Senin, 14 Mei 2018

Danone Indonesia Menggali Potensi Karyawan Dengan Talent Management

Bekerja di sebuah perusahaan besar adalah impian semua orang, apalagi dengan fasilitas lebih dan diberi kesempatan untuk mengembangkan diri. Saya pribadi pun tidak akan menolak. Waktu Danone Indonesia mengumumkan sebuah kebijakan baru bagi karyawannya pada bulan Agustus 2017 lalu, saya sangat mengakspreasi hal itu. Apalagi saya pernah bekerja di perusahaan yang tidak menerapkan kebijakan itu, sebagai ibu tentunya akan merasa lebih nyaman jika mendapat cuti melahirkan lebih lama dari 3 (tiga) bulan. Sehingga mengurus si kecil akan lebih maksimal, kecukupan nutrisipun tetap terjaga untuk menciptakan anak generasi maju yang sehat dan cerdas. 




Kebijakan yang saya bicarakan tadi adalah Parental Policy, pemberian cuti melahirkan 6 bulan bagi karyawan wanita dan cuti 10 hari bagi karyawan laki-laki yang istrinya melahirkan. Hal ini dilakukan oleh Danone untuk mendorong karyawannya agar bisa berkarir cemerlang namun tetap dapat memperhatikan kesejahteraan keluarganya. Ternyata selain kebijakan ini banyak hal lain yang membuat saya sangat tertarik untuk kerja di Danone Indonesia, apa sajakah itu? 

Selasa 08 Mei 2018 lalu Danone Indonesia menggelar acara "Discovery Talent Management at Danone" di Kantor Danone Indonesia, Cyber 2 Tower Kuningan Jakarta. Undangan ini menjadi sesuatu yang menjawab keingintahuan saya tentang pemilik brand air minum terbesar ini. Karena narasumber yang hadir di siang spesial itu adalah orang-orang hebat yang berada di kesuksesan brand-brand milik Danone Indonesia, bukan hanya AQUA, tetapi juga Nutricia dan Sarihusada. 

Saat menginjakkan kaki di lantai 9, kesan pertama saya adalah Danone tempat kerja yang menyenangkan, saya melihat mayoritas karyawannya menggunakan outfit casual seperti celana jeans misalnya. Di sudut ruangan tersusun rapih produk-produk Danone Indonesia yang semuanya hampir saya kenal. Ada susu pertumbuhan, susu untuk anak alergi, susu ibu hamil dan menyusui, minuman dalam kemasan botol dan AQUA tentunya. 

Oiya ini kali ketiga saya berkunjung ke kantor Danone Indonesia di Cyber 2 Tower. Kunjungan pertama saya kesini dalam rangka menghadiri Bincang Air AQUA tahun 2017 lalu. Acara ini adalah bentuk inisiatif Danone dalam menginspirasi perusahaan lain untuk peduli dan terlibat aksi penyelamatan lingkungan ditengah bisnisnya. Tahun 2018 ini saya kembali mengikuti perayaan Hari Air Sedunia bersama Danone dengan berkunjung ke Pabrik AQUA di wilayah Sukabumi, Jawa Barat. 



Arif Mujahiddin, Corporate Communication Director Danone Indonesia

Bapak Arif Mujahiddin, Corporate Communications Director Danone Indonesia menyambut para peserta acara Discovery Talent Management at Danone seraya menyampaikan dan memperkenalkan Danone lebih dekat sebagai perusahaan yang berkomitmen untuk membawa kesehatan melalui makanan dengan harapan misi yang dimiliki berdampak positif untuk banyak orang termasuk karyawannya. Menurut Pak Arif "Talent Management sangat penting dilakukan bagi lebih dari 15.000 karyawan Danone Indonesia yang berasal dari tiga unit bisnis kategori yaitu Air minum dalam kemasan, minuman non karbonasi, Nutrisi Untuk Awal Kehidupan (Early Life Nutrition) dan nutiri medis agar mereka dapat terus berkontribusi membawa misi kami ke lingkungan sekitar mereka"

Untuk memastikan karyawannya agar dapat terus berkembang  berikut adalah inisiatif yang dilakukan Danone Indonesia sebagai bentuk Talent Management bagi karyawannya :

1. Jaguar Program 
Danone memberikan kesempatan bagi karyawannya yang berada di tingkat manajer untuk terlibat dalam proyek antar negara

2. Endeavor Program : Program Pengembangan Karyawan untuk menduduki posisi manajer 

3. International Assignment : Secara regular Danone mengirimkan karyawannya ke Perusahaan Danone di negara lain untuk mendapatkan pengalaman Internasinal. dengan International Assigment ini mereka dapat membangun karirnya di lingkup yang lebih luas

4. Talent assessment and development
Memastikan bahwa talent yang kita miliki sesuai dengan kriteria standar yang ditetapkan oleh Danone secara Global,kami melakukan penilayan dan mapping seluruh karyawan Danone Indonesia yang kemudian dikalibrasi talent committee di tingkat departemen, business unit dan negara [cluster]

5. Managent Trainee
Program percepatan jalur karir, bagi fresh graduate untuk menjadi pemimpin perusahaan , dimana mereka akan mendapatkan pelatihan, dukungan pengembangan diri dan terlibat dalam proyek proyek menantang .setiap tahunnya, kami merekrut sekitar 60 management Trainee dari universitas terbaik dari dalam maupun luar negeri dengan penempatan di departement yang berbeda. pelamar untuk program ini meningkat setiap tahunnya, tahun lalu kami menerima lebih  dari 40.000 pendaftar untuk program ini.



Evan Indrawijaua, HR Director Danone ELN Indonesia

Selain Pak Arif Mujahiddin, ada 4 (empat) orang pembicara lainnya yaitu :

1. Evan Indrawijaya, HR Director Danone ELN Indonesia, dalam sambutannya beliau menyampaikan "Danone menyadari bahwa 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) adalah masa keemasan anak agar mereka tumbuh optimal. Parental Policy kami keluarkan untuk mendukung upaya pemenuhan hak perempuan dan anak atas pengasuhan dan tumbuh kembang yang baik dan sebagai upaya mendukung kualitas generasi Indonesia di mas depan"

2. Corine Trap, Presiden Direktur PT. Tirta Investama (DANONE - AQUA), ibu Corine Trap adalah General Manager perempuan pertama di Danone dengan 4 orang anak, menurut beliau dukungan pasangan sangat dibutuhkan untuk wanita yang bekerja agar mencapai kesuksesan. Beliau juga mengatakan bahwa "Keberagaman merupakan bagian dari budaya perusahaan karena kami percaya bahwa latar belakang karyawan yang beragam dapat mendorong organisasi untuk lebih maju dan sehat. di Danone-AQUA Indonesia,kesempatan untuk berkembang tidaklah terbatas pada jenis kelamin baik pria maupun wanita. saya adalah presiden direktur perempuan yang sangat merasakan dukungan yang diberikan oleh Danone Indonesia dalam mengembangkan karir saya"

3. Gustavo Hildenbrand, General Manager Nutricia Sarihusada 
"Saya melihat dengan dukungan dan bimbingan, karyawan kami dapat bertanggung jawab untuk membentuk karier mereka sendiri dan berkontribusi terhadap kinerja bisnis. Selain itu,saya juga menyadari bahwa karyawan yang bergabung di Danone memiliki tujuan lebih daripada sekedar berkerja, yaitu untuk belajar dan berkontribusi pada dunia yang lebih sehat. Saya berharap dengan apa yang kami lakukan dapat menginspirasi karyawan untuk berkontribusi pada dunia yang lebih sehat serta berdampak pada masyarakat luas" 

4. Dewi Suryani, Management Trainee & Employer Branding Manager Danone Indonesia yang juga hadir di acara Discovery Talent Management At Danone berbagi ceritanya, menurut Ibu Dewi, salah satu faktor keberhasilan perusahaan untuk berkembang ditentukan oleh keberhasilan manajemen dalam mengelola karyawan diperusahaannya.


Gustavo Hildenbrand, General Mamager Nutricia Sarihusada

Corine Trap, GM PT.Tirta Investama

Meet The Talents

Setelah berkenalan dengan orang-orang hebat yang ada di Danone, kami pun diperkenalkan dengan generasi milenial yang memulai  kesuksesannya di Talent Management Danone dalam Sesi "Meet The Talents" ketiganya telah mengikuti program Management Trainee Danone Indonesia hingga memasuki level management dan dipercaya menangangi proyek besar dari Danone

1. Dwinta Astarini (Senior Brand Manager Nutricia) , Dwinta saat ini dipercaya oleh Danone untuk produk Nutrilon Royal. meskipun dia belum menjadi ibu, Dwinta berusaha untuk masuk ke dunia para ibu yang menginginkan anaknya sukses di masa depan. Untuk meningkatkan kemampuan plus tantangannya, Dwinta pernah diberangkatkan ke China untuk belajar marketing disana.

2. Jovita Anggraeni (Supply Chain Network Optimizatin), lusan Teknik Industri ini sudah apply lowongan kerja di Danone Indonesia saat masih kuliah. Menurut Jojo , Danone adalah Brand besar bukan hanya big company. Jovita lebih sering berinteraksi dan beraktifitas di area pabrik.

3. Dedy Suwartono (Head Of Commercial Finance),  menurut Dedy Danone perusahaan yang bukan hanya mengutamakan ekonomi tapi juga sosial. Di Danone Pria dan wanita bisa sama-sama berkembang.


Menurut mereka Danone benar-benar berusaha memberikan sesuatu untuk community. Ingin sekses seperti mereka dan jadi MT Danone Star? Lihat lebih lengkapnya di Instagram dancommunityID.



(Ki-Ka) Dwinta, Jovita, Dedy, Dewi Suryani


Danone Tempat Nyaman Untuk Bekerja

Bukan hanya kebijakan dan program yang menggiurkan, Lingkungan kerja di Danone juga sangat menyenangkan, ini terbukti saat saya dan teman-teman blogger melakukan "Office  Tour" dengan mengunjungi Lantai 12 dan 16. Danone menyediakan fasilitas ruang memerah ASI bagi karyawan perempuan pasca melahirkan agar tetap bisa memberikan ASI untuk bayinya meskipun sebagai ibu bekerja, terdapat klinik khusus yang siap membantu karyawan mengecek kesehatan mereka, ruang meeting yang nyaman dan yang tak kalah seru adalah fasilitas DanLounge yang ada di lantai 16, sebuah ruangan khusus yang disediakan untuk merileksasi dan refresing ketika terasa penat dan jenuh dengan pekerjaan.


Lobby Yang nyaman


Ruang Laktasi


DanLounge


Klinik Karyawan Danone


Foto bersama rekan blogger dengan Mr. Gustavo Hildenbrand

Gimana tambah kepengen kan kerja di Danone? Berhubung banyaknya penipuan memgatasnamakan Danone, kita harus lebih hati-hati lagi saat melamar kerja di Danone. Kunjungi website resminya www.dancommunity.com dan temukan informasi tentang Danone Indonesia melalui akun sosial media instagram berikut ini :

@dancommunityid

@nutrisibangsa

@aqualestari

2 komentar:

  1. Mau ih melamarbpekerjaan di Danone,, masih bisa ga ya di usia kepala tiga gini :)

    BalasHapus
  2. Ayo bunsay dirimu kan cerdas. Lupakan umur ya

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^