Cara JNE Memaknai Hari Kemerdekaan RI ke-77

Bulan Agustus lalu, negeri kita tercinta Indonesia merayakan hari jadinya yang ke-77 tahun, saya dan juga seluruh rakyat Indonesia menyambutnya dengan penuh sukacita. Terlebih setelah melewati masa pandemi Covid-19 yang berlangsung selama 3 tahun dan membuat aktivitas masyarakat begitu terbatas, tak ada perayaan khusus untuk menyambut Hari Kemerdekaan yang notabene adalah momen yang sangat istimewa sebagai sebuah penghargaan bagi para pahlawan yang telah berjasa.

Kemeriahan Hari Kemerdekaan Indonesia tahun 2020 ini memang terasa berbeda, mulai dari momen Pengibaran Bendera Merah Putih di Istana Negara yang sudah boleh dihadiri oleh lebih banyak tamu undangan serta adanya hiburan musik setelah proses upacara berlangsung. Sedangkan di lingkungan masyarakat sendiri terlihat dari euforia warga untuk menggelar berbagai acara mulai dari karnaval sepeda hias, senam pagi bersama hingga berbagai lomba yang dapat menyatukan warga.

Momen Hari Kemerdekaan kemarin betul-betul berhasil menyatukan warga, mulai dari warga negara hingga warga komplek perumahan, hal tersebut bisa kita lihat saat upacara pengibaran Bendera Merah Putih di Istana Negara, semua tamu undangan yang hadir tampil memukau dengan pakaian adat dari berbagai Provinsi di Indonesia, meskipun berbeda namun tetap satu dan saling menghargai satu sama lain demi menjunjung tinggi toleransi

Sedangkan untuk warga komplek, bisa kita lihat ketika mempersiapkan acara 17an sehari sebelumnya, seluruh warga di lingkungan tempat tinggal saya kompak berkumpul untuk membuat dekorasi merah putih, memasang umbul-umbul dan juga mempersiapkan hadiah lomba dari berbagai kategori, saya pribadi juga tak mau tinggal diam dong...kapan lagi bisa ikut merayakan Hari kemerdekaan yang hanya datang setiap satu tahun sekali saja.


Dengan semangat 45 saya dan juga keluarga ikut membantu mempersiapkan perlengkapan lomba yang dibutuhkan seperti bendera kecil untuk lomba lari bendera, 1 box kelereng untuk lomba balap kelereng juga bermacam makanan ringan yang akan dibagikan untuk semua anak yang jadi peserta lomba. Sedangkan untuk para orangtua yang hadir, panitia juga mempersiapkan berbagai lomba seperti balap karung, balap bakiak dan makan kerupuk.

Pada hari H nya, acara berlangsung begitu meriah, semua perlombaan diikuti oleh para peserta dengan penuh semangat dan sportivitas yang tinggi. Begitu juga dengan lomba yang mengharuskan kerjasama tim seperti lomba bakiak, setiap tim terlihat begitu berupaya untuk menciptakan team work yang baik agar bisa menjadi juara. Namun semua itu tak lepas dari cara memaknai dan mengisi kemerdekaan, bukan atas dasar menang atau kalah. Seperti yang telah dilakukan oleh JNE untuk memaknai dan menambah semarak Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun dengan menggelar sebuah event yang seru. Wah jadi penasaran nih event apa sih? 

 JNE gelar Pekan Olahraga 2022

Dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-77, JNE menyelenggarakkan acara Pekan Olahraga JNE 2020 yang diisi oleh 6 (enam) pertandingan cabang olahraga, diantaranya adalah futsal, sepakbola, bola basket, tenis meja, badminton, panahan dan funbike yang diperuntukkan untuk seluruh karyawan JNE. Pekan Olahraga JNE berlangsung dari tanggal 20 Agustus hingga tanggal 28 Agustus 2022 sebagai acara puncak. Nah, di hari terakhir gelaran Pekan Olahraga tersebut, pelaksanaan dilakukan di Orion Sport Center di Jl. Bandengan Utara Raya no. 73 Kec. Penjaringan Utara, Jakarta Utara.

Dari sekian banyak cabang olahraga yang dipertandingkan, Futsal menjadi salah satu cabang olahraga yang paling diminati dan menjadi favorit 58.000 karyawan JNE seluruh Indonesia. Pertandingan cabang olahraga Futsal dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus 2020 yang diikuti oleh 37 klub dari karyawan dan berbagai departemen di JNE Jakarta, dengan turnamen sistem gugur yang disiapkan panitia. Hasil pertandingan dalam turnamen Futsal tersebut, Tim Pickup Marketplace meraih juara 1 setelah menekuk Tim Futsal JKT 48. Luky Bachtiar dari Tim Pickup Marketplace menjadi pemain terbaik pilihan Coach Deny Handoyo.

Manajemen JNE yang diwakili oleh VP Marketing JNE, Eri Palgunadi memberikan apresiasi kepada Cosmo JNE FC yang telah berhasil meraih juara 3 pada Profesional Futsal League 2021-2022 yang diwakili oleh Manajer Tim, Hansen Tjubianto, kemudian dilanjutkan pertandingan Fun Match antara Cosmo JNE FC melawan Tim Futsal JNE Jakarta, untuk memeriahkan Pekan Olahraga JNE 2022.

Eri Palgunadi, selaku VP Marketing JNE menyampaikan, "Mewakili keluarga besar JNE, kami merasa bangga, bahwa momen Pekan Olahraga JNE 2022 setelah vakum selama lebih dari 2 tahun, dapat kembali digelar. Momen yang tepat ini untuk kembali memberikan apresiasi kepada seluruh karyawan untuk dapat berprestasi memberikan penampilan terbaiknya di masing-masing cabang olahraga. Selain itu hadirnya Cosmo JNE FC dapat memotivasi karyawan JNE agar terus berprestasi",

Sementara itu, Pelatih Kepala Cosmo JNE FC, Deny Handoyo menyatakan, animo para karyawan JNE dalam mengikuti ajang Pekan Olahraga JNE 2022 begitu tinggi. "Saya sangat mengapresiasi JNE yang mengadakan event olahraga untuk para karyawannya. Ini sangat bagus untuk kebersamaan, tim dan juga mencetak atlet dalam cabang olahraga masing-masing. Siapa tahu dari 37 tim futsal yang bertanding, ada pemain bagus dan nantinya bisa gabung di Cosmo JNE FC. Lanjutkan terus event olahraga seperti ini," tandasnya.

Sejak tahun 2007 Turnamen Futsal di internal JNE pun rutin dilakukan, diikuti "Ksatria" dan "Srikandi" JNE (julukan bagi seluruh karyawan JNE), yaitu dalam rangka Hari Kemerdekaan dan HUT JNE yang diikuti oleh seluruh Cabang JNE dan hampir masing-masing departemen memiliki tim unggulan. Puncaknya adalah, JNE berhasil meraih juara 1 Asperindo Cup di Palembang tahun 2017 mengalahkan beberapa tim dari perusahaan ekspedisi dan logistik.

Selain dapat berprestasi di lapangan, Ksatria dan Srikandi JNE pun bisa memperkenalkan nilai-nilai dan budaya positif perusahaan JNE ke masyarakat luas, di mana JNE suka berbagi, memberi dan menyantuni, sehingga tagline "Connecting Happiness" dapat terwujud sehingga dapat memberikan manfaat seluas-luasnya untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat, menjadi tema HU RI yang ke-77 kali ini. Semboyan tersebut membuat perayaan HUT ke-77 RI kali ini semakin istimewa karena masih dalam balutan kekhawatiran pandemi Covid-19. Tantangan dan ujian yang dihadapi bangsa Indonesia untuk kali ini memang sangat berat, selain harus berjuang melawan pandemi Covid-19 yang hampir 3 tahun menghantui, juga untuk bertahan memulihkan perekonomian bangsa. Diharapkan dengan slogan ‘Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat’, masyarakat Indonesia bisa bertahan dan semakin kuat menghadapi cobaan.


5 komentar

  1. JNE kalau bikin program dan event selalu bagus-bagus ya, bener-bener slalu connecting happiness buat karyawan, customer dan juga masyarakat. Semoga Indonesia juga cepat pulih dan bangkit lagi...

    BalasHapus
  2. Baca artikel kak Indri, jadi yakin kalau dengan olahraga, kita bisa kok menjadi bangsa yang kuat dan sportif. Karena baru aja ada kejadian kemarin, #PrayForKanjuruhan .
    Semoga kita semua bisa kembali memaknai olahraga sebagai pemersatu hati dan semangat sebagai warga Indonesia yang cinta damai dan saling menghormati.

    BalasHapus
  3. Kerennya jika warga bergotong-royong mempersiapkan peringatan HUT Kemerdekaan RI seperti di tempat Mbak Indri. Kompak ya, sebagaimana JNE dalam melaksanakan HUT RI.

    BalasHapus
  4. semoga setiap tahun JNE bisa rutin mengadakan lomba-lomba di hut kemerdekaan RI, tidak hanya lomba olahraga saja tapi juga menambah dengan lomba lainnya yang khas dengan lomba tujuh belasan dan hadiahnya makin wow

    BalasHapus
  5. Wah pekan olahraga yang diadakan JNE gak sekedar memeriahkan kemerdekaan aja ya, menambah kekompakan dan solid antar karyawan dan staff JNE

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^