Bepanthen Baby, Salep Popok Bayi Dengan Triple Action


Ruam popok pada bayi menjadi PR tersendiri untuk setiap mama yang baru saja melahirkan, PR ini tidak hanya berlaku pada New Mom tetapi Mom dengan 3 orang anak seperti saya juga sudah mengalami problematika ruam popok selama 3x melahirkan. Kakak Ai, kakak Drey dan Acha lahir ke dunia ini dengan kisah yang berbeda serta cerita unik yang beragam, salah satunya adalah drama ruam popok.

Si sulung kakak Ai, tumbuh menjadi anak yang chubby dengan bobot yang besar sehingga agak sulit menemukan popok dengan ukuran jumbo saat itu, beberapa kali popok yang saya pakaikan malah membuatnya sering menangis karena muncul iritasi akibat penggunakan popok yang sempit, kulitnya memerah karena gesekan yang terjadi dikulit. Sedih juga sih melihatnya. 

Berbeda dengan si anak tengah, Kakak Drey. Yang tidak bisa memakai sembarang merk popok, dulu ketika Drey baru lahir hingga usianya 2 tahun, pernah suatu waktu saya terjerumus dengan harga popok yang murah, eh malah jadi masalah dan harus keluar kocek untuk konsultasi ke DSA, Diagnosa dokter saat itu adalah kulit Audrey cenderung sensitif dan ada riwayat alergi sehingga ketika urine tidak diserap dengan baik oleh popoknya, muncul ruam kemerahan pada bagian yang tertutup popok tersebut.

Kemudian drama ruam popok yang tak kalah seru terjadi juga pada si bungsu Acha yang saat ini sudah berusia 2 tahun, dalam kasus Acha yang berjenis kelamin laki-laki, ruam kemerahan setelah menggunakan popok seringkali bermunculan di sekitar buah zakarnya, sepertinya sih akibat terlalu lama menggunakan popok  dalam keadaan basah dan telat diganti, untungnya segala permasalahan seputar ruam popok, selesai dengan damai melalui berbagai langkah dan perjuangan yang wajib dilakukan oleh seorang ibu untuk kenyamanan #BosKecilKu setiap harinya, apa sajakah itu? 


Kenali Ruam Popok, Gejala & Pencegahannya 

Ruam Popok adalah masalah umum yang sering terjadi pada bayi, biasanya muncul kemerahan di sekitar bokong atau area yang tertutup oleh popok akibat dari popok yang sangat basah, jarang diganti atau bayi terkena diare. Meskipun tidak memicu penyakit yang lebih serius, radang dan kemerahan yang terjadi justru membuat #BosKecilku jadi tak nyaman karena gatal, perih dan bikin tidak nyenyak tidur. 

Lalu gejalanya seperti apa sih Moms? Berhubung sudah 3x menghadapi gejala ini pada anak-anak saya, berikut adalah gejala yang terpampang nyata jika #BosKecilKu terkena ruam popok

  • Kemerahan pada kulit disertai gatal pada alat vital, bokong, pangkal paha
  • Bayi menjadi gelisah, rewel karena merasa tidak nyaman
  • Akibat gatal dan perih Bos Kecilku jadi sering terbangun di malam hari (tidur terganggu)

Melihat ke-3 gejala ruam popok yang terjadi pada bos kecil tersebut diatas, saya tentu tidak tinggal diam. Terutama saat melahirkan anak pertama dimana masih awam sekali akan ilmu Parenting juga pola asuh sehingga membuat saya banyak bertanya kepada teman dan keluarga serta mencari informasi seputar penanganan ruam popok dan juga pencegahannya dari media sosial agar tidak langsung panik.

Berbagai Informasi yang saya dapatkan seputar pencegahan Ruam Popok akhirnya saya aplikasikan langsung kepada anak-anak, mulai dari mengganti popok saat hampir penuh atau sekitar 4 jam sekali agar tidak timbul iritasi akibat urin dan feses, juga membersihkan area bokong alat vitalnya dengan baik dan sebersih mungkin. Dan yang terakhir adalah oleskan salep ruam popok agar kulit anak terhindar dari iritasi setiap kali mengganti popok. 

Nah untuk salep ruam popoknya sendiri, para Moms juga harus memahami kandungan dan manfaat apa saja yang ada dalam salep tersebut, agar drama ruam popok tidak perlu terjadi lagi, pencerahan tersebut saya dapatkan dari sebuah acara Blogger Gathering yang digelar oleh Fimela dan Bepanthen beberapa waktu lalu. Seperti apa sih keseruannya? yuk mari saya ceritakan...

Blogger Gathering Bepanthen x Fimela  

Hari Kamis 18 Agustus 2022 lalu bertempat di Wy'lls Kitchen Veranda Hotel Jakarta, Fimela menggelar acara Blogger Gathering bertajuk "Area Popok Terlindungi #BosKecilku Ceria Setiap Hari". Di acara gathering kali ini Fimela menggandeng Bepanthen Baby, salep ruam popok bayi yang cukup legendaris di kalangan ibu-ibu sejagat raya hehehe...apalagi yang punya masalah ruam popok pada bayinya. Pasti sudah familiar dengan produk yang satu ini. 

Acara pada sore hari itu dipandu oleh MC Neea Elvira yang juga memperkenalkan 3 (tiga) orang narasumber yang akan sharing di sesi Talkshow seputar ruam popok pada bayi, mereka adalah :

  1. Dr. Reza Fahlevi, Sp. A (Pediatrician)
  2. Nabila Gardena (Personal Blogger)
  3. Debi Widianti (Marketing Manager Dermatology PT Bayer Indonesia) 

Paparan pertama sesi Talkshow dibuka oleh Dr. Reza Fahlevi, Sp. A , dokter spesialis anak yang satu ini menyampaikan bahwa para Moms tak perlu langsung panik ketika Bos kecil mengalami ruam popok karena berdasarkan sebuah data "sebanyak 1 dari 2 bayi (sebanyak 50% dari populasi bayi) pernah mengalami ruam popok pada 1 tahun pertama kelahiran".  Data tersebut disampaikan dan diperkuat oleh materi yang ia tambahkan untuk mengupas tuntas cara merawat area popok #BosKecilku agar terhindar dari ruam popok.

Penting untuk kita ketahui bahwa kuit bayi berbeda dengan jenis kulit dewasa, kalau kulit bayi lebih kering dan sensitif sehingga rentan iritasi. Ruam popok memiliki tingkatan dalam setiap kasusnya, mulai dari tingkat rendah, sedang hingga tingkat tinggi. 

Dr.Reza juga menyampaikan ABCDE terkait masalah ruam popok pada anak dan bagaimana cara mengatasinya. Istilah ABCDE yang disampaikan oleh Dr.Reza ternyata memiliki makna tersendiri loh Moms, berikut yang bisa saya simpulkan

A = Air, Memberikan udara untuk kulit dengan melepas popok sejenak

B = Barrier, artinya pertahanan kulit terluar, berikan produk pertahanan dan pelapis kulit berupaagar tidak iritasi

C = Clean, membersihkan pantat bayi dengan air mengalir, wipes atau air hingga bersih saat mengganti popok

D = Diaper, memilih popok yang bahannya cocok, tidak memilih produk yang bahannya kasar

E = Edukasi dari dokter lewat webinar, KulWap dan juga Podcast

Selain kelima faktor diatas, Dr.Reza juga menambahkan untuk pencegahan terjadinya ruam popok sebaiknya gunakan salep atau krim yang tepat dan memiliki kandungan yang aman dan bermanfaat, terbukti mengandung zat-zat aktif yang dapat merawat kulit, serta tidak berbahaya atau toxic untuk bayi. Sebab pemakaian produk yang salah justru dapat menyebabkan iritasi. Nah bicara tentang salep popok untuk bayi, Bepanthen hadir tak hanya membantu mencegah ruam popok namun juga merawat kulit bayi agar tetap sehat.

Atasi Ruam Popok dengan Bepanthen

Urin, feses dan gesekan kulit dengan popok meningkatkan risiko ruam popok. Untuk mencegah terjadinya risiko tersebut Mom bisa pilih Bepanthen karena terbukti aman, bermanfaat dan mengandung bahan yang tidak berbahaya. Bepanthen adalah produk salep popok bayi keluaran PT. Bayer Indonesia yang sudah dipercaya selama lebih dari 75 tahun dan sudah mendapat Sertifikat Halal dari MUI. 

Menurut Debi Widianti (Marketing Manager Dermatology PT Bayer Indonesia) "Bepanthen merupakan salah satu brand global yang sudah dipasarkan di 130 negara. Produk ini penting untuk perawatan & perlindungan risiko ruam popok. Bepanthen dengan kandungan Pro Vitamin B5 (Dekspanthenol) & Triple Action Formula, formulanya lembut melindungi kulit #BosKecilku dari risiko ruam popok setiap hari".

Dari paparan Ibu Debi diatas kita tidak perlu khawatir lagi nih kalau sering ganti popok si kecil karena dengan salep popok Bepanthen, area popok terhindar dari risiko ruam popok. Bepanthen dengan Triple Action Formula merawat area popok setiap hari bekerja dengan 3 cara yaitu : 

  • Melembutkan kulit bayi setiap hari karena mengandung Sweet Almond Oil, Lanolin dan Parrafinum Liquidum
  • Melindungi dari gesekan, dengan Lanolin yang memberikan lapisan pori untuk melindungi  kulit bayi dari gesekan dengan popok
  • Merawat, mengandung Dexpanthenol (Pro Vitamin B5) merawat kulit bayi setiap hari


Bepanthen memberikan lapisan pelindung tanpa menghalangi pertukaran udara dan air, terbukti klinis dan berkhasiat untuk merawat kulit bayi di area popok. Kandungannya terdiri dari bahan-bahan yang hanya diperlukan kulit bayi. Produknya tersedia dalam dua kemasan yaitu 10gram dan 20gram. Oiya untuk informasi lengkap seputar produk Moms bisa kunjungi akun media sosial @bepanthenid

Cara Pakai :

Untuk merawat kulit bayi berishkan kulit dengan air, oleskan Bepanthen dengan tipis dan merata pada kulit yang akan tertutup popok serta daerah lipatan seperti paha dan selangkangan, untuk hasil optimal gunakan Bepanthen sebelum memakai popok setiap hari. Sedangkan untuk merawat puting susu selama masa menyusui : Bersihkan puting setelah menyusui lalu oleskan Bepanthen

Yuk Moms kita jaga kebersihan area popok dan gunakan salep Bepanthen! Salep Bepanthen dengan pelembab (moisturizer) dan Pro Vitamin B5 untuk meningkatkan fungsi pertahanan kulit bayi. Temukan produknya di Bayer Official Store yang ada di Marketplace kesayangan Moms dan gunakan kode berikut ini BAYERBE09. Selamat berbelanja Moms! 


18 komentar

  1. Sama nih pengalamannya. Gara2 tergiur beli popok harga 31 ribu isi 50 pcs, baby kena ruam popok huhuhu. Langsung balik ke merek yang biasa dipake. Setuju juga sama cara2 yang dianjurin dokter buat cegah ruam popok. Yang penting mesti stok Bepanthen ini nih dari Bayer :D

    BalasHapus
  2. Memilih popok memang gampang2 susah. Pastinya harus memilih popok yang pas, tidak sempit dan bersahabat dengan kulit si #boskecil

    BalasHapus
  3. Dalam hal memilih popok, hal yang tidak mudah. Namun, syukurlah ada Bepanthen. Dapat mengurangi risiko ruam popok.

    BalasHapus
  4. Iya, kalau masih punya bayi yang pakai popok, wajib banget sedia salep ruam popo seperti ini ya mbak

    BalasHapus
  5. Pemilihan diaper juga saya setuju banget. Karena anak-anak saya ketika kecil biasanya karena gak cocok ma diaper tertentu. Makanya terjadi ruam. Kalaupun udah dapat yang cocok, tetap perlu sedia Bepanthen buat jaga-jaga.

    BalasHapus
  6. oke notes mbak, kulitku sensitif dan gampang alergi kemungkinan kalau punya bayi akan sama jadi mesti punya krim anti ruam popok nih

    BalasHapus
  7. saya juga pakai Bepanthen saat anak-anak masih pakai popok dan memang sangat membantu mengatasi ruam popk

    BalasHapus
  8. Pemilihan popok yang tepat mampu membuat anak nyaman nah kalau salah memilih popok dan terlambat mengganti popok dalam menyebabkan ruam. Perlu banget Bepanthen biar kulit bayi nyaman dan mengurangi risiko ruam.

    BalasHapus
  9. Pakai pospak memang tricky ya mbak. Niatnya pingin hemat dengan beli yang murah dan terjangkau, eh tahunya malah bikin ruam popok. Meskipun anakku pakai clodi, aku tetap jaga-jaga punya salep ruam popok biar nanti penanganannya bisa cepat kalau terkena ruam.

    BalasHapus
  10. Perkara popok ini memang tricky ya mbak. Niatnya mau berhemat eh malah bikin anak terkena ruam popok. Huhuhu. Meskipun anakku pakai clodi, aku tetap sedia salep ruam popok untuk jaga-jaga. Mau cobain bepanthen juga ah.

    BalasHapus
  11. Kondisi kulit bayi itu beda-beda ya mba. Ada yang sensitif pakai popok, ada juga yang nggak. Tapi, Ibu tetap harus sedia salep ruam seperti Bepanthen di rumah. Karena, penyebabnya kan banyak juga ya.

    BalasHapus
  12. Jadi nambah lagi nih ilmu buat bantuin istri klo pas anak-anak sering nangis karena ada ruam disebabkan karena pemakaian popok yang terlalu lama atau bahan nya tidak nyaman dikulit, tinggal diolesin Bapenthen.

    BalasHapus
  13. Kalau si kecil udah kena ruam popok bikin sedih ya mbak. Soalnya ponakan daku juga pernah begitu. Jadinya kudu pintar memilih

    BalasHapus
  14. Wah, seru banget acara offline tuh..
    Apalagi dapat ilmu seputar pengasuhan dan membuat bayi nyaman. Andalan banget menggunakan Bepanthen sebagai salep terpercaya yang aman untuk mengobati ruam si kecil.

    BalasHapus
  15. Waaah, pas anak-akaku masih bayi aku juga selalu siap sedia Bepathen mba.. Sampai sekarang masih inget banget padahal udah bertahun-tahun lalu.. :D Recomended krim olesnya Bepathen..

    BalasHapus
  16. jadi masukan yang bagus nih untuk kulit bayi ketika ada ruam langsung pake bepanthen yang kualitas nya sudah terjamin

    BalasHapus
  17. Anak-anakku waktu juga pake Bepanthen nih waktu mereka ngalamin ruam popok semasa balita. Ternyata emang manjur dan cocok di kulit mereka.

    BalasHapus
  18. Dulu ponakan ku sering bgt punya masalah ruam popok, jadi kasihan sama kakak jadi repot banget karena jadi rewel. Thanks infonya mba aku mau rekom kakak aku nih

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^