Blogger & Vlogger Gathering RS Premier Bintaro, Serunya Hospital Tour & Menyimak Health Talk : Penanganan Saraf Kejepit


Sekitar 1 minggu yang lalu, Eyang Putri kami jatuh terpeleset di depan kamar mandi rumahnya, kabar tersebut tentu saja membuat kami sekeluarga sangat panik, mengingat usianya kini memasuki 95 tahun. Usia yang rawan dan mudah terjatuh jika tidak diawasi dengan ketat. Saat menerima kabar kurang baik tersebut, saya langsung meluncur ke kediaman beliau bersama pak suami untuk mengecek kondisinya, Alhamdulillah...kondisi beliau baik ketika kami datang, tidak ada luka-luka di bagian luar tubuhnya, namun kami khawatir juga, apakah ada luka bagian dalam yang beliau alami?

Kami sempat berdiskusi perihal ini dan memberi penawaran untuk membawa Eyang Putri ke Rumah Sakit terdekat dari rumahnya di kawasan Bintaro, namun ternyata Eyamg menolak untuk pergi ke Rumah Sakit, selain takut bertambah penyakit karena banyak virus di Rumah Sakit, eyang juga takut di operasi jika ada kelainan tulang dan otot yang terjadi setelah diperiksa oleh pihak dokter. Alasan Eyang tersebut sempat membuat kami tersenyum bersamaan tapi akhirnya kami menurutinya, beliau dirawat dirumah saja dengan pengawasan ketat.

Berkaca pada alasan Eyang Putri tadi, saya setuju jika berkunjung ke sebuah Rumah Sakit menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang selama masa pandemi terjadi di negara kita. Akibat pandemi Covid-19 dalam kurun waktu lebih dari 2 (dua) tahun ini, aktivitas kunjungan ke Rumah Sakit memang sedikit menurun. Jika tidak dalam kondisi darurat, orang-orang akan berpikir 2x saat harus pergi ke Rumah Sakit. 

Iyess or No?

Kalau saya sih iyess! Karena...menghindari pergi ke Rumah Sakit pernah saya alami sendiri saat menjalani kehamilan di masa pandemi, salah satu contohnya adalah rutinitas kontrol bulanan dan konsultasi ke dokter Spesialis Obgyn, semua saya lakukan  hanya via WhatssApp atau telepon, kenapa? Tentunya karena ingin menjaga kehamilan saya agar tetap sehat ditengah gencarnya wabah virus Corona, disertai dengan beberapa alasan lainnya yang mungkin dirasakan juga oleh orang lain, apa sajakah itu? 

Ini dia 5 alasan masyarakat menunda aktivitas kunjungan ke Rumah Sakit saat pandemi, yaitu : 

  1. Takut tertular Virus Corona
  2. Khawatir Rumah Sakit yang kita kunjungi tidak taat protokol kesehatan
  3. Diagnosa dokter yang salah
  4. Tersedia banyak Layanan Konsultasi Digital
  5. Kemudahan membeli obat di e-commerce/aplikasi kesehatan
Lobby & Ruang Tunggu Pendaftaran

Namun semua alasan tersebut diatas tetiba berubah ketika saya berkunjung langsung ke Rumah Sakit Premier Bintaro beberapa hari yang lalu, sebab...Institusi kesehatan yang satu ini selalu mengedepankan pelayanan terbaik juga memberikan kenyamanan yang hakiki selama pasien berada di area Rumah Sakit. Serius nih? Serius dong...saya pribadi sampai kepoin lebih banyak profilnya lewat akun sosial medianya @rspremierbintaro di Twitter, Instagram, TikTok dan Youtube. Mau tahu dong info terupdatenya? 

Profil RS Premier Bintaro

Rumah Sakit Premier Bintaro terletak di tengah kawasan Bintaro Jaya yang dibangun di atas lahan seluas 12.000 m2 dengan konsep desain yang unik. Mulai beroperasi pada 12 Oktober 1998, dengan nama Rumah Sakit Internasional Bintaro, kemudian pada tanggal 12 Agustus 2010, Rumah Sakit Internasional Bintaro mengganti namanya menjadi Rumah Sakit PREMIER BINTARO. Perubahan nama rumah sakit dilakukan untuk mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku tentang Rumah Sakit Indonesia Kelas Dunia.

RS Premier Bintaro adalah bagian dari Ramsay Sime Darby Health Care Group, grup rumah sakit swasta yang memiliki lebih dari 100 rumah sakit dan fasilitas di Australia, Inggris, Prancis, Malaysia, dan Indonesia.

Lebih dari 21 tahun perjalanan Rumah Sakit Premier Bintaro, berbagai fasilitas layanan unggulan telah dibangun sejalan dengan perkembangan pesat ilmu pengetahuan dan teknologi medis. Sejak 1998, RS Premier Bintaro telah diakui keahliannya di bidang layanan ortopedi. Perawatan ortopedi ditangani secara menyeluruh dengan dukungan spesialis ortopedi dari berbagai subspesialisasi mulai dari Bedah Tulang Belakang, Bedah Pinggul & Lutut, Bedah Tangan hingga Bedah Ortopedi terkait Olahraga

Ruang Tunggu Stroke Centre

Sebagai bagian dari kelompok Perawatan Kesehatan Ramsay Sime Darby, Rumah Sakit Premier Bintaro terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan di semua bidang secara berkelanjutan. Berkomitmen untuk terus berjuang dalam kesuksesan klinis, keselamatan pasien dan kepuasan pelanggan serta peningkatan berkelanjutan seiring waktu dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan pelanggan.

Selain profil lengkap seputar Rumah Sakit diatas, saya juga ingin berbagi cerita seru kunjungan saya dan teman-teman ke Rumah Sakit Premier Bintaro pada hari Selasa 19 July 2022 lalu dalam rangka menghadiri acara "Blogger & Vlogger Gathering" sesi ke-2. Seperti apa ya keseruannya? Simak deh ulasannya...

Keseruan Acara Blogger & Vlogger Gathering

Perjalanan dari Cibubur ke Bintaro pada Selasa pagi itu dibekali dengan semangat yang menggebu, semangat 45 tersebut tentunya disebabkan karena sudah terbayang jika disana nanti bakalan dapat ilmu baru seputar kesehatan dan bonusnya bisa meet up dengan rekan-rekan blogger yang sudah lama dirindukan. Sempat sih ada sedikit keraguan ketika tiba di parkiran Rumah Sakit Premier Bintaro tersebut, ini aman enggak yah saya main-main ke Rumah Sakit? Etapi akhirnya saya PD untuk menuju Lobby setelah melihat ketaatan Rumah Sakit ini pada Protokol Kesehatan. 

Hal ini mereka buktikan dengan adanya peraturan Scan Peduli Lindungi di pintu masuk, wajib memakai masker selama berada di area Rumah Sakit, juga tersebarnya tempat cuci tangan dan hand sanitizer di beberapa tempat. Apalagi setelah melihat fasilitas di sekeliling Rumah Sakit, wah kekhawatiran saya semakin berkurang saat itu juga. 

Roof Garden

Oiya kembali ke keseruan acara Blogger dan Vlogger Gathering ya...pada hari itu ada 2 agenda seru yang bakal dijalani oleh teman-teman Blogger dan Vlogger yaitu Hospital Tour dan Health Talk bersama seorang dokter spesialis. 

1. Hospital Tour Rumah Sakit Premier Bintaro

Agenda pertama kami adalah berkeliling area Rumah Sakit untuk mengunjungi beberapa fasilitas dan layanan unggulan yang ada disini. Roof Garden yang berada di lantai 3 adalah fasilitas pertama yang kami kunjungi, di tempat ini para pasien bisa menghirup udara segar dan bisa berjemur di bawah sinar matahari dengan ijin dan anjuran dokter yang merawat, jadi tidak bisa sembarangan masuk ya temans...

Lalu kami menuju ke lantai 2 dan berjalan melewati beberapa ruangan bertuliskan Ruang Operasi, Ruang HCU dan CCU juga ruangan rawat inap pasien, jika dilihat secara keseluruhan, kebersihan dan kenyamanan memang menjadi prioritas utama mereka, belum lagi layanan unggulan yang membuatnya berbeda dari Rumah Sakit lainnya. 

Beberapa layanan unggulan RS Premier Bintaro diantaranya adalah :

  • Stroke Centre

Salah satu kunci keberhasilan penanganan stroke adalah menangani pasien secepat mungkin setelah serangan terjadi. Semakin cepat pasien ditangani risiko pasien mengalami kematian dan cacat permanen dapat dikurangi. Faktanya hasil terbaik dapat didapatkan jika pasien ditangani pada masa Golden Period, sebelum 3,5 jam setelah terjadi serangan stroke.

Stroke Centre Rumah Sakit Premier Bintaro dibuka sejak bulan January 2022 dan telah menangani dan merawat pasien stroke hiperakut, akut dan sub akut serta pasien lainnya yang memerlukan observasi ketat gejala neurologis dengan tenaga keperawatan yang telah dipersiapkan untuk mendukung pemulihan optimal pasien.  

Kabar baiknya Tim Stroke Center Premier Bintaro telah berhasil melakukan terapi trombolitik pada kasus-kasus stroke iskemik akut (stroke yang disebabkan oleh sumbatan pada pembuluh darah). Peralatan operasi neurointervensi yang terkini juga tersedia di rumah sakit Premier Bintaro dengan didukung oleh tim neurointervensi yang kompeten dan berpengalaman. Sejak dibukanya pada awal tahun 2022 lalu, Stroke Centre sudah menangani sebanyak 40 pasien, oiya untuk lokasinya berada di lantai 2

Ruang perawatan di Stroke Centre

  • Skin & Laser Clinic
Layanan unggulan yang kami kunjungi berikutnya berada di Lantai 1 dan masih di area Lobby, namanya Skin & Laser Clinic. Layanan ini dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang saat ini mulai sadar pentingnya mendapatkan kulit yang sehat dan indah untuk meningkatkan kualitas hidup, perawatan Skin & Laser Clinic seperti ini terbilang masih jarang ditemui di Indonesia dan saat ini menjadi salah satu layanan unggulan di RS Premier Bintaro.

Alat laser yang dimiliki oleh RS Premier Bintaro dapat mendukung tidak hanya Dokter Spesialis Kulit, namun juga Spesialis Kandungan, Spesialis THT, Spesialis Vaskular, serta Spesialis Urologi. Kehadiran Skin & Laser Clinic yang memiliki teknologi canggih memudahkan masyarakat agar tidak perlu keluar negeri dan dapat menikmati layanan yang baik di negeri sendiri.

Skin & Laser Clinic

  • Paket Lengkap Medical Check Up

Masih berada di lantai 1, Layanan Unggulan berikutnya adalah pelayanan Medical Check Up. Paket Medical Check Up (MCU) adalah paket pemeriksaan kesehatan tubuh yang meliputi pemeriksaan fisik, radiologi, laboratorium, dan lain sebagainya. Paket MCU RS Premier Bintaro tersedia dalam beberapa paket pilihan sesuai dengan kebutuhan Anda termasuk Paket Medical Check Up Visa Inggris, Australia, Canada dan Selandia Baru. 

MCU Visa

  • Ramsay Spine Center

Rumah Sakit Premier Bintaro kini memiliki Ramsay Spine Center, yang merupakan pusat layanan untuk mengatasi semua masalah tulang belakang secara terpadu dan komprehensif. Penanganan problem tulang belakang tersebut dilakukan oleh tim yang terdiri dari berbagai bidang spesialistik, yaitu dokter Spesialis Orthopedi Tulang Belakang, Spesialis Neurologi, Spesialis Neurofisiologi, Spesialis Rehabilitasi Medik dan Spesialis Radiologi.

Problem tulang belakang yang ditangani meliputi:

  • Berbagai nyeri tulang belakang.
  • Kelainan bentuk tulang belakang seperti skoliosis, dan sebagainya.
  • Trauma tulang belakang.
  • Gangguan syaraf akibat kelainan tulang belakang.

Fasilitas Pelayanan Ramsay Spine Center kami meliputi Terapi Non-Operatif/Konservatif dan dan Terapi Operatif

2. Health Talk bersama dr.Ajiantoro Sp,OT (K-Spine)

Setelah puas berkeliling area Ruamh Sakit, teman-teman Blogger & Vlogger langsung menuju Ruang Krakatau di lantai 5 karena di Aula tersebut akan berlangsung sebuah acara Health Talk bersama seorang Doker Spesialis Ortopedi yang praktek di Rumah Sakit Premier Bintaro dan tergabung dalam Spine Centre, beliau adalah dr.Ajiantoro Sp,OT. Tema Health Talk pada siang hari itu tentu saja berkaitan dengan Ortopedi yaitu "Penanganan Terkini Saraf Kejepit" yang menjadi salah satu masalah nyeri tulang belakang. 

Seperti kita ketahui bersama bahwa Saraf Kejepit atau LOw Back Pain bisa terjadi pada siapa saja, termasuk usia produktif. Beberapa profesi yang rentan mengalami nyeri punggung bawah biasanya adalah buruh, pekerja kasar, driver dan pramugari karena runititas mereka yang harus mengangkat beban berat atau duduk terlalu lama.

Gejala awalnya bisa berupa rasa nyeri di bagian tulang belakang, 2 (dua) jenis nyeri yang bisa terjadi yaitu Nyeri Akut dan Nyeri Kronis. Pada usia produktif, sebanyak 80% populasi mengalami minimal 1x dalam episode kehidupan dan diurutan kedua tersering, orang-orang yang mengalami low back pain akan melakukan kunjungan kedokter untuk memeriksakan diri atau melakukan pembedahan. 

Low Back Pain biasanya muncul di beberapa tempat seperti otot, ligamen, sendi facet, tulang yang bergeser, bantalan yang robek dan saraf terjepit. Untuk itu kita wajib memperhatikan Red Flags dari gejala yang terjadi yaitu :  

  •  Nyeri yang terjadi mendadak dan tak tertahankan
  •  Nyeri yang bersifat progresif dan tidak hilang dengan istirahat
  •  Nyeri yang menjalar ke kedua tungkai
  •  Nyeri yang berkaitan dengan perubahan posisi
  •  Nyeri dengan kelemahan tungkai kaki
  •  Kesemutan, baal, atau kebas pada tungkai kaki 
  •  Kelemahan kedua tungkai kaki saat berdiri atau berjalan.

dr.Ajiantoro Sp,OT (K-Spine)
Doc : Melinda

Sedangkan untuk pengobatannya bisa dilakukan secara Konservatif (tanpa operasi) dan tindakan operasi. Teman-teman bisa melihat metodenya pada gambar dibawah ini.



Penanganan problem tulang belakang di Ramsay Spine Center memiliki kelebihan, khususnya dalam hal pemeriksaan awal kondisi pasien yang dilakukan oleh tim dokter berbagai bidang spesialistik. Dengan demikian, akan didapat hasil pemeriksaan yang komprehensif tentang kondisi pasien yang sesungguhnya.

Pengambilan keputusan operatif hanya dilakukan oleh tim Ramsay Spine Center setelah melalui analisa yang cermat. Tindakan operasi tulang belakang yang dapat dilakukan di Ramsay Spine Center antara lain:

  • Artificial Disc Replacement (penggantian cakram artifisial)
  • Spine Fusion (fusi tulang belakang)
  • Scoliosis Reconstruction (rekonstruksi skoliosis)
  • Endoscopic Discectomy (diskektomi endoskopi)
  • Vertebroplasty (vertebroplasti)
  • Pulse Radio frequency
  • Coblation
Darby, Robot Unik Milik RS Premier Bintaro/

Dengan begitu banyak fasilitas dan layanan unggulan yang dimiliki oleh Rumah Sakit Premier Bintaro semakin menguatkan komitmen “People Caring for People” sebagai sebuah filosofi yang sungguh-sungguh dibuktikan oleh RS Premier Bintaro dalam segi fasilitas dan layanan selama lebih dari 21 tahun. 

Setelah kunjungan saya kali ini, nampaknya tidak lagi keraguan untuk membawa Eyang Putri  memeriksakan diri pasca accident kemarin. Karena Filosfi “People Caring for People” yang dimiliki RS Premier Bintaro, mencerminkan komitmen terhadap peningkatan kualitas berkelanjutan – tanggung jawab untuk memberikan layanan berstandar Internasional, juga untuk mengembangkan sumber daya manusia secara konsisten. Semoga semakin sukses kedepannya. 

Lokasi : 

Rumah Sakit Premier Bintaro

Jl. Moh Husni Thamrin No.1 

Pondok Jaya, Kec Pondok Aren 

Tangerang Selatan 


#rspremierbintaro #ramsaysimedarbyhealthcare #peoplecaringforpeople #healthtalk #SarafKejepit #gathering

5 komentar

  1. Saraf kejepit membuat susah beraktivitas dan perlu penangan yang serius

    BalasHapus
  2. Seru ya mba satu hari ada di rs premier bintaro yang hangat dan dekat. Jadi tahu lebih detail tentang saraf kejepit

    BalasHapus
  3. Duh, pengen banget ikutan Mbak. Pengen lihat sendiri. Pengalaman yang sangat menarik ini, karena ga cuma lebih paham tentang rumah sakit dan pelayanannya tapi juga beberapa informasi penting seputar kesehatan

    BalasHapus
  4. Di antara semua tempat aku justru percaya RS yang prokesnya bagus hehe, jd pas pandemi kmrn terpaksa ke RS entah krn cek gigi atau anak sakit tetep ke RS :D
    RS Premier Bintaro ini mungkin akan jadi jujuganku skrng mbak, seteah pindah rumah, soalnya area rumahku skrng blm ada RS besar. Buat cek up2 dan periksa gigi aja, gak berharap sakit hehe :P

    BalasHapus
  5. Banyak masukan baik mengenai dunia medis dari mengikuti acara yang diselenggarakan bersama RS Premier Bintaro. Aku jadi tau mengenai edukasi seperti pencegahan stroke hingga informasi mengenai saraf terjepit dan cara penyembuhannya yang tanpa operasi.
    Bukan hanya maju di bidang peralatan tetapi juga SDM nakesnya juga. Juara banget RS Premier Bintaro.

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^