Farlin Grow With Colors Ajak Anak Mengenal Warna Sejak Dini


Akhir pekan kemarin menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu bagi saya dan mama-mama lainnya karena pameran IMBEX yang menyediakan kebutuhan si kecil kembali dihelat di Jakarta Convention Centre selama 3 (tiga) hari berturut-turut sejak Hari Jumat tanggal 1 Desember 2023 hingga Minggu 3 Desember 2023. Selama pameran tersebut berlangsung, IMBEX tak pernah sepi pengunjung karena selain menghadirkan brand-brand ternama, IMBEX juga memberikan banyak promo dan acara menarik seperti aneka lomba, berbagai hiburan dan talkshow edukatif di panggung utamanya.

Seperti para Mama lainnya yang sengaja datang ke IMBEX untuk berbelanja, saya pun tak mau ketinggalan momen yang satu ini, sampai bela-belain membeli tiket presale agar tak perlu mengantri di pintu masuk. Di hari ke-2 IMBEX saya datang sejak pagi hari untuk berburu diskon sekaligus menyaksikan sebuah Talkshow Edukatif di mainstage IMBEX dengan topik yang sangat menarik, Talkshow persembahan Farlin Indonesia tersebut menghadirkan dr. S.Tumpal Andreas, M.Ked(Ped), Sp.A yang mengupas tuntas sebuah tema yaitu "Pentingnya Mengenalkan Warna pada Si Kecil Sejak Dini", selain dr.Andreas, hadir juga Ibu Desvita selaku Junior Brand Manager Farlin Indonesia. Nah apa saja sih yang dibahas di sesi talkshow tersebut? ini dia ulasannya...

Farlin Talkshow at IMBEX

Warna memiliki peran penting dalam membantu tumbuh kembang anak terutama di 1000 hari Pertama Kehidupan (HPK), pada masa tersebut anak membutuhkan beragam stimulasi multisensori mulai dari visual hingga aroma. Dan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil, beberapa jenis Stimulasi yang bisa dilakukan pada si kecil antara lain:

  1. Stimulasi taktil
  2. Auditori/pendengaran
  3. Pengecapan
  4. Penciuman
  5. Visual

Ke-4 Stimulasi di atas bisa dilakukan sehari-hari di rumah. Misalnya pada stimulasi visual yang bisa dilakukan dengan mengenalkan warna sejak dini pada si kecil. Dengan menggunakan media warna, maka stimulasi akan lebih mudah dan menyenangkan untuk anak. Mengenalkan warna pada bayi juga memiliki banyak manfaat, yaitu sebagai berikut:

  1. Stimulasi Sensorik
  2. Pengembangan Kognitif
  3. Stimulasi Kreativitas dan Imajinasi
  4. Pengenalan Objek dan Konsep
  5. Pengembangan Keterampilan Motorik
  6. Interaksi Sosial
  7. Perkembangan Bahasa

Lewat Talkshow Grow With Colors, dr.Andreas menyampaikan bahwa "Pada masa 1000 HPK si Kecil sangat perlu stimulasi, salah satunya stimulasi visual melalui warna, orangtua bisa mulai memperkenalkan warna dasar seperti merah dan biru untuk pertama kalinya". Beliau juga menambahkan bahwa untuk media stimulasi yang akan digunakan juga harus disesuaikan dengan usia si kecil, misalnya untuk usia anak 2-6 bulan, media stimulasi yang bisa dipakai adalah benda-benda berwarna yang ada disekitar kita seperti kain, selimut, benang, maupun sisir dan tidak disarankan menstimulasi dengan mainan, lalu ketika usianya sudah lewat dari 6 bulan keatas dan mulai makan MPASI, selain bisa distimulasi dengan mainan, anak-anak juga bisa diperkenalkan warna lewat tempat makan & minum, sendok serta warna makanan yang akan di konsumsi.

Ibu Desvita, perwakilan dari Farlin Indonesia yang juga hadir sebagai narasumber talkshow menyampaikan bahwa penting untuk mengenalkan warna pertama kali kepada anak seperti warna- warna dasar (merah, biru, hijau, atau kuning) dengan barang sehari-hari, seperti sisir, teether, atau alat makan. Karena itu, Mama bisa memilih produk kebutuhan bayi yang memiliki varian warna dasar, seperti yang ada di produk-produk Farlin. Kabar baiknya, ada 100 varian produk Farlin yang terbagi dalam 5 (lima) kategori yaitu : 

  1. Botol susu dan dot
  2. Feeding atau alat makan.
  3. Hygiene
  4. Accessories
  5. Oral Care

Dengan beragamnya produk yang dimiliki oleh Farlin, menunjukkan bahwa Farlin selalu berusaha menjawab kebutuhan bayi dan anak-anak serta mendukung tumbuh kembangnya. 

Grow With Colors, Grow With Farlin 

Farlin adalah brand dari taiwan yg sudah lebih dari 50 tahun ahli dalam memproduksi produk2 untuk kebutuhan bayi dan anak. Dengan pengalaman selama lebih dari 50 tahun, serta didukung oleh uji klinis yang dilakukan di rumah sakit, Farlin selalu memastikan bahwa setiap produk tidak hanya memiliki kualitas terbaik, tetapi juga bisa menjawab kebutuhan Mama dan Si Kecil. Saat ini, Farlin didistribusikan oleh PT Interbat, salah satu perusahaan farmasi terkemuka di Indonesia, yang telah dikenal dengan dedikasi yang tinggi terhadap standar mutu dan keamanan produk.

Tidak hanya itu, Farlin memiliki kampanye Grow with Colors. Di campaign ini, Farlin ingin mengajak mama untuk mengenalkan warna yang beragam kepada si kecil. Pada fase awal, bayi lebih cenderung melihat dunia dalam kontras hitam-putih dan nuansa abu-abu. Warna warna cerah dan kontras tinggi akan lebih menonjol. Penggunaan warna berkontras tinggi dan cerah juga lebih menarik perhatian bayi dan membantu mereka mengidentifikasi perbedaan visual. Berbicara kepada bayi tentang warna, bentuk, dan pola dapat memperkaya pengalaman belajar mereka.

Wah jadi penasaran banget nih dengan produknya Farlin yang saat itu membuka boothnya di IMBEX, enggak pakai lama lagi, saya langsung menuju booth Farlin untuk hunting produk colorfullnya itu.


Review Produk Farlin 

Ilmu dari talkshow tersebut langsung saya praktekkan ketika mulai berkeliling mencari berbagai kebutuhan Arsya yang saat ini sudah mulai pintar memilih model dan warna, untuk itu beberapa pakaian dan mainan yang saya beli di IMBEX begitu bervariatif baik dari segi model maupun warna. Tujuannya tak lain dan tak bukan adalah dalam rangka memberikan stimulasi sambil nengenalkan warna pada Arsya sedini mungkin. Karena setiap orangtua pastinya memiliki harapan agar anak-anaknya bisa tumbuh dengan baik 

Jika sebelumnya saya menggunakan toothbrush Farlin untuk membersihkan dan merawat gigi si kecil, kali ini ada 3 (tiga) jenis produk Farlin lainnya yang saya bawa pulang hasil berburu di boothnya, produk tersebut adalah set peralatan makan, set sendok dan pembersih telinga. Berikut review lengkapnya

  • Farlin Bon Bon Bowl (Set peralatan makan) yang terdiri dari:

  1. Mangkuk yang dilengkapi dengan tutup yang bisa menempel ke meja (suction)
  2. Sendok silicon yang aman dan tidak menyerap bau serta pas dengan ukuran mulut si kecil
  3. Food divider untuk memisahkan makanan
  4. Mudah dibawa kemana saja 

Farlin Bon Bon Bowl aman untuk dihangatkan ke dalam microwave. Memiliki 3 warna yang menarik untuk sehingga membuat proses MPASI anak menyenangkan. Yang paling saya suka dari Bon Bon Bowl adalah suctionnya menempel kuat sehingga tidak mudah bergeser. Di bagian samping bowl terdapat handle untuk memegangnya. Dividernya juga berfungsi untuk mengenalkan variasi makanan. 

  • Farlin Rainbow Set Spoon, set sendok yang memiliki warna yang beragam

Set sendok yang BPA dan Phthalate free. Memiliki 7 warna yang bervariasi sehingga bisa digunakan sesuai dengan mood si kecil. Ukurannya pas dengan mulut anak. Ketika makan dengan sendok ini, Arsya bisa sekalian belajar mengenal warna lebih banyak. Desainnya yang ergonomik memudahkan saat si kecil menyendok dan menyuap makanan. Suasana makan menjadi lebih seru karena si kecil ingin memegang sendoknya sendiri.

  • Farlin Lighting Ear Cleaner, Pembersih Telinga yang Aman untuk Bayi dan Anak

Pembersih telinga yang dilengkapi dengan lampu di bagian pembersihnya. Sehingga bagian dalam telinga si kecil bisa terlihat dan membersihkan telinga dengan lebih aman. Ujung pembersih yang lembut sehingga tidak menyakiti bagian dalam telinga. Sejak ada Lighting Ear Cleaner membersihkan telinga Arsya menjadi lebih mudah. Selain bagian ujungnya yang tumpul, bahannya juga lembut sehingga aman untuk bayi. Tersedia 3 warna pilihan yaitu pink, kuning dan putih. 

Melalui produk-produknya yang berkualitas dan aman bagi si kecil, Farlin berharap kampanye "Grow with Colors" dapat menjadi panggilan kepada para orang tua untuk lebih memahami kebutuhan sebenarnya dari si kecil dan memilih produk yang tidak hanya estetis tetapi juga mendukung perkembangan dan kesejahteraan mereka. Kunjungi akun sosial media Farlin Indonesia di Instagram dan Tiktok serta Website Farlin dan untuk produk-produk Farlin bisa ditemukan dengan lengkap di Shopee. 

14 komentar

  1. farlin Bon bon bowl nya lucu banget, udah BPA free ya bahannya? Karena buat anak musti aware terhadap sebuah produk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mom, produk Farlin aman untuk baby n kids karena sudah BPA Free

      Hapus
  2. Stimulasi warna kepada anak tentunya membuat anak semakin mengenal banyak warna dengan penglihatan kecilnya saya suka banget sma produk pembersih telinga Farlin nih inovatif sekali telinga anak jadi bersih dan anak merasa nyaman saat dibersihkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah samaan dong kaya aku yang selalu mempercayakan produk Farlin untuk anakku

      Hapus
  3. Gemess deh kalau lihat produk anak-anak yang bentuknya lucu dan warnanya warna-warni gini. Walaupun belum punya anak jadi pengen beli huhuhu..... Arsya bagi tante Ninin dong produk Farlinnya....

    BalasHapus
  4. Lucu dan mencerahkaan produk Farlin, warna-warni yang disukai anak-anak. Tertarik sama pembersih telinganya karena kuping bocil cepet banget kotor. Coba cek langsung ke website Farlin buat tahu harga dan produk lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Produk Farlin juga bisa didapatkan di e-commerce

      Hapus
  5. Produknya banyak pilihan, warnanya gemes-gemes ya Farlin bikin semangat makan, kualitasnya udh ga perlu diraguin lagi, aku juga mau beli ah produk dari Farlin buat di rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Si kecil jadi enggak sabar menunggu waktu makan

      Hapus
  6. Produk Farlin warna warni ceria lucu banget, si kecil pasti suka, nggemesin deh..Almira juga happy saat pake produk Farlin, jadi belajar mengenal warna. Mas Arsya juga yah, bagi Almira dong main tebak warna yuk hahahhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mom, kampanye Farlin Grow with Colors jadi tepat sasaran ya

      Hapus
  7. Sama kemarin aku juga hadir nih diacara imbex dan ikut takshow farlin, pas banget jadi aku gk mau skip 1000 hpk anak aku, dan kmrin sung beli produk farlin

    BalasHapus
  8. Produknya lengkap banget farlin ini, bukan hanya ibunya yg senang tapi anaknya happy liat warna warni gini yah

    BalasHapus
  9. Sukaaa banget deh liat warna-warni produk nya, pasti disukai banget deh ama si kecil

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^