Jumat, 25 Agustus 2017

Rayakan Masa Kehamilan Dan Menyusui Bersama Festival Ngidam SGM Bunda

Bersyukur dan bahagia, itulah yang dirasakan seorang ibu saat dirinya dinyatakan hamil. Setelah itu akan banyak sekali moment indah mengisi hari-hari bunda dan suami. Tetapi ada juga pengalaman unik bunda hamil yang ditandai dengan besarnya dorongan keinginan  akan suatu hal, misalnya ingin makan aneka makanan, dari cokelat, bakso hingga sepiring rujak. Nah cerita seru yang tak terlupakan ini kita kenal dengan sebutan ngidam. 

Dr.Mes.dr.Damar Prasmusinto, SpOG (K) yang hadir di acara Media dan Blogger Gathering hari Kamis 24 Agustus 2017 lalu memaparkan bahwa ngidam adalah hal yang wajar bagi bunda hamil, biasanya dipicu oleh fluktuasi hormon yang siginifikan sehingga terjadi perubahan sensitivitas indera selama kehamilan. Salah satunya yaitu indera perasa yang membuat bunda menginginkan makanan dan minuman tertentu. Hal ini tentunya perlu dicermati oleh bunda, karena seringkali kesulitan untuk mengontrol keinginan sehingga cenderung melupakan asupan nutrisi seimbang yang harus dipenuhi. Akibatnya akan muncul resiko negatif pada saat melahirkan seperti kelahiran prematur atau berat badan kurang. Untuk itu bunda hamil harus memenuhi asupan karbohidrat, protein maupun lemak serta kecukupan mikronutrien seperti asam folat, zat besi dan kalsium. 

Bunda dapat menjadikan moment ngidam sebagai waktu yang tepat untuk menikmati makanan dan minuman yang tidak hanya lezat tetapi juga sehat. Penuhi kebutuhan nutrisi seimbang dengan melakukan hal berikut :
1. Konsumsi makan bergizi 3x sehari
2. Minum Air mineral 10 gelas/hari
3. Lengkapi dengan minum susu khusus kehamilan setiap hari. Bunda bisa mencoba varian Susu SGM Bunda, nutrisinya lengkap karena mengandung presinutri+, rasanya lezat terdapat 3 rasa pilihan yaitu Jeruk, Cokelat dan Stroberi. Konsumsinya cukup 1 gelas perhari. 




Dari sisi psikologi, bunda hamil biasanya memiliki emosi yang berubah-ubah, mood swing dan banyak maunya untuk itu sebaiknya selain pemenuhan nutrisi selama kehamilan, perlu juga mengontrol emosi yang terjadi dalam dirinya. Saya jadi ingat waktu hamil dulu, setiap hari minta dibelikan martabak manis yang berjualan di dekat kantor suami. Padahal sih yang dimakan hanya 2 potong saja, tetapi ada rasa bahagia saat saya mengetahui bahwa suami sangat perhatian dan sayang kepada saya, hal ini yang membuat masa kehamilan berjalan dengan rileks dan menyenangkan. 

Psikolog Keluarga, Tara De Thouars, BA, M.Psi juga memaparkan bahwa "Bunda dapat memanfaatkan moment ngidam untuk dapat mengontrol emosi yang cenderung fluktuatif. Tidah hanya dari sisi konsumsi makanan dan minuman, namun juga ngidam yang menginginkan perhatian atau kasih sayang dari suami atau rekan setia bunda". 
Peran ayah juga penting lho, misalnya saat bunda butuh tempat curhat, ayah siap mendengarkan dan memberi dukungan. Karena bunda hamil yang bahagia akan mempengaruhi janin yang dikandungnya. 

Psikolog Tara De Thouars

Setelah sukses di Surabaya, berbahagialah untuk para bunda hamil di Jakarta dan Bekasi karena sebentar lagi akan digelar Festival Ngidam SGM Bunda di Summarecon Mall Bekasi tepatnya pada tanggal 2 - 3 September 2017. Acara ini dibuat karena SGM Bunda sangat memahami kebutuhan para bunda di kala hamil untuk dapat menikmati masa ngidam dengan sehat dan bahagia. 

Ibu Christina Natalia, selaku Marketing Manager SGM Bunda menyampaikan bahwa "Festival SGM Bunda adalah festival kehamilan pertama dan terbesar di Indonesia. Kami hadir dengan serangkaian aktifitas edukasi nutrisi yang lengkap dan menyenangkan untuk bunda. Kami mengerti bahwa bunda yang sedang ngidam kerap terkendala untuk menerapkan pola makan sehat bergizi seimbang karenq cenderung memilih makanan dan minuman tertentu. Padahal pemenuhan nutrisi selama kehamilan sangat penting agar tumbuh kembang si kecil dalam kandungan dapat optimal".


(Ki-Ka) Mc, dr. Damar, Psikolog Tara De Thouars, Ibu Christina Natalia

Rangkaian Kegiatan Festival Ngidam SGM Bunda

1. Talkshow Edukatif bersama para ahli dengan narasumber Dokter Damar dan Psikolog Tara De Thouars 
2. Talkshow "Perencanaan Keuangan Dalam Menyambut Kehamilan" oleh Prita Ghozie
3. Booth Konsultasi Seputar Kehamilan dan Nutrisi
4. Aktifitas Gratis dan menarik seperti kelas senam hamil, edukasi laktasi, tips tetap cantik saat hamil hingga menyusui.
5. Demo masak lezat dan bernutrisi  bersama Cheff Deny dari Master Cheff Indonesia 2015


Rangkaian Acara Festival Ngidam SGM Bunda

Selain itu agar moment ngidamnya lebih berkesan, di Festival SGM Bunda ada 4 aktifitas seru yang bakal menjadi kenangan indah buat para bunda yaitu :
1. Ngidam Jajan, bunda bisa menikmati beragam sajian kuliner yang lezat dan bergizi.
2. Ngidam Dimanja, bunda bisa menikmati fasilitas perawatan kecantikan, pijat relaksasi dan terapi musik hamil.
3. Ngidam Eksis, bunda dapat mengikuti fashion show Bunda Hamil
4. Ngidam Ketemu Artis, bunda bisa menikmati hiburan dan penampilan selebriti di acara ini

Melalui Kampanye "Nutrisi Lezat Bunda Sehat" terdapat 34,790 bunda hamil di 900 titik lokasi di Pulau Jawa dan Sumatera yang telah mendapatkan edukasi nutrisi & akses USG Gratis. Melalui kegiatan ini SGM Bunda mendapatkan penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) atas Rekor Dunia dan Indonesia kategori Pemeriksaan USG kepada bunda hamil terbanyak. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh pihak MURI kepada Ibu Melisa dari Sarihusada.


Serah terima penghargaan MURI kepada Sarihusada

Sudah kebayang kan gimana keseruan acara Festival Ngidam SGM Bunda yang akan berlangsung di Summarecon Mall Bekasi tanggal 2-3 September 2017 nanti, jangan lupa ajak keluarga, teman dan saudara untuk berkunjung ke Festival Ngidam SGM Bunda. Update informasi lengkap seputar kehamilan dan menyusui, bunda bisa kunjungi Facebook Fanpage SGM Bunda.




1 komentar:

  1. Iya baru tau ada festival ngidam seperti ini, biasanya kan festival musik hehe... Beneran manjain para bumil ya kaka, smoga makin bnyak ibu hamil yang sehat dan bahagia ya dengan adanya efestival ngidam ini dan melahirkan anak-anak yg cerdas :)

    BalasHapus

Bicara Soal Gizi Dan Menu Lezat Bernutrisi Bersama Masako

Hallo Ibu-Ibu, apa kabar? kali ini saya ingin berbagi cerita seru saat mengunjungi Dapur Umami bersama para ibu-ibu blogger tanggal 8 Novem...