Tips Lancar Berpuasa Saat Menyusui



"Wah sebentar lagi udah mulai puasa nih...busui pada ikut puasa enggak?"
"Aku sih enggak deh kayanya, takut ASI nya sedikit,  kasian bayiku nanti"
"Aku juga takut lemas kalo harus enggak makan seharian"

Salah satu grup chat ibu menyusui yang ada di smartphone saya tiba-tiba ramai dengan celotehan para anggotanya yang sangat antusias menyambut datangnya bulan suci Ramadan, ada yang begitu bersemangat ingin tetap berpuasa, ada juga yang sudah mengibarkan bendera putih sebelum perang hihihi...

Saya sendiri hanya membaca sambil senyum-senyum sendiri melihat keriuhan di grup itu, hingga sebuah notifikasi di Instagram mengingatkan saya pada sebuah acara Live Streaming yang sudah lama saya tunggu-tunggu tayangannya.

Yaps! Siang ini tepat jam 11.00 nanti bakal berlangsung sebuah mini talkshow yang disiarkan secara live di akun instagram @hometowndairy.id dan akan membahas sebuah tema yang menarik buat kita semua yaitu "Jaga Imunitas Selama Berpuasa Dengan Konsumsi Susu Segar",  judulnya aja udah kece ya Moms, pasti pada penasaran kan seperti apa sih keseruannya?

Saya langsung membuka akun instagram @hometowndairy.id dimana Program Ramadhan Series bakal digelar untuk pertama kalinya pada hari itu. Sesuai dengan kondisi di masa pandemi seperti sekarang ini, Hometown mengajak kita untuk tetap  "Happy at Home with Hometown" dengan menghadirkan rangkaian talkshow kesehatan yang dikemas secara apik selama satu jam bersama para narasumber terpilih.

Happy at Home With Hometown Dairy

Hari Sabtu 10 April 2021 lalu, di peluncuran acara Ramadhan Seriesnya, Hometown Dairy menghadirkan seorang dokter Spesialis Gizi Klinis yaitu Dr dr Luciana B Sutanto MS SpGK, yang akan berbagi tipsnya untuk para penonton yang hadir. Terutama buat busui seperti saya nih. Karena saya ingin tau banget, apa saja tips untuk tetap lancar menyusui saat berpuasa? 

Di awal paparannya dokter Luciana menjelaskan tentang pentingnya menjaga imunitas di tengah pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung,  mulai dari menerapkan protokol kesehatan, berolahraga secara teratur, cukup tidur dan istirahat serta mengkonsumsi asupan bergizi seimbang ditambah dengan susu segar.

Manfaat susu segar disini adalah selain mengandung vitamin dan kalsium tinggi juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh di tengah pandemi jika diminum secara rutin 2 gelas perhari. Apalagi buat para ibu yang sedang menyusui bayinya namun ingin tetap berpuasa.







Bolehkah Ibu Menyusui Tetap Berpuasa? 

Jawabannya...tentu saja boleh! Ibu menyusui dipersilahkan untuk berpuasa jika merasa kuat, kondisi badan fit dan sehat begitu juga dengan kondisi bayinya, namun sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter agar lebih memahami syarat apa saja yang bisa membuat busui bisa tetap berpuasa. 

"Yakin nih mau tetap berpuasa?" Tanya suami saya ketika memasuki hari pertama Ramadan kemarin, saya menjawab mantab "Yakin banget dong Pah, kan kemarin sudah dapat tips dari dokter Luciana di IG Livenya Hometown Dairy". Lalu pak suami langsung tersenyum sembari mengacungkan jempolnya kepada saya. Alhamdulillah hingga 10 hari terakhir Ramadan, ibadah puasa saya berjalan lancar.

Ramadan kali ini memang terasa begitu berbeda dari tahun sebelumnya, kalau tahun lalu saya masih mengandung mas Arsya di dalam perut gendut saya, di Ramadan tahun ini mas Arsya sudah berusia 9 bulan, dia tumbuh sehat, aktif dan getol banget minum ASInya. Mas Arsya juga doyan banget makannya, jadi saya enggak khawatir lagi untuk menjalankan ibadah puasa, karena ada asupan tambahan dari menu Makanan Pendamping ASI yang saya berikan.

Sebagai ibu tentunya saya sangat bahagia dan bangga bisa memberikan ASI ekslusif kepadanya karena manfaat Air Susu Ibu sangat luar biasa untuk tumbuh kembangnya. Dan ketika harus tetap berpuasa saat menyusui pastinya menjadi tantangan tersendiri bagi seorang ibu, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini karena imunitas tubuh harus tetap terjaga agar ibunya sehat, bayinya pun sehat. Setuju kan Moms? 

Rahasia Lancar Menyusui di bulan Ramadan

Di acara IG Live yang dipandu oleh Mom Debbie Octoria pada 10 April 2021 lalu, Dokter Luciana menyampaikan, "Ibu menyusui perlu mengkonsumsi air putih yang cukup agar bayi dapat mengkonsumsi ASI dengan lancar, setidaknya asupan air putih tercukupi". Pesan pertama dari dokter Luci melalui paparannya langsung saya catat dan praktekan. 

Dokter Luci juga menambahkan, sebaiknya para Moms menyusui bayinya setelah minum segelas air putih, itu di luar jadwal makan sehari tiga kali dan selingan makan sehari dua sampai tiga kali ya. Jadi ibu menyusui setiap habis makan wajib minum segelas air putih, sehabis nyemil wajib minum segelas agar tetap terhidrasi.




Dokter Luciana juga memberikan 3 tips nya untuk para busui agar tetap lancar berpuasa, ini dia tipsnya Moms
1. Ibu menyusui dapat memerah asi di saat malam hari

2. Ibu menyusui disarankan makan sesuai dengan panduan isi piringku, yakni porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring terdiri dari 50 persen buah dan sayur, 50 persen sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein. 

3. Tetap menjalankan hidup aktif dengan berolahraga. Dianjurkan berolahraga seperti jalan kaki santai jelang Berbuka puasa.

Selain ketiga tips diatas saya juga melakukan beberapa hal ini untuk menjaga imunitas tubuh agar tetap terjaga seperti menerapkan protokol kesehatan saat bepergian, makan makanan yang bergizi seimbang  juga mengkonsumsi susu segar 2x sehari saat sahur dan berbuka. Agar lebih bersemangat puasanya biasanya saya membuat makanan kesukaan keluarga untuk menu berbuka seperti Macaroni Cheese dan puding dengan susu segar Hometown Dairy sebagai bahan pelengkap. 




Kalau sudah memenuhi itu semua, sebetulnya sudah cukup sebagai sebuah syarat agar busui tetap bisa berpuasa. Bisa tambahkan dengan mengkonsumsi segelas susu sebagai pelengkap," kata Dr Luciana. Susu seperti apa sih yang direkomendasikanoleh dokter? Tentu saja susu segar dong, seperti susu Hometown Dairy yang menjadi favorit kami dirumah

Hometown Dairy adalah susu murni tanpa tambahan apapun seperti air, gula, pemanis, pengawet, dan lainnya. Sehingga susu segar Hometown Dairy hanya bertahan sampai 3 hari setelah botol dibuka dan dimasukan ke lemari pendingin serta bertahan selama kurang lebih 7- 12 hari sebelum kemasan dibuka.

Biasanya saya membeli Susu segar Hometown Dairy di supermarket via online melalui Shopee GGF Official Shop dan Tokopedia GGF Mart untuk area Jakarta dan sekitarnya. Selain di area Jabodetabek, susu segar Hometown Dairy juga ada di kota Surabaya, Bandung, Lampung dan Medan. Bersama Hometown Dairy hidup sehat menjadi lebih mudah!

#HappyatHomewithHometown #HealthyRamadhan


Tidak ada komentar

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^