian Nutricia di Singapura dan Belanda.



Dukungan Komunikasi dan edukasi dari Kampanye ini akan dilakukan melalui 1. Iklan TV
2. Edukasi via Digital
3. Edukasi melalui media massa
4. Edukasi melalui event aktivasi
5. Edukasi di Toko
6. Dunia Sababat SGM Eksplor


Di sesi terakhir talkshow ada Zee Zee Sahab seorang artis dan ibu dari satu anak yang akan berbagi cerita tentang si kecil Khalif yang sedang aktif mengeksplor lingkungan sekitarnya. "Saya selalu memperhatikan asupan nutrisi anak saya, terutama kelengkapan nutrisi pada susu yang setiap hari di konsumsinya. Jika anak saya senantiasa sehat, ia bisa dengan bebas belajar dan mengeksplor hal baru di lingkungan sekitarnya baik dengan teman sebayanya ataupun yang lebih tua". Ungkap Zee Zee



Dan tiba saatnya Seremonial Peluncuran Kampanye "Lengkapi Nutrisinya, Jadikan Dunia Sahabatnya" diresmikan secara simbolik oleh Bapak Joris Bernard, Ibu Astrid Prasetyo, Ibu Anca Ionescu dan Bapak Arif Mujahiddin.



Acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama para narasumber dan pengisi acara yang hadir di acara Peluncuran Kampanye terbaru SGM Eksplor (Ki-Ka) Joris Bernard (Brand Bussines Unit Director SariHusada), Astrid Prasetyo (Senior Brand Manager SGM Eksplor), dr.Dian Permatasari M.Gizi, SpGK (Dokter Spesialis Gizi Klinik), Zee Zee Sahab (Selebriti dan Ibu satu anak), Anna Surti Ariani S.Psi, M.Psi (Psikolog), Anca Ionescu (Brand Director Susu Pertumbuhan SGM Eksplor), Arif Mujahiddin (Communication Director Danone Indonesia)



Melalui Kampanye ini SGM Eksplor juga mengundang bunda dan si kecil untuk hadir dalam rangkaian acara "Dunia Sahabat Anak SGM Eksplor" di pusat perbelanjaan di lima kota yaitu
- Surabaya (30 September - 2 Oktober)
- Yogyakarta (4-6 November)
- Medan (25-27 November)
- Jakarta (2-4 Desember)
- Makasar (27-29 Januari 2017)



Selain itu para bunda di seluruh Indonesia berkesempatan untuk mengikuti kompetisi foto dengan cara mengunggah foto dan cerita bunda di laman (wall) Facebook Fanpage Aku Anak SGM dengan menyertakan produk SGM Eksplor (1+, 3+, 5+) dan menggunakan tagar #JadikanDuniaSahabatnya.
Periode kuis 1-28 Oktober 2016 akan terbagi menjadi empat tema dan para bunda berkesempatan untuk memenangkan hadiah menarik. Untuk informasi lebih lanjut kunjungj Facebook Fanpage Aku Anak SGM


Sumber Foto :
* Dokumen Pribadi
* Facebook Fanpage Aku Anak SGM
* File Press Release

1 komentar:

  1. Saya nunggu acara di Jakarta aja ah, pasti seru temukan dunia anak - anak disini

    BalasHapus

Bicara Soal Gizi Dan Menu Lezat Bernutrisi Bersama Masako

Hallo Ibu-Ibu, apa kabar? kali ini saya ingin berbagi cerita seru saat mengunjungi Dapur Umami bersama para ibu-ibu blogger tanggal 8 Novem...