MYBABY Momversity 2021 Hadirkan Kelas Inspiratif Untuk Dukung Peran Ibu di Masa Pandemi


"Pfiuh...akhirnya selesai juga beberesnya" kata saya dengan suara lantang karena saking senangnya bisa menyelesaikan pekerjaan rumah sambil bergerilya dari si anak bayi. Kemudian saya masuk ke kamar dan menatap jam dinding yang berada di sudut ruangan, rupanya sudah pukul sepuluh malam dan saya baru bisa rebahan. Itupun masih meninggalkan cucian baju kotor yang ingin saya selesaikan besok, karena malam ini saya betul-betul lelah. 

"Jadi ibu memang lelah Nak, tapi inget imbalannya surga!" sebuah kalimat nasehat yang sering ibu saya sampaikan berdenging di telinga, siapa sih yang enggak pengen masuk surga? Semua ibu pasti maulah, makanya harus tetap semangat ya Moms... karena kita adalah sosok yang dibutuhkan di garda terdepan untuk keluarga, terlebih di masa-masa pandemi seperti sekarang ini. Seorang ibu harus selalu tangguh meskipun banyak peluh. 


Multiperan Ibu Di Tengah Pandemi 

Tetapi sayangnya...menyemangati diri sendiri memang tak semudah memberi semangat pada orang lain, sesekali pasti pernah merasa jenuh, stress, tertekan apalagi selama pandemi, enggak bisa bepergian dan kumpul dengan teman-teman. Semua terasa lelah berkali-kali lipat, karena tugas, tanggung jawab juga kebutuhan rumah tangga semakin bertambah banyak. 

Mulai dari menjadi guru untuk anak saat belajar dirumah, menyiapkan keperluan suami dan 3 anak, mengerjakan pekerjaan rumah tangga yang tak ada habisnya, memikirkan besok mau masak apa dan banyak lagi hal lainnya. Termasuk mengatur soal keuangan yang sering lebih besar pasak daripada tiang. Ujung-ujungnya saya jadi sering mengeluh kepada pak suami karena tidak kebagian jatah buat belanja pakaian, tas, sepatu dan me-time di salon. 


Namun jawaban pak suami selalu sama, harus tetap bersyukur dengan yang ada sekarang, karena diluar sana masih banyak yang tidak bisa survive akibat pandemi, banyak yang tumbang karena tidak menjaga kesehatan dengan baik dan banyak yang harus merasakan perceraian karena tidak adanya komunikasi yang baik antara suami dan istri, miris banget kan Moms!

Terus nih tiap abis pillow talk sama suami, besoknya saya kembali bersemangat, lalu berpikir bahwa ketiga anak saya butuh sosok seorang ibu yang kuat, tangguh dan mampu bertahan di tengah pandemi ini. Tapi gimana dong caranya agar bisa mencapai titik itu? Menjalani multiperan dengan hati yang bahagia.

Alhamdulillah...semua jawabannya saya temukan dalam sebuah event persembahan My Baby bertajuk #MYBABYMomversity 2021 yang digelar pada Hari Selasa 30 Maret 2021 lalu lewat virtual zoom. Sebuah acara yang tak hanya bertabur ilmu bermanfaat, namun ada sebuah kejutan sekaligus hadiah untuk para Moms yang hadir agar bisa menikmati momen me-time dengan hati yang bahagia. Yaps! My Baby mengirimkan saya dan Moms Tangguh lainnya sebuah bucket bunga yang cantik, paket lengkap perawatan bayi My Baby dan voucher HomeSpa. Wow...asyik banget kan! Makanya yuk follow @mybabyid di Instagram sekarang juga.


Sekilas Tentang MY BABY

Moms pasti udah kenal dong sama produk-produknya My Baby? Sebagai merek kepercayaan Ibu selama lebih dari 35 tahun, MY BABY menyediakan rangkaian produk lengkap yang digunakan dalam memudahkan merawat bayi. 

Rangkaian tersebut dibagi menjadi kategori yaitu sebagai berikut : 

  1. Toiletries berupa powder (bedak), shampoo, sabun, lotion, cologne dan hair lotion, lalu kategori
  2. Treatment berupa minyak telon plus, lotion telon plus, dan rash cream (krim untuk menghindari iritasi) dan selanjutnya kategori 
  3. Household seperti pembersih botol susu, pelembut pakaian bayi, hand sanitizer dan liquid detergen

Produk MY BABY

MY BABY merupakan produk perawatan bayi berkualitas International yang diformulasikan khusus untuk bayi yang membuat Ibu merasa tenang dan lebih menikmati perannya dalam merawat bayi karena telah yakin memilih produk terbaik untuk kenyamanan si Kecil. Hal ini menjadikan MY BABY sebagai merek yang dapat menjadi partner kepercayaan ibu dalam menjalani peran dan tugasnya.


My Baby Kembali Gelar #MYBABYMomversity

Tahun 2020 telah membawa perubahan dramatis pada kehidupan hampir semua orang, tak terkecuali bagi sosok ibu. Pandemi menjadikan peran ibu kian penting. Mulai dari menjadi garda terdepan penjaga kesehatan keluarga, pengelola keuangan, hingga memastikan pertumbuhan dan proses pembelajaran anak tetap berjalan dengan baik. 

Memahami beban ibu yang yang semakin berlipat ganda dan membutuhkan ketangguhan, MY BABY kembali menyuguhkan #MYBABYMomversity 2021 dengan tema "Smart Parenting in Uncertain World". Menghadirkan beberapa narasumber yang memberikan langkah jitu untuk membantu ibu agar semakin kuat jalankan multiperan, mereka adalah :

1. Tiara Puspita, M. Psi - Psychologist

2. Kimberly Ryder - Public Figure

3. Alvin Hartanto - Nutritionist 

4. Prita Ghozie - Financial Planner


Narasumber MY BABY Momversity

#MYBABYMomversity merupakan salah satu bentuk komitmen MY BABY sebagai mitra yang selalu mendampingi ibu dalam menjalani dan menikmati perannya. Mengusung spirit "Share, Learn, Play", sejak 2019 #MYBABYMomversity terus digelar dengan menghadirkan kelas inspiratif tentang parenting, finansial, dan kesehatan. Di 2020, kegiatan ini menekankan digitalisasi sebagai bentuk adaptasi di tengah pandemi lewat penyuguhan materi melalui kelas digital. 

Sukses sentuh lebih dari 14 juta ibu lewat berbagai macam platform, #MYBABYMomversity tahun ini mengajak para ibu untuk terus meningkatkan pengetahuan, dengan menambah dua kelas inspiratif yang sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yakni: food & nutrition dan style & self-care.

Acara dibuka oleh MC Neea Alvira lalu dilanjutkan dengan sambutan dari Mba Selva Marsentiani, selaku Senior Head of Brand Communications Content MY BABY yang menyampaikan "MY BABY melihat bahwa multiperan yang ibu jalankan selama pandemi sebagai hal yang tak mudah. Terbukti, sebuah studi dari UN Women mengungkapkan 57% wanita mengalami peningkatan stres dan kecemasan, akibat bertambahnya beban mengurus keluarga dan juga pekerjaan rumah tangga, serta permasalahan ekonomi'."

Karenanya, kami berharap kehadiran #MYBABYMomversity tahun ini mampu membantu ibu mengurangi kecemasan yang ia hadapi. Dengan demikian, anggota keluarga khususnya anak-anak dapat menjadikan ibu sebagai role model yang senantiasa bahagia sekaligus tangguh. 


Bebagai Kelas Inspiratif di #MYBABYMomversity 2021

Dan yang ditunggu-tunggu oleh para Moms akhirnya tiba, yaitu dimulainya kelas edukatif bersama para expert, yuk kita simak bersama paparan para narasumber di kelas-kelas berikut ini 

  • Kelas Style And Self Care
Hadir sebagai narasumber Mom Tiara Puspita, M. Psi., yang membuka paparannya melalui slide-slidenya berikut dibawah ini dan semua yang beliau jelaskan memang sama persis dengan yang kita rasakan, berbagai ketidakpastian yang masih menghantui, seperti kapan pandemi berakhir? kapan sekolah kembali dibuka? bagaimana situasi ekonomi ke depan?

Tiara juga menambahkan, ada 3 hal yang dapat ibu lakukan agar bangkit dari situasi krisis yang dihadapi dan tangguh jalani perannya selama masa-masa menantang ini, yaitu : 

1. Self-care - Ibu dapat mengurangi rasa stress dan cemas dengan lebih peduli terhadap dirinya. Selain dengan memanjakan diri, ibu juga bisa melakukan meditasi untuk membuat ibu lebih rileks dan mendapatkan fokusnya kembali. Menempatkan kondisi fisik dan emosional sebagai prioritas, mampu membantu ibu mencapai kebahagiaan serta kesehatan yang optimal untuk dirinya dan keluarga;

2. Ciptakan keharmonisan keluarga - Ketika ibu mencontohkan hubungan yang penuh kasih dengan ayah dan anak-anak, mereka akan merasa lebih aman dan dicintai. Bahasa yang positif, aktif mendengarkan, dan empati bukan saja membantu menciptakan lingkungan keluarga yang damai dan bahagia pada saat-saat stres seperti sekarang, namun juga dapat mempermudah ibu dalam melakukan pembagian tugas dengan seluruh anggota keluarga;

3. Latih diri untuk menerima situasi yang ada, baik situasi yang dapat diubah dan dikendalikan maupun tidak - Sadari bahwa ibu tidak harus selalu sempurna. Dengan memahami batasan antara kedua hal tersebut, ibu dapat mengarahkan energinya secara lebih efektif dan optimal pada hal-hal yang berada dalam kendali. Penerimaan dapat membantu ibu untuk lebih mampu menerima diri sendiri dengan kelebihan dan kekurangan yang ada, dan dapat membantu memaksimalkan kualitas self-care dan me-time yang dilakukan untuk dirinya sendiri.



  • Kelas Food & Nutrition
Selain bahagia, untuk menjadi tangguh dalam situasi dan kondisi saat ini, ibu juga harus sehat dan memastikan keluarga juga terjaga kesehatannya. Menjaga kesehatan mulai dari dalam dengan memastikan kebutuhan harian nutrisi pada tubuh, amatlah penting. "Ada tiga faktor utama yang perlu diperhatikan untuk memenuhi gizi seimbang yaitu kenali kondisi tubuh, pahami kandungan gizi dari asupan makanan yang di konsumsi dan terapkan pola makan yang tepat Makanan sehat tidak harus mahal dan melewati proses pengolahan yang rumit. 



Nutrisi, vitamin, dan mineral yang tepat bisa didapatkan dari bahan makanan sederhana yang diolah dengan cara dan takaran yang tepat. Tak berhenti sampai di situ, menerapkan pola makan yang sesuai dengan kebutuhan pun diperlukan. Karena jika tidak, akan menimbulkan risiko dan berbahaya bagi tubuh", jelas Alvin Hartanto.
  • Kelas Financial ( Keuangan )

Selain kesehatan, masalah keuangan di masa pandemi juga merupakan tantangcan yang harus dihadapi oleh ibu sebagai pengelola keuangan keluarga. Dijelaskan oleh Prita Ghozie, "Di situasi ekonomi yang tak menentu saat ini yang utama adalah mengetahui bagaimana cara untuk bertahan. Ibu tetap harus bisa berkarya dan tahu cara menghasilkan uang dengan menggali kemampuan yang ibu miliki, seperti misalnya memasak, dan menjualnya dengan memanfaatkan media sosial.


Setelah itu, ibu bisa melakukan perencanaan anggaran untuk keluarga, dengan penyesuaian gaya hidup dan menjaga pos-pos pengeluaran berdasarkan skala prioritas. Jika masih ada dana tersisa, maka sebaiknya sebagian disisihkan sebagai tambahan dana darurat dan dana kesehatan. 

Dana darurat bisa membantu meningkatkan ketahanan ekonomi keluarga, dan dana kesehatan dapat mencegah dana darurat tergerus oleh biaya berobat. "Tak ada kata terlambat. Yang harus mulai dilakukan oleh ibu adalah menyusun rencana keuangan yang baik dan mengetahui komposisi yang tepat, serta disiplin dalam penerapannya" imbuhnya.

  • Sharing Session 

Kimberly Ryder berbagi ceritanya tentang parenting journey ditengah pandemi. Beliau mengatakan, "Selain memulai dengan mencintai diri sendiri, peran support system juga sangat besar dalam membantu seorang ibu mampu mewujudkan kebahagiaannya, sekaligus membuatnya menjadi lebih tangguh dalam menghadapi segala tantangan. Beruntung saya memiliki pasangan yang tak hanya setia mendampingi, namun terus meluangkan waktu memberikan dukungan, terutama di saat kami baru memiliki buah hati pertama kami, dan harus melakukan semua hal di negara lain tanpa bantuan keluarga". 


Belum lagi ketika saya harus melakukan persalinan anak kedua kami di tengah pandemi. Kecemasan tentu ada. Namun dengan dukungan orang-orang terdekat, dan belajar menerima situasi melalui pola pikir yang positif, membuat saya dapat melewati segala kesulitan dengan mudah.

Senang sekali ya Moms karena ditengah pandemi, kita tidak merasa sendirian, ada sebuah wadah pengembangan diri dan edukasi untuk para ibu sehingga mampu jalani peran di situasi apapun. Setelah berhasil melewati satu tahun pandemi, saat ini merupakan kesempatan bagi ibu untuk menumbuhkan ketangguhan yang lebih kuat. Terimakasih My Baby...

5 komentar

  1. aku setuju sama sharing session kimberly rider, penting untuk kita sebagai ibu mempunyai support system agar lebih ringan menjalankan multiperan kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mom, peran ayah juga sangat penting sebagai support system

      Hapus
  2. Membangun sebuah keluarga emang ga bisa cuma modal ayok nikah, ayok.
    Berlandaskan ilmu juga penting ya, karena perjalanan sebuah keluarga itu panjaaaaang sekali, semua harus saling dukung

    BalasHapus
  3. Asyiknya dapat produk buat si baby sekaligus ilmu dan support buat ibu, ya.

    BalasHapus
  4. Aku setuju dengan mom Tiara bahwa Ibu butuh melakukan self care. Karena jiwa ibu yang bahagia akan berpengaruh pada sekitarnya. Terutama di masa pandemi ini, dimana banyak hal yang membuat kita mudah kalut dan sulit mengontrol emosi.

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^