Kenali Penyebab & Cara Pencegahan Nyeri Tulang Belakang


Ketika orang lain sedang asyik menikmati liburan jelang pergantian tahun, saya justru meluangkan waktu liburan saya untuk hadir di sebuah acara edukatif yang membahas informasi seputar kesehatan bertajuk "Vlogger & Blogger Gathering" yang kembali digelar oleh Rumah Sakit Premier Jatinegara. Jika pada bulan November lalu kami diajak untuk lebih "Mengenal Parkinson" nah pada Hari Minggu 29 Desember 2019 ini tema yang dibahas juga tak kalah menarik yaitu tentang "Nyeri Tulang Belakang".

Membaca tema nya saja, sudah cukup membuat saya begitu antusias, apalagi tiga bulan belakangan ini pak suami harus menjalani 18x terapi karena ada gangguan syaraf kejepit sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman setiap harinya karena ia sering merasakan nyeri di bagian tulang belakang, penyebabnya tak lain dan tak bukan adalah gerakan yang salah saat melakukan smash ketika bermain badminton sepulang kantor. Namun ternyata ada beberapa penyebab lainnya yang bisa menimbulkan nyeri pada tulang belakang? apa sajakah itu? 

Menurut dr.Wismaji Sadewo Sp.BS (K)seorang dokter spesialis bedah syaraf yang menjadi narasumber dalam acara Vlogger & Blogger Gathering siang hari itu menyampaikan bahwa "Nyeri tulang belakang adalah salah satu jenis gangguan yang bisa mendadak datang kapan saja dan pada siapa saja, tidak memandang usia serta jenis kelamin dan penyakit ini terjadi karena kebiasaan atau perkerjaan yang kurang benar termasuk mereka yang memiliki penyakit degeneratif"



dr.Wismaji Sadewo Sp.BS (K)


Penyebab Nyeri Tulang Belakang 

Ada 3 (tiga) faktor yang dapat menyebabkan terjadinya nyeri pada tulang belakang, yaitu : 

1. Faktor Kebiasaan

Kebiasaan adalah kegiatan yang dilakukan secara berulang-ulang dan dalam jangka waktu yang lama. Misalnya duduk terlalu lama di depan komputer, menyetir kendaraan dalam jarak jauh tanpa istirahat, tidur dengan matras yang posisinya tidak berubah-ubah, mengangkat sesuatu yang terlalu berat. 

2. Faktor Pekerjaan dan Gaya hidup


Resiko perkerjaan seperti profesi atlet, penari, atau seseorang yang melakukan pekerjaan yang sangat melelahkan dapat menyebabkan gangguan nyeri tulang belakang. Selain itu seseorang yang melakukan gerakan tiba-tiba atau melakukan gerakan yang canggung dan ragu-ragu tanpa melakukan pemanasan juga menjadi faktor penyebabnya.

3. Faktor medis

Orang-orang yang memiliki riwayat penyakit degeneratif (Cancer, Ginjal), syaraf kejepit,  sakit bawaan, trauma, keganasan, infeksi dan gangguan tidur juga dapat menyebabkan nyeri pada tulang belakang. 

Meskipun penyakit ini lebih dikenal dengan nama nyeri tulang belakang, tetapi gangguan yang dirasakan oleh penderita tak hanya di daerah tulang belakang saja, rasa nyeri juga sering dirasakan oleh penderita pada daerah sendi, saraf, leher dan punggung. Mirisnya lagi, dokter Wismaji menyampaikan bahwa gangguan nyeri tulang belakang banyak terjadi pada wanita karena berkaitan dengan hormon, stress, kecemasan, mood atau perasaan. Coba yang merasa wanita, mana suaranya...


Faktor penyebab nyeri tulang belakang


Pencegahan Nyeri Tulang Belakang

Untuk itu dokter Wismaji menyarankan kepada para wanita agar lebih cerdas memilih jenis sepatu, tidak terlalu sering menggunakan sepatu ber hak tinggi atau lebih memilih tas ransel dibanding tas cangklong untuk mencegah terjadinya nyeri pada tulang belakang. Namun tetap harus dilakukan pencegahan lainnya secara tepat dan benar, yaitu : 
  • Penguatan garis lurus, lakukan latihan perut untuk membantu kekuatan otot yang memproteksi tulang belakang 
  • Membuat ruas tulang belakang jadi flexibel
  • Diet cukup vitamin D
  • Berhenti merokok 
  • Berada di posisi yang benar dalam waktu lama, perbaiki postur saat beraktifitas misalnya saat berdiri dan tidur, saat duduk di depan komputer dan saat berkendara
  • Kendalikan berat badan dengan berolahraga, pilih olahraga renang agar bentuk tulang dan tubuh lebih bagus 

Pencegahan Nyeri Tulang Belakang

Pengobatan Pada Nyeri Tulang Belakang

Penting untuk diketahui bahwa tulang belakang ada 33 ruas dalam bentuk cincin yang disusun seperti tabung yang melindungi syaraf. Jika salah satu syaraf ada yang keluar dan  bantalannya rusak dapat menyebabkan gangguan nyeri pada tulang belakang. Pada beberapa kasus, nyeri tulang belakang (Back Pain) dapat sembuh dengan sendirinya tanpa obat-obatan khusus, pasien hanya perlu istirahat yang cukup namun jika terasa lebih sakit dari sebelumnya tetap harus berkonsultasi dengan dokter. 

Kapan waktu yang tepat untuk ke dokter?
1.  Jika rasa nyeri yang ditimbulkan sudah diatas skala 4
2. Jika rasa nyeri menimbulkan demam, pembengkakan daerah tulang belakang, nyeri persisten, nyeri sampai kearah kaki dan tumit
3. Jika nyeri tulang belakang menimbulkan penurunan berat badan yang signifikan

Pada kondisi  medis, penderita gangguan nyeri tulang belakang perlu diberi obat-obatan seperti paint killer, codein yang dapat berpengaruh langsung ke persepsi ngeri. Teknik pengobatannya bisa melalui injeksi pada daerah yang nyeri, di botox agar tidak kejang dan terapi medis seperti pelemas otot, anti depresan, terapi pisikan, terapi panas  dan es ultrasound. Terapi non medis juga bisa dilakukan dengan melakukan shiatsu, akupuntur (tusuk jarum), yoga untuk merelaksasi otot, ligamen dan pikiran.

Back Pain tak hanya menimbulkan ketidaknyamanan atau keterbatasan tetapi juga kecacatan jika tidak mendapatkan penanganan dengan tepat. Penderita gangguan nyeri pada tulang belakang dapat berkonsultasi langsung dengan dr.Wismaji Sadewo di Klinik Bedah Syaraf Rumah Sakit Premier Jatinegara dengan jadwal praktek hari Senin, Rabu dan Sabtu. 

Rumah Sakit Premier Jatinegara melayani 24 jam dalam seminggu untuk seluruh pasien, baik umum, asuransi, dan BPJS. Untuk informasi lebih lengkap dapat dicek akun instagram, twitter, dan facebook Rumah Sakit Premier Jatinegara, atau via WhatsApp ke +62 8111 637 666


Saya di RS Premier Jatinegara

Tentang Rumah Sakit Premier Jatinegara

Sebagai bagian dari Ramsay Sime Darby Health Care, RS Premier Jatinegara senantiasa berupaya meningkatkan kualitas pelayanan disemua bidang secara berkesinambungan. Lokasinya yang sangat strategis yaitu berada di kawasan Jatinegara Jakarta Timur berdekatan dengan Stasiun Jatinegara dan Terminal Kampung Melayu mejadikan rumah sakit ini memiliki akses yang mudah untuk dikunjungi. 

Komitmen terhadap peningkatan kualitas layanan ditunjukkan dengan keberhasilan RS Premier Jatinegara memperoleh berbagai sertifikasi dan penghargaan, diantaranya Akreditasi Internasional dari JCI (Joint Commision International), akreditasi Paripurna dari KARS, Sertifikasi HICMR dan Halal MUI.

Rumah Sakit Premier Jatinegara didirikan pada 2010 dan merupakan rumah sakit swasta terkemuka di Jakarta Timur karena memiliki banyak keunggulan termasuk di dalamnya komitmen terhadap mutu, kemudahan akses, kualitas pelayanan, kelengkapan spesialistik, dan alat penunjang medis yang tersedia. 

Selain pelayanan medis dasar, Rumah Sakit Premier Jatinegara memiliki beberapa layanan unggulan yang secara khusus ditangani oleh spesialis ahli dan sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi kesehatan. 

Layanan Unggulan RS Premier Jatinegara:
Neuro and Neuro Surgery
Cardiac and Cardiac Surgery
Digestive & Gastroenterology  
Urology 

Komentar

  1. Saya ibu EVA FIORENTINA APRILA  dari palembang mengucap syukur kepada allah,karna melalui bantuan dari aki abdul jamal yg sebesar 20m kini saya sudah bisa menjalankan usaha saya lagi.Puji syukur saya panjatkan kepada Allah yang telah mempertemukan saya dengan Aki Abdul Jamal dan melalui bantun pesugihan putih beliau yang sebar 5M inilah yang saya gunakan untuk membuka usaha selama ini,makanya saya sengaja memposting pesang sinkat ini biar semua orang tau kalau Aki Abdul Jamal bisa membantuh kita mengenai masalah ekonomi dengan bantuan pesugihan putihnya yang tampa tumbal karna saya juga tampa sengaja menemukan postingan orang diinternet jadi saya lansun menhubungi beliau dan dengan senang hati beliau mau membantuh saya,,jadi bagi teman teman yang mempunyai keluhan jangan anda ragu untuk menghubungi beliau di No Wa 085-254-384-488- rasa
    senang ini tidak bisa diunkapkan dengan kata kata makanya saya suatu hari nanti saya akan berkunjun ke kediaman Aki untuk silaturahmi.Wassalam dari saya ibu EVA FIORENTINA APRILA dan untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Aki disini PESUGIHAN UANG GAIB TANPA TUMBAL

    BalasHapus
  2. Nama :: Fitri Reza
    Email :: Fitrireza72@gmail.com
    Whatsapp :: +6285775967323
    Negara :: Indonesia



    Nama saya Fitri Reza dari Indonesia, saya pernah mengalami kesulitan keuangan yang sangat sulit di masa lalu dan saya telah ditipu oleh pemberi pinjaman palsu yang mengambil dari saya dan tidak pernah benar-benar memberi saya pinjaman, sampai baru-baru ini ketika saya mendengar tentang perusahaan (FEMI OTEDOLA LOAN FIRM), yang memberikan pinjaman nyata dan sah, setelah berpikir serius saya sampai pada kesimpulan dan mengajukan pinjaman, setelah beberapa langkah, saya menyelesaikan proses dan saya menerima pesan dari perusahaan bahwa saya pinjaman telah ditransfer, pertama saya berpikir itu adalah lelucon dan saya lari ke ATM dan saya memeriksa dan mengetahui bahwa itu benar dan saya bersumpah untuk membagikan ini kepada semua orang bahwa FEMI OTEDOLA LOAN FIRM adalah nyata dan mereka memiliki bukti untuk saya bahwa memang ada perusahaan pinjaman yang sah dan jujur di luar Indonesia. jika Anda saat ini menghadapi masalah keuangan dan Anda ingin perusahaan pinjaman yang dapat dipercaya membantu Anda, hubungi FEMI OTEDOLA LOAN FIRM hari ini dan dapatkan pinjaman dengan cepat ..

    Kontak
    Perusahaan :: FEMI OTEDOLA LOAN FIRM
    Email :: Femiotedolaloanfirm@gmail.com
    Whatsapp :: +1 (469) 464-5833
    Whatsapp :: +1 (806) 395-2203

    BalasHapus
  3. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    BalasHapus
  4. If you have spinal pain, it is very essential to pay attention on it. If you don't visit the doctor in time, it may lead to bad consequences.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^

Postingan populer dari blog ini

Bloggerday 2019 Bandung : Ketika 100 Blogger Berkumpul Di Ulang Tahun Bloggercrony Community

Cari Kantong Stoma? Yuk Ke Yayasan Kanker Indonesia

Edukasi Bersih & Sehat Saat Menstruasi Dalam Rangka Hari Kebersihan Menstruasi