Optimalisasi Pedoman Gizi Seimbang Dalam "Isi Piringku" di PAUD Mentari, Cigombong Jawa Barat


"Ada AQUA?"

Satu tagline yang cukup familiar dari sebuah tayangan iklan air mineral ini langsung mengingatkan kita pada PT.Danone Indonesia. AQUA adalah produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang pertama kali hadir di Indonesia, dikenal masyarakat Indonesia karena kemurniannya, praktis dan diproduksi dengan teknologi tinggi oleh Danone.

Selain AQUA, Danone juga memproduksi Air Minum Dalam Kemasan berlabel VIT dan minuman ringan non karbonasi seperti Mizone dan Levite serta produk nutrisi untuk awal kehidupan, 3 (tiga) merk susu yang berada di bawah Danone adalah Nutrilon Royal, Bebelac dan SGM Eksplor. 

Sebagai perusahan besar, Danone tak hanya memasarkan produknya saja tetapi juga menghadirkan program-program CSR dalam bentuk kerjasama kemitraaan untuk mendukung pembentukan gizi sehat masyarakat Indonesia pada semua tahap kehidupan.

Setiap tahunnya, Danone mengajak masyarakat untuk lebih mencintai bumi dengan menjaga kebersihan bumi dan air agar tetap lestari melalui kampanye dan kegiatan-kegiatannya, Danone juga mengkampanyekan "Bijak Berplastik" untuk mengurangi sampah bekas plastik kemasan yang saat ini jumlahnya sudah sangat memprihatinkan.


Pedoman Gizi Seimbang dalam Isi Piringku

Dalam bidang kesehatan ibu dan anak, Danone mendukung pemenuhan gizi seimbang bagi anak bangsa melalui produk bernutrisi serta layanan dan edukasi gizi dengan berbagai pendekatan, salah satunya adalah penerapan Pedoman Gizi Seimbang dalam "Isi Piringku" dan Program Warung Anak Sehat (WAS) di beberapa sekolah setingkat PAUD dan Sekolah Dasar (SD) di Indonesia.

Hari Rabu tanggal 2 Oktober 2019 lalu, saya dan bunda-bunda dari Mombassador SGM Eksplor bersama dengan bro n sist dari Danone Vlogger Academy diajak melihat langsung penerapan kedua program Danone tersebut di PAUD Mentari, Cigombong dan SDN Sukasari, Bogor.



Sambutan adik-adik PAUD Mentari

Penerapan Program Gizi Seimbang dalam Isi Piringku di PAUD Mentari Cigombong


Setelah menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari Jakarta kami tiba di Desa Cigombong, Jawa Barat sekitar pukul 10 pagi. Begitu menginjakkan kaki di PAUD Mentari kami langsung disambut oleh adik-adik dengan tarian Baby Shark. Mereka terlihat begitu semangat dan antusias menyambut kami. Dan sangat tertib saat akan memasuki area sekolah. Meskipun lokasi gedung PAUD Mentari berada di dalam sebuah gang, bangunannya justru sangat kokoh, dindingnya berwarna hijau dan memiliki atap yang cukup tinggi.

Saya dan teman-teman langsung berkeliling gedung sekolah untuk melihat ruang belajar dan kegiatan harian mereka. Seperti anak PAUD pada umumnya, hari-hari mereka diisi dengan belajar dan bernyanyi bersama, berdoa bersama dan makan bersama. Namun setiap minggunya, ada aktifitas makan berat yang dilakukan bersama-sama pada hari Rabu. 

Melalui aktifitas inilah, penerapan Pedoman Gizi Seimbang dalam Isi Piringku mulai dijalankan sejak tahun 2017, tujuanya tak lain dan tak bukan adalah untuk mencegah stunting atau kekurangan gizi pada anak. Karena berdasarkan sebuah data yang diambil dari riset Global, Indonesia termasuk dalam 5 besar negara yang bermasalah dengan stunting lho bun...sedih ya

Pedoman Gizi Seimbang dalam Isi Piringku adalah pergantian dari slogan 4 Sehat 5 Sempurna yang sebelumnya menjadi sebuah pedoman dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi sehari-hari. Saat ini "Isi Piringku" dianggap sangat sesuai untuk pemenuhan gizi harian.

Adik-adik PAUD sedang berdoa bersama

Ibu Wailayati Ningsih, Sustainable Development Senior Manager Danone Indonesia  yang hadir dalam kunjungan ke PAUD Mentari mengutarakan "Program edukasi pedoman gizi isi piringku untuk anak usia 4-6 tahun adalah bentuk perhatian Danone untuk mempersiapkan generasi sehat dan cerdas di masa mendatang, Panduan ini disusun oleh Danone bekerjasama dengan FEMA IPB"

Danone sebagai perusahaan yang concern terhadap tumbuh kembang anak Indonesia ikut mensosialisasikan program Isi Piringku ini melalui edukasi ke beberapa PAUD mulai dari memilih makanan yang sehat dan mengandung gizi seimbang, pelatihan untuk para guru tentang penerapan program isi piringku di sekolah tempat mereka mengajar.


Adik-adik PAUD makan bersama


Pembinaan edukasi ini sudah dilakukan secara berkala dan berkelanjutan dengan menggandeng Yayasan Yasmina sebagai mitra dan Edukasi proggram Isi piringku kini masuk dalam program pengajaran PAUD sehingga para guru bisa mengedukasi anak-anak dan berperan dalam upaya perbaikan gizi.

Ibu Elly perwakilan dari Yayasan Yasmina dan Ibu Niar, Kepala Sekolah menyambut kami dengan hangat, mereka bercerita banyak tentang proses edukasi gizi anak kepada para orangtua murid yang sebelumnya sulit namun ketika mereka menyadari betapa pentingnya nutrisi sehat seimbang pada usia dini akhirnya sangat mendukung dan berpartisipasi aktif dalam menyiapkan menu Isi Piringku dengan porsi lengkap yaitu terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayur dan buah-buahan.
Ibu Wailayati Ningsih, Sustainable Development Senior Manager Danone Indonesia 

Foto bersama di PAUD Mentari

Waktu makan bersama pun tiba, adik-adik PAUD berbaris rapi menunggu giliran untuk mengambil jatah mereka, dihadapan kami sudah ada meja prasmanan mini yang berisi menu lengkap isi piringku, ada nasi, sayur sop dengan brokoli, tempe dan telur serta buah melon yang sudah dipotong kecil. Adik-adik bergantian mengambil makanan dan kembali ke kelas untuk makan bersama.

Ibu Kepala Sekolah juga bercerita bahwa adik-adik PAUD Mentari sudah diperkenalkan kepada makanan tradisional berbahan dasar singkong dan ubi yang diolah dengan cara direbus,dan mereka menyukainya. PAUD Mentari juga memiliki kegiatan seru lainnya seperti berkebun dan cooking class. PAUD Mentari juga rutin mengadakan kelas Parenting guna memberikan tips dan trik makan dengan baik dan benar untuk orangtua dan para guru.

Setelah berfoto bersama adik-adik PAUD Mentari, kamipun berpamitan untuk melanjutkan perjalanan ke lokasi Warung Anak Sehat di SDN Sukasari, Bogor.  Seperti apa keseruannya? Tunggu ulasan selanjutnya di blog aku dan tonton keseruannya Disini


Artikel Terkait 

Danone AQUA Jalankan Program Konservasi Air Berbasis Alam

Danone Talent Management

Danone Berikan Cuti Melahirkan 6 Bulan



Komentar

  1. Wah serunya. Adik-adik PAUD sudah dikenalkan dengan gizi seimbang sedari kecil, ya mbak. Semoga lebih bisa mengakar menjadi habit makan sehat & memperhatikan gizi seimbang, sampai dewasa nanti.

    Btw, PAUDnya keren ya mbak. Ada aktivitas berkebun & cooking class. Mantap lahh :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, tak hanya programnya saja yang keren, bangunan sekolahnya pun keren untuk ukuran lokasinya yang berada di daerah

      Hapus
  2. Program dari Danone selalu membawa manfaat ya untuk masyarakat, apalagi mengenai isi piringku ini terkadang kan kalau lihat makanan suka lupa semestinya di piring

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mom, Danone selalu mengedukasi dalam bidang nutrisi dan gizi

      Hapus
  3. Harus mulai sejak dini ya kesadaran orang tua memberikan nutrisi yg lengkap sesuai dengan isi piringku

    BalasHapus
  4. Keren banget anak PAUD udah belajar tentang gizi.. Memang info ini penting sejak dini ya hehe..

    BalasHapus
  5. Senang ya kalau liat adik2 kecil bisa makan dengan menu sehat

    BalasHapus
  6. Bagus nih 3dukasi tentang kecukupan gizinya holistik dilakukan oleh pihak sekolah dan keluarga. Insyaallah anak-anak Indonesia tumbuh dan berkembang dengan baik selalu. Aaamin

    BalasHapus
  7. Nah senang deh kalau bicara gizi bisa 2 pihak terlibat ya orang tua juga sekolah jadi aman nyaman juga kita karena sekolahpun aware langsung tentang masalah ini. Sehat selalu ya nak

    BalasHapus
  8. Wah pinter pinter banget anak PAUD sudah bisa makan sendiri. Tertib antrinya pula.

    Salut buat tenaga pendidik yang ga concern-nya melulu di kurikulum aja tapi ke gizi dan kesehatan juga ☺️

    BalasHapus
  9. Wah sedari kecil sudah dikenalkan dg menu gizi seimbang ya..

    BalasHapus
  10. Gemes nih lihat anak-anak PAUD makan bersama. Semoga setelah dikenalkan dengan makanan gizi seimbang ini jadi kebiasaan sampai nanti dewasa ya.

    Keinget adikku jadinya susah makan sayur sampe gede. Huhu.

    BalasHapus
  11. Wiihh senangnya lihat anak-anak semangat kayak gini... Mengenalkan makanan bergizi emang perlu banget buat anak usia PAUD, jadi nempel banget ntar di mereka...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kak, semangat menerapkan isi piringku dimulai sejak usia dini

      Hapus
  12. Keponakanku sih tidak pernah ada yang mengikuti PAUD ya, tapi sebelum TK mereka sudah masuk TPA

    BalasHapus
    Balasan
    1. PAUD memang pendidikan usia dini yang baru beberapa tahun ini digalangkan pemerintah

      Hapus
  13. Dalam mengkonsumsi makanan perlu sekali diperhatikan porsi isi piringku ya kak.
    Inspiratif banget nih mengajak anak-anak untuk pengenalan gizi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali butet, gizi anak-anak harus diperhatikan

      Hapus
  14. Taglinenya keinget terus. Terutama kalau lagi ga fokus. Hihhi..

    Btw acaranya ini bakal berlanjut ke sekolah-sekolah lain ga mba selain yang disebutin? Soalnya ini bagus banget untuk mengedukasi anak-anak untuk makan dengan gizi seimbang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelah 80 sekolah, semoga bisa menyusul ke sekolah lainnya

      Hapus
  15. Program CSR dari Danone memang begitu banyak program yang sifatnya positif, semoga semakin banyak kebaikan yang memberikan kebermanfaatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. selain positif juga mengedukasi masyarakat agar lebih aware terhadap gizi anak Indonesia

      Hapus
  16. Semoga semakin banyak sekolah yang bekerjasama dengan Danone untuk mewujudkan Indonesia bebas gizi buruk.
    Dan para orangtua bisa menerapkan piring makanan sehat ini juga di rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin mba ikut mendoakan agar gizi buruk segera diberantas

      Hapus
  17. Program2 CSR dari Danone banyak banget yah dan pastinya bermanfaat banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget say, yuk kita dukung bersama

      Hapus
  18. Seru banget ini mba.
    danone emang kece ya, mensosialisasikan hal-hal baik contohnya soal bebaz gizi buruk ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Visi Misinya memang ingin memberikan dukungan kesehatan kepada masyarakat Indonesia

      Hapus
  19. asyik banget ya berkunjung ke PAUD ini
    apalagi datang untuk melihat anak anak yang cerdas, sehat dan semangat ini
    btw saya baru tahu istilah 4 sehat 5 sempurna sudah menjelma menjadi isi piringku
    semoga dengan istilah yang lebih simpel ini membuat anak-anak lebih semangat untuk makan ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^

Postingan populer dari blog ini

Ciptakan Momen Liburan Seru Dan Menyenangkan Dirumah

Kemenkes RI Sosialisasikan Pentingnya Budaya Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3)

Cari Kantong Stoma? Yuk Ke Yayasan Kanker Indonesia