Peran Penting Bunda Di Balik Lahirnya Generasi Maju

Kartu Ucapan Untuk Mama

"Dear Mama...
Terimakasih telah mengajarkan makna cinta tanpa syarat dari seorang ibu kepada anak-anaknya serta mengajarkan bagaimana bersyukur dan bahagia"

Tanpa bisa saya cegah, air mata saya menetes secara perlahan ketika menuliskan untaian kalimat singkat dalam sebuah kartu ucapan Hari Ibu di acara Moms Gathering SGM Eskplor  dalam rangka memperingati Hari Ibu pada Jumat 20 Desember 2019 lalu. Acara ini digelar di Suasana Restoran Jakarta, dengan venue dan dekorasi yang indah dan mengharukan. 

Begitu banyak kejutan yang kami dapatkan sebagai tamu spesial di hari itu, salah satunya adalah tayangan video ucapan Hari Ibu dari suami tercinta, sungguh membuat saya mewek.  Tak hanya kami para Mombassador SGM Eksplor yang dihujani berbagi kejutan, tetapi juga para Mom Influencer dan Mom Blogger yang juga hadir dan turut memeriahkan acara sore itu. 

Sebuah kotak merah berpita dengan nama kami, sudah terpajang cantik di meja. Belum lagi suasana haru ketika Melly Goeslaw menghadirkan sebuah lagu berjudul Bunda dan sesi menulis kartu ucapan yang bikin kami menguras air mata. 

Kejutan tak terlupakan dari SGM Eskplor


Kartu ucapan tersebut khusus saya persembahkan untuk mama tercinta, seorang ibu yang sangat luar biasa, penuh cinta, dukungan serta jutaan kasih sayang. Saat itu juga, wajah mama langsung terbayang dipelupuk mata saya termasuk cerita perjuangannya saat membesarkan saya. 

Ketika saya baru dilahirkan dulu, Mama dan Bapak langsung merantau ke Jakarta untuk merubah nasib mereka, dan setelah hampir 1 (satu) bulan menganggur akhirnya bapak mendapatkan pekerjaan sebagai seorang supir pribadi dan mama tetap dirumah sambil menerima orderan jahitan untuk membantu bapak memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kehidupan kami saat itu terbilang sangat sederhana, namun Mama tetaplah seorang ibu yang ingin anaknya tumbuh sehat dan cerdas. Sehingga ketika saya lulus ASI di usia 2 tahun, mama langsung memberi saya susu pertumbuhan agar nutrisi yang saya dapatkan tetap tercukupi. Padahal di jaman serba susah dulu, untuk membeli sekotak susu saja, mama harus mengumpulkan uang dari honor dia saat menjahit lho...


Saya dan Mama

Kasih sayang mama dan dukungan SGM Eskplor menemani perjalanan saya sejak usia 2 tahun hingga memasuki usia sekolah, sayapun tumbuh menjadi anak yang cerdas hingga berhasil meraih beasiswa sejak di bangku Sekolah Dasar hingga lulus Perguruan Tinggi. Peran penting mama tak hanya sampai disitu, beliau juga mengajarkan bagaimana menjadi anak yang percaya diri dan supel yaitu dengan membiarkan saya bergaul dengan teman sebaya saat urusan pekerjaan rumah (PR) dari sekolah sudah saya selesaikan. 


Sikap kemandirian juga diajarkan oleh mama sejak saya kecil yaitu dengan aktifitas menyusun buku yang akan saya bawa ke sekolah keesokan harinya dan mencuci alat makan setelah mengunakannya. Semua ilmu yang diberikannya begitu bermanfaat untuk saya sehingga seringkali saya membayangkan, apa jadinya saya tanpa ada Mama disisi saya? apalagi ketika memulai perjalanan menjadi seorang ibu bagi Aira dan Audrey. Mama tetap hadir mendampingi dan mengarahkan bagaimana menjadi ibu yang baik untuk kedua putri saya. 


Mengapa Peran Ibu begitu penting? 


Psikolog Anak dan keluarga, Firesta Farizal M.Psi (Mba Eta) yang hadir sebagai narasumber di sesi talkshow menyampaikan bahwa seorang ibu adalah primary caregiver, dimana setiap attachment anak dengan primary caregivernya mempengaruhi pembelajaran anak dalam mengembangkan hubungan yang sehat dan positif dengan lingkungannnya. Mother child connection sulit tergantikan sehingga seorang ibu harus memiliku hubungan yang baik dengan anak-anaknya.

Ingat ya bun, kita para bunda sangat memegang peranan penting untuk mendukung mereka jadi anak generasimaju demi terwujudnya Indonesia Maju dengan mengasah 5 potensi pretasi anak berikut ini : 
  • Bantu tumbuh kembang : berikan makanan sehat bergizi seimbang dan 2 gelas susu pertumbuhan setiap hari agar nutrisnya tetap terpenuhi
  • Berpikir kreatif : berikan anak-anak stimulasi dengan berbagai jenis mainan yang lebih mengarah kepada problem solving, menganalisa, mencari penyebabnya seperti bermain lego, playdoh atau balok 
  • Mandiri : ajarkan si kecil untuk selalu membereskan mainnya setelah selesai menggunakannya , menemani dari kejauhan saat mengantar si kecil mengaji. Agar dia terbiasa mandiri. Cukup menunggu di luar pengajian dan tidak menemaninya di dalam ruangan.
  • Supel : ajak si kecil pergi ke taman bermain, disana dia bisa berinteraksi serta bersosialiasi dengan teman-temannya, atau mengajaknya pergi bersilaturahmi kerumah tetangga atau saudara agar lebih saling mengenal sepupunya atau teman dengan usia sebaya.
  • Percaya diri : tugas bunda disini adalah memberikan rasa aman untuk si kecil dan yakin bahwa dirinya mampu melakukan sesuatu
(Ki-Ka) MC, Psikolog Firesta Farizal M.Psi

Mba Eta juga memberikan beberapa tips untuk para bunda agar tetap nyaman dan fun menjalani peran penting sebagai seorang ibu, yaitu  :
1. Luangkan waktu semaksimal mungkin untuk anak sesibuk apapun kita
2. Beri contoh yang baik dalam ucapan maupun perbuatan karena anak adalah peniru ulung
3. Ciptakan hubungan baik dan menyenangkan bersama anak karena hal tersebut dapat mempengaruhi tumbuh kembang si kecil 
4. Being mindfull atau sepenuh hati, lakukan semua kebersamaan dengan sepenuh hati dan sepenuh pikiran 
5. Jadilah ibu yang bahagia agar anak-anak tumbuh menjadi anak yang bahagia
6. Libatkan peran ayah dalam pengasuhan si kecil


Paparan demi paparan yang di berikan oleh Mba Eta, membuat kami semakin yakin akan peran penting seorang ibu dalam menciptakan generasi yang sehat dan cerdas. Apalagi setelah melihat tayangan TVC SGM Eksplor terbaru yang cukup membuat kami kembali mellow dan flash back ke masa kecil dimana selalu tersedia segelas susu SGM Eksplor dimeja makan saat sarapan pagi dan menjelang tidur malam. Semuanya masih terekam jelas dalam ingatan.

Setiba dirumah, sayapun masih mendapat kejutan dari si kecil Audrey, ia memberikan sebuah kartu ucapan "Selamat Hari Ibu" yang ia warnai sendiri. Saya begitu bahagia dan terharu karena setiap tahunnya, ada saja yang dia berikan kepada saya sebagai hadiah spesial di Hari Ibu, apalagi semenjak Audrey sudah bisa menulis dan menggambar, kreatifitasnya begitu berkembang pesat. Teruslah tumbuh menjadi anak generasi maju sayang...



Saya dan Audrey

Komentar

  1. Nice sharing....Selamat hari ibu mbak , terus mjd ibu yg menginspirasi melalui karya karya

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Bahagia ya mba kita menjadi ibu punya anak yang sehat dan cerdas selamat hari ibu y mbaa...acaranyaa bagus banget sayang y aku gk bsa ikutan..keren deh SGM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Acaranya memang bagus banget, bikin terharu deh pokoknya bun

      Hapus
  4. Peran ibu memang tiada duanya, sampai kapanpun tetep yg terbaik dimata anak2nya.. Jd kangen my mom

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mba, akupun masih suka merasa belum bisa kasih apa-apa untuk beliau

      Hapus
  5. Peranan ibu memang sangat luar biasa yaa, dukung generasi maju

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena mereka selalu berikan nutrisi terbaik untuk anak-anaknyq

      Hapus
  6. Nama :: Fitri Reza
    Email :: Fitrireza72@gmail.com
    Whatsapp :: +6285775967323
    Negara :: Indonesia



    Nama saya Fitri Reza dari Indonesia, saya pernah mengalami kesulitan keuangan yang sangat sulit di masa lalu dan saya telah ditipu oleh pemberi pinjaman palsu yang mengambil dari saya dan tidak pernah benar-benar memberi saya pinjaman, sampai baru-baru ini ketika saya mendengar tentang perusahaan (FEMI OTEDOLA LOAN FIRM), yang memberikan pinjaman nyata dan sah, setelah berpikir serius saya sampai pada kesimpulan dan mengajukan pinjaman, setelah beberapa langkah, saya menyelesaikan proses dan saya menerima pesan dari perusahaan bahwa saya pinjaman telah ditransfer, pertama saya berpikir itu adalah lelucon dan saya lari ke ATM dan saya memeriksa dan mengetahui bahwa itu benar dan saya bersumpah untuk membagikan ini kepada semua orang bahwa FEMI OTEDOLA LOAN FIRM adalah nyata dan mereka memiliki bukti untuk saya bahwa memang ada perusahaan pinjaman yang sah dan jujur di luar Indonesia. jika Anda saat ini menghadapi masalah keuangan dan Anda ingin perusahaan pinjaman yang dapat dipercaya membantu Anda, hubungi FEMI OTEDOLA LOAN FIRM hari ini dan dapatkan pinjaman dengan cepat ..

    Kontak
    Perusahaan :: FEMI OTEDOLA LOAN FIRM
    Email :: Femiotedolaloanfirm@gmail.com
    Whatsapp :: +1 (469) 464-5833
    Whatsapp :: +1 (806) 395-2203

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^

Postingan populer dari blog ini

Bloggerday 2019 Bandung : Ketika 100 Blogger Berkumpul Di Ulang Tahun Bloggercrony Community

Cari Kantong Stoma? Yuk Ke Yayasan Kanker Indonesia

Danone Specialized Nutrition Indonesia Meluncurkan Laporan Berkelanjutan 2017-2018