Yuk Belanja Produk UMKM dan Bagikan Ceritamu di JNE Content Competition

Masa pandemi yang terjadi selama hampir 2 tahun belakangan ini, membawa banyak perubahan pada masyarakat termasuk perubahan kebiasaan dalam berbelanja, jika dulu orang-orang lebih sering belanja langsung di toko offline, kini mereka termasuk juga saya lebih memilih untuk berbelanja secara online

Selain dapat mengurangi kontak fisik secara langsung, belanja online juga lebih banyak hematnya, mulai dari menghemat waktu, menghemat uang hingga menghemat tenaga, karena semuanya bisa dilakukan dirumah saja disertai dengan bonus promo dan cashback yang begitu menggoda.

Berbagai kemudahan berbelanja pun bisa kita nikmati lewat website atau fitur-fitur aplikasi belanja online yang menawarkan produk-produk berkualitas, variatif dan harga bersaing, sehingga membuat kita tak ragu lagi untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga dengan berbelanja secara online mulai dari kebutuhan rumah tangga seperti sembako (sembilan bahan pokok) hingga produk fashion, kuliner dan handcraft 

Apalagi semenjak baby Arsya lahir, saya jadi rajin banget belanja keperluan bayi lewat e-commerce dan juga media sosial seperti Instagram, beberapa pelaku UMKM yang menjual set perlengkapan bayi pun tak luput dari perhatian saya. 

Kesan pertama ketika melihat apa yang mereka jual sempat membuat saya takjub, karena ternyata...masa pandemi tak hanya membawa dampak buruk, namun ada dampak baiknya juga, misalnya orang-orang menjadi semakin kreatif dan tetap semangat untuk mencari uang dengan menggunakan skill yang dimiliki.

Untuk itulah mari kita dukung para pelaku UMKM terutama orang-orang terdekat kita yang sedang merintis atau sedang bertahan agar usaha yang mereka jalani tidak tergerus pandemi. Caranya? tentu saja dengen membeli dagangan mereka.  Seperti saya nih yang jadi rajin buka-buka media sosial dan e-commerce untuk berbelanja di beberapa brand produk UMKM Indonesia yang bikin ketagihan untuk repeat order.

JNE Bersama UMKM Untuk Indonesia

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu roda penggerak perekonomian Indonesia, melalui toko online, para pemilik usaha UMKM ini memiliki kesempatan yang luas untuk menjual produknya ke seluruh Indonesia bahkan ke luar negeri.

Kini berbelanja produk produk UMKM pun semakin mudah, kita bisa menelusuri berbagal produk UMKM se-Indonesia yang ada di marketplace atau media sosial hanya melalui ponsel. Tinggal pilih, bayar, lalu barang akan diantar ke tujuan lewat jasa kurir kepercayaan kalian. Menyenangkan sekali bukan rasanya menunggu kurir kesayangan teriak Paket!" di depan rumah? Pastinya...

Beberapa pelaku UMKM yang sempat membuat saya khilaf karena produk yang dijual begitu menarik dan berkualitas adalah :

1. Produk Tas Emma Little Things, produk tas lokal yang kini sudah memasuki pangsa pasar negara-negara di Asia Tenggara ini betul-betul jadi brand favorit saya, produknya berkualitas, murah tapi tidak murahan . Modelnya beragam yang bisa kita pilih lewat akun Instagram @emmalittlethings dan setiap kali order, saya selalu menggunakan layanan JNE yang terpercaya. ELT juga salah satu member JLC loh!


2. Produk Perlengkapan Bayi Malilkids, brand yang satu ini memang juara dalam kreatifitasnya membuat gendongan bayi, baju bayi dan kebutuhan bayi lainnya, ada berbagai model dan harga yang mereka tawarkan sesuai kebutuhan kita, sehingga buibuk bisa tetap fashionable meskipun sedang menggendong bayinya. Brand yang satu ini berpusat di Kota Bandung dan biasanya saya memilih layanan JNE untuk mengirimkan orderan saya dari Bandung ke Bekasi. 


3. Produk kuliner lokal, yang berasal dari luar daerah seperti Pempek, Bolu Meranti atau Kripik Sanjay yang sering saya order dengan menggunakan layanan JNE buatan teman sendiri, buat saya pribadi membeli dagangan teman wajib hukumnya apalagi jika barang yang dijual bermanfaat dan bisa membantu mereka agar tetap bisa melanjutkan hidup, nah beberapa diantaranya yang sudah repeat order berkali-kali adalah puding Dapur Vels, Nyemilin Food dan Combro Frozen, ketiganya memiliki produk yang berbeda-beda dan memiliki ciri khas selain cita rasanya yang enak.


4. Toko Tanaman Hias Amani Jungle, bercocok tanam menjadi tren baru untuk hilangkan penat dimasa pandemi, varian tanaman hias yang dijual kini juga sangat beragam, mulai dari 50ribuan hingga jutaan rupiah. Senangnya lagi, belanja tanaman hias sekarang bisa dilakukan secara online melalui akun sosial media para pengusaha tanaman hias tersebut, beberapa tanaman hias pernah saya beli di Amani Jungle yang saya order lewat e-commerce



Dukungan JNE selama 31 tahun berjalan, tak hanya mengantarkan kebahagiaan berupa paket yang diantar hingga ketujuan, namun berbagai Program lainnya seperti CSR, Harbokir dan juga hadirnya sebuah buku pada perayaan ulang tahun JNE ke-31 semakin membuktikan komitmen JNE melalui tagline nya "Connecting Happiness". Dan kali ini sebagai dukungan JNE terhadap UMKM, JNE bersama Kompasiana menggelar sebuah kompetisi bertajuk JNE Content Competition di media sosial. 

JNE Content Competition 2021

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung perekonomian negara, oleh karena itu keberadaannya patut dijaga serta didukung pertumbuhannya. Terutama di masa masa penuh ketidakpastian seperti saat ini, di mana UMKM dituntut untuk dapat beradaptasi dan berinovasi agar dapat mempertahankan dan meningkatkan bisnisnya.

Untuk itu diperlukan dukungan bukan hanya dari pemerintah maupun lembaga terkait lainnya, tetapi juga dari segenap lapisan masyarakat agar roda perekonomian terus berputar. Salah satunya adalah dengan tetap membeli dan menggunakan produk-produk UMKM yang kini semakin mudah ditemukan di marketplace maupun di media sosial.


Cara lainnya adalah dengan membuat konten yang dapat mengedukasi masyarakat mengenai hal tersebut melalui JNE Content Competition 2021 yang terselenggara hasil kerjasama JNE dengan Kompasiana. Mengusung tema "JNE Bersama UMKM untuk Indonesia", kompetisi ini terbuka untuk umum, jumalis, dan juga karyawan JNE yang terbagi dalam beberapa kategori lomba, yaitu : 

1. Writing Competition

Kompetisi menulis untuk Jurnalis: Periode 6 Desember 2021-5 Januari 2022 

Kompetisi menulis untuk umum di Kompasiana: Periode 6 Desember 2021 5 Januari 2022 

Kompetisi menulis untuk Karyawan JNE: Periode 6 Desember 2021-5 Januari 2022 

2. Photo Competition

Kompetisi fotografi untuk umum: 6 Desember 2021-5 Januari 2022 

Kompetisi fotografi untuk Karyawan JNE 6 Desember 2021-5 Januari 2022

3. Video Competition

Kompetisi video untuk Umum: Periode 6 Desember 2021-5 Januari 2022

Kompetisi video untuk untuk Karyawan JNE: 6 Desember 2021-5 Januari 2022 

4. Design Competition 
Kompetisi design untuk Umum: Periode 6 Desember 2021-5 Januari 2022
Kompetisi design untuk untuk Karyawan JNE: 6 Desember 2021-5 Januari 2022

Keempat kategori lomba tersebut digelar dalam rangka menyambut ulang tahun JNE yang ke-31, dengan mengangkat tema "JNE Bersama UMKM Untuk Indonesia" , JNE mengajak para Jurnalis, Content Creator & karyawan JNE untuk ikut berkontribusi dalam kompetisi yang berhadiah jutaan rupiah ini. Yuk ikutan dan raih hadiahnya. Follow akun Instagram @jne_id dan simak Syarat & Ketentuannya di Microsite dan akun Instagram @jne_id


14 komentar

  1. wahhh menarik nih, masih ada waktu juga yaa buat ikutan kompetisi JNE ini! lumayan banget beli produk lokal UMKM sekaligus ikutan kompetisinya

    BalasHapus
  2. Paket aman rasanya senang menerima. Eh sekarang hidup terasa lebih dekat tanpa halangan karena enak adanya jne yang mendekatkan umkm dengan pelanggan dan jarak juga tidak jadi masalah.

    BalasHapus
  3. Produk umkm emang bagus banget ya.. Apalagi di tunjang dengan pengiriman JNE.. Jadi kita beli secara online barangnya pun tetap aman

    BalasHapus
  4. Di pandemi ini banyak micro UMKM yang muncul, insya Allah denganJNE bisa mempermudah ekonomi kita semua ya mba. Wihh, aku juga pingin ikut! Kompetisinya nih!

    BalasHapus
  5. Seneng bgt deh liat produk2 lokal yg bagus. Alhamdulillah, org2 Indonesia semakin kreatif nih utk memajukan umkm. Kompetisi jne ini seru jg ya, jadi pengen ikutan.

    BalasHapus
  6. Expedisi itu kunci untuk usaha online. Ya selain harga yang murah penting banget jaminan Barang sampai ditujuan. Jadi harus yang terpercaya. Soalnya pernah asal pakai yang murah eh, hilang entah kemana. Duh

    BalasHapus
  7. Produk terbaik dan pengiriman ok pakai jne akan membuat kita sebagai konsumen hilang rasa was was dan menumbuhkan minat belanja. Jadi rajin belanja.

    BalasHapus
  8. JNE makin banyak aja nih ya infonya. Gak hanya paket dokumen atau baju ajaz, oleh-oleh juga bisa pesan di JNE.

    BalasHapus
  9. Iya sekarang banyak yang jualan tanaman. Saya juga. Enaknya di JNE itu ga banyak ditanya isinya apa yang penting packing rapi. Kalau ga rapi juga bisa dirapikan di konter. Sangat membantu UMKM.

    BalasHapus
  10. Seiring perkembangan digitalisasi saat ini kian banyak UMKM yang hafus berinovasi agar tetap produktif dan hal ini tentu ga lepas kerjasama yg baik dengan jasa ekspedisi seperti JNE

    BalasHapus
  11. Produk UMKM sekarang banyak yang bagus-bagus emang, dans ekarang sebagian udah bis didapat di e-commerce juga. Jadi lebih mudah belinya. Aku juga sering belanja juga tuh. Kalau urusan pengiriman sih emang dari dulu percaya ama JNE. Kurir2nya juga udah pada akrab saking seringnya ngantar paket ke rumah. hehehe

    BalasHapus
  12. Bagusnyaa..produk yang diberikan sentuhan artistik dari handmade.
    Dan usaha lokal yang kreatif begini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Indonesia. Salut dengan inovasi dari setiap UMKM di Indonesia dan kerjasamanya dengan JNE.

    BalasHapus
  13. Umkm terus berkembang pesat, mulai bisa di order di plaform manapun, ehh makin mudah lagi ada jne. Kolaborasinya mantep pol

    BalasHapus
  14. JNE emang salah satu ekspedisi yang sangat membantu banget kak dan emang dia ini kece banget yah

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung ke www.indrifairy.com
Jangan lupa tinggalkan komentar ^_^