Jumat, 03 Maret 2017

Wisata Belanja Di Museum Tekstil Bersama Honestbee

Terkadang saya merasa "butuh piknik" saat sedang jenuh dengan aktifitas sehari-hari yang itu-itu saja. Ditambah lagi pekerjaan rumah yang menumpuk dan tidak ada habisnya. Kebetulan ada acara seru yang digagas oleh Kriya Indonesia bertajuk "Wisata Belanja" acara ini dilaksanakan di Museum Tekstil Jakarta dan saya sangat beruntung bisa ikut keseruannya pada hari Minggu 26 Februari 2017 lalu.

Pintu masuk Musem Tekstil

Acara dibuka oleh Mba Astri Damayanti dari Kriya Indonesia yang menjelaskan tujuan dari acara "Wisata Belanja" ini adalah mengajak para blogger untuk berpiknik sambil berbelanja melalui layanan Honestbee. 

(Ki-Ka) Astri Damayanti - Kriya Indonesia, Ibu Ari (Museum Tekstil), Fani (Guide) 

Mas Toni dari Honestbee meminta para blogger untuk mengunduh aplikasi Honestbee melalui honestbee.com dan memberikan 2 buah kode promo dalam satu voucher dengan nominal Rp.150.000. Wah asyik banget ya, ini pertama kalinya saya belanja melalui layanan online dan gratis ongkos kirim. Sambil menunggu belanjaannya datang, kita diajak berkeliling Museum Tekstil untuk lebih mengenal sejarah batik pesisir yang kebetulan sedang di pamerkan saat itu.

Toni perwakilan Honestbee

Sejarah Museum Tekstil

Ibu Ari perwakilan dari Museum Tekstil menjelaskan bahwa Gedung Museum Tekstil  dibangun pada akhir abad ke 19 sebagai rumah tinggal warga berkebangsaan Perancis.  Kemudian dibeli oleh Konsul Turki bernama Abdul Azis Al Mussawi Al Katiri. Tahun 1942 dibeli oleh warga Belanda DR. Karel Christian Cruq. Pada masa perang kemerdekaan tahun 1945, Gedung Museum Tekstil digunakan sebagai Markas Pemuda Barisan Pelopor dan Barisan Keamanan Rakyat (BKR). Pada tahun 1947 dibeli oleh warga Cina Lie Sion Pin kemudian dibeli oleh Departemen Sosial RI pada tahun 1952, dan pada tahun 1976 diserahkan kepada Pemda DKI sebagai Museum Tekstil Jakarta yang diresmikan pada tanggal 28 Juni 1976 oleh Ibu Tien Soeharto. Saat Ini Museum Tekstil Jakarta di bawah Pengelolaan UP. Museum Seni Rupa Jakarta, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta. Sedangkan untuk pameran tetap menpati ruang dari Galeri Batik. Galeri ini diresmikan pada tanggal 2 Oktober 2010 dalam rangka meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap kain batik. Galeri yang dikelola langsung oleh Yayasan Batik Indonesia ini sendiri berisi berbagai macam koleksi batik yang terdapat di Indonesia seperti batik dari Sumatera, Jawa barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur. Selain berbagai koleksi kain batik, terdapat pula bahan perwana batik alami, motif-motif cap batik, tata cara proses membatik dan berbagai macam interior-interior yang bermotif batik seperti tempat tidur, furniture, topeng & wayang golek.
Agar lebih jelasnya Miss Fani seorang volunteer akan menjadi guide kita saat berkeliling di Museum Tekstil, walaupun Miss Fani berambut pirang (bukan Warga Negara Indonesia) tetapi sudah mengenal betul sejarah Museum Tekstil dan pastinya mahir berbahasa Indonesia. 

Wisata keliling Museum Tekstil

Menurut Miss Fani, Koleksi Museum Tekstil berjumlah 2350 koleksi yang terdiri dari 886 koleksi kain batik, 819 koleksi kain tenun, 425 koleksi campuran, 70 koleksi peralatan, 150 koleksi busana dan tekstil kontemporer.


Alat pembuat batik

Disebelah kiri pintu masuk dipamerkan alat-alat pembuat batik yang terdiri dari :
1. Canting
2. Kompor
3. Malam/Lilin
4. Cap
5. Perwarna Alam
6. Lerak (Untuk Mencuci Kain Batik) 
7. Kain yang telah diberi Sketsa
8. Kain yang telah diberi Malam
Selain itu beberapa koleksi Batik Pesisir juga dipamerkan disini
Di Museum Tekstil ini sedang dipamerkan Koleksi Batik Pesisir yang memiliki ciri-ciri warna beraneka ragam, pengaruh berbagai kebudayaan asing terlihat kuat, ragam hias bersifat naturalistis. Dibawah ini adalah contoh batik pesisir.

Batik Pekalongan

Koleksi Batik Madura

Kain Panjang Dari Tuban

Batik Pekalongan
Museum Tekstil buka dari hari Selasa sampai Minggu mulai jam 09.00-15.00 untuk hari Senin & hari libur besar museum ini tutup. Alamat lengkapnya di Jl.KS. Tubun no. 2-4 Jakarta Barat
Berikut Tarif untuk kursus Batik:
Turis Lokal: Rp. 40.000
Turis Asing: Rp. 75.000
Bisa dilihat juga pada akun Instagram @museum_tekstiljkt

Tentang Honestbee

Honestbee merupakan layanan belanja dan pengiriman on demand untuk kebutuhan sehari hari berbasis online terkemuka asal Singapura. Diluncurkan secara resmi di Indonesia pada tanggal 25 Januari 2017 di Jakarta. Saat ini Honestbee bermitra dengan Transmart Carefour yang merupakan ritel terbesar di Indonesia. Selanjutnya Honestbee juga berencana akan bekerjasama dengan beberapa ritel besar lainnya di Indonesia.
Honestbee mulai beroperasi di kota kota besar di seluruh negara Asia sejak 2015. Saat ini layanan Honestbee telah dinikmati di Singapura, Hongkong, Taiwan, Jepang, Malaysia, Thailand dan Indonesia.
Honestbee menawarkan cara belanja kebutuhan sehari hari yang lebih cepat dan mudah. Konsumen bisa belanja kapan saja dan di mana saja. Konsumen juga bisa merasakan pengalaman belanja yang berbeda karena Honestbee menghadirkan asisten belanja profesional untuk setiap pesanan konsumen.
Setiap asisten belanja Honestbee telah dilatih secara profesional bersama dengan staf Transmart Carrefour untuk memilih bahan makanan dengan kualitas terbaik dari segi kesegaran dan mutu produk.




Kelebihan Honestbee :
1. Memiliki Asisten Belanja Profesional
2. Kurir yang berpengalaman
3. Harga sama dengan toko
4. Waktu pemgantaran fleksibel
5. Pilihan Produk terluas
6. Dapat diakses melalui aplikasi dan situs




Cara berbelanja dengan Honestbee juga sangat mudah :
1. Login ke aplikasi atau situs honestbee.com
2. Masukkan alamat pengantaran
3. Pilih produk yang ingin dipesan
4. Pilih Jadwal antaran sesuai kebutuhan

Setelah selesai, konfirmasi pesanan akan langsung dikirim melalui email, jika ada pesanan yang tidak tersedia maka asisten belanja akan langsung menelpon dan sms untuk memberitahukan juga memberikan saran barang pengganti. Dalam waktu kurang dari 1 (satu) jam produk yang dipesan akan datang dan diantar oleh kurir berjaket kuning.
Informasi lengkap tentang Honestbee bisa di lihat di akun sosial media 
Instagram : honestbeeid
Twitter : @honestbee_id
Facebook : honestbee




Demo Masak Resep Dapur Ayah

Disesi selanjutnyan para blogger diajak oleh Mba Gita Siwi ( MC Demo Masak) untuk melihat Cheff Jun unjuk kebolehan dalam memasak, ternyata ayah yang satu ini sangat piawai dalam meracik bumbu masakan, ilmu memasak dan mengolah makanan beliau dapatkan dari ibunda tercinta yang kebetulan membuka usaha dibidang kuliner. 

Cheff Jun dari Resep Dapur Ayah

Aplikasi Honestbee membantu Cheff Jun berbelanja

Dua resep spesial yang dimasak oleh Cheff Jun adalah Ayam Goreng Rica-Rica dan Puding Srikaya Gula Merah. Aneka masakan hasil karya Cheff Jun lengkapnya ada di Instagram @resepdapurayah atau @junjoewinanto


Menu Cheff Jun di Demo masak Wisata Belanja

Acara ditutup dengan berfoto bersama seluruh peserta dan penyerahan barang pesanan yang sudah diantarkan oleh kurir Honestbee kepada para blogger. Pada intinya belanja bisa dilakukan dimana saja sekalipun saat sedang berwisata. Layanan Honestbee membuat Belanja Jadi Mudah.




3 komentar:

  1. wah enak belanja kebutuhan sehari-hari sekarang bisa praktis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, gak perlu antri dan kena macet klo mo belanja

      Hapus
  2. wah noted keren juga nih tempat wisatanya

    BalasHapus

Beli Mobil Bekas Dan Produk Asuransi Semudah Belanja Online

Beberapa tahun yang lalu saat mendapat uang pesangon dari kantor, saya kepikiran untuk membeli sebuah mobil yang akan saya gunakan untuk me...