Aplikasi PrimaKu, Solusi Utama Bagi Orangtua Untuk Monitor Tumbuh Kembang Anak

Pertengahan tahun 2020 lalu saya kembali diberikan rejeki oleh Allah SWT, yaitu seorang bayi laki-laki yang lucu, namun saya harus melewati proses bedah cesar ketika melahirkan Arsya karena berat badannya tidak seperti bayi pada umumnya. Arsya lahir dengan BB 5,1 kg. Wow banget kan Mom?

Awalnya sempat terkejut campur rasa tidak percaya ada bayi dengan BB segitu tapi kenyataannya memang ada kan? dan dibalik rasa terharu, saya juga merasa bahagia karena bayi jumbo tersebut kini sedang belajar bicara, belajar makan yang baik dan giginya mulai bertambah satu demi satu. Yang tak kalah penting adalah Arsya tumbuh sehat dan cepat tanggap

Sama seperti kedua kakaknya, kehadiran Arsya begitu berarti untuk keluarga kami, apalagi kalau diingat-ingat momen kehamilan saya kemarin, negara kita tercinta sedang berada dalam situasi pandemi dimana untuk konsultasi dengan dokter spesialis obgyn di Rumah Sakit pun rasanya sulit sekali, ada rasa takut untuk keluar rumah tapi penasaran banget ingin tahu kondisi kesehatan si jabang bayi. 

Lalu pandemi masih belum usai juga ketika Arsya lahir sehingga menyebabkan beberapa kali harus menunda jadwal imunisasi, sebagian karena khawatir bepergian ke Rumah Sakit dan yang kedua karena lupa mencatat jadwal imunisasi yang sudah dan yang belum karena semua catatan ada di dalam buku KIA yang terselip.

Tapi jangan sedih Moms, perkembangan jaman memberikan kita kemudahan dalam menjalani gaya hidup digital, urusan monitor tumbuh kembang anak, mari kita serahkan pada aplikasi PrimaKu, sebuah aplikasi tumbuh kembang yang bisa diunduh melalui dan App Store dan Google Play. Loh memang apa aja sih keunggulannya? yuk saya kasih tahu...

Berkenalan Dengan Aplikasi Primaku

PrimaKu adalah sebuah inovasi persembahan PT Cipta Medika Informasi yaitu aplikasi teknologi monitoring kesehatan anak terdepan dan terlengkap di Indonesia. Primaku hadir dengan fitur fitur unggulan, guna menjadi solusi utama bagi para orang tua di Indonesia dalam memantau tumbuh kembang dan kesehatan anaknya agar menjadi generasi yang sehat, kuat, dan cerdas..


Primaku memiliki 5 fitur unggulan yang memudahkan para orang tua baru dalam memantau tumbuh kembang anak. Kelima fitur tersebut antara lain adalah sebagai berikut

1. Grafik pertumbuhan dan perkembangan anak

Dalam fitur pertumbuhan dan perkembangan, orang tua tinggal memasukkan data tentang berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala sehingga mereka mengetahui apakah ketiganya sesuai atau tidak dengan usia serta jenis kelaminnya. Data pertumbuhan tersebut akan terangkum menjadi satu grafik yang sangat mudah dipahami orang tua

Terkait perkembangan, orangtua dapat memonitor perkembangan anak dari segi motorik dan sensorik yang dilengkapi dengan kuesioner dan informasi singkat terkait rekomendasi stimulasi berdasarkan kelompok usia anak.

2. Imunisasi

Di fitur ini terdapat jadwal imunisasi mulai dari 0 bulan hingga si kecil berusia 18 tahun, jadwal ini berdasarkan anjuran IDAI 2020 disertai dengan reminder sehingga membantu orang tua menjalankan kegiatan tersebut tepat waktu. Terdapat kolom ceklis bertuliskan Sudah, Belum dan Semua sehingga kita dapat terus memantau proses Imunisasi si kecil agar tidak ada yang terlewat. 

3. Konsultasi

Lewat fitur ini, orang tua dapat melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis anak dengan mudah yang tergabung dalam IDAI, secara online melalui telepon, video call hingga chat. Tarif konsultasinya juga cukup  terjangkau, mulai dari 75 ribu rupiah saja. Tersedia juga kolom Riwayat Konsultasi untuk merekam konsultasi apa saja yang telah kita lakukan. 

4. Komunitas

Pada fitur Komunitas, orangtua dapat berbagi pengalaman dengan sesama mengenai pertumbuhan anak mereka dalam sebuah forum, kita juga bisa bertukar informasi kesehatan dengan sesama pengguna PrimaKu.

5. Rekam Medis

Fitur ini bisa kita gunakan untuk mencari data konsultasi apa saja yang sudah kita lakukan di aplikasi PrimaKu dan dengan dokter siapa yang sudah terekam dengan baik. Sehingga kita tidak perlu lagi mencatatnya di buku. 

Webinar "Monitor Tumbuh Kembang di PrimaKu" 

Tak hanya aktif mengedukasi lewat aplikasi, PrimaKu juga aktif melakukan edukasi untuk masyarakat melalui kanal Instagramnya @official.primaku yang padat akan ilmu dan informasi seputar tumbuh kembang anak lewat siaran Live Streaming, narasumber yang dihadirkan tentu saja para profesional dan expert dibidangnya. Salah satunya adalah dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A, BmedSci, M.Kes. seorang Dokter Spesialis Kesehatan Anak yang juga mengisi acara Webinar bertemakan "Monitor Tumbuh Kembang Anak Bersama PrimaKu" pada hari Kamis 16 Desember 2021 lalu. 


Webinar yang berlangsung selama 1,5 jam tersebut dipandu oleh Mom Influencer Tania Ray Mina, materinya begitu bermanfaat untuk kami para Moms karena memberikan informasi yang komprehensif kepada orang tua dalam memantau perkembangan anak dan membahas secara menyeluruh tentang pentingnya memantau tumbuh kembang anak. Dalam paparannya dr.Miza menyampaikan bahwa anak yang sehat memiliki 3 (tiga) ciri-ciri yaitu :

1. Bertumbuh, ciri-cirinya bisa dilihat pada pertumbuhan tinggi badan dan berat badan sesuai volume

2. Berkembang, ciri-cirinya dapaf kita lihat dari kemampuan motorik kasar dan halus

3. Tidak Sakit, ciri-cirinya adalah anak terlihat ceria dan bersemangat.

Dengan melakukan Imunisasi pada anak adalah salah satu cara untuk mencegah anak agar tidak mudah sakit dan untuk memantau tumbuh kembang anak bisa dengan aplikasi PrimaKu. Beliau menambahkan bahwa "Orang tua perlu untuk memperoleh pengetahuan dan informasi holistik mengenai tumbuh kembang anak yang sesuai dengan rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Primaku merupakan solusi untuk memenuhi kebutuhan tersebut dalam memantau tumbuh kembang anak karena aplikasi ini didukung penuh oleh IDAI," 

dr.Miza juga memberikan testimoni setelah menggunakan aplikasi PrimaKu, menurutnya kehadiran PrimaKu yang merupakan produk inovasi hasil dari perkembangan teknologi di bidang kesehatan anak, semakin memudahkan bagi orang tua untuk bisa membaca kurva pertumbuhan anak, juga sangat membantu para Dokter Umum, Dokter Spesialis Kesehatan Anak, Petugas Puskesmas dan juga Kader-Kader Posyandu dalam menjalankan tugasnya 

Benefit Menggunakan PrimaKu

Saya setuju dengan dr.Miza bahwa begitu banyak manfaat yang bisa saya dapatkan ketika menggunakan aplikasi PrimaKu, selain bisa rutin mengecek Kurva Pertumbuhan Anak setiap bulannya, orangtua juga dapat mencegah timbulnya Stunting pada anak, tentunya  juga harus didukung asupan bergizi, seperti ASI eksklusif pada 6 bulan awal dan bisa dilanjutkan hingga anak berusia 2 tahun, serta memberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI) dengan komposisi nutrisi yang seimbang, dan aktivitas fisik yang sesuai dengan usianya.


Berdasarjan Data Profil Kesehatan Ibu dan Anak pada tahun 2020 mencatat tingkat prevalensi stunting pada anak balita Indonesia di tahun 2019 sebesar 27,67 persen. Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 pemerintah Indonesia menargetkan prevalensi stunting anak balita tahun 2024 sebesar 14,00 persen. Data yang sama mencatat persentase anak umur 12-23 bulan yang menerima imunisasi dasar lengkap pada tahun 2020 baru mencapai 57,17 persen. Untuk itulah sebagai aplikasi One Stop Solutions, PrimaKu tentunya memiliki beberapa benefit bagi penggunanya, yaitu : 

  • PrimaKu dapat diunduh secara Gratis karena ada di App Store dan Google Play
  • Penggunaan PrimaKu cukup mudah dan simpel
  • PrimaKu didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia
  • Isi aplikasi sangat bisa dipertanggung jawabkan dan sumbernya terpercaya
  • Menjadi Solusi Orang Tua Cegah Stunting pada Anak
  • Fitur-fiturnya optimal sehingga membantu memgurangi masalah kesehatan pada anak

Testimoni Jujur Pakai PrimaKu

Lewat Aplikasi PrimaKu, saya merasakan berbagai kemudahan layanan dalam memantau sekaligus memperoleh informasi yang komprehensif seputar tumbuh kembang anak terutama di masa pandemi Covid-19, dimana masih terbatasnya aktivitas untuk bepergian ke Rumah Sakit, jadi jika ingin sekedar berkonsultasi dengan dokter, saya bisa menggunakan aplikasi Konsultasi yang ada di PrimaKu.

Fitur lainnya yang sangat membantu adalah fitur Imunisasi, setelah menggunakan aplikasi PrimaKu dijamin enggak ada lagi Imunisasi anak yang bakal ke skip hehehe...dan yang terakhir nih saya mendapatkan banyak insight dari artikel kesehatan dan Parenting  yang ada PrimaKu terutama berbagai metode stimulasi untuk Arsya di setiap tahap tumbuh kembangnya, nah lengkap banget kan testimoni saya, yuk download PrimaKu yuk!



6 komentar

  1. Aplikasi yang mempermudah untuk tau pertumbuhan dan perkembangan anak. Untuk jadwal imunisasi semua wilayah atau untuk wilayah tertentu saja?

    BalasHapus
  2. Aplikasinya bagus bgt, fitur lengkap, jadi cukup satu aplikasi kita bisa mantau perkembangan anak. Aku juga mau ah download, karena aku tadi sempat intip tampilan aplikasinya juga simple, enak dilihat.

    BalasHapus
  3. Buku KIA memang gak boleh hilang banget ya, kak..
    Dari mulai masa Ibu hamil, melahirkan hingga tumbuh kembang anak semua lengkap. Namun kini ada rekomendasi aplikasi yang canggih banget, serupa dengan buku KIA dan bisa diakses secara digital.
    Primaku membantu para Ibu untuk memonitoring tumbuh kembang anak.

    BalasHapus
  4. Perjuangan ya mbak, melahirkan ditengah pandemi. Jd banyak yg dibatasi. Untung udah ada aplikasi seperti primaku ini. Jd terbantu untuk memantau tumbuh kembang anak. Bahkan sampai bs konsultasi dokter jg. Btw anakku 8 th nih. Masih relevan ga ya kalau pakai aplikasi ini?

    BalasHapus
  5. Memang sebagus itu ya bund aplikasinya, karena sebagai orang tua, kita perlu banget memantu tumbuh kembang anak kita

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah banget ya mbak, ada aplikasi yg membantu kita dalam memantau tumbuh kembang anak, saya butuh banget nih apk spt ini

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^