#KAMUHARUSTAU Ini 5 Cara Cerdas Memanfaatkan Sosial Media Di Era Pandemi

Pandemi Covid-19 telah berlangsung hampir 2 tahun lamanya, begitu banyak keprihatinan yang terjadi akibat dari pandemi ini, salah satunya adalah berkurangnya penghasilan para freelancer, blogger dan penggiat sosial media seperti saya, yang biasanya wara-wiri dari satu tempat ke tempat lainnya demi untuk meraih rejeki lewat attending event.

Sebab...semenjak pandemi terjadi, tak ada lagi event atau undangan gathering seru yang dilakukan secara tatap muka baik di hotel-hotel berbintang dengan makanan yang super enak, atau di restoran dan cafe hits kekinian yang instagramable lalu pulang membawa sekantong goodiebag dan amplop putih berisi rupiah

Sungguh menyedihkan bukan? apalagi buat teman-teman yang sumber mata pencahariannya hanya dari nge-blog saja, pasti akan ikut terkena imbasnya. Saya pribadi pun ikut merasakan imbas dari pandemi meskipun masih ada uang belanja dari suami, karena moment Me Time saat berkumpul dengan teman-teman blogger yang udah biasa meet up, tidak bisa dibayar dengan uang cieeeh...

Secara buibuk anak 3 seperti saya ini, bisa merasa stress kalo enggak ada Me Time, makanya ketika ada event diluar sana, saya langsung mendaftar setelah mendapat ijin dari suami dan anak-anak. Termasuk ijin dari Ibu yang bakal saya titipkan anak-anak selama saya pergi. 

Jika di flashback ke awal pandemi tahun lalu, saya pernah menerima pembatalan kontrak kerjasama dengan brand karena acara mereka yang di cancel. Bukan hanya satu tapi tiga sekaligus. Kesel enggak sih? Ya pasti kesel dong, tapi saya yakin selalu ada hikmah dari setiap kejadian. Rasa syukur saya pun bertambah ketika keluarga saya terpapar virus Corona, saya masih diberi sehat sehingga bisa merawat ayah, ibu, adik dan juga keponakan sampai mereka dinyatakan negatif. 

Sejak saat itu saya enggak khawatir lagi akan rejeki guys! karena Allah SWT enggak akan memberi cobaan di luar kemampuan hamba-Nya. Allah pasti kasih jalan dan membuka pintu-pintu rejekiNya buat kita semua yang penting kita mau berusaha. Betul enggak? Sekarang tinggal gimana kita nih yang harus memutar otak dengan memanfaatkan sosial media selama pandemi agar bisa tetap cuan. 

The Power Of Social Media In Pandemic Area

Dari pantauan yang saya lakukan di sekitaran saya, beberapa kegiatan yang bisa kita kerjakan untuk mendapat penghasilan dengan memanfaatkan sosial media selama pandemi adalah sebagai berikut : 

1. Berjualan Online

Beberapa teman yang ternyata punya skill membuat kue, menjahit hingga meracik minuman langsung memanfaatkan sosial media mereka untuk meraih penghasilan. Lewat akun sosial media WhatsApp, Instagram dan Facebook mereka mulai melakukan promosi dengan bermodal foto produk yang keren dan menarik, sehingga follower dan teman-temannya jadi berminat untuk membeli jualannya. Produk yang dijual juga beraneka ragam, ada masker kain, kopi racikan, kue kering, kue basah dan frozen food yang akan diantar dengan layanan kirim barang atau ojek online. 

Disini, perlahan tapi pasti kekuatan sosial media begitu berperan dalam mengembangkan bisnis dan usaha UMKM, berterima kasihlah pada sosmed karena jangkauan pemasarannya bisa sangat luas.



2. Mengambil Job Content Placement (CP)

Menurut saya, cara paling mudah agar blog tetap terupdate sekaligus bisa mendapatkan penghasilan tambahan selama pandemi adalah job CP, mungkin bayarannya tidak seperti saat ke event offline tapi lumayan lah buat jajan Boba dan Takoyaki hehehe...



3. Beralih peran menjadi Influencer

Meskipun pandemi masih berlangsung, peran influencer masih dibutuhkan loh untuk mempromosikan produk dari brand, karena itulah saat ini banyak blogger yang menjalani peran menjadi influencer karena beberapa alasan, misalnya kerjaannya lebih mudah dibandingkan menulis blog, kita hanya bertugas untuk posting di akun sosial media yang diminta oleh klien ataupun agency. 

Persiapkan caption, foto dan video terbaik untuk diposting, lalu siapkan laporan insight dan reach jika sewaktu-waktu diminta oleh klien setelah posting kerjaan kita selesai.Kalo feedbacknya bagus dan klien puas, pundi-pundi rupiah pun akan mengalir dengan sendirinya.

Namun di profesi ini, upah kita juga beragam, ada yang fee nya berupa uang, barang atau bisa jadi keduanya. Yang pasti review dengan hasil terbaik bakalan "dipakai" lagi deh sama brand, klien ataupun agency



4. Menjadi Penonton Webinar dan Live Streaming

Opsi keempat ini memang lagi hype banget ya guys, banyak komunitas dan perusahaan yang menggunakan media Google Meet, Zoom, Youtube hingga Live Instagram untuk menggelar berbagai promosi dan acara, mulai dari seminar kesehatan, talkshow parenting dan keuangan hingga berbagai tutorial. 

Susunan acaranya pun tak kalah seru dengan event offline pada umumnya, selain padat akan ilmu dan pengetahuan, beberapa acara webinar yang digelar juga menghadirkan kuis interaktif, doorprize dan hadiah penanya terbaik bagi yang beruntung. 

Saya pribadi pernah juga loh dapat berbagai hadiah dari acara Webinar, mulai dari saldo digital, sepeda lipat, barang elektronik hingga voucher belanja. Semua itu bisa saya dapatkan karena saya fokus dan menyimak setiap materi yang disampaikan oleh narasumber, sehingga saat MC melempar pertanyaan, saya bisa menjawabnya dengan tepat.

Jadi meskipun dirumah saja, informasi dan pengetahuan juga enggak kalah update dong kalo rajin nonton webinar. Penonton webinar ini biasanya terdiri dari bebagai tujuan, ada yang memang diundang untuk menulis & dibayar dan ada yang diundang sebagai peserta umum saja.



5. Hunting Lowongan Pekerjaan di INDOZONE.id

Setiap kali berselancar di sosial media, saya juga sempatkan untuk mampir ke INDOZONE sebuah portal berita yang menyajikan berbagai informasi terkini termasuk kesempatan berkarir, disana terdapat beberapa lowongan pekerjaan yang bisa dipilih sesuai skill dan pendidikan kita, mulai dari posisi Editor, Reporter, Sales manager hingga IT Manager

Fitur-fitur lainnya yang tak kalah menarik untuk kita buka di INDOZONE terdiri dari fitur Beauty, Life, Travel, Videografik, FYI, Movie, Music, Health, Otomotif, Infografik, Youtube dan Indeks. Ke-12 fitur ini tentunya menyajikan informasi yang up to date dan menarik untuk disimak.


Namun sebelum menikmati semua fitur tersebut, jangan lupa untuk membuat akun di INDOZONE terlebih dahulu, caranya mudah kok! tinggal melengkapi data pada kolom isian, klik submit terus langsung deh terdaftar, setelah semua selesai kita bebas untuk mengakses informasi apapun yang ada di INDOZONE

Sesuai dengan tagline populernya #KamuHarusTau, kehadiran Indozone memiliki peran yang sangat besar dalam memberikan informasi ke masyarakat, terlebih di tengah pandemi seperti sekarang ini dimana berita tentang kesehatan, dan perkembangan Covid-19 menjadi sesuatu hal yang diburu setiap menitnya. 

So...buat kalian yang enggak mau ketinggalan berita terkini, atau sedang mencari informasi LoKer, langsung aja klik INDOZONE.id pada kolom pencarian Google. Jangan lupa follow akun sosial medianya di Instagram, Twitter dan juga Youtube biar lebih afdol ceunah


Dari kelima aktivitas tersebut diatas sudah terbukti kan jika banyak hal lain yang bisa kita lakukan selama tidak ada event offline diluar sana, manfaatkan peran sosial media yang ternyata sangat luar biasa dampak positifnya bagi kita. Jadi enggak selamanya sosial media memberikan pengaruh negatif loh....jika digunakan dengan cara yang baik tentunya akan menghasilkan sesuatu yang baik juga.

Tetap gunakan sosial media dengan bijak, saring sebelum sharing dan raih cuan sebanyak-banyaknya dengan karya, bakat dan juga skill yang kalian punya. Semangat berjuang teman-teman! 


18 komentar

  1. Setuju sama point' point' nya mba Indri. Bisa dibilang sejak pandemi malah makin sibuk ya mbak, ikut webinar sana sini, ikut kelas online juga.
    Dan sejak pandemi ini aja aku baru ikutan kelas online. Ternyata semenyenangkan itu

    BalasHapus
  2. Huhuhu, sama aku juga ga bisa me time selama pandemi karena enggak ngevent lagi...padahal bisa ketemu teman itu beneran bikin hepi, apalagi ketambahan tentengan dan amplopan kwkwk, dobel hepi
    Memang sulit masa ini tapi ita ga boleh galau, eksis di sosmed bisa nambah cuan dengan kelima cara cerdas di artikel ini. Yang beberapa juga aku jalani. Semangat kitaaa!!

    BalasHapus
  3. Alhamdulilah ya mamain medsos jadi berkah buat mamak2 di rumah asal bijak menggunakannya. Semangatt ahh cari cuan yg banyak lewat medsos

    BalasHapus
  4. waahh baru tahu nih Mbak tentang Indzone.
    tapi pandemi ini Alhamdulillah buat kami yang berada di luar Jawa bisa jadi ikut kebagian job launching/event juga lho meskipun via zoom/webinar dan tentunya Alhamdulillah bisa dapat cuan juga.
    pada akhirnya, semua tetap harus disyukuri. :)

    BalasHapus
  5. Nah iya ya ... sekarang ini masanya memanfaatkan media sosial dengan sebaik-baiknya karena memang ada saja manfaatnya yang bisa kita dapatkan.

    BalasHapus
  6. Banyak hal ya yang bisa kita lakukan di rumah. Dna itu menghasilkan. Selain jadi blogger atau influencer, ada Indozone yang membantu kita berkarir dari dalam rumah

    BalasHapus
  7. Makin bermanfaat nih sosial media buat cari wawasan, cuan dan cari kerjaan. Semangat belajar, doa dan mulai dengan bismillah

    BalasHapus
  8. eh ternyata di Indozone banyak loker juga yak, kirain portal berita aja
    aku juga jadi punya profesi sebagai peserta webinar nih di masa pandemi hihihi

    BalasHapus
  9. Sebagai freelancer yang banyak ngandelin job-job online, aku terbangu banget dengan beragam platform media sosial dan online meeting mba. Dari dulu emang susah keluar rumah karena anak masih kecil dan gak asa ART plus ga ada yg bisa dititipin. Jadi, meski pandemi lebih sibuk sama anak-anak, bersyukur banget pokoknya masih bisa ngasilin cuan dari rumah. Paling enggak buat ngusir jenuh dan bisa jajanin anak-anak. Hehe.. btw aku malah baru tau loh soal indozone ini. Cuss ahh aku kepoin lebih lagi. Thnks mba!

    BalasHapus
  10. Walaupun pandemi ini awalnya membuat kita semua tertatih-tatih untuk beradaptasi dengan keadaan, sebenarnya ada saja peluang yang kemudian tersaji, apalagi di bidang media sosial. Seperti yang Mba sebutkan, jadi Influencer.

    Wah indozone ya. Semoga banyak orang yang mendapatkan pekerjaan dari info lowongan kerja di sana.

    BalasHapus
  11. Aku setuju banget mba,, di masa pandemi gini sosial media kalau mau kita manfaatkan dengan baik, bisa ngasih kita manfaat yang banyak banget. Aku salah satu yang udah cobain semuanya dan it works hehehe

    BalasHapus
  12. Beralih jadi influencer berkat media sosial ini ngebantu banget ya mba. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Aku udah gabung IbuSibuk mba :)

    BalasHapus
  13. ah iya, sekarang eranya medsos ya mbak
    sayang klo g dimanfaatkan dengan baik
    saring sebelum sharing

    BalasHapus
  14. Wah iya banget nih..
    Dengan produktif menulis dan rajin menjalin hubungan baik dengan sesaa blogger, media sosial bisa menjadi sumber potensial untuk menambah cuan.

    BalasHapus
  15. Banyak manfaat media sosial ya kalau kita pandai pandai bisa buat cair cuan, cari informasi dan cari teman juga

    BalasHapus
  16. Semenjak Pandemi saya juga coba dunia influencer Mba. Awalnya bingung dan kaget karena sudah terbiasa dengan blog. Pas jadi influencer ternyata tida semudah yang dibayangkan. Sempat juga ikut beberapa webinar. Tapi sekarang mulai bosan dan jenuh. Biasanya ikut webinar sesuai tema yang diminati saja.

    BalasHapus
  17. Aku penasaran di Indozone ada lowongan buat freelancer juga gak ya hehe
    Yg namanya media sosial memang kalau kita jeli bisa memanfaatkannya utnk mendapatkan pekerjaan atau pendapatan tambahan ya mbak, di samping tentu saja utk menggali informasi yang kekinian.

    BalasHapus
  18. Jujur selama pandemi ini saya udah banyak banget ikutan webinar ataupun live streaming, wuih Alhamdulillah ya jd banyak dapat ilmu. Ternyata media sosial sangat bermanfaat

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^