Belajar Nge-Vlog Bareng @inimasabi di Kota Wisata Cibubur


Hai guys...setuju enggak kalau aku bilang menjadi seorang YouTuber sepertinya bakalan jadi cita-cita kebanyakan anak Indonesia? karena selain kesuksesan yang mereka dapatkan, YouTuber Indonesia seperti Ria Ricis atau Atta Halilintar memperoleh penghasilan yang sangat fantastis, konten-konten mereka selalu ditunggu oleh segala usia dan tentunya menghasilkan pundi-pundi uang yang tidak sedikit.

Sayapun sebenarnya ingin sekali membuat isi YouTube saya ditonton banyak orang tetapi untuk menyiapkan konsep video ternyata tak semudah yang dibayangkan belum lagi properti yang kurang lengkap alias hanya bermodalkan kamera smartphone dan tongsis, lalu proses editing yang rumit dan teknik berbicara dalam sebuah video harus renyah dan enak didengar. Duh kayanya kok ribet banget ya.

Akhirnya sebuah kesempatan untuk belajar bagaimana teknik membuat video blogging (vlog) yang ciamik serta cara mengoptimalisasi YouTube datang dari Sinarmas Land dalam sebuah acara bertajuk "Kota Wisata Blogger dan Vlogger Gathering 2019". Acara gathering ini berlangsung pada hari Minggu 7 July 2019 lalu di Kantor Pemasaran Kota Wisata Cibubur dan dihadiri oleh 50 orang blogger dan vlogger.

Narasumber workshopnya juga tak kalah seru lho, yaitu @inimasabi seorang YouTuber, Video Creator, Traveller yang dari berbagai profesinya ini mampu meraup penghasilan yang menggiurkan. Sebagai pengundang sekaligus tuan rumah, Mas Harris Maulana selaku perwakilan dari Sinarmas Land menemani sang mentor kami menjelaskan satu demi satu trik membuat video pada hari itu.

@inimasabi dan Mas Haris Maulana
pic by Kurnia Amelia
"Content is King" sebuah kalimat pembuka dari @inimasabi yang bikin kita semua manggut-manggut tanda setuju, untuk itu dalam membuat sebuah video, menurut @inimasabi ada beberapa tahapan yang harus dilakukan yaitu :
1. Pra Produksi : ide/konsep, skenario, reading hingga pengecekan lokasi dan kelengkapan properti
2. Produksi : editing, musik, sound mixing, publishing
3. Boosting up editing : Footage, music scoring, Thumbnail & Tittle, Printilan

Mas Abi juga menambahkan, beberapa video di YouTube yang banyak ditonton biasanya memiliki Thumbnail dan Tittle yang unik dan gampang diingat, untuk itu dalam membuat sebuah Thumbnail perlu diperhatikan 3 hal penting ini :
1. Buat Thumbnail yang sesuai dengan isi video
2. Bebas edit namun masih sesuai
3. Pilih Gambar terbaik

Ketika mengambil gambar, teknik jalan sambil berjinjit (Ninja Walk) juga disarankan oleh @inimasabi, kemudian posisi memegang smartphone saat mengambil gambar juga harus tepat, tidak menutupi lubang microfon dan fokus pada lubang kamera.

Biasanya video yang diunduh di Instagram hanya berdurasi 1 menit, nah bagaimana nih pembagian durasinya agar sesuai yang diharapkan, kali ini giliran Mas Harris Maulana yang akan berbagi ilmunya dalam acara ini, yaitu cara membuat video dalam 1 menit. 

Ada 4 durasi yang bisa diatur waktunya :
- Intro : 10 detik dengan 2-3 adegan video
- Isi : 40 detik dengan 5-6 adegan video
- Closing : 10 detik dengan 2-3 adegan video
- Bisa juga di tambahkan bumper diawal video


Ibu Liana Sari, Sales Marketing Kota Wisata

Dari sekian banyak ilmu yang telah di share siang hari itu, tiba waktunya kami mengaplikasikannya langsung dalam sebuah video berdurasi 1 menit, materi video adalah hasil eksplorasi kami berkeliling Kota Wisata Cibubur. Ibu Liana Sari perwakilan dari Kota Wisata Cibubur menjelaskan apa saja fasilitas yang sudah ada dan akan ada di Kota Wisata dalam waktu dekat di dalam bus yang kami tumpangi.


Tentang Kota Wisata Cibubur


Memiliki rumah sendiri adalah impian setiap pasangan yang baru menikah, untuk itu ketika saya dan suami merencanakan sebuah pernikahan, hal yang pertama kali kami lakukan adalah mencari hunian di sebuah pameran Property, setelah 1 jam berkeliling saya dan suami sepakat memilih rumah di kawasan Cibubur, meskipun belum pernah melihat penampakannya tetapi kami punya "feel" tersendiri di perumahan tersebut.


Kota Wisata Cibubur mulai dibangun oleh Sinarmas Land sejak tahun 2017, memiliki luas tanah 700 hektar dan telah diisi oleh 41 cluster dengan nama-nama negara yang diambil dari 5 benua. Meskipun sudah 11 tahun tinggal disini, saya belum hafal seluruh nama clusternya, kecuali beberapa cluster yang menjadi tempat tinggal teman dan kerabat saya yang berada di Pesona Kyoto, Amsterdam, Amerika dan Madrid. 

Konsep perumahan dengan nuansa lima benua ini memiliki sudut-sudut yang sangat instagramable, apalagi saat memasuki pintu gerbang utama, ada beberapa patung yang bikin kita harus berhenti sejenak untuk berfoto. Belum lagi bangunan kantor pemasarannya yang mirip istana anak-anak. 

Sport Club Kota Wisata

Ketika melakukan survey, kami melihat beberapa fasilitas di perumahan Kota Wisata yang membuat kami tak bisa berpaling yaitu :
1. Petugas kemamanan yang berjaga 24 jam
2. Area terbuka yang luas di beberapa sudut
3. Sarana olahraga yang lengkap, kolam renangnya pun nyaman dan kids friendly
4. Terdapat pusat belanja modern (Hero Supermarket) dan tradisional (Fresh Market) 
5. Tempat ibadah yang luas bagi umat beragama
6. Sarana pendidikan berkualitas dan terbaik
7. Akses transportasi terjangkau dan mudah


Sekolah Fajar Hidayah

Masjid Darussalam

Banyaknya fasilitas yang ditawarkan oleh Kota Wisata betul-betul membuat kami jatuh cinta, apalagi waktu itu nama Kampung China sedang booming-boomingnya. Makin kepengen lah kami tinggal disana. 
Tahun ini usia pernikahan saya dan suami memasuki usia 11 tahun itu berarti sudah 11 tahun juga kami tinggal di Cibubur, begitu banyak kemajuan yang terjadi di wilayah Cibubur, mulai dari segi transportasi hingga fasilitas umum lainnya, sangat jauh berbeda dengan 11 tahun yang lalu. 

Ketika masih aktif bekerja dulu saya sangat dimudahkan oleh feeder bus pertama dan satu-satunya di Cibubur yaitu rute Kota Wisata - Mangga Dua yang melewati tempat saya bekerja di daerah Gunung Sahari tetapi sekarang moda transportasi yang disediakan oleh Kota Wisata tentunya membuat mobilitas penduduknya lebih dinamis. Apalagi saat ini beberapa rute baru sudah ditambahkan dalam layanan feeder busnya. 


Rumah Contoh Nashville

Kabar gembiranya, dalam waktu dekat ada beberapa fasilitas yang akan segera hadir di Kota Wisata Cibubur yaitu Rumah Sakit Eka Hospital yang akan dibuka di akhir bulan July, Akses Tol di dalam perumahan, Shopping Centre dan Commercial Business District (CBD) yang nantinya akan di bangun di area Kampoeng China. Gimana makin kepengen enggak tinggal di Kota Wisata? nah mumpung ada 3 cluster baru yang akan diluncurkan, tunggu apalagi yuk kunjungi rumah contoh dari Nashville, Bellwood dan Visalia yang dipatok dengan harga mulai dari 1 Milyar. 


Rumah Sakit Eka Hospital

Ruko Compark

Ibu Liana Sari juga mengajak kami melihat rumah contoh yang ada di Nashvile, sebelum  melanjutkan sesi kuliner ke Selera Bogana yang berada di Ruko Sentra Eropa, oiya bagi teman-teman yang suka kulineran dimalam hari, beberapa warung tenda yang ada di depan Fresh Market juga menyajikan masakan yang enak dan beragam, kalau saya dan keluarga seringnya sih makan sop kambing, steamboat dan es sinar garutnya, kalau kalian pengen coba apa nih? yuk ke Kota Wisata!

Komentar

  1. Asik nih tinggal di kota wisata, dekat ke Mekarsari. Mudah2 an macetnya juga berkurang ya terutama dekat Cibubur Junction, tapi kalau lewat tol lancar lancar saja kan ya.

    BalasHapus
  2. Meskipun pertumbuhan dan membangun di kawasan ekonomi kota wisata makin berkembang akan tetapi saat di mudahkan transportasi maka tidak ada mati nya kota wisata ini

    BalasHapus
  3. Haha iyaa Mba yutuber bisa jadi profesinya menjanhikan di masa depan nih buat generasi Alpha XD Anw ternyata ada 3 tahap sebelum bikin video ya biar makin ciamik.

    BalasHapus
  4. Kalau tinggal disini malas kemana-mana Dri

    BalasHapus
  5. Makin berkembang nih kawasan kota wisata, udah lengkap bgt fasilitas yang disediakan jadi gak perlu jauh- jauh trus macet - macetan, cukup disatu lokasi udah ada semua

    BalasHapus
  6. Akupun ingin jadi youtuber sukses mba. Apalah ilmu dan alatnya belum mencukupi. Mesti lebih banyak lagi belajar nih.

    BalasHapus
  7. Menjadi youtuber itu jadi idaman anak millenials jaman sekarang. Tapi jujur aja membuat konten video di YouTube bukan perkara mudah. Ada proses step by step nya untuk terlihat menarik
    Tapi sedihnya kadang yg nonton cuma sedikit. Hikssss...


    *Eh ko jadi curhat :D

    BalasHapus
  8. Profesi youtuber jadi idola karena pendapatannya yang alamakkk, guede banget.Akupun ingin, hahaha. Gaya Ninja walk seperti apa ya, mbak? Ternyata bikin ideo cuma 1 menit aja mesti matang sekali persiapan, dan ada pembagiannya.

    BalasHapus
  9. Wah cibubur deket rumah nih, asyik banget bisa belajar bikin video. ternyata video sama dengan artikel ya, content is the king. salut sama yang belajar, bagi-bagi ilmunya. Beneran itu video 1 menit bisa?

    BalasHapus
  10. Kota wisata cibubur dulu sering main pas abangku tinggal daerah situ akhirnya pindah ke Bekasi. Aku suka banget kalo ke kota wisata cibubur banyak tempat yang kece2

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^

Postingan populer dari blog ini

Ciptakan Momen Liburan Seru Dan Menyenangkan Dirumah

Kemenkes RI Sosialisasikan Pentingnya Budaya Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3)

Bloggerday 2019 Bandung : Ketika 100 Blogger Berkumpul Di Ulang Tahun Bloggercrony Community